Rote Ndao,Sulutnews.com - Mikris Ruy (34) keseharian berprofesi sebagai jurnalis media online, dikeroyok sekelompok muda-mudi yang sedang konsumsi minuman lokal (Milo) Jenis Sopi.

Menurut Mikris, Kronologi kejadian, Awal dirinya pulang dari acara pesta nikah di baeoen desa hundihopo sampai di simpang tiga SD EAHUN, Inyo lauwoe bersama rekan-rekanya dari oeboloklain desa matanae, sedang duduk mengkonsumsi minuman Lokal (Milo) Jenis Sopi di simpang tiga,

Mikris  sempat berhenti  pelaku ( Inyo lauwoe ) kasih tau bandar untuk tuang kasih  sopi, tapi dirinya menolak untuk tidak minum tapi si Inyo lauwoe ini berkeras harus kasih sopi kata Dia bahwa tuang kasih mekris ruy

Menurut mikris pelaku berbicara ulang-ulang  tapi dirinya menolak lalu datanglah si Mario lauwoe sepupunya Inyo lauwoe datang dan menghadap diringa  lalu angkat baju ke atas menonjolkan perutnya ke saya lalu mikris.

Dorong dia lalu saya omong maksud apa kau tonjolkan perut ke saya saat itu saya sedang berada di atas motor lalu dia (Mario lauwoe) kembali untuk melakukan dorong terhadap saya lalu saya lompat dari motor dan motor saya terjatuh

Saat itu dirinya gerakan untuk mengambil HP dan mau foto mereka tapi tiba-tiba si Mario rampas Hp mikris dan dia langsung berjalan menuju arah SD EAHUN sambil omong LU Mau vidio2 apa?  tapi saya berteriak kembalikan HP saya dan maksud apa kamu ambil HP saya,

lalu dia (MARIO LAUWOE) kembali dan kembalikan HP Mikris lalu saya ambil SAYA langsung Vidio motor saya yang semntra terjatuh di bawah lalu tiba2 Datang lah si Inyo lauwoe dan Mario lauwoe  menuju saya ada gerakan untuk mw pukul saya tapi sempat di hadang oleh  Yefta Daud lalu si inyo berkata lu Mekris Ruy lu wartawan Tolo, maipungpuki selama ini b te'e Lu tolo tapi saya tidak tanggapi.

Karena merasa di serang dan tidak nyaman saya langsung telfon salah satu anggota Polsek Rotim Kanit INTEL Dedy Umbulado selang beberapa waktu datang lah pak Kanit INTEL di KTP lalu saya langsung ambil motor dan pergi ke  Polsek Rotim untuk membuat LP siktar  hampir jam 3 dini hari.

Harapan saya kalau bisa pihak kepolisian Polsek Rotim bisa mengambil sikap dan proses sesuai dengan Hukum yang berlaku.

Atas peristiwa itu, mikris melaporkan ke polsek Rote Timur dengan  NOMOR: STLP / 28 / V /2022/ SPKT/Sek Rotim/Polres Rote Ndao /Polda NTT

Melaporkan bahwa telah terjadi Tindak Pidana "PENGANCAMAN" yang terjadi pada hari Kamis , tanggal 19 Mei 2022, sekitar pukul 02.46 wita, sesuai dengan Laporan Polisi : LP/28/V/2022/SPKT/Sek Rotim/Polres Rote Ndao/Polda NTT yang menerima            Kanit SPKT II  IGNATIUS 

Reporter : Dance Henukh

Tomohon, Sulutnews.com - Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional Ke- 114 di Kota Tomohon, bertempat di lapangan Mall Pelayanan Publik Kota Tomohon Jumat, 20 Mei 2022.

Wakil Walikota membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Tahun ini, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114. Pada tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Didirikan oleh Dr. Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1908; Boedi Oetomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan. Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan. Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. Kelahiran Boedi Oetomo mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah.

“Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa”, urai Menkominfo.

 

Pada sisi penanganan COVID-19 di tingkat nasional, kita dapat melihat bahwa upaya kita kian menunjukkan hasil yang positif, ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada di bawah angka 5.000 kasus (Data per 13 Mei 2022). Selain itu, capaian vaksinasi COVID-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. Namun demikian, kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

Penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (y-on-y). Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintahan dan Jasa Pendidikan.

Dari sisi produksi, tiga Lapangan Usaha mengalami pertumbuhan tinggi yakni:

1) Sektor Usaha Transportasi dan Pergudangan 15,79%

2) Sektor Jasa-jasa lain 8,29%

3) Sektor Informasi dan Komunikasi 7,14%

Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional indonesia.

Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan.

Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini, yakni di tengah keterpurukan akibat pandemi COVID-19, tidak pernah meluruhkan cita kita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat. Indonesia terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini.

Mengutip ucapan dari Dr. Sutomo “Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga.”

Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!!

Hadir juga pada upacara ini Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah, S.E., Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E., Dandim 1302 Minahasa yang diwakili Danramil Tomohon Kaptren Infantri Juris Sahese, Kapolres Tomohon yang diwakili Kasat Binmas Polres Tomohon AKP. Arie Hasan dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(/Merson)

Tomohon, Sulutnews.com - Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Penanaman Modal dan PTSP melaksanakan kegiatan bimbingan teknis tata cara penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) online perizinan berusaha, dilaksanakan di Grand Master Resort, rabu (18/5/2022).

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH melalui Asisten Perekonomian Setda Ir Enos Pontororing MSi membuka kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa bimbingan teknis ini memiliki makna yang sangat penting dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi di Daerah maupun Nasional.

“LKPM ini memuat perkembangan penanaman modal dan kendala yang dihadapi penanaman modal, disampaikan secara berkala kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan pemerintah daerah yang bertanggung jawab dibidang penanaman modal”, ujarnya.

Melalui kegiatan ini, para pelaku usaha/investor tentunya akan semakin bersemangat, bergairah untuk menanamkan modalnya di Kota Tomohon.

Kadis Penanaman Modal dan PTSP Kota Tomohon Ir Ervinz Liuw MSi menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan penyampaian LKPM, serta agar pelaku usaha mahir dalam mengisi LKPM secara online dan untuk mengetahui perkembangan kegiatan usaha dan kendala yang dihadapi penanam modal/usaha.(/Merson)

Tomohon, Sulutnews.com - Wakil walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E melepas mahasiswa Kuliah Kerja Terpadu(KKT) angkatan 130 Universitas Sam Ratulangi Manado (Unsrat) Posko 11 Kota Tomohon. Kegiatan ini dilaksanakan di Terung Kabasaran Kolongan Kota Tomohon. Rabu(18/5/2022).

Pada kesempatan tersebut Wakil Walikota mengatakan bahwa apa yang di dapat di fakultas harus diamalkan berdasarkan pengalaman mana yang baik itu yang harus dilakukan karena pengalaman memadukan dengan ilmu yang di dapat oleh tenaga pendidik itu akan lebih memperlancar dan mendewasakan kita dalam mengambil keputusan baik untuk profesi masing-masing maupun untuk kesejahteraan banyak orang. “pada kesempatan ini kami mewakili pemerintah Kota Tomohon memberikan apresiasi kepada seluruh Dosen-dosen Sam Ratulangi”, ujar Lumentut.

“Kami  pemerintah kota Tomohon membuka ruang seluas-luasnya menerima mahasiswa Unsrat untuk KKT di Kota Tomohon. Banyak potensi yang dapat digali dan di kembangkan oleh para mahasiswa di kota Tomohon, untuk kepentingan kota Tomohon dan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan untuk Mahasiswa yang Melaksanakan KKT”, urai Lumentut.

“Kiranya kita semua diberkati dengan kesehatan agar kita dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab kita sehari-hari serta yang terpenting semuanya untuk kemuliaan nama Tuhan” tutup Wakil Walikota.

Turut menghadiri Ketua LPPM Unsrat Manado Prof. Dr. Ir. Charles L. Kaunang, M.S.,para dosen pembimbing Unsrat Manado, Dosen Pembimbing lapangan Posko Tomohon KKT Angkatan 130 Unsrat Manado Victoria Untu, S.E, M.Si, para Lurah dan para mahasiswa KKT Angkatan 130 Unsrat posko 11 Tomohon.(/Merson)

Tomohon, Sulutnews.com – Ditandai dengan pelepasan balon Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE Laksanakan Pencanangan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) di Kota Tomohon, bertempat di SD GMIM IV Kota Tomohon, Rabu (18/5/2022).

Diketahui, sampai saat ini covid-19 telah mengakibatkan cakupan imunisasi rutin lengkap anak menjadi rendah, sehingga untuk mengejar kekurangan tersebut pemerintah menyelenggarakan BIAN - Bulan Imunisasi Anak Nasional dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia, dan hari ini pun Pemerintah Kota Tomohon ikut mencanangkan program ini.

BIAN dilaksanakan secara terintegrasi yang meliputi pemberian imunisasi tambahan berupa 1 (satu) dosis imunisasi campak-rubela secara massal tanpa memandang status imunisasi sebelumnya, dan memberikan imunisasi kepada anak yang belum menerima dosis vaksin sesuai usia yang ditentukan pada jadwal imunisasi untuk anak usia 12 sampai dengan 59 bulan.

“Pemerintah Kota Tomohon terus  berupaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik, komprehensif, bermutu dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Kota Tomohon termasuk pelayanan imunisasi”, ujar Lumentut.

“Diharapkan agar seluruh masyarakat Kota Tomohon mendukung dan berperan dalam kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional, masyarakat diajak untuk sama-sama mensukseskan BIAN untuk Tomohon sehat dan hebat”, Katanya.

Kepada anak-anak pelajar, agar dapat ikut program imunisasi saat ini, agar tetap sehat.

Kalau sehat proses belajar mengajar berjalan baik, sehingga kedepannya menjadi orang hebat dan sukses.

Plh Kadis Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr John Lumopa M Kes menjelaskan tujuan pelaksanaan BIAN adalah mencapai dan mempertahankan kekebalan populasi yang tinggi dan merata sebagai upaya mencegah terjadinya penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi.

Sasaran kegiatan BIAN adalah kelompok umur 9 - 12 tahun.

Waktu pelaksanaan selama 30 hari mulai hari ini 18 mei sampai 23 juni.

Untuk sasaran hari ini, sebanyak 580 orang anak usia sekolah (SD GMIM IV Tomohon).

Metode pelaksanaan dibagi dua tahap. Tahap pertama untuk kelompok usia sekolah dilaksanakan disekolah, tahap kedua kelompok usia 9 bulan sampai 59 bulan lokasinya di Posyandu Kelurahan di Kota Tomohon.

Jumlah pelayanan BIAN kurang lebih 200 pos, yang ditangani para petugas kesehatan di 7 Puskesmas di Kota Tomohon.

Ikut hadir dalam kegiatan, unsur Kejari Tomohon, unsur Dandim 1302 Minahasa, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr Juliana D Karwur M Kes MSi, Camat Tomohon Tengah Swasti Yogi Winadio SIP bersama jajaran guru SD.(/Merson)

Pemerintah Kota Tomohon menggelar kegiatan Pemahaman Dan Pengetahuan Perkoperasian Serta Kapasitas Dan Kompetensi SDM Koperasi Di Kota Tomohon Tahun 2022 Angkatan I, bertempat Sixteen Cafe Tomohon, Rabu (18/05/2022).

Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. O.D.S Mandagi, MAP, menyampaikan pertumbuhan ekonomi nasional yang sedang mengalami tantangan yang cukup serius, angka kemiskinan, pengangguran meningkat, Dunia usaha, terutama Koperasi dan UMKM mengalami dampak yang berat dari sisi produksi, pemasaran dan pembiayaan sebagai akibat pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian, tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk, tetapi juga menjadi momentum untuk menghadirkan visi baru di tengah perubahan sosial ekonomi yang sangat dinamis.

Mengutip sambutan Menteri Koperasi dan UKM RI. dalam Acara Peringatan Hari Koperasi ke-74 tahun 2021, (sebagai informasi hari Koperasi jatuh pada Tanggal 12 Juli) mengatakan bahwa saat ini kita menghadapi 3 (tiga) disrupsi (Perubahan yang tak terduga dan cepat) sekaligus, yaitu disrupsi pandemi yang mengubah pola aktivitas dan munculnya norma baru, kedua disrupsi demografi, dimana Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat struktur demografi didominasi oleh generasi milenial, yang ketiga yaitu disrupsi teknologi atau era revolusi industry 5.0 dengan kemudahan akses teknologi.

Untuk menghadapi 3 (tiga) disrupsi tersebut, pemerintah menerapkan langkah-langkah strategis pengembangan koperasi, antara lain :

Pertama, transformasi kelembagaan dan usaha koperasi melalui :

  1. Pengembangan model bisnis koperasi melalui korporatisasi pangan,
  2. Pengembangan Factory Sharing dengan kemitraann terbuka agar terhubung dalam rantai pasok,
  3. Pengembangan koperasi Multi Pihak,
  4. Penguatan kelembagaan dan usaha anggota koperasi melalui strategi amalgamasi (spin off dan split off).

Kedua, dukungan regulasi berupa UU Nomor 11 Tahun 2020.

Ketiga, mendorong perubahan mindset entrepreneurship Koperasi khususnya Koperasi Simpan Pinjam/Credit Union untuk melakukan transformasi bisnis dengan mulai masuk membiayai sektor-sektor produktif. Hal ini setelah melihat fakta terjadinya over likuiditas pada koperasi tersebut hingga akhirnya membatasi jumlah simpanan anggota. KSP/Credit Union (CU) harus melakukan inovasi diversifikasi jenis usaha.

Keempat, pemerintah mendukung inovasi pada koperasi salah satunya melalui digitalisasi, dengan peluncuran IDX COOP (portal inovasi koperasi) pada tahun 2020 yang mendokumentasikan berbagai gagasan dan praktik inovasi perkoperasian.

Kelima, berbagai masalah atau kasus koperasi muncul karena kelalaian, salah kelola maupun praktek Koperasi Bodong, sebagai solusi Pemerintah melakukan penguatan fungsi pengawasan melalui Reformasi Pengawasan Koperasi yang dituangkan melalui Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 9 Tahun 2020, peningkatan awareness/literasi keuangan masyarakat melalui sosialisasi dan publikasi himbauan di media social, pengecekan koperasi melalui system ODS dan NIK atau konfirmasi ke Dinas KUKM setempat dan pembentukan Jabatan Fungsional Pengawas Koperasi.

Pemerintah Kota Tomohon terus berusaha untuk menggerakan roda pemerintahan pada umumnya. Secara Khusus juga bagi gerakan koperasi dan pelaku usaha.

Tahun ini Pemerintah Kota Tomohon telah menganggarkan bantuan bagi gerakan Koperasi dan UKM berupa:

Bantuan bagi Pelaku UKM Bidang Kuliner senilai Rp. 250.000.000, Pelatihan bagi Pengurus, Pengawas dan Anggota Koperasi sebanyak 2 (dua) angkatan senilai Rp. 226.663.800. Pelatihan bagi UKM Bidang Souvenir sebanyak 2 (dua) angkatan seniali Rp.177.536.200.

“Pemerintah Kota Tomohon saat ini berupaya untuk memfasilitasi Pusat Layanan Umum Terpadu bagi Koperasi dan Pelaku Usaha Kecil dan Menengah. Proposal telah diajukan ke Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia sambil menunggu proses kelanjutan” tulis Walikota.

Hadir Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tomohon Ir. Nova Rompas beserta peserta yang merupakan pegiat di Koperasi di Kota Tomohon.(/Merson)

[Keterangan Foto: Rapat Kerja Pengawasan Itwasda Polda Sulut beserta jajaran tahun 2022, di aula Catur Prasetya Polda Sulut, Jumat (20/5/2022).

Manado,Sulutnews.com - Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno mengapresiasi pelaksanaan fungsi pengawasan di Polda Sulut dan jajaran dapat berjalan dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Irjen Pol Mulyatno saat membuka Rapat Kerja Pengawasan (Rakerwas) Itwasda Polda Sulut beserta jajaran, Jumat (20/5/2022).

"Beberapa pencapaian Polda Sulut selama tahun 2021, tentunya tidak terlepas dari kinerja fungsi pengawasan yang dilaksanakan oleh Inspektorat Daerah," katanya, didampingi Wakapolda Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir dan Irwasda Kombes Pol Tedjo Dwikora.

Beberapa pencapaian yang dimaksud antara lain, pembangunan 6 polres baru, pembangunan Zona Integritas, capaian akuntabilitas kinerja Polri pada tahun 2021 mendapatkan nilai 73,01 atau kategori sangat baik dan penilaian reformasi birokrasi tahun 2020 mendapat nilai 76,33.

"Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel Polda Sulut dan jajaran, atas seluruh dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukan dalam pelaksanaan tugas," ujar Irjen Pol Mulyatno.

Kepada para peserta rapat yang berasal dari pembina fungsi pengawasan polda dan polres jajaran, Kapolda minta agar Rakerwas ini dijadikan sebagai sarana berbagi informasi dan merumuskan cara bertindak dalam menangani berbagai permasalahan tugas di lapangan.

"Serap informasi penting yang disampaikan oleh narasumber, sebagai upaya memperkaya wawasan, serta menyempurnakan strategi, teknis, dan cara bertindak di lapangan," katanya.

Kapolda berharap pengemban fungsi pengawasan juga harus terus bekerja sama dengan stakholder terkait.

"Laksanakan kerja sama sinergis lintas fungsi dan lintas sektor, bersama institusi Pemerintah, APIP, serta pengawas eksternal independen dalam upaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas Polri. Kelola dan temukan solusi terbaik dalam menghadapi pengaduan masyarakat, serta masukan dari pengamat dan pengawas eksternal Polri," pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Penulis: ARP

Manado,Sulutnews.com - Polda Sulawesi Utara (Sulut) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 8 pucuk senjata api semi otomatis jenis UZI dan 40 butir amunisi senjata api kaliber 9 mm.

Senjata api dan amunisi ilegal ini berhasil diamankan dari dua orang tersangka masing-masing OM (18) dan FM (22)  warga Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulut Kombes Gani Siahaan dalam keterangan Pers yang berlangsung di Polda Sulut, Jumat (20/5) menegaskan bahwa dalam pengungkapan kasus tersebut pihaknya masi mengembangkan kasus tersebut.

"Apakah ada pihak - pihak lain yang terlibat dalam kasus ini kita tunggu saja perkembangannya, ujar Kombes Gani Siahaan.

Ditegaskan Kombes Gani Siahaan kasus ini tidak berhenti sampai disini saja, Namun pihaknya masi sementara mendalami kasus tersebut, tukasnya.

Senada juga di sampaikan oleh Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast bahwa sampai saat ini Polisi masi sementara mengembangkan kasus ini.

"Semoga kasus ini dapat di usut sampai tuntas, "nantinya siap - siapa jaringan yang terlibat pastinya akan terus di didalami oleh Polisi.

Sampai saat ini baru dua tersangka yang berhasil di amankan, timpal Kombes Pol Jules Abraham.

Adapun pasal yang di Per sangkakan untuk para pelaku yakni Pasal 2 ayat (1) UU Darurat RI Nomor 12 Tahun 1951 tentang Kepemilikan Senjata Api, Amunisi atau Suatu Bahan Peledak Secara Izin yang sah, dengan ancaman hukuman mati atau hukuman penjara seumur hidup, atau hukuman penjara sementara paling lama 20 tahun, tukas Kombes Pol Jules Abraham.

Penulis: ARP

Minahasa,Sulutnews.com - Seorang pria berinisial KR (25) warga Kecamatan Tondano Barat terpaksa diamankan Tim Resmob Polres Minahasa, karena diduga telah melakukan penganiayaan terhadap rekannya, pada Kamis (19/5/2022) sore, di Kelurahan Ranowangko.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan kejadian tersebut.

"Pria ini diamankan karena diduga telah melakukan tindak pidana penganiayaan terhadap rekannya, seorang pria bernama Syalom M (29)," ujarnya, Jumat (20/5/2022).

Kejadian tersebut berawal dari sebuah pesta minum minuman keras yang dilakukan oleh pelaku bersama korban dan rekan-rekannya di sekitar Kelurahan Ranowangko.

"Diduga bermasalah dengan seseorang, korban yang sudah mabuk kemudian pulang dan mengambil sebuah pisau badik. Saat kembali ke TKP, pelaku yang melihat korban membawa sajam, langsung menikamnya dari arah belakang," jelas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Pelaku menikam korban sebanyak 2 kali yang mengarah ke pantat kiri dan kanan korban.

"Akibat tikaman tersebut, korban mengalami luka serius dan harus dilarikan ke rumah sakit oleh rekan-rekannya yang lain," ujarnya.

Mendapat laporan kejadian tersebut, Tim Resmob Polres Minahasa langsung bergerak mengamankan pelaku.

"Pelaku diamankan beberapa saat setelah kejadian saat berada di sekitar TKP, dan sudah diserahkan ke Penyidik Satreskrim Polres Minahasa untuk pemeriksaan lebih lanjut," pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Penulis: ARP

Manado,Sulutnews.com - Polda Sulawesi Utara (Sulut) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 8 pucuk senjata api semi otomatis jenis UZI dan 40 butir amunisi senjata api kaliber 9 mm.

Senjata api dan amunisi ilegal ini berhasil diamankan dari dua orang tersangka masing-masing OM (18) dan FM (22)  warga Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno di damping Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulut Kombes Gani Siahaan dan Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo.

"Dalam keterangan pers yang di gelar di gedung tribrata Mapolda Sulut, Jumat (20/5), menerangkan bahwa pengungkapan kasus ini berdasarkan informasi dari masyarakat.

Dimana pada hari minggu tanggal (15/5) sekitar pukul 06.00 WITA, ada informasi dugaan penyelundupan senjata api dan amunisi senjata api tanpa izin.

 

Foto: Senjata api dan amunisi yang berhasil di amankan Polisi.

Dijelaskan Irjen Pol Mulyatno dalam pengungkapan kasus ini, personel Polres Minahasa Utara mengamankan seorang lelaki berinisial OM, di Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara.

"Setelah dilakukan penggeledahan terhadap lelaki OM, benar saja didapati barang bukti berupa 1 (satu) pucuk senjata api semi otomatis jenis UZI dan 15 (lima belas) butir amunisi kaliber 9 mm.

Tidak berhenti disitu, Polisi terus melakukan pengembangan, dan pada hari Senin tanggal 16 Mei 2022, setelah berkoordinasi dengan pihak Polres Kepulauan Sangihe, sekitar pukul 11.30 WITA, personel Polres Minahasa Utara melakukan penangkapan terhadap lelaki berinisial FM, di wilayah Kecamatan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Lanjut dijelaskan Irjen Pol Mulyatno Kemudian personel Polres Minahasa Utara menuju wilayah Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe. dan sekitar pukul 12.30 WITA dengan disaksikan oleh seorang Kepala Lindongan setempat, dilakukan penggeledahan di rumah lelaki FM, dan ditemukan 25 (dua puluh lima) butir amunisi kaliber 9 mm.

Sekitar pukul 13.30 WITA, personel Polres Minahasa Utara menuju area perkebunan di wilayah Kecamatan Tamako, yang diduga sebagai lokasi penyimpanan senjata api. Dan setelah dilakukan penggalian tanah, ditemukan barang bukti berupa 5 (lima) pucuk senjata api semi otomatis jenis UZI.

"Kemudian pada hari Rabu, tanggal 18 Mei 2022, sekitar pukul 12.30 WITA, tim gabungan Polda Sulut, Polres Minahasa Utara, dan Polres Kepulauan Sangihe menemukan lagi 2 (dua) pucuk senjata api semi otomatis jenis UZI yang tersimpan di dalam kotak speaker aktif, di rumah seorang warga di wilayah Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe, terang Irjen Pol Mulyatno.

Adapun pasal yang di Per sangkakan untuk para pelaku yakni Pasal 2 ayat (1) UU Darurat RI Nomor 12 Tahun 1951 tentang Kepemilikan Senjata Api, Amunisi atau Suatu Bahan Peledak Secara Izin yang sah, dengan ancaman hukuman mati atau hukuman penjara seumur hidup, atau hukuman penjara sementara paling lama 20 tahun, tandas Irjen Pol Mulyatno.

Penulis: ARP