Sulutnews

Sulutnews

Tahuna, Sulutnews.com - Terobosan untuk meningkatkan minat dan bakat peserta didik tingkat TK, SD dan SMP di Kabupaten Kepulauan Sangihe, lewat lomba yang di gelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kepulauan Sangihe, di buka langsung oleh Penjabat Bupati Rinny Silangen Tamuntuan, Kamis (23/06/2022).

Tamuntuan mengatakan pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2022 dan lomba pengucapan pancasila tanpa teks merupakan upaya pemerintah dalam membangkitkan kembali minat dan bakat peserta didik dikarenakan dua tahunan ketika dilanda covid-19 kegiatan seperti ini tidak bisa dilaksanakan.

Kemudian, kata Bupati. Ide dan gagasannya meminta agar dinas pendidikan dan kebudayaan untuk membuat kegiatan seperti ini akhirnya direspon cepat oleh Kepala dinas dan juga bertepatan dengan momentum bulan Soekarno  "Jadi beberapa minggu lalu saya sampaikan ke Kadis dalam rangka bulan Soekarno coba buatkan terobosan dan hari ini semua terwujud" kata Tamuntuan.

Mengapa pentingnya melafalkan teks Pancasila di kalangan peserta didik dari tingkat TK, SD dan SMP agar kita menanamkan nilai-nilai Pancasila dan mendorong mereka untuk mengenal, memahami dan menginplementasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebab mereka adalah masa depan bangsa ini.

Lanjut Tamuntuan, jika kegiatan positif seperti ini dilaksanakan secara terencana dan berkesinambungan maka kedepannya akan lahir putera-puteri terbaik yang berprestasi mengharumkan nama daerah. "Kita harus mampu menumbuh kembangkan bakat dan minat mereka sehingga dari Sangihe akan lahir generasi hebat" ujar Tamuntuan.

Juga Tamuntuan meminta semua tenaga pendidik agar dengan segenap hati untuk mendidik  dikarenakan pendidikan merupakan penentu nasib generasi Indonesia dimasa mendatang, "Satu hal saya minta dari semua tenaga pendidik mari kita mendidik anak-anak didik dengan segenap hati dan dengan ketulusan" pungkas Tamuntuan.

Bupati pun menyempatkan diri untuk menyaksikan perlombaan, terpantau Bupati begitu antusias memberikan suport bagi para peserta dan sesekali tertawa dikarenakan ada saja peserta yang tingkanya kocak.

Kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jholy Mandak, ia mengapresiasi ide dan gagasan Bupati sehingga kegiatan perlombaan ini boleh terwujud "Ini ide dan gagasan Bupati kami langsung bergerak dan mewujudkannya" tutur Mandak.

Kata Mandak, pembinan minat bakat dan festival lomba kreaktifitas siswa, merujuk tema generasi sehat, talenta hebat, dalam rangka menumbuh kembangkan kreaktifitas peserta didik yang berkarakter berbasis budaya dalam berbangsa dan bernegara. (Andy Gansalangi)

Tomohon,Sulutnews.com - DPRD Kota Tomohon Melaksanakan Rapat Paripurna DPRD Dalam Rangka Penyampaian Laporan Panitia Khusus dan Pendapat Akhir Fraksi – Fraksi serta Pendapat Akhir Walikota Tentang Rencana Perlindungan  dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) Kota Tomohon Tahun 2021 – 2051 bertempat diruang sidang Paripurna DPRD Kota Tomohon, Jumat (10/6/2022) belum lama ini.

Rapat Paripurna DPRD dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J. Sundah, SE didampingi Wakil Ketua Drs. Johny Runtuwene Dan Wakil Ketua Erens Kereh, Amkl Bersama Para Anggota DRPD.

Dalam rapat paripurna ini sekretaris Pansus RPPLH Bapak  Stanly Wuwung, ST membacakan laporan panitia Khusus DPRD Kota Tomohon yang membahas Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Perlindungan dana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) Kota Tomohon Tahun 2021 – 2051 dan dilanjutkan penyampaian pendapat akhir Fraksi – Fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Perlindungan dana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) Kota Tomohon Tahun 2021 – 2051.

Sementara untuk penyampaian pendapat akhir Fraksi Golkar dibacakan oleh Anggota DPRD Kota Tomohon Donald Pondaag, Fraksi PDI-Perjuangan dibacakan oleh Anggota DPRD Kota Tomohon  Noldie Lengkong  (Ketua Fraksi PDI-Perjuangan) dan untuk Fraksi Restorasi Nurani dibacakan oleh Anggota DPRD Kota Tomohon Cherly Mantiri, SH (Ketua Fraksi Restorasi Nurani), dan dilanjutkan mendengarkan pendapat akhir Walikota Tomohon.

Untuk diketahui dalam  penyampaian pendapat akhir semua fraksi – fraksi menerima dan menyetujui RPPLH untuk ditetapkan menjadi  Peraturan Daerah Kota Tomohon.

Selanjutnya Kepala Bagian Persidangan dan Perundang – Undangan DPRD Kota Tomohon Nyoman Nirmala, SH. MH. membacakan Naskah Keputusan DPRD tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Tomohon Tahun 2021 – 2051 dan dilanjutkan  acara penandatanganan naskah keputusan dan berita acara persetujuan bersama DPRD dengan Pemerintah Kota Tomohon dan dilanjutkan penyerahan RANPERDA yang sudah dibahas dari Ketua DPRD kepada Walikota.

Rapat Paripurna dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Tomohon Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito, SIK, MH., Dandim 1302 Minahasa Letkol Ircham Efendy., Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Alfonsius Gebhard Loemau, SH. MH., Koordinasi Wilayah BIN Kota Tomohon, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, SE, ME bersama jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Penulis: ARP

Tomohon,Sulutnews.com - Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J. Sundah, SE didampingi Wakil Ketua Drs Johny Runtuwene Dan Wakil Ketua Erens Kereh, Amkl Bersama Para Anggota DRPD lainnya. Melaksanakan Rapat Paripurna DPRD Dalam Rangka Penyampaian Rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah Kota Tomohon Terhadap Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ) Walikota Tomohon Tahun 2021, Jumat (10/6/2022).

Dalam kesempatan ini Ketua Panitia Khusus LKPJ Toar Polakitan, SE  membacakan rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tomohon terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Tomohon Tahun 2021. dan dilanjutkan Penandatanganan berita acara dan penyerahan rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tomohon terhadap  Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Tomohon Tahun 2021 dari Ketua DPRD kepada Walikota Tomohon dan dilanjutkan sambutan Walikota Tomohon Caroll J. A. Senduk, SH.

Dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J. Sundah, SE mengingatkan Pemerintah Kota lebih khusus Perangkat Daerah, kiranya lebih proaktif terutama dalam merealisasikan program dan kegiatan yang sudah ditetapkan. 

"Apa lagi sesuai hasil pembahasan dari Panitia Khusus LKPJ, ditemukan begitu banyak program maupun kegiatan yang tidak dilaksanakan ataupun tidak terealisasi 100% karena adanya berbagai kendala, diantara-Nya waktu pelaksanaan kegiatan yang sudah tidak mencukupi sehingga anggaran yang sudah ada tidak terpakai dan meninggalkan silpa, tegasnya.

Lanjut ditegaskan Sundah program dan kegiatan yang sudah di tetapkan di Perangkat Daerah ditahun 2022 ini, supaya segera direalisasikan mengingat saat ini sudah akan memasuki tri wulan ketiga tahun berjalan, sehingga masalah yang ada di tahun sebelumnya tidak akan terulang lagi, imbuhnya.

Rapat Paripurna dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Tomohon Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito, SIK, MH., Dandim 1302 Minahasa Letkol Ircham Efendy., Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Alfonsius Gebhard Loemau, SH. MH., Koordinasi Wilayah BIN Kota Tomohon, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, SE, ME bersama jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Penulis: ARP

Jakarta, Suutnews.com - Masih dalam suasana Idulfitri 1443 Hijriyah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menggelar silaturahmi dan halabihalal, Kamis (2/6/2022) di Sekretariat PWI Pusat, Kebon Sirih, Jakarta.

Acara diawali pembacaan Surat Keputusan pengangkatan Fachri Muhammad, Kemal Effendi Gani dan N.Syamsoeddin Ch.Haesy, masing-masing sebagai ketua, wakil ketua dan anggota Dewan Penasihat.

Pembacaan SK tiga anggota baru Dewan Penasihat ini dilakukan oleh Sekjen PWI Pusat, Mirza Zulhadi.

Fachri Muhammad menggantikan almarhum H.Margiono, ketua umum PWI Pusat dua periode, yang wafat 1 Februari 2022, lebih dari sepekan menuju Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kendari, Sultra.

Dalam sambutannya, Fachri Muhammad mengatakan dirinya yang merupakan pelaku periklanan di media massa sehingga sejak lama sudah mengenal insan pers di tanah air.

"Saat saya ketua P3I, banyak pers minta iklan, tetapi tidak tahu caranya. Saya keliling Indonesia karena saya bergaul dengan pers meski saya di periklanan untuk membantu pers," ungkap Fachri Muhammad.

Diakui Fachri, jika ada anggotanya yang berhutang dengan media soal iklan lebih dari tiga bulan maka dirinya akan memberhentikan anggotanya itu.

"Jadi siapa anggota saya yang berhutang dengan media lebih dari tiga bulan di koran maka saya akan memberhentikan anggota saya itu, itu aturan," tuturnya.

Fachri Muhammad mengaku sangat bahagia mendapat kepercayaan dari Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari,  sebagai Ketua Dewan Penasihat  PWI Pusat.

Nuansa kebahagiaan juga disampaikan oleh Ketua Dewan Kehormatan Ilham Bintang dan Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari.

Ilham Bintang menceritakan perjalanannya bersama Atal S.Depari dan Asro Kamal Rokan, anggota Dewan Kehormatan, ke acara Hari Wartawan Nasional (Hawana) Malaysia, akhir pekan silam, di Putra Jaya, Kuala Lumpur.

Dari momen anjangsana ke negeri jiran itu, beredar foto-foto kemesraan dirinya dengan ketum PWI Pusat, yang lantas mengundang beragam komentar.

Momen kebersamaan yang luar biasa. Menyenangkan melihatnya. Macam-macam, pokoknya. Rekonsiliasi, ada pula yang mengesankan demikian.

Ilham Bintang meluruskan apa yang selama ini berkembang. Ia menyatakan,  tak pernah ada masalah antara dirinya dengan ketum. Apalagi secara personal. "Kami baik-baik saja, no hard feeling" katanya, menegaskan.

Jika ia selama ini dikesankan bersikap "keras", sepenuhnya dalam koridor organisasi. Ia, misalnya, tak menginginkan adanya pertentangan antara pengurus pusat dan daerah. Perselisihan di antara sesama pengurus, apalagi harus saling mengadukan. Saling melapor ke polisi. Itu tabu. Menodai marwah organisasi.

"Itu yang selalu saya ingatkan," ujar Ilham Bintang, yang saat memberikan sambutan didampingi dua anggota Dewan Kehormatan, Asro Kamal Rokan dan Sasongko Tedjo.

Apa yang dikemukakan Ilham Bintang diamini oleh Atal S.Depari, yang terakhir memberikan sambutan. Ketum PWI Pusat menyatakan bahwa ia dan Ilham Bintang sudah berteman lama. Ilham Bintang menjadi salah satu sahabat terbaiknya. Atal mengingatkan bahwa prinsip persahabatan itu adalah saling mengingatkan.

Jadi, memang, "Tak pernah ada masalah antara saya dengan Pak Ilham Bintang," ujar Atal.

Silaturahmi dan halalbihalal ini diakhiri dengan pembacaan doa oleh ustaz Nurcholis Basyari.(/Mercys)

Rote Ndao,Sulutnews.com - Pamela Damayanti Panjaitan pada Minggu,( 29/5/ 2022) via komunikasi Handphone bercerita kejadian yang dialamin sangat mengagetkan dan sungguh suatu perlakuan yang biadab telah dilakukan oleh para empat orang pengeroyok terhadap kliennya, demikian diungkapkan  Dr. Togar Situmorang,SH, MH, MAP, CMed, CLA kepada media ini, Via Telepon, Senin (31/5/2022)

Menurutnya, Percobaan Pembunuhan dan Penganiayaan sadis dan biadab yang telah dilakukan para pengeroyok, sadisnya lagi ada yang menusukan benda tajam dikepala diduga merupakan orang suruhan dari Oknum perwira dalam tubuh kepolisian,

Hal tersebut  merupakan Pidana Murni dan sangat membahayakan serta bisa merengut jiwa seorang Pamela Damayanti Panjaitan.

Oleh karena itu, dirinya mengecam perlakuan  dan berharap Kapolri bisa memberikan atensi khusus atas permasalahan hukum yang menimpa diri seorang wanita bernama Pamela Damayanti Panjaitan (PDP) yang merupakan klien kantor Law Firm DR. TOGAR SITUMORANG Via Handphone Minggu pagi hari.

PDP, telah membuat Laporan Polisi dan telah mendapatkan Visum Dokter serta pelayanan yang cepat dari Pihak Polres Metro Jakarta Selatan dan dalam Laporan Polisi Nomor : Lp/B/1243/V/2022/SPKT/POLRES MEtRO JAKARTA SELATAN/POLDA METRO JAYA dengan pasal yang telah diterapkan adalah  Pasal 170 KUHP,Pasal 351 KUHP, Pasal335 KUHP, Pasal 336 KUHP dan Laporan Polisi Nomor : Lp/B/1244/V/2022/SPKT/POLRES METRO JAKARTA SELATAN/POLDA METRO JAYA diterapkan Pasal 363 dimana wajib harus ditambah dengan Pasal 338 KUHP tentang Percobaan Pembunuhan karena dugaan melakukan Kejahatan Pencurian dengan Pemberatan terhadap nyawa seseorang dilakukan Terlapor Dugaan Pidana ini ada dua orang berinisial Perindo Potabuga dan FAUZA OKTAWYENDA dimana kejahatan ini klien mengalami kerugia Tas Hermes, Uang Rp.7.500.000, I Phone 12/256 warna putih juga Luka besar dikepala kanan, Memar lebam, Nyeri Tulang Ekor kejadian F Hotel Panglima Polim Jakarta Selatan ini muncul disebabkan ada suatu peristiwa sebelumnya dan dalam penanganan pihak Propam Mabes Polri dan diharapkan pihak Kepolisan Metro Jaya dan jajaran segera dapat menemukan para pengeroyokan dan Otak yang memerintahkan untuk melakukan Percobaan Pembunuhan dengan cara pencurian pemberatan tersebut.

Dr. Togar Situmorang menjelaskan bahwa Presiden RI Joko Widodo telah meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menindak tegas aksi premanisme dan semua tindakan kekerasan yang meresahkan masyarakat dan Kapolri juga telah memberikan intruksi langsung kepada Bareskrim Polri Komjen Agus Andrianto dan seluruh Kapolda terutama Kapolda Metro Jaya Irjend Fadil Imran agar tidak memberi ruang sedikitpun kepada Oknum Oknum masyarakat yang melakukan tindakan premanisme.

Advokat dan Kebijakan Publik Dr. Togar Situmorang, SH, MH,. MAP,. CMed,. CLA sangat prihatin atas pengancaman percobaan pembunuhan dan penganiayaan tersebut dan wajib dilindungi masyarakat dari kekerasan apalagi klien merupakan seorang wanita Kalo Preman tidak dilindungin oleh Undang Undang dan kalo preman sudah buat kejahatan percobanan pembunuhan dan penganiayaan serta telah resmi dilaporkan kepihak polisi maka wajib polisi untuk segera menangkap para pelaku dan poses secara hukum,” tegas Dr. Togar Situmorang dan bila tidak diproses bahkan dilakukan penangkapan maka jelas negara dalam keadaan bahaya karena itu berarti preman dilindungi itu tidak boleh terjadi akan menjadi preseden buruk, dimana negara tidak boleh kalah dan Kapolri Jendral Sigit Listyo telah memerintahkan untuk menangkap setiap gerakan kekerasan dan memberanguskan juga untuk membuat efek jera.

Dr. Togar Situmorang meminta perhatian pemegang wilayah Metro Jaya atau sering disebut Metro satu Irjend. Fadil Imran agar tidak pandang bulu sesuai perintah Kapolri kepada jajaran Polda, Polres dan Polsek seluruh Indonesia agar jangan dikasih ruang untuk para preman yang meresahkan masyarakat dan berharap polisi secara profesional menangani kasus ini agar memberikan efek jera bagi para pelaku.

Percobaan pembunuhan dan penganiayaan terhadap Pamela Damayanti Panjaitan perbuatan pidana dan Polisi dapat bertindak secara profesional dalam penanganan kasus kekerasan dengan pemberatan ini segera ditangkap demi memberi rasa aman bagi masyarakat terutama kaum wanita,” tutupnya.

Untuk diketahui, kasus tersebut bermula dari  pemberitaan media terkait adanya Media sosial, Kini kembali bikin ulah lewat postingan akun facebook pribadinya, dengan ucapan kotor, tuduhan serta Ancaman yang tidak berdasar, kepada seorang Mantan Kepala Desa Bongkudai, Bolaang mongondou Timur Deliyanti Mamonto Mardjun.

Reporter ; Dance henukh

Tomohon, Sulutnews.com - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah(Forkopimda) Kota Tomohon, melaksanakan rapat di ruang rapat Walikota Tomohon, senin (30/5/2022).

Rapat Forkopimda difasilitasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tomohon.

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH dalam pertemuan tersebut mengatakan pihaknya terus mengapresiasi unsur Forkopimda Kota Tomohon yang senantiasa tetap bersinergi, melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Tomohon dalam menyukseskan berbagai program yang tentunya bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat pada umumnya, untuk peningkatan pembangunan dalam segala bidang dan untuk kemajuan Kota Tomohon.

Tampak hadir, Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Ircham Efendi, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Nova Loura Sasube SH MH, mewakili Kajari Tomohon Kasi Intel Oktavianus S Tumuju SH, mewakili Kapolres Tomohon Kabag SDM Kompol Parura Amping SAg, Kakorwil BIN Tomohon, Kaban Kesbangpol Kota Tomohon Ronni Lumowa S Sos MSi.(/Merson)

Manado,Sulutnews.com - Dirbinmas Polda Sulut Kombes Pol Dumadi didampingi Kabidkeu Kombes Pol Mulyono menyerahkan penghargaan kepada 4 Polres yang sudah melaksanakan penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) dari Pemerintah.

"Pagi ini kita sudah saksikan bersama pemberian penghargaan kepada polres jajaran yang dianggap sudah tepat waktu dan tepat sasaran dalam penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung dari Pemerintah," ucap Kombes Pol Dumadi usai penyerahan penghargaan, saat apel pagi di halaman AKP Bryan Tatontos, Senin (30/5/2022) pagi yang disaksikan juga oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno dan seluruh peserta apel pagi.

Menurutnya, di Sulawesi Utara ini ada 8 Polres yang diberi kepercayaan menyalurkan bantuan kepada pedagang kaki lima dan warung, dari Pemerintah.

"Tentunya kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Polres jajaran yang sudah melaksanakan tugas dengan baik, melebihi tanggungjawab yang diberikan kepadanya. Dan ini tentunya bisa menjadi contoh dan pemicu bagi kita dalam melaksanakan tugas-tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara," ujar Kombes Pol Dumadi.

Penghargaan diterima langsung oleh para Kasat Binmas dan Kasikeu dari 4 polres, yaitu Polres Boltim, Polres Kotamobagu, Polres Minut dan Polres Talaud.

Penulis: ARP

Manado,Sulutnews.com - Seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial FK (19) diamankan polisi karena diduga telah melakukan pencurian handphone (Hp) di sebuah rumah kos yang terjadi di wilayah Kecamatan Aertembaga, pada hari Selasa (5/4/2022).

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan hal tersebut.

"Setelah dilakukan penyelidikan, terduga pelaku berhasil diamankan pada hari Sabtu, (21/5/2022) sore, di sekitar wilayah Kecamatan Aertembaga Kota Bitung," ujarnya, Minggu (22/5/2022).

Menurut Kombes Pol Jules Abraham Abast, aksi nekat ini dilakukan terduga pelaku menjelang subuh hari, di kamar kos milik korban, perempuan bernama Rut Bawekes.

"Saat berkunjung ke kos korban, terduga pelaku melihat jendela kamar kos korban sedang terbuka. Terduga Pelaku lantas meraih kunci pintu kamar melalui jendela, kemudian masuk ke kamar dan  mengambil sebuah handphone merk Vivo milik korban yang berada di tempat tidur," terangnya.

Usai melakukan aksinya, IRT ini langsung meninggalkan TKP. Pada saat diamankan petugas kepolisian, terduga pelaku pun mengakui telah melakukan pencurian di rumah kos tersebut.

"Bahkan terduga pelaku juga mengaku telah melakukan pencurian 1 unit handphone merk Oppo di rumah warga lainnya yang terletak di Kelurahan Pateten Dua, pada bulan April 2022," pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Saat ini terduga pelaku sudah dibawa ke Polsek Aertembaga dan diserahkan ke Penyidik untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.

Penulis: ARP

Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Caroll J. A. Senduk, SH menandatangani dan menyerahkan perjanjian kerja antara Pemerintah Kota Tomohon dan Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (P3K), bertempat di Ruangan Walikota Tomohon, Kamis 12 Mei 2022.

Walikota Tomohon mengucapkan selamat kepada para Pegawai Pemerintah Perjanjian kerja (P3K) yang baru menerima perjanjian kerja, semoga dapat bekerja dengan baik, bertanggung jawab dalam mengabdi di Pemerintah Kota Tomohon.

Penyerahan didampingi Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, SE., ME., dan Asisten administrasi umum sekaligus Plt. Asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Drs. O. D. S. Mandagi, MAP.

Dihadiri juga oleh jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan para Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (P3K).(/Merson)

Manado,Sulutnews.com - Unit PPA Satuan Reskrim Polres Minsel mengamankan pelaku penganiayaan dan pengancaman terhadap anak yang terjadi di salah satu penginapan, di wilayah Kecamatan Amurang Timur.

Saat dikonfirmasi Sabtu (7/5/2022), Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, pelaku adalah seorang perempuan berinisial DW (29), warga Kecamatan Amurang, Kabupaten Minsel.

"Penganiayaan dan pengancaman ini terjadi pada hari Rabu (4/5/2022) terhadap seorang bocah berusia 10 tahun yang berstatus sebagai pelajar sekolah dasar," ujarnya.

Kasus ini sempat direkam video oleh salah satu saksi yang ada di sekitar lokasi kejadian, dan sempat viral di media sosial.

Menurut Kombes Pol Jules Abraham Abast, kasus ini dilatarbelakangi oleh rasa kesal serta emosi pelaku karena anaknya kerap diejek oleh korban dan teman-temannya.

"Tersangka melempari korban dan teman-temannya dengan besi dan batu hingga mengejar dengan membawa barang tajam. Korban juga sempat dicubit dan dipukul dengan parang bagian samping. Korban yang ketakutan, lari ke lantai dua kemudian meloncat mencari pertolongan," ujar Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Akibatnya korban mengalami luka di dada kiri, lebam di lengan kiri bagian dalam serta trauma.

"Saat hendak diamankan oleh petugas pada Kamis (5/5/2022), pelaku sempat mengancam akan bunuh diri dengan menggunakan gunting dan minum racun. Saat ini pelaku sudah ditahan di Polres Minsel," pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Penulis: ARP