Dr. Togar Situmorang Keberatan Atas Putusan 6 Bulan Penjara Terhadap Kliennya

Written by  Robby Dance Henukh Jun 07, 2022

Rote Ndao,Sulutnews.com - Perkara penganiayaan yang terjadi di wilayah hukum Kabupaten Karangasem dengan Nomor perkara No. 10/Pid.B/2022/Pn.Amlapura hari Senin, 6 Juni 2023 telah diputus dengan vonis 7 bulan penjara potong tahanan.

Advokat dan Pakar Hukum Dr. Togar Situmorang merasa putusan vonis 7 (tujuh) bulan jelas tidak melihat posisi dari Terdakwa seorang wanita paruh baya dengan cacat tetap dikuping  berdasarkan visum rumah sakit jelas jauh dari rasa keadilan dengan terbukti untuk Terdakwa JW malah diputus vonis 6 bulan penjara potong tahanan.

Menurut “ Dr. Togar Situmorang apa yang disampaikan oleh Ketua Majelis dan Hakim anggotan dalam persidangan tersebut dengan mengikuti segala apa yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum yang menyatakan terdakwa RMS ( Ibu Sitorus ) terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan sebagaimana diatur dalam pasal 351 ayat (1) KUHP tanpa mendengar pertimbangan Terdakwa RMS (ibu Sitorus).

Ia menyampaikan, bahwa dalam kronologis kejadian, lebih lanjut, terdakwa RMS (Ibu Sitorus) ini adalah seorang wanita paruh baya telah mendatangi saksi JW untuk meminta klarifikasi terkait kepemilikan aset lahan di Banjar Dinas Biaslantang Kaler Dusun Putwakerti Kecamatan Abang Kabupaten Karang Asem yang sedang dibangun oleh saksi JW.

"Kenapa lahan yang seharusnya menggunakan nama anak terdakwa bernama Kristin Laura yang dibeli menggunakan uang pacar anak terdakwa seorang warga negara asing bernama Greg yang tinggal di Australia, melainkan menjadi nama saksi JW tersebut," terangnya.

"Alih-alih mendapat jawaban, eh terdakwa malah mendapatkan perlakuan kasar. Sehingga terjadilah pergumulan yang sangat tidak seimbang dan tidak manusiawi yang telah dilakukan saksi JW terhadap terdakwa," imbuhnya seraya menambahkan hingga saat ini, terdakwa masih mengalami trauma pasca-insiden tersebut, bahkan juga cacat seumur hidup ataspendengaran  tegas Dr. Togar Situmorang.

Judex Debet Judicare Secendum Allegate Et Probota yang artinya seorang Hakim harus memberikan penilaian berdasarkan fakta fakta dan pernyataan.

Atas putusan vonis 7 (tujuh) bulan dari Majelis Hakim Pn Amlapura akan diterima tanpa mengajukan Banding ke Pengadilan Tinggi dimana kadang ada suatu ketakutan akan malah diperberat Hukum atau Vonis yang akan diterima RMS (Ibu Sitorus) bila dihitung setelah dipotong masa Tahanan maka tidak akan lama akan segera bebas dan telah menjalin masa hukum seluruhnya," tukas Dr. Togar Situmorang.

Majelis Hakim telah memutus perkara dan semoga merupakan Keadilan bagi semua pihak dan mengakui ada persamaan hak dan kewajiban kedua belah pihak,” tutup Dr. Togar Situmorang.

Reporter : Dance henukh