Jawa Tengah

Jawa Tengah (219)

Cilacap,Sulutnews.com - Setelah melewati masa pandemi Covid-19, kini khususnya di Satuan jajaran TNI AD, upacara pengibaran bendera sang merah putih kembali dilaksanakan. Termasuk didalamnya adalah Satuan Kodim 0703/Cilacap. 

Selaku Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P memimpin langsung Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Kodim 0703/Cilacap dan Satdisjan Jajarannya di Lapangan Upacara Kodim, Jln. Jend. Sudirman No. D-1 Cilacap, Senin (17/1/22).

Dalam upacara tersebut, Dandim membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat yang dengan seksama didengarkan oleh seluruh prajurit dan PNS nya. Dalam amanatnya, KASAD mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh prajurit dan PNS Angkatan Darat.

Berbagai tugas seperti pengamanan perbatasan, penanggulangan bencana alam, termasuk penanganan pandemi Covid-19, tugas-tugas perbantuan lainnya, telah menjadi bukti nyata pengabdian TNI AD kepada bangsa dan negara.

Menurut KASAD, pencapaian ini pun tentu harus dapat kita pertahankan dan tingkatkan di tahun ini karena berbagai agenda yang bersifat nasional maupun internasional juga menuntut kesiapan TNI AD di tahun 2022 ini. Beberapa penekanan pun disampaikan KASAD sebagai pedoman bagi prajurit dan PNS Angkatan Darat.

Diantaranya terus tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, implementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dimanapun bertugas dan berada, TNI AD harus hadir ditengah tengah kesulitan masyarakat dan senantiasa menjadi solusi, lakukan tindakan tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat.

Kepada seluruh Dansat, jadilah  pemimpin yang hebat, karena pemimpin yang hebat pasti dicintai anak buahnya, dan lebih hebat lagi bila seorang pemimpin juga mencintai anak buahnya, mantapkan soliditas dan sinergitas internal TNI dengan komponen bangsa lainnya dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Ingat!!! "Sekecil apapun kebaikan yang kamu lakukan, akan menjadi riak-riak yang tidak berujung, namun sebaliknya, sekecil apapun keburukan yang kamu lakukan akan menjadi awal bagi keburukan keburukan berikutnya. Jadi, teruslah berbuat kebaikan dimanapun berada," Tegas KASAD dalam amanatnya.

Selepas upacara pengibaran bendera, Dandim Letkol Inf Andi Afandi kembali tegaskan beberapa penekanan dari KASAD. Kepada seluruh prajurit dan PNSnya, Dandim tegaskan agar dalam melaksanakan kegiatan apapun harus menampilkan yang terbaik, termasuk pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih harus dilaksanakan dengan khidmat, maksimal, serius dan berpenampilan terbaik.

"Dalam pelaksanaan upacara bendera, kita harus terbaik karena disitu kita menghormati bendera kita, lagu kebangsaan kita dan pengucapan Pancasila, harus yang terbaik, karena upacara yang kita laksanakan itu menjadi acuan dalam pelaksanaan upacara bendera di dinas instansi di wilayah kita," Tegas Dandim. 

Tahun ini adalah tahun kita untuk bangkit memperbaiki diri, 2022 harus lebih baik dari tahun 2021 baik dalam kinerja, kedisiplinan kita, totalitas kita dalam pengabdian harus maksimal, tingkatkan prestasi dan jangan buat pelanggaran.

"Tidak ada yang sempurna, tidak ada yang hebat, yang ada adalah tim yang luar biasa. Kita harus saling mengingatkan. Tetap bekerja, berkarya yang terbaik demi NKRI", Tandas Dandim Letkol Inf Andi Afandi . (Urip)

Kendal,Sulutnews.com - Membangun desa menjadi lebih baik, agar kesejahteraan masyarakat bisa tercapai merupakan semangat Kades Tanjung Mojo, Kangkung terpilih.Hal itu yang disampaikan ketika mendapat kunjungan Ketua Sahabat Desa Kabupaten Kendal, Ahmad Nasirin di rumahnya, desa Tanjung Mojo, Kangkung, Kendal, Jawa Tengah.Sabtu, (8/1/2022).

"Saya akan komitmen pada 4 tahun kedepan, untuk mengabdi dan melayani masyarakat desa Tanjung Mojo, semoga ketika saya menjalankan amanah ini mendapat kemudahan dan perlindungan Allah SWT," kata Heru.

Sementara itu Ahmad Nasirin sangat mendukung hal-hal yang sangat bermanfaat kepada masyarakat. "Terutama pembangunan jalan tengah sawah menuju desa Kalirejo, yang sudah rusak parah dan sudah sering mengakibatkan pengendara motor yang lewat terjatuh, untuk itu harus benar-benar diprioritaskan pembangunannya," kata Ahmad Nasirin.

"Pembangun jalan dari bekas pohon asem ke timur, jalan tengah sawah yang menghubungkan menuju desa Kalirejo, juga sangat diperlukan, karena kondisinya yang rusak parah dan terkikis air, sehingga badan jalan hilang, kasihan para petani yang memiliki sawah di utaranya, sawahnya selalu tergenang air, jika jalan tersebut di benahi dengan bagus, dan penataan sungai dengan baik, maka sawah di lokasi blok doro tersebut, akan bebas dari genangan air," imbuh Ahmad Nasirin yang juga Ketua Pemuda Tani HKTI Kendal.

Heru akan memulai menata internal pemerintah desa, dengan membiasakan kedisiplinan dalam bekerja dan melayani masyarakat dengan baik.Dirinya akan merangkul semua lapisan masyarakat dan akan selalu menerima masukan dari warga desa untuk kebaikan bersama.

"Saya tidak bisa kerja sendiri, tanpa bantuan masyarakat, untuk itu saya sangat terbuka menerima masukan warga untuk pembangunan dan kemajuan desa agar lebih baik," pungkasnya.(Anas)

Brebes,Sulutnews.com - Dalam rangka memastikan kelancaran arus lalu lintas dan pengamanan selama Nataru,Asisten operasi Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto dan Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi mengadakan asistensi di pos pelayanan gate toll Pejagan Brebes, Sabtu (25/12) pagi.

Disambut Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi dan para pejabat utama, Asops dan Kakorlantas memberikan arahan terkait pengamanan Nataru pada para Kapolres eks Wil pekalongan dan sejumlah perwira Polda Jateng.

Asops, Irjen Imam Sugianto memberikan apresiasi atas inovasi pengamanan dan pelayanan yang dilaksanakan Polda Jateng jajarannya dalam rangka operasi lilin candi 2021. Asops juga mengapresiasi capaian vaksinasi Jateng yang melampaui target nasional dengan total 76,9 persen.

Sementara Kakorlantas dalam arahannya menegaskan bahwa momen pengamanan Nataru adalah momentum bagi Polri.

"Momen pengamanan Nataru adalah momentum Polri untuk menunjukkan kinerjanya dalam melayani masyarakat. Untuk itu anggota harus siap dan jangan ada yang melanggar," ungkap Kakorlantas.

Menurutnya, penanganan mobilitas masyarakat selama Nataru memerlukan koordinasi semua pihak antara pengelola jalan tol hingga pemerintah daerah setempat.

"Daerah Jateng merupakan area tumpuan bagi masyarakat yang bergerak dari Jakarta ke Jawa Timur dan sebaliknya. Mereka berkumpul di Jateng untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan," ungkap Irjen Firman.

Lebih dari itu, Kakorlantas meminta jajaran waspada, mengingat berkumpulnya masyarakat ini mengundang potensi penyebaran covid di rest area.

"Maka itu pos pelayanan di tol tidak hanya memberikan pengamanan dan pelayanan pada masyarakat saja, termasuk penegakan prokes. Tapi juga dilengkapi dengan gerai vaksinasi," tambahnya.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menegaskan,  Polda Jateng menerapkan pengamanan secara terintegrasi di masing-masing pos pelayanan. Adapun pusat pengendalian pengamanan berada di Pos GT Pejagan Brebes dan Pos Kalikangkung, Semarang.

"Anggota juga wajib siaga terkait pengamanan Nataru, baik dalam pengamanan arus lalu lintas maupun mencegah potensi gangguan kriminalitas. Intinya Polda Jateng optimal untuk memberikan jaminan bagi masyarakat selama Nataru," tegas Kapolda.(Adrian)

Cilacap,Sulutnews.com - Memperingati Hari Ibu Tahun 2021, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap menggelar kegiatan Tausiyah Bersama Mamah Dedeh yang digelar di Gedung Patra Graha Pertamina RU-lV Cilacap, Jln. MT. Haryono, Kelurahan Lomanis, Kecamatan Cilacap Cilacap Tengah, Minggu (19/12).

Tausiyah dengan tema "Menuju Keluarga Bahagia, Sakinah, Mawadah, Warahmah ini, diikuti oleh kurang lebih 100 orang yang terdiri dari pasangan suami isteri baik Perwira, Bintara, Tamtama maupun PNS Kodim 0703/Cilacap.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Dandim 0703/Cilacap Letkol lnf. Andi Afandi, S.l.P selaku Pembina Persit KCK Cabang XVIII, Ketua Persit KCK Cabang XVIII Ny. Ninda Andi Afandi, Kasdim Mayor lnf Drs. Abdul Asis Lallo beserta isteri, Kasub Instalwatnap RSWK Purwokerto Kapten Ckm. Alfian Heri Triono S., Para Perwira Staf, Danramil, Anggota TNI, PNS dan lbu - ibu Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap.

Mamah Dedeh Rosidah sendiri datang ke Cilacap ditemani oleh sejumlah artis diantaranya Cyntami Atmanegara, Christina dan Sylvana Herman.

Membuka acara, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap Ny. Ninda Andi Afandi menjelaskan, dalam memperingati Hari lbu ke 39, pihaknya menyelenggarakan Tausiyah Bersama Mamah Dedeh "Menuju keluarga bahagia, Sakinah, Mawadah dan Warahmah.

"Dalam memperingati Hari lbu ke 39, kita Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap menyelenggarakan Tausiyah Bersama Mamah Dedeh dengan tema "Menuju keluarga bahagia, Sakinah, Mawadah dan Warahmah. Bagaimana kita bisa menyelesaikan konflik atau permasalahan rumah tangga dan solusinya, kita akan mendengarkan tausiyah Mamah Dedeh. Semoga nantinya bermanfaat dan bisa kita terapkan di keluarga kita nanti, Amiin amin YRA," Jelasnya.

Di acara inti, Mamah Dedeh selaku pendakwah menjelaskan tentang Sakinah, Mawadah dan Warohmah. Menurut Mamah Dedeh, secara bahasa, sakinah artinya tenang atau tentram, mawaddah artinya cinta kasih, dan rahmah artinya kasih sayang, sebab dalam ayat tersebut Allah SWT menyampaikan bahwa manusia diciptakan berpasangan antara istri dan suaminya untuk mendapatkan ketenangan, ketenteraman, dan kasih sayang.

"Dibalik kekurangan seorang Istri pasti ada kelebihannya, untuk itu para suami jangan hanya melihat istri dari segi kekurangannya, hargai istri dan sayangi istri," Jelas Mamah.

Begitu juga dijelaskan didalam Surat An, Nisa ayat pertama yang menjelaskan, Wahai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya, dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu. Untuk Itu jaga Istrimu dengan baik dan jangan sekali kali menyakiti istri," Kata Mamah Dedeh.

Banyak hal yang disampaikan oleh Mamah Dedeh dalam tausiyahnya baik tentang harta, tahta dan jabatan, namun dari semua itu adalah tugas seorang suami kepada isteri dan keluarganya dalam menjaga keluarga agar tetap harmonis.

"Dalam ajaran Islam, keluarga yang harmonis adalah keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Atau bisa diartikan dengan keluarga yang damai tentram, penuh cinta kasih atau harapan, dan kasih sayang. Hal ini bisa menjadi landasan dalam berkeluarga, agar senantiasa mendapat keridhoan Allah SWT," Pesannya.

Dalam acara tersebut juga diwarnai dengan sesi tanya dan jawab. Diakhir acara, Komandan Kodim 0703/Cilacap didampingi Ketua Persit KCK Cabang XVIII Ny. Ninda Andi Afandi menyerahkan cinderamata kepada Mamah Dedeh. (Urip)

Kendal, Sulutnews.com - Membangun ekonomi merupakan hal penting,untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Dalam hal ini  Dinas Perindustrian dan UMKM Kendal bersama Kadin Kendal mengadakan diskusi bersama para pelaku UMKM dan beberapa Ketua Ormas.Kegiatan tersebut bertempat di Aula Kelurahan Karangsari,yang lokasinya dekat dengan Kantor Dinas Perindustrian dan UMKM Kendal, Senin(06/12/2021).

Hadir dalam acara tersebut,Ketua DPC Pemuda Tani HKTI Kendal, Ahmad Nasirin, Kepala Dinas Perindustrian dan UMKM Kendal,Ketua Kadin Kendal,HIPMI,dan para pelaku UMKM.

Ahmad Nasirin mengungkapkan bahwa Pemuda Tani HKTI Kendal siap berkolaborasi dengan Pemkab Kendal,dalam hal ini bersama Dinas Perindustrian dan UMKM Kendal,untuk melakukan pendataan terhadap masyarakat dan para petani yang memiliki usaha.

"Kami siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kendal,untuk membantu pendataan warga masyarakat dan para petani yang mempunyai usaha,untuk membantu mereka agar lebih produktif dan bermanfaat", tutur Ahmad Nasirin.

Hal yang disampaikan Ahmad Nasirin tersebut senada dengan yang disampaikan Kadis Perindustrian dan UMKM Kendal,Cici Sulastri.Bahwa program Dinas Perindustrian dan UMKM Kendal Tahun 2022 diantaranya akan dilakukan pendataan UMKM, dengan harapan akan diketahui potensi UMKM disetiap kecamatan.

"Program Dinas Perindustrian dan UMKM Tahun 2022,agar UMKM naik kelas,antara lain :

  1. Transformasi digitalisasi koperasi dan UMKM,pemasaran secara online yang meliputi program dan pelayanan.
  2. Pelatihan Market Place di 20 Kecamatan yang akan dihadiri 40 UMKM.
  3. Program inkubasi untuk 50 UMKM yang akan didampingi desainer dari Jakarta.
  4. Pameran di New York
  5. Mengupdate data base UMKM,sehingga akan mengetahui potensi UMKM disetiap Kecamatan", jelas Cici Sulastri.

Sementara itu Ketua Kadin Kendal,Cahyanto sangat menyarankan agar semua pelaku UMKM mampu menangkap peluang yang ada,sehingga UMKM akan lebih maju.Cahyanto juga menekankan pentingnya legalitas dari produk UMKM sehingga akan memudahkan pemasaran baik didalam negeri maupun ekspor.

Senada dengan Cahyanto,Kabid PUM( Pemberdayaan Usaha Mikro ), Ari Wibowo mengatakan UMKM di Kendal tidak akan naik kelas, jika tanpa peran para pelaku UMKM sendiri.Untuk itu kita harus bisa menangkap peluang yang ada, dan Dinas Perindustrian dan UMKM Kendal siap menjadi fasilitator.(/Parmin)

Kendal, Sulutnews.com -- Bantuan Listrik Gratis dari Dinas ESDM Jateng dengan pelaksana PT.Three Dian Putra,hari ini dengan Tim berjumlah 5 orang petugas PLN telah memasang spedometer di rumah Ahmad Nasirin,Dukuh Kalibalik,Desa Kalirejo RT 10/RW 05 Kecamatan Kangkung,Kabupaten Kendal,Jawa Tengah, Senin,29/11/2021.

Sebelum pemasangan beberapa bulan yang lalu rumah Ahmad Nasirin didatangi Kadus Kalibalik,Nurul Huda dan salah seorang yang bagian mendata,mengaku rumahnya Kabupaten Blora.Pendataan tersebut,untuk meminta data berupa KK dan KTP,ketika itu Kadus Nurul Huda bilang,akan dipasang listrik geratis.

Satu minggu lagi petugas pendata tersebut datang lagi ke rumah Ahmad Nasirin dan memasang kabel tempat spedometer,MCB,2 tempat lampu dan skakel.Ketika itu spedometer belum terpasang, namun petugas tersebut menjelaskan bahwa nanti akan ada petugas yang akan datang kesini lagi, kemungkinan seminggu atau dua minggu, untuk memasang kabel jaringan yang atas dan spedometer.

Dua minggu sudah tiba dan datanglah petugas yang mengaku dari PLN dan sekedar mengontrol saja,tidak memasang spedometer.Dan setelah rampung mengontrol,petugas tersebut pamit pulang.Sambil bilang,saya hanya mengontrol.

Beberapa minggu telah lewat dan datanglah seseorang yang lain mengaku dari PLN dan akan memasang kabel jaringan atas dan spedometer,namun juga tidak jadi memasang.Entah kenapa.Setelah itu pamit pulang dan bilang besok pagi akan datang lagi.Ternyata tak kunjung datang,ditunggu sampai lewat minggu dan bulan."Mungkin sedang sibuk atau lupakah", ucap   Ahmad Nasirin.

"Karena tidak kunjung datang,sesuai yang dijanjikan petugas tersebut,untuk memasang kabel jaringan dan spedometer.Akhirnya Ahmad Nasirin mencari informasi dari seseorang yang juga petugas pemasang spedometer listrik.Ketika dihubungi lewat HP,petugas tersebut bilang suruh menghubungi seseorang yang juga memasang spedometer listrik."Aneh,kenapa lempar -- lempar tugas.Sebenarnya siapa yang memasang?Memang tidak saya hubungi,karena saya merasa di oper-oper.Padahal kan sudah kwajiban dan tugasnya untuk memasang spedometer.Apalagi ketika ditanya,tidak ada kepastian kapan akan dipasang,padahal saya disuruh nunggu di rumah,dan saya juga sudah ikuti libur bekerja tiga hari,namun juga tak kunjung datang.Pikiran saya bilang,mungkin sedang sibuk.Saya tunggu saja", jelas Ahmad Nasirin.

Sudah sewajarnya setiap warga masyarakat berhak mendapatkan informasi dan pelayanan yang baik dari petugas pelayanan publik.Sehingga dengan tehnologi informasi yang canggih ini,seseorang akan berusaha untuk tahu atas segala informasi yang belum diketahui.Maka kita harus amanah dan profesional dalam bekerja maupun menjalankan tugas melayani masyarakat.

Ahmad Nasirin,yang sehari -- harinya sebagai wartawan dan aktifis sosial,dirinya mempunyai banyak relasi dari masyarakat umum sampai pemerintah.Apalagi dia juga aktif komunikasi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,sehingga memudahkan dirinya dalam menggali informasi maupun membantu masyarakat.Dia juga aktif di beberapa Organisasi Masyarakat,sehingga membuatnya lebih peduli pada masyarakat ketika ada yang membutuhkan.Walaupun dia seorang anak desa,namun dia sering bertemu dengan beberapa tokoh dan pejabat penting, karena dia aktif silaturahim dan menjalin hubungan dengan berbagai pihak,karena terkait pekerjaan sehari-harinya.

Proses dan sabar menunggu jawaban terkait kapan datangnya petugas PLN yang akan memasang kabel jaringan dan spedometer listrik yang belum pasti dan tidak ada informasi.Akhirnya Ahmad Nasirin mencoba menelpon no.HP/WA yang tertulis distiker yang ditempel dipapan rumahnya.

"Pagi tadi saya mencoba hubungi nomor HP yang ditempel dipapan rumah,maksud saya hanya ingin informasi dari pihak terkait.Ternyata pemilik no.WA tersebut merespon cepat dan baik,informasi dari saya.Bahkan beliau langsung menelpon.Terimakasih atas pelayanan dari pihak PLN yang baik, cepat, dan responsif.Siang hari ini juga, datang 5 petugas PLN untuk memasang kabel jaringan dan spedometer listrik.Terimakasih Pak Ibnu, terimakasih teman-teman petugas PLN, terimakasih Dinas ESDM Jateng, dan terimakasih Pak Gubernur Ganjar Pranowo.Kemarin saya WA Pak Gubernur,ternyata beliau orangnya ramah, dan solutif. Kemarin saya WA beliau, saya mohon waktu luangnya, ingin silaturahim.Nanti akan saya sampaikan ke Pak Gubernur, atas kerja baik teman-teman PLN dalam memasang kabel jaringan dan spedometer ini.Sekali lagi terimakasih untuk semuanya", tutur Ahmad Nasirin dengan rasa senang.

Pemasangan kabel jaringan dan spedometer listrik ini terpasang dengan baik dan cepat,karena kerja Tim yang baik.Dengan terpasangnya listrik ini,harapan Ahmad Nasirin bisa mendukung aktifitasnya sehari-hari, karena listrik merupakan kebutuhan penting semua orang.Tanpa listrik, aktifitas akan sulit.Karena hampir setiap hari kita menggunakan listrik.(Anas)

Kendal, Sulutnews.com - Ahmad Nasirin hadir dalam pemakaman Serka Anumerta Ari Baskoro di Pidodo Kulon,Patebon,Kendal,Jawa Tengah,Senin(22/11/2021).

Kehadiran Ahmad Nasirin merupakan rasa belasungkawa,sekaligus juga teman SMA kakak ipar almarhum(Nur Kholifah/istri Adi Nugroho),untuk itu sudah sepatutnya menghadiri dan mendoakan almarhum.

Almarhum sejak kecil dikenal anak yang baik dan rajin belajar.Motivasinya untuk menjadi TNI sudah terlihat sejak kecil.

"Ari itu anak yang baik,motivasi untuk menjadi tentara itu sangat kuat sejak dia masih SD.Setiap karnafal  HUT RI,dia selalu berseragam seperti tentara",tutur orang tuanya saat awak media ini silaturahim ke rumahnya.

Serka Anumerta Ari Baskoro,lahir di Dusun Legoksari,RT 01/RW 02,Desa Pidodo Kulon,Kecamatan Patebon,Kabupaten Kendal,Jawa Tengah.Dia gugur dalam tugasnya sebagai anggota Satuan BKO Aparat Teritorial(Apter) Koramil Suru-Suru,Kabupaten Yahukimo, Papua, Sabtu(20/11/2021), dalam umur 25 tahun.

Pemakaman Serka Anumerta Ari Baskoro dilakukan secara militer yang dipimpin langsung Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jendral TNI Dudung Abdurachman, di pemakaman keluarga Desa Pidodo Kulon,Patebon,Kendal(Senin,22/11/2021).Siang hari,sekitar pukul 13.00 WIB.

Ribuan orang hadir dalam upacara pemakaman tersebut,yang terdiri dari warga sekitar,TNI,Polri dan para pejabat Pemerintah Kabupaten Kendal.

Di depan awak media,Jendral Dudung mengatakan, pihaknya terus melakukan pengejaran anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang terlibat penyerangan terhadap anggotanya.

"Pengejaran saat ini masih terus dilakukan agar bisa ditangkap, supaya tidak menimbulkan korban jiwa kembali", kata Jendral Dudung.

Kedatangan Jendral Dudung di Kendal,selain memimpin upacara pemakaman secara militer, juga rasa turut belasungkawa dan penyerahan tali asih kepada keluarga korban.

"Kami selaku pimpinan TNI Angkatan Darat turut berduka cita sedalam-dalamnya, semoga arwah almarhum diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa", doa Jendral Dudung dalam sambutannya.

Sementara itu Ahmad Nasirin sebelum pamit dari silaturahim dengan keluarga almarhum,mendoakan dengan tamu yang lain dengan bersama-sama membaca Surat Al Faatihah.

"Semoga Almarhum diberikan ampunan,rahmat dan ridho dari Allah SWT.Dan ingsaAllah Sahid,karena gugur dalam menjalankan tugas negara.Aamiin", pungkas Ahmad Nasirin.(*/Merson)

Kendal, Sulutnews.com - Ajakan berbuat baik dan bersedekah selalu disampaikan dr.Siti Qomariyah kepada setiap orang. Seperti halnya pagi ini,Siti Qomariyah membeli pisang-pisang hasil panen seorang petani dan agar pisang tersebut dibagikan ke orang yang membutuhkan atau Panti Asuhan, Kamis,(18/11/2021).

"Jika kita ingin memohon pertolongan Allah SWT,mari kita mulai dengan bersedekah dan berbuat baik,karena Allah SWT akan menolong hambanya yang mau membantu sesamanya",papar Siti Qomariyah.

Terbukti,ketika seorang petani memanen hasil kebun,seperti pisang.Dia selalu membeli dan membagikan kepada orang-orang yang membutuhkan,dan Panti Asuhan.

"Terimakasih Bu,telah berkenan membeli hasil panen kebun saya,dan selalu mengajarkan kebaikan dan bersedekah," kata Ahmad Nasirin yang merupakan seorang Petani Muda dari Desa Kalirejo,Kangkung.

Setiap hasil panen yang dibeli,Siti Qomariyah selalu meminta tolong agar langsung di bagikan kepada yang membutuhkan.

Pagi ini Siti Qomariyah menyuruh Ahmad Nasirin untuk mengantarkan hasil panennya,yang berupa pisang ke Panti Asuhan Yatim Piatu yang berada di Desa Botomulyo,Cepiring.

"Saya disuruh Bu Qomariyah untuk mengantarkan pisang-pisang ini ke Panti Asuhan ini", kata Ahmad Nasirin kepada Nur Kadhiq yang merupakan Pengurus Panti Asuhan tersebut.

Ajakan bersedekah kepada orang lain,Siti Qomariyah selalu memberikan contoh terlebih dahulu dan mengajarkan agar jangan malu,walaupun sedikit yang disedekahkan.

"Bersedekahlah sesuai kemampuan kita dan jangan malu,jika apa yang diberikan/disedehkan itu sedikit.Terpenting niat dihati kita ihlas karena Allah SWT", pungkas Siti Qomariyah.(/Merson)

Temanggung, Sulutnews.com -- Kepala staf Distrik Militer 0706/Temanggung Mayor inf Husain Sama'un di dampingi Perwira staf personil Kapten Caj Endarko sambut kedatangan tim pengawasan kegiatan di bidang personil Kodim 0706/Temanggung,Rabu 17/11/2021.

Kedatangan Tim Wasgiat  Kodam IV Diponegoro yang dipimpin Langsung oleh Waas Pers Letkol Kav Minarso dengan di dampingi Pabanda Diaga Pers Kodam IV Mayor inf Yano untuk melaksanakan pengecekan program kerja bidang Personel  yang telah dilaksanakan Satuan Kodim 0706/Temanggung.

Pasi pers Kapten Caj Endarko saat membuka acara kegiatan mengatakan,mohon koreksinya terhadap kami di bidang personil kegiatan kodim, dalam kegiatan ini kami telah berusaha menyiapkan administrasi dengan baik namun jika terjadi kesalahan, kami mohon arahan untuk perbaikan agar kedepan dapat lebih baik lagi.Ujarnya.

Sementara itu Tim Wasgiat Mayor inf Yano kepada anggota Staf Kodim menyampaikan, dalam pemeriksaan ini kita hanya mengevaluasi kegiatan,untuk melihat apakah sudah betul dengan    program Yang di turunkan dari komando atas.

"Apabila ada yang tidak tau agar kiranya bisa tanya kepada Tim, sehingga kedepannya dapat lebih baik,"pintanya.(Ahmad Nasirin)

Kendal,Suutnews.com  - Dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan dikalangan insan pers,Kesbangpol Kendal adakan kegiatan yang bertema "Sosialisasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan Tahun 2021".Kegiatan tersebut berlangsung di gedung Abdi Praja,kawasan Pemkab Kendal.Sabtu,13/11/2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut,seluruh wartawan baik cetak maupun online.Adapun narasumber dari Diskominfo Kendal dan dosen Unwahas.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Kesbangpol Kendal,Suharjo,S.Sos,M.H.Dalam sambutannya dia mengatakan,Pers termasuk garda terdepan untuk memberikan informasi disetiap kejadian,dan menjadi jembatan antara masyarakat dengan pemerintah.

"Dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan,maka perlu kita adakan sosialisasi peningkatan wawasan kebangsaan ditahun 2021 ini bersama teman-teman Pers.Karena Pers termasuk garda terdepan untuk memberikan informasi--informasi disetiap kejadian.Dan Pers merupakan jembatan antara masyarakat dengan pemerintah.Pers telah memberikan edukasi kepada masyarakat,sehingga masyarakat semakin sadar dan berdisiplin untuk mematuhi protokol kesehatan",kata Suharjo dalam sambutannya.

Adapun narasumber dari Diskominfo kendal diwakili oleh Kabid informasi dan komunikasi publik,Hj.Juweny S.Sos,M.Si.Dia sangat berterimakasih kepada semua insan pers di Kabupaten Kendal.

"Kami sampaikan terimakasih kepada teman--teman Pers semua,karena selama ini sudah menjadi mitra yang baik dengan Pemkab Kendal,dalam memberikan informasi--informasi kepada masyarakat tentang kegiatan maupun program Pemkab Kendal dan telah memberikan edukasi kepada masyarakat,terkait dalam mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi Covid 19 ini,"kata Juweny.

Pembicara terakhir diisi oleh dosen Unwahas Semarang,Drs.Joko Yuli Priatmoko,M.Si.Sesi terahir ini mengupas tentang ketahanan nasional.Menurutnya ketahanan yang paling pertama yaitu ketahanan individu masyarakat,harus dikuatkan,untuk menghadapi tantangan dan goncangan dimasa depan.

"Bangsa Indonesia merupakan negara besar karena terdiri ribuan pulau,bahasa dan keaneragaman budaya juga adat--istiadat.Ketahanan negara itu harus dari yang terkecil,yaitu ketahanan individu,diri kita sendiri,kemudian ketahanan tingkat RT,Desa,Kecamatan,Kabupaten,Propinsi dan seterusnya sampai ketahanan skala nasional seluruh Indonesia.Dengan ketahanan  individu masyarakat yang kuat,maka akan mampu beradaptasi,bertransformasi,dan mampu bangkit kembali menyusun strategi dalam menghadapi tantangan dan goncangan dimasa depan.Untuk itu penting sekali,ketahanan negara dimulai dari individu kita masing-masing",kata Joko.

Sebelum acara ini diakhiri,moderator memberikan waktu untuk tanya jawab para peserta.Kegiatan ini ditutup oleh moderator dengan memberikan kesimpulan bahwa pers merupakan garda terdepan untuk menjadi jembatan antara pemerintah dan masyarakat.Apalagi dalam pandemi Covid 19 ini,Pers sangat penting peranannya dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat,sehingga protokol kesehatan akan tetap dijalankan,demi menghindari wabah Covid 19 ini.Dan pembangunan Kabupaten Kendal akan berjalan dengan baik.(Ahmad Nasirin)