Jawa Barat

Jawa Barat (5)

Bandung, SulutNews.com - Perwira Siswa (Pasis) yang tergabung dalam Sekolah Staf TNI Angkatan Udara (Sesau) melaksanakan pembinaan fisik di lapangan dan fasilitas olahraga Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Udara (Seskoau), Lembang, Bandung, Kamis (25.02.2021).

Kepada SulutNews.com Dijelaskan Komandan Korps Siswa (Dankorsis) Kolonel Pnb Moh. Apon, Binsik (pembinaan fisik) merupakan kegiatan rutin di Seskoau, agar Pasis memiliki tingkat kesamaptaan (kesegaran jasmani) yang prima.

Menurutnya tujuan pendidikan Sekolah Staf TNI AU (Sesau) ini adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik agar mampu bertugas pada jabatan staf yang berwawasan matra udara.

"Untuk di Tingkat Manajerial II, dengan diberikan pengetahuan dan keterampilan tentang Kepemimpinan, Kejuangan, Manajemen, Masalah Strategis, Iptek dan Operasi Udara serta memiliki Integritas Kepribadian Saptamarga dan Sumpah Prajurit serta Kesegaran Jasmani yang baik”, ujarnya.

Lanjut Dankorsis Kolonel Pnb Moh. Apon "Sebelumnya, Sesau Angkatan 15 bersama Seskoau Angkatan 58 telah diresmikan pembukaannya pada awal tahun (14.01.2021) yang dipimpin langsung oleh Komandan Seskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.IP., M.Tr

pembukaan ini diikuti oleh gabungan Pasis Seskoau (50 personel) dan Pasis Sesau (20 personel) dengan menerapkan protokol kesehatan. Pasis Seskoau maupun Sesau berlatarbelakang keilmuan dan korp yang beragam dan berkesempatan mengikuti pendidikan di tahun yang penuh tantangan ini sesuai keputusan Pimpinan TNI AU, Urai Dankorsis Kolonel Pnb Moh. Apon.

Diketahui sebelumnya untuk pendidikan tahun ini dilaksanakan secara hybrid dan menyesuaikan dengan kebiasaan baru (New Normal).

Pasis dibagi kedalam dua kelompok belajar yakni satu kelompok secara tatap muka di kampus dengan menerapkan protokol kesehatan dan kelompok yang lain mengikuti pembelajaran secara daring melalui teleconference Sehingga diterapkan On-Off Campus dengan dua gelombang Perwira Siswa.

Sejumlah dua puluh sembilan Pasis Sesau A-15 yang termasuk gelombang dua, masuk Kampus Seskoau dan lapor datang pada Minggu (21/02/2021).

Kegiatan olahraga bersama ini merupakan kegiatan kebersamaan yang pertamakali dilaksanakan oleh pasis gelombang kedua, setelah menempati Mess Garuda Seskoau dan memasuki lingkungan sekolah Seskoau Lembang Bandung. (Adrian)

Pangandaran,Sulutnews.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 0613/Ciamis melalui Koramil 1318/Padaherang melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial. Kali ini dilaksanakan di TPA/TKA Mushalla Al-Istiqamah, Blok Cibeureum, Desa Sukamaju, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (16/2/2021).

Bantuan sosial yang disalurkan ini berupa Al-Quran yang diserahkan oleh Babinsa Sukamaju Sertu Hasanudin kepada Ustadz Darto. Sebanyak 13 buah Al-Quran bantuan dari Yayasan Maghfirah Bina Ummat Bogor untuk para santri TPA/TKA Mushalla Al-Istiqamah Desa Sukamaju.

Danramil 1318/Padaherang Kapten Inf Jamino melalui Baninsa Sukamaju Sertu Hasanudin menyampaikan ucapan terima kasih karena telah mempercayai Kodim 0613/Ciamis untuk menyalurkan bantuan sosial. "Puji syukur hari ini kita bisa menyalurkan amanah para dermawan berupa bantuan Al-Quran kepada TPA/TKA Mushalla Al-Istiqamah. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan keluarga kita yang mengaji setiap harinya disini," ucapnya.

Sertu Hasanudi berharap bantuan sosial ini dapat menjadi pemicu para dermawan lainnya untuk membantu sesama yang membutuhkan. "Uluran tangan sangatlah dibutuhkan mereka dalam menuntut ilmu agama melalui pengajian," imbuhnya.

TPA/TKA Mushalla Al-Istiqamah setiap harinya mengadakan kegiatan pengajian yang diikuti oleh puluhan santri. Tidak kurang dari 70 santri mengaji dan menimba ilmu agama.(Pendim/MM)

Ciamis,Sulutnews.com - Dr. Aqua Dwipayana, M.I.Kom., seorang konsultan komunikasi dan motivator melakukan kunjungan ke beberapa daerah untuk memberikan motivasi kepada warga masyarakat Indonesia di wilayah Pulau Jawa. Salah satu tempat yang menjadi kunjungannya yakni Markas Komando Distrik Militer 0613/Ciamis di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Senin, 15/2/2021.

Kunjungan pakar komunikasi dan motivator di Makodim Ciamis dalam rangka memberikan motivasi kepada para prajurit Siliwangi yang bertugas di teritorial 0613/Ciamis. Kedatangan ke beberapa daerah termasuk di Makodim Ciamis ini untuk berbagi ilmu kunci sukses dalam menjalani kehidupan.

"Kunci sukses ada di komunikasi. Seperti ketika saya memanggil beberapa prajurit kedepan, dan saya bisa merasakan komunikasinya bagus. Artinya bahwa saya melihat teman-teman disini luar biasa," ujar Dr. Aqua kepada awak media seusai kegiatan.

Mantan Wartawan Indonesia ini juga mengaku bahwa kedatangannya disini hanya menggugah, memoles dikit agar tetap semangat para prajurit Kodim 0613/Ciamis. Terlebih di masa pandemi, prajurti TNI salah satu garda terdepan, berikan kinerja yang terbaik kepada bangsa dan negara serta rakyat.

"Karena Rakyat, terutama masyarakat di Ciamis, Banjar dan Pangandaran sangat membutuhkan para prajurit Kodim 0613/Ciamis. Jadi itu yang saya sampaikan penekanan-penekanannya saja," imbuhnya.

Dr. Aqua juga memberikan apresiasi kepada Kodim 0613/Ciamis. Karena sangat antusias para prajurit dan ASN serta Persit dalam kegiatan berbagi ilmu.

"Saya senang sekali datang ke Kodim 0613/Ciamis, saya merasakan bagaimana para prajurit, Persit sangat antusias. Itu bisa dirasakan melihat dari wajah, pertanyaan yang dilontarkan. Artinya apa, ini adalah cerminan bagaimana kepemimpinan Dandim nya. Ini real yang saya sampaikan," pungkas Dr. Aqua yang juga menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Komunikasi Badan Penanggulangan Bahaya Teroris (BNPT).

Acara tersebut diikuti oleh Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., dan para Danramil jajaran Kodim 0613/Ciamis serta beberapa perwakilan Babinsa. Selain itu juga para ASN serta Persit KCK Kodim 0613/Ciamis.

Acara yang diselenggarakan di Aula Makodim 0613/Ciamis ini tetap mengedepankan protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak dan  selalu menggunakan masker serta pembatasan jumlah peserta sesuai kapasitas ruangan.(Pendim/Melvin)

Ciamis,Sulutnews.com - Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., salah satu pejabat VVIP yang menerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama di wilayah Kabupaten Ciamis. Pelaksanaan vaksinasi sendiri dilaksanakan di halaman Puskesmas Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (1 Februari 2021).

Sekitar pukul 07.54 WIB, Dandim beserta rombongan tamu VVIP Kabupaten Ciamis tiba di lokasi Puskesmas Kecamatan Ciamis. Dengan mengenakan kaos berwarna biru bertuliskan "saya siap divaksin! #Ciamis" dan mengenakan celana loreng militer TNI, Dandim berjalan menuju ruang pendaftaran untuk melakukan daftar ulang penerima vaksinasi.

Tepat pukul 08.00.51 detik WIB Dandim selesai melaksanakan daftar ulang dan menunggu untuk melalui tahapan selanjutnya. Tepat pukul 08.15.15 detik WIB Dandim diberikan suntikan vakasin sinovac Covid-19 oleh Doktor di Puskesmas Kecamatan Ciamis.

Seusai menerima vaksinasi Covid-19, Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., mengatakan, bahwa hari ini dirinnya bersama pejabat VVIP Kabupaten Ciamis telah melaksanakan suntik Vaksin Sinovac Covid-19. Vaksinasi ini menjadi yang pertama di Kabupaten Ciamis dan akan dilanjutkan pemberian kepada para tenaga kesehatan yang tersebar di Puskesmas dan beberapa RSU di Kabupaten Ciamis.

"Hari ini telah dilaksanakan launching vaksinasi Covid-19 di Jajaran Forkopimda Kabupaten Ciamis. Ini diharapkan bisa memutus rantai penyebaran Covid-19," kata Dandim.

"Kami juga himbau warga untuk tidak takut laksanakan vaksin. Sebab pemerintah telah menjamin aman dan halal," ucap Dandim sebelum meninggalkan lokasi vaksinasi di Puskesmas Kecamatan Ciamis.

Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Ciamis, Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra menjadi orang pertama diberikan suntik vaksin sinovac Covid-19. Kemudian disusul, Kajari Ciamis, Kapolres Ciamis, Dandim, FKUB, Ketua PKK, Kepala Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan, Anggota DPRD, Petugas Kesehatan dan perwakilan Wartawan dari PWI dan IJTI Kabupaten Ciamis.

Selama pelaksanaan vaksinasi, penyelenggara tetap mengedepankan protokol kesehatan. Dengan mewajibkan seluruh yang hadir menggunakan masker, mencuci tangan, dilakukan cek suhu tubuh dan menjaga jarak. Selama kegiatan berjalan lancar, aman, dan kondusif.(/Pendim 0613/Ciamis

Ciamis,Sulutnews.com - Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., mengecek pelaksanaan bakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit-langit gratis di Rumah Sakit Umum Dadi Keluarga Ciamis, Jl. R. E. Martadinata No.333-335, Petirhilir, Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu sore (19 Desember 2020).

Bakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Juang Kartika tahun 2020 tingkat Kodim 0613/Ciamis. Kegiatan ini berkolaborasi dengan RSU Dadi Keluarga Ciamis.

Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., mengatakan, kedatangan nya hari ini di RSU Dadi Keluarga Ciamis untuk mengecek kesiapan pelaksanaan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit gratis. Saat pelaksanaan awal sebanyak 24 calon pasien mengikuti tahapan untuk pelaksanaan operasi.

"Saat pembukaan ada sebanyak 24 calon pasien yang terdata. Saat pendaftaran mengisi formulir dan cek medis hanya ada 20 calon pasien yang mengikutinya. Setelah pendaftaran dan cek medis hanya 18 orang yang siap untuk mengikuti operasi," kata Dandim usai mengecek di RSU Dadi Keluarga.

"Dua calon pasien yang tidak lolos dikarenakan HB rendah dan satu pasien harus operasi gusi. Sementara untuk 18 pasien lainnya akan melaksanakan operasi pada Minggu, 20 Desember 2020," tambahnya.

Dandim berharap, kegiatan yang telah rutin dilaksanakan RSU Dadi Keluarga Ciamis dapat menjadi pemicu rumah sakit lainnya khususnya di wilayah Kabupaten Ciamis untuk memberikan pelayanan gratis kepada pasien operasi bibir sumbing dan celah langit-langit. Sehingga mereka yang membutuhkan dapat ikut bahagia dan bisa berkehidupan normal seperti orang lain pada umumnya.

Letkol Czi Dadan Ramdani menambahkan, sebagai Komandan Kodim 0613/Ciamis mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas kerjasama dan kegiatan kepedulian RSU Dadi Keluarga Ciamis membantu warga yang membutuhkan. Kodim 0613/Ciamis akan siap meningkatkan sinergitasnya menyukseskan program kepedulian RSU Dadi Keluarga membantu masyarakat yang membutuhkan yakni operasi bibir sumbing dan celah langit-langit secara gratis.

"Semoga program yang operasi bibir sumbing yang telah dilaksanakan secara rutin dapat terus berjalan dan ditingkatkan guna memberikan keceriaan warga masyarakat yang mebutuhkan," pungkasnya.(/Sugeng)