Jawa Timur

Jawa Timur (20)

Surabaya, Sulutnews.com – Hotman 911 akan membiayai tiket dan akomodasi ibu almarhum korban pemerkosaan untuk bertemu dengan hotman 911 pada hari sabtu,  tanggal 24 september 2022 jam 12.00 WIB bertempat di gedung W  Superclub, Surabaya, Jalan basuki rahmat No.23, Embong Kaliasin,  Genteng, Surabaya.

Sebelumnya diketahui anak gadis kecil (berumur 10 tahun) diduga diperkosa  oleh beberapa pelaku, dianiaya dan dijedotin ke di dinding sampai  pingsan.

Setelah pemerkosaan si korban masuk rumah sakit  karena pendarahan di alat kelamin yang robek dan terjadi  pendarahan di otak dan akhirnya anak gadis kecil tersebut  meninggal dunia.

Sebelum meninggal dunia dalam keadaan sadar  almarhum sempat menyebutkan nama-nama siapa pelaku  pemerkosaan dan penganiayaan, akan tetapi sampai hari ini belum  ada tersangka.  

Setelah frustasi berjuang tidak membuahkan hasil akhirnya ibu  dari almarhum yang tinggal di manado mengadu ke hotman 911  karena sudah beberapa bulan belum ada tersangka.  Sampai akhirnya Hotman 911 akan bertemu dengan para pengais keadilan lainnya di  Surabaya.(*/Merson)

Malang,Sulutnews.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri acara Konsolidasi Kebangsaan Angkatan Muda Muhammadiyah bertajuk 'Mewujudkan Situasi Kebangsaan yang Damai, Tenang, dan Aman' di Malang, Jawa Timur, Rabu 7 September 2022.

Dalam sambutannya, Sigit memaparkan soal tiga kekuatan besar yang dimiliki oleh Negara Indonesia. Yakni, kepemimpinan Indonesia di dunia, memanfaatkan kekayaan alam Indonesia dan persatuan serta kesatuan rakyat Indonesia.

Sigit menyampaikan, pentingnya menjaga rasa persatuan dan kesatuan dari seluruh  elemen bangsa Indonesia untuk tetap menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban serta tenang, aman dan damai. Sebagaimana dengan tema kegiatan konsolidasi yang digelar oleh Angkatan Muda Muhammadiyah.

"Jadi yang namanya persatuan, kesatuan, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika itu tentunya harus menjadi napas di dalam hidup kita sehari-hari, tertanam di dalam jiwa sanubari kita dan itu tidak boleh tergantikan," kata Sigit dalam sambutannya.

Untuk tetap dalam koridor persatuan dan kesatuan, Sigit mengajak bersama  Muhammadiyah serta elemen lainnya dalam rangka melakukan moderasi beragama. Dengan begitu, Indonesia akan jauh dari kemunculan kelompok-kelompok intoleransi, radikalisme dan terorisme.

"Tentunya Polri melakukan berbagai macam upaya termasuk melakukan moderasi beragama. Karena itu, saya harapkan peran Muhammadiyah maupun Angkatan Muda Muhammadiyah, dan seluruh elemen bangsa lainnya untuk membantu dalam menyebarluaskan moderasi beragama dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujar Sigit.

Lebih dalam, Sigit menekankan, banyak kelompok yang mencoba mengganggu persatuan dan kesatuan Indonesia dengan upaya mengganti dasar negara Pancasila. Namun, hal itu selalu gagal lantaran, elemen Bangsa Indonesia memiliki tekad yang kuat untuk mempertahankan segala bentuk perbedaan yang ada sebagai kekuatan.

"Keberagaman menjadi kekuatan dan modal kita untuk bisa melakukan lompatan jauh. Sebaliknya kalau keberagaman mudah dipecah dan mudah disusupi dengan isu-isu, maka kita harus ingat perpecahan artinya membuat kita lemah dan disusupi kepentingan asing. Kepentingan negara-negara yang ingin kuasai apa yang kita miliki selama ini," ucap Sigit.

Kemudian terkait kekuatan kepemimpinan Indonesia di dunia, Sigit memaparkan, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Presidensi G-20. Dalam hal ini, dapat dijadikan momentum untuk mengarahkan kebijakan politik dunia dan mendorong terciptanya perdamaian dunia serta membangun Indonesia yang sejahtera.

Dengan adanya posisi politik bebas aktif Indonesia, hal itu menurut Sigit bisa dijadikan momentum membawa perdamaian dunia, apalagi di tengah terjadinya konflik Negara Rusia dan Ukraina. Mengingat, seluruh dunia termasuk Indonesia kini mulai merasakan dampak dari terjadinya perseteruan kedua bangsa tersebut.

Apabila hal itu tidak diantisipasi dan dijaga oleh seluruh elemen bangsa, kata Sigit, hal itu bisa memengaruhi stabilitas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. Hal itu yang harus dicegah.

"Awalnya kita anggap tidak mengganggu, tapi kemudian berlangsung panjang dan kita mulai terdampak, hampir di seluruh sektor baik petani, pengusaha bahkan masyarakat. Bicara lingkungan global, banyak hal yang perlu diperhatikan. Karena ada beberapa hal yang berdampak ke situasi di Indonesia, kalau kami biarkan akan berdampak ke hal-hal situasi kamtibmas," papar Sigit.

Kekuatan besar ketiga yang dimiliki Indonesia, dikatakan Sigit, soal bagaimana Negara Indonesia harus mampu memanfaatkan kekayaan alam. Dalam hal ini, Sigit menekankan, Pemerintah terus berupaya melakukan transformasi ekonomi dalam rangka melakukan pengelolaan sumber daya alam dalam negeri. Tujuannya tentu untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Sigit merinci upaya yang sudah dilakukan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Diantaranya, meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB), peningkatan investasi, hilirisasi industri, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang merupakan wujud pemerataan perekonomian di seluruh Indonesia.

Lalu, wilayah sebagai basis pembangunan, percepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat, pembentukan Otonomi Daerah Baru (ODB). Menurut Sigit, untuk mendukung transformasi ekonomi Indonesia tentunya diperlukan SDM yang unggul serta berdaya saing, produktivitas sektor ekonomi, ekonomi hijau, transformasi digital, integrasi ekonomi domestik dan pemindahan IKN.

"Kita memiliki sumber daya alam yang sangat luar biasa. Sehingga harus betul-betul kita kelola dengan baik, hilirisasi industri termasuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul serta transfer knowledge harus berjalan dengan baik. Bagaimana utamanya menjaga persatuan dan kesatuan, ini modal besar," tutur Sigit.

Tak hanya dinamika global yang harus diwaspadai, Sigit berpandangan bahwa, situasi lingkungan dalam negeri juga harus diperhatikan. Apalagi, tahapan Pemilu 2024 saat ini sudah dimulai.

Berkaca dari pesta demokrasi sebelumnya, Sigit menekankan, semua lapisan masyarakat harus bersatu tekad menolak terjadinya polarisasi, hate speech, hoaks, hingga politik identitas. Karena, sambung Sigit, hal tersebut dapat menimbulkan perpecahan sesama anak Bangsa Indonesia.

Oleh karenanya, Sigit berharap kepada seluruh Angkatan Muda Muhammadiyah untuk sama-sama mendorong kepada setiap kandidat di Pemilu 2024, untuk melahirkan adu program kerja dan gagasan-gagasan yang positif untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

Oleh karenanya, Sigit menyatakan, Angkatan Muda Muhammadiyah harus bisa mengingatkan kepada seluruh calon di Pemilu 2024 untuk tidak melakukan hal yang berpotensi melahirkan perpecahan Bangsa Indonesia.

"Saya ingatkan kalau ada langkah atau upaya yang mengakibatkan perpecahan, kawan-kawan wajib ingatkan," tekan Sigit.

Dengan terwujudnya proses demokrasi yang mengedepan gagasan serta menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan, Sigit menegaskan, hal itu akan mewujudkan cita-cita visi Indonesia Emas di tahun 2045.

"Kedepan kita ingin kandidat memiliki visi yang baik, mempersiapakan SDM unggul, mewujudkan transformasi ekonomi untuk menuju visi Indonesia Emas, bisa memanfaatkan bonus demografi. Karena apa, kalau terjadi perpecahan akan terjadi konflik panjang dan pembangunan yang ada terhambat," tutup Sigit. (**/ARP)

Jatim,Sulutnews.com - Para prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska) dilepas melalui Peluncur Torpedo Kapal Selam KRI Alugoro-405 pada jarak 3 NM dari pantai sasaran pelaksanaan Infiltrasi Kopaska, dengan menggunakan full gear bekal tempur operasi, alat selam Close Circuit, Driver Propultion Device serta Combat Diver Thruster, prajurit bergerak dan bersiaga ketika tiba di bibir pantai Pasir Putih Banongan, selanjutnya dalam waktu yang singkat pantai Pasir Putih Banongan Situbondo, Jawa Timur berhasil dikuasai prajurit Kopaska TNI AL.

Demikian skenario Latihan Peperangan Laut Khusus (Naval Special Warfare) yang diikuti prajurit Kopaska dari Koarmada I, Koarmada II, Koarmada III yang diselenggarakan oleh Pusat Komando Pasukan Katak (Puskopaska). Latihan yang di gelar mulai tanggal 5 Juli 2022 tersebut memasuki manuver lapangan (Manlap) di pantai Pasir Putih Banongan, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (17/7/2022).

Danpuskopaska Laksma TNI Yudhi Bramantyo, mengatakan bahwa Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan prajurit Kopaska dalam melaksanakan infiltrasi melalui tabung peluncur Torpedo dan 'Conning Tower' Kapal Selam.

“Puncaknya pada pelaksanaan latihan ini, berjalan dengan aman sesuai dengan skenario yang di harapkan. Karena itu kerjasama, kekompakan dan sinergitas diperlukan oleh peserta latihan pada latihan peperangan laut khusus ini”, ujar Danpuskopaska.

Lanjut Yudhi sapaan akrabnya kemampuan bertempur dalam tim kecil dengan daya hancur yang besar mutlak harus dikuasai oleh setiap personil Kopaska. Setiap prajurit Kopaska sadar akan setiap resiko yang harus dihadapi dan untuk apa negara memerlukan meraka dengan  segala keunikan dan ke ikhlasannya setiap prajurit Kopaska akan mempertahankan Merah Putih sampai Tetes darah terakhir. Kegiatan latihan ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dalam hal pembangunan SDM TNI AL serta pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional, pungkasnya.

Hadir dalam penutupan latihan peperangan Laut khusus antara lain Dankoopskasel Laksamana Pertama TNI Indra agung Wijaya, Dirops puskopaska Kolonel Laut (p) Johan wayudi, selaku (DEOYU) Deputi olah yudha, Kasub dislat disopslatal Kolonel Laut (P) Maman Nurrahman, Dansatgas Letkol Laut (P) Sandarianto dan Komandan KRI Alugoro Letkol Laut (P) Topan Agung Yuwono. P.

Penulis: ARP

Jatim,Sulutnews.com - Tim SFQR (Second Fleet Quick Response) TNI AL Lanal Banyuwangi di bawah jajaran Koamada II yang dipimpin oleh Lettu Laut (S) Gadakusuma Putra Segara, S.Tr. (Han) berhasil menggagalkan transaksi penjualan Baby Lobster secara ilegal. Aksi penyergapan transaksi ilegal ini berada di Pesisir Pantai Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, (Jatim) Rabu (13/07).

Diketahui awal mula diketahuinya transaksi ilegal ini dimulai dari adanya laporan masyarakat. Dari laporan tersebut Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori memerintahkan Tim SFQR untuk melakukan penyergapan terhadap pelaku.

Dari aksi penyergapan ini didapatkan, sebanyak 7.862 ekor Baby Lobster tersebut diduga akan dijual keluar daerah Banyuwangi.

Untuk mencegah supaya barang bukti Baby Lobster tidak mati sehingga langsung ditebar di pantai belakang Mako Lanal Banyuwangi oleh Palaksa yang didampingi Pasintel, Tim SFQR, serta Perwira Staf Lanal Banyuwangi bersama Pihak dari Karantina Ikan dan Polsek KPPP Tanjung Wangi.

"Untuk mencegah adanya upaya penjualan Baby Lobster di wilayah kerja Lanal Banyuwangi yang cukup luas meliputi Kabupaten Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Probolinggo dan 2 Kabupaten yang menjadi sumber keberadaan Baby Lobster yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Jember, kedepan kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kehadiran Tim SFQR di wilayah rawan tersebut.

"Tentunya dengan strategi dan pola yang lebih maksimal sehingga seluruh pelaku dan penyandang dananya bisa kami amankan dan proses secara hukum sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku." pungkas Danlanal.

 

Penulis: ARP

Jatim, Sulutnews.com - Dalam rangka perintah perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman, Prajurit "Gurita Cakti" Yonif 5 Marinir melaksanakan latihan Ilmu Medan Membaca Peta (IMMP) dan kompas siang di Puslatpur Marinir 5 Baluran, Karangtekok Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (18/06/2022).

Kegiatan latihan tersebut, merupakan rangkaian Latihan TW II TA. 2022 Brigif 2 Marinir yang diselenggarakan di Puslat Latihan pertempuran Marinir 5 Baluran, dengan materi latihan meliputi Orientir Peta, Reseksi, Interseksi dan kompas siang.

Sementara itu, Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Harmoko, M.Tr.Opsla selaku Perwira Pelaksana Latihan TW II TA. 2022 Brigif 2 Marinir lewat Press Rilisnya Senin (20/6/2022) menjelaskan bahwa tujuan latihan IMMP dan Kompas Siang agar seluruh prajurit Yonif 5 Marinir mampu memahami dan menerapkan serta menerapkan ilmu tersebut dengan yang baik dan benar.

"Selain itu latihan tersebut memiliki makna penting dan strategi bagi prajurit Yonif 5 Marinir yang merupakan proses pembinaan dan teknik tempur lapangan yang menyeluruh tandasnya.

Penulis: ARP

Surabaya, Sulutnews.com – Ramadan 1443 memasuki fase akhir, menambah amal peduli sesama. Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jawa Timur (Jatim) bersama Bakti Dharma Hita (BDH) membagikan ratusan bingkisan takjil dan bingkisan bagi marbot dan pembersih masjid dan musala, Rabu-Kamis (28/4/2022).

Tim SMSI Jatim dan BDH dipandu langsung Sekretaris SMSI Jatim, Tarmuji selama dua hari menyasar para marbot di beberapa kawasan, diantaranya masjid Tiban di kawasan Ploso dan mushalla al Amanah di Jagiran, Kecamatan Tambaksai, Surabaya.

“Alhamdulillah, kami tidak menyangka, setelah giat peduli duafa dan fakir miskin di Sidoarjo, ternyata beberapa dukungan terus mengalir, khususnya dari Bapak Ahmad Riyadh UB selaku Pembina SMSI Jatim dan Bapak Bambang DH, inisiator dari BDH,” ungkap Tarmuji, usai memandu giat penuh barokah, Kamis malam.

Lanjut Tarmuji, banyak pengurus masjid, langgar, mushalla, dan warga sekitar yang terdeteksi tim sangat berterima kasih, karena memperoleh bingkisan sembako, di saat kondisi harga minyak goreng lagi melambung tinggi.

Ditambahkan Ketua SMSI Jatim HS. Makin Rahmat, mengungkapkan jika rangkaian kegiatan SMSI Jatim secara spontan berbagi dengan masyarakat di dalam bulan Ramadan Tahun ini juga mendapat respon luar biasa, termasuk kegiatan di Sidoarjo.

"Pandemi tidak membuat kita berhenti untuk berbagi. Apalagi di bulan mulia. Makna puasa di bulan Ramadan harus terus terpatri di luar Ramadan. Salah satunya, tetap peduli dengan sesama. Memberikan informasi yang menyejukkan dan memberikan rasaa nyaman bagi masyarakat," ujarnya.

Salah satu penerima bingkisan, Muarifin menyampaikan ucapan syukur atas bingkisan yang diberikan kepada marbot dan pembersih masjid atau mushalla.

“Betul, kami tidak menyangka ternyata kami selaku marbot diperhatikan. Tentu bingkisan ini sangat berguna bagi keluarga kami. Dan, kami juga tahu kalau SMSI sebagai organisasi media siber juga peduli kaum alit. Terima kasih SMSI,” papar Muarifin.

Memang, keberadaan SMSI sebagai organisasi perusahaan media siber dan menjadi konstituen dewan pers bagian dari pilar demokrasi dan memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi yang jauh dari hoaks. Sedangkan BDH Peduli merupakan organisasi nirlaba yang diinisiasi oleh Walikota Surabaya 2002-2010, Bambang DH. (*/Merson)

Jatim,Sulutnews.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama dengan Forkopimda Jawa Timur meninjau Pelabuhan Tanjung Perak untuk memastikan kesiapan pengamanan dan pelayanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2022.

"Baru saja kita melaksanakan kunjungan di Pelabuhan Tanjung Perak untuk mengecek kegiatan yang dilaksanakan di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak khususnya dalam hal pelayanan terhadap arus mudik dan nantinya arus balik," kata Sigit dalam tinjauannya, Kamis (28/4/2022).

Sigit mengungkapkan, moda transportasi laut ini sangat bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang melaksanakan mudik. Pasalnya, pemudik dapat terhindar sekaligus mengurangi beban kemacetan di jalur darat saat memasuki puncak arus mudik.

"Artinya ini bisa menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk melaksanakan mudik menggunakan moda kapal laut, untuk kurangi potensi beban kemacetan yang di prediksi pada arus mudik, kemungkinan mulai nanti malam akan terus meningkat. Ini tentunya bisa jadi pilihan bagi rekan-rekan," ujar Sigit.

Dari pengecekannya secara langsung, Sigit memastikan bahwa, Pelabuhan Tanjung Perak telah menyiapkan pelayanan yang optimal kepada seluruh masyarakat dari berbagai wilayah yang melakukan perjalanan mudik.

"Kita lihat bahwa dari kapal-kapal yang ada, tidak hanya melayani masyarakat yang akan tinggalkan wilayah Surabaya, namun juga menerima masyarakat yang datang dari beberapa wilayah. Tadi kita cek ada dari Kalimantan, ada juga dari wilayah Ende, dari Sulawesi bahkan dari Tanjung Priok dan pelabuhan Semarang ada juga," ucap eks Kabareskrim Polri ini.

Sementara itu, Sigit mengapresiasi seluruh stakeholder terkait aturan yang mewajibkan para pemudik atau penumpang kapal untuk melakukan vaksinasi dosis III atau booster. Menurutnya, hal tersebut sangat penting untuk tetap melakukan pengendalian Pandemi Covid-19, yang saat ini masih berlangsung.

Otoritas di Pelabuhan Tanjung Perak, kata Sigit juga telah menyiapkan gerai-gerai vaksinasi yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik untuk mendapatkan vaksinasi. Kelengkapan vaksinasi juga menjadi syarat untuk penumpang dalam membeli tiket kapal di Tanjung Perak.

"Saya kira ini sudah bagus. Tentunya, kita harus terus menjaga agar pasca dari Idul Fitri yang biasanya tahun kemarin ada lonjakan, di tahun ini dengan adanya sistem atau persyaratan untuk booster diharapkan laju Covid-19 pasca arus mudik atau pasca Idul Fitri bisa betul-betul kita kendalikan. Karena wilayah Jawa Timur angkanya sangat bagus, 235 kasus hariannya, jauh lebih bagus dibandingkan wilayah lainnya. Ini tentunya harus dipertahankan," papar Sigit.

Disisi lain, terkait volume lonjakan penumpang, Sigit memaparkan, dari data yang disampaikan pihak terkait, puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Perak sudah terjadi di H-7 Lebaran 2022, dengan angka penumpang mencapai 7.000 orang.

"Namun demikian jika dibandingkan tahun 2019, maka tahun ini masih lebih rendah, kurang lebih 36 persen selisihnya. Namun apabila dibandingkan dengan tahun 2020 terjadi peningkatan 138 persen. Jadi saya lihat bahwa sampai hari ini rata-rata sudah diangka 32 ribu. Tentunya dibandingkan situasi normal yang rata-rata 2.000 tetap ada peningkatan," tutur Sigit.

Tak lupa, Sigit menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan berusaha secara maksimal dalam mewujudkan mudik yang aman dan sehat bagi masyarakat Indonesia.

"Terima kasih kepada seluruh rekan-rekan stakeholder yang bertugas memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat merasa aman, selamat sampai tujuan dan tetap sehat," tutup Sigit.

Penulis: ARP

Jatim,Sulutnews.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan mudik di Terminal Purabaya, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/4/2022). Dalam tinjauannya, Kapolri melihat kesiapan terminal, pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu untuk melayani masyarakat yang hendak mudik.

Dari data yang ada, Sigit menyatakan bahwa saat ini sudah terjadi peningkatan penumpang di terminal jika dibandingkan dengan minggu lalu. Hal ini juga diprediksi akan terus mengalami peningkatan kedepannya.

"Kalau kita lihat secara data untuk perkembangan masyarakat di data terminal, ada peningkatan dibanding minggu lalu dan kemungkinan akan terus meningkat dalam beberapa hari terakhir ini," kata Sigit dalam tinjauannya.

Ia pun meminta seluruh pihak terkait di terminal terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang hendak mudik. Dalam kesempatan ini, mantan Kabareskrim Polri juga melihat uji emisi kendaraan bus yang akan digunakan pemudik agar laik jalan.

Selain itu, para sopir atau pengemudi bus juga harus dilakukan tes urine dan alkohol. Hal ini dilakukan demi memberikan kepastian dan jaminan keselamatan bagi para pemudik.

"Bagi pengemudi atau sopir dilaksanakan tes masalah urine dan menggunakan alkohol atau tidak. Ini dilakukan agar saat membawa penumpang, kita yakin sopir dalam keadaan sehat dan prima untuk membawa penumpang yang jaraknya cukup jauh antar kota juga provinsi yang memerlukan kondisi prima," ujar Sigit.

Mantan Kapolda Banten ini juga melihat kesiapan gerai vaksin. Ia pun mengharapkan masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi dosis III atau booster untuk memanfaatkannya.

"Harapan kita masyarakat yang mudik dan bertemu keluarga semuanya dalam kondisi sehat, imunitas kuat, agar pasca-Idul Fitri kita bisa tetap menjaga agar laju Covid-19 khususnya di Surabaya bisa dijaga," ucap Sigit.

Dengan segala upaya pelayanan dan strategi untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2022, ia berharap mudik tahun ini bisa terlaksana dengan sehat, aman dan nyaman.

"Ini pertaruhan kita pasca-mudik khususnya di wilayah Jatim laju Covid-19 bisa dikendalikan," tutup Sigit.

Penulis: ARP

Jatim,Sulutnews.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh Kapolda dan jajaran untuk melakukan pengecekan setiap hari terkait ketersediaan minyak goreng jenis curah demi memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya menjelang bulan Ramadan.

Instruksi tersebut disampaikan Sigit usai meninjau langsung pihak produsen di PT. Smart, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (26/3/2022). Hal ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Kapolri untuk memastikan ketersediaan dan harga penjualan minyak goreng curah untuk masyarakat.

"Dan tentunya tempat-tempat lain nanti Kapolda dengan tim satgas dicek dan diikuti setiap harinya. Termasuk tempat yang kosong dimana untuk diinformasikan, sehingga kemudian bisa dihubungi para distributor yang sudah dicatat untuk mengisi wilayah yang kosong," kata Sigit.

Menurut Sigit, pengawasan dan pemantauan dari pihak kepolisian tersebut untuk memberikan kepastian serta jaminan kepada masyarakat bahwa minyak goreng jenis curah stoknya terjamin dan harga penjualannya sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Pemerintah.

Dengan adanya komitmen tersebut, Sigit mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan tenang untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng, khususnya di saat menunaikan ibadah Puasa.

"Jadi tentunya hal-hal yang harus terus kita cek dan kemudian kita pastikan seluruh kegiatan distribusi berjalan baik. Ini akan kita ikuti terus. Mudah-mudahan ketersediaan minyak curah, dan harga eceran tertinggi betul-betul ada dipasaran khususnya di bulan Ramadan," ujar Sigit.

Terkait kunjungannya di PT. Smart, Sigit menyatakan mendapatkan laporan bahwa pihak produsen mampu memproduksi minyak goreng sebanyak 250 ton untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat di Jawa Timur.

"Kemudian tadi dari hasil diskusi, pihak produsen siap untuk tingkatkan produksi kebutuhan minyak curah dan tentunya kita akan komunikasikan dengan Kementerian Perindustrian untuk bisa diberikan tambahan lebih. Kita juga tadi tanyakan langsung ke beberapa distributor yang mendapatkan penugasan dari PT. Smart untuk membagikan dan menyalurkan ke seluruh wilayah Jawa Timur," papar Sigit.

Sebelum meninjau PT. Smart, Kapolri dan Forkopimda Jawa Timur, juga telah mengecek secara langsung ketersediaan minyak goreng khususnya jenis curah dan harga penjualannya di Pasar Wonokromo, Jawa Timur. (Adrian)

Surabaya,Sulutnews.com - Suasana Rakernis Logistik Polri yang digelar di Hotel Wyndam, Surabaya, Jawa Timur berbeda dengan biasanya. Seluruh peserta diwajibkan menggunakan pakaian khas Warok Ponorogo lengkap dengan udengnya.

Acara yang bernuansa kearifan budaya lokal itu dibuka langsung oleh Asisten Kapolri Bidang Logistik (Aslog) Irjen Pol Argo Yuwono. Sebelum acara pembukaan para peserta ditampilkan kesenian Reog Ponorogo.

Menurut Argo, rakernis Logistik Polri berlangsung tanggal 24 hingga 26 Maret 2022. Suasana rakernis kata dia mengangkat kearifan budaya lokal Reog Ponorogo. "Ini mau sambutan gaya biasa atau gaya Warok," ujar Argo berkelakar sambil tersenyum di sambut tawa para peserta.

Menurut mantan Kadiv Humas ini pihaknya sengaja mengunakan pakaian budaya warog di samping untuk mengenalkan budaya kearifan lokal juga karena warog dalam sejarah mengambarkan sosok  yang berbudi pengerti luhur, jujur, satria dan berwibawa dan bisa menjadi tauladan kita semua.

Kembali ke soal rekernis, Argo dalam sambutannya menyampaikan, Slog Polri  merupakan unsur pengawas dan pembantu Kapolri dalam Bidang Manajemen Logistik yang siap mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Slog juga siap melakukan reformasi struktural, pengamanan G20, agenda pemerintah serta program P3DN. Sehingga agenda tersebut berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

"Tema yang di angkat tahun ini adalah Logistik Polri Siap Mendukung Polri yang Presisi dalam Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural serta Mengamankan Agenda Pemarintah Guna Menyukseskan Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju," ungkap Argo. (Adrian)