Jembatan Putus, TNI Bersama Warga Kerja Bakti Bangun Jembatan Darurat

Written by  Sugeng Jul 02, 2022

Cilacap,Sulutnews.com - Menindaklanjuti perintah Komandan Kodim 0703/Cilacap, Danramil 09 Kawunganten Kapten Chb Sutarman, S.H., beserta anggota melaksanakan kegiatan kerja bakti pembuatan jembatan darurat yang menghubungkan 6 Dusun di Desa Ujunggagak Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Sabtu (2/7/22).

6 Dusun diantaranya Dusun Cibeureum, Dusun Pelindukan, Dusun Karanganyar, Dusun Karangsari, Dusun Karangjaya dan Dusun Karangmulya. Kegiatan tersebut dilaksanakan dikarenakan jembatan sebelumnya mengalami kerusakan akibat terdampak meluapnya Sungai Cimeneng beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan diikuti oleh anggota TNI Jajaran Kodim 0703/Cilacap, BPBD, Pemuda Karang Taruna, Linmas dan Warga Desa Ujunggagak. Dalam kegiatan ini juga mendatangkan alat berat excavator dari BBWS Citanduy guna kelancaran pembuatan jembatan tersebut.

Kepada Awak Media, Kapten Chb Sutarman menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan ini menindaklanjuti arahan dan petunjuk pimpinan yang mana kegiatan TNI di wilayah harus menyentuh sendi sendi kehidupan masyarakat sehingga dengan adanya kegiatan perbaikan jembatan darurat, TNI harus turun langsung untuk membantu kesulitan Rakyatnya.

"Ini perintah dari pimpinan. Harapannya tentu setelah jembatan ini dibangun, nantinya bisa digunakan dengan sebaik baiknya oleh masyarakat, kemudian bisa mempererat tali silaturahmi khususnya warga Kampung Laut dan mempererat kemanunggalan TNI dengan Rakyat," Jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Ujunggagak Juwandi mengungkapkan bahwa sebelumnya masyarakatnya sering keluh kesah akibat rusaknya jembatan sungai Cibeureum sehingga akhirnya pemerintah desa bersama Pemerintahan Kecamatan, TNI dan berbagai pihak bersama sama menyengkuyung kegiatan kerja bakti ini untuk membuat jalan penghubung 6 dusun yang ada di desanya.

"Saat ini kita bersama TNI, Kecamatan Kampunglaut kerja bakti membuat jembatan darurat. Diantara 6 dusun itu, akses penghubung adalah jembatan yang kita bangun saat ini. Maka dari pemerintahan desa Ujunggagak mengupayakan dan mengajukan kepada pemerintah daerah supaya kedepannya bisa mewujudkan harapan masyarakat yaitu dibangunnya jembatan permanen," Ungkapnya.

Terkait anggaran, Kepala Desa Ujunggagak ini menjelaskan bahwa kegiatan ini atas swadaya dari masyarakat dan semua pihak yang telah menyumbang. Dan terkait keterlibatan TNI, Kepala Desa Ujunggagak ini juga mengapresiasi keterlibatan anggota TNI dari Jajaran Kodim 0703/Cilacap yang telah mendukung adanya kegiatan pembuatan jembatan darurat di Dusun Cibeureum Desa Ujunggagak.

"Pemerintah Desa Ujunggagak mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari TNI yang telah membantu menyengkuyung kegiatan ini,"Ucap Juwandi.

Camat Kampung Laut Heru Kurniawan, S. STP. MM, yang hadir dalam kegiatan tersebut juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak yang telah datang membantu. Atas nama Pemerintahan Kecamatan Kampung Laut mengucapkan terima kasih atas partisipasi warga dan semua pihak yang sudah terlibat dari kegiatan ini.

"Juga kepada Danramil 09 Kawunganten, BBWS Citanduy, Karangtaruna, Linmas. Terima kasih atas partisipasi kegiatan kerja bakti dalam perbaikan jembatan sungai Cibeureum ini," Ucapnya.

Dia mengungkapkan, akibat banjir yang terjadi beberapa waktu yang lalu, jembatan yang setiap hari dilalui oleh masyarakat ini, rusak dan roboh. Atas koordinasi BPBD dan semua elemen, saat ini bisa terlaksana dan bersama sama kerja bakti membuat jembatan darurat yang mana jalan ini satu satunya akses mempermudah masyarakat Dusun Cibeureum Desa Ujunggagak.

"Karena kalau tidak segera diperbaiki, warga harus memutar sekitar 14 Km. Untuk itu, kita patut bersyukur hari ini kita melaksanakan kerja bakti dengan harapan transportasi dan aktivitas bisa berjalan seperti biasa," Pungkasnya.(Sugeng)