Kodiklatau Marsdya TNI Tonny Harjono Tutup Kegiatan Latsarmil

Written by  Adrianus Pusungunaung Aug 30, 2022

Jakarta,Sulutnews.com - Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara (Kodiklatau) Marsdya TNI Tonny Harjono, S.E., M.M., secara resmi menutup Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Komponen Cadangan melalui upacara militer di lapangan Jingga Mako Kopasgat, Jumat (26/7/2022).

Dalam sambutan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang dibacakan Dankodiklatau menyampaikan bahwa komponen cadangan merupakan sumber daya nasional yang disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan serta kemampuan komponen utama yang mampu bekerjasama dengan komponen-komponen lain dalam meningkatkan keamanan dan stabilitas pada pelaksanaan tugas ke depan.

Dijelaskan bahwa pembentukan Komponen Cadangan tahun 2022 akan dilaksanakan Latsarmil selama tiga bulan di wilayah Rayon I (Pulau Jawa), Rayon II (Pulau Sumatera), dan Rayon III (Pulau Kalimantan) dengan mendidik sebanyak 1.500 orang matra Darat, 500 matra Laut, dan 500 matra Udara.

Lebih lanjut, Menhan RI mengharapkan kepada anggota Komponen Cadangan dapat melaksanakan tugas pada saat mobilisasi, sehingga memperbesar dan memperkuat komponen utama dalam menghadapi ancaman, dan status Komponen Cadangan bagi ASN/karyawan/buruh selama menjalani masa aktif tidak menyebabkan pemberhentian atau putusnya hubiungan kerja dengan instansi tempat bekerja dan bagi mahasiswa juga tidak akan kehilangan status sebagai mahasiswa tetap mendapat hak akademis.

Pada akhir sambutannya, Menhan RI menekankan kepada seluruh anggota Komponen Cadangan harus selalu siaga jika dipanggil Negara, Komponen Cadangan akan dikerahkan bila negara dalam darurat militer atau keadaan perang, dimobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR dengan Komando Kendali di bawah Panglima TNI. (**/ARP)