(Foto. Dispenad) (Foto. Dispenad)

Dikunjungi Kadet Unhan, Dislitbangad Siap Dukung Laboratorium

Written by  Adrianus Pusungunaung Aug 14, 2022

Jakarta,Sulutnews.com - Tidak hanya untuk pengenalan sarana, Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Dislitbangad) siap mendukung program perkuliahan para kadet Universitas Pertahanan (Unhan) melalui kerjasama penggunaan Laboratorium rekayasa maupun pemgujian.

Hal itu disampaikan Kepala Laboratorium Dislitbangad Kolonel Arh Saptarendra P dalam rilisnya, Batujajar, Jumat (12/8/2022).

Diungkapkan Kolonel Arh Sapta, Kadislitbangad Brigjen TNI Jajat Sudrajat sangat mengapresiasi atas kunjungan dari Kadet Prodi Kimia Fakultas MIPA Militer di fasilitas rekayasa dan pengujian yang berada di lokasi yang sama dengan Pusdiklatpassus Kopassus.

"Laboratorium ini berdiri sejak tahun 1950, namun mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa seluruh materiil dan bekal yang digunakan oleh prajurit di uji lebih dahulu di sini," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, kunjungan Kadet Unhan di Laboratorium merupakan salah satu kegiatan yang tepat dan selaras dengan progam pendidikannya yaitu bidang kemiliteran.

"Para Cadet tidak hanya mengenali sarpras rekayasa dan uji tapi juga mereka dapat mengetahui berbagai perkembangan teknologi sedang berkembang maupun dikembangkan untuk kepentingan militer, khususnya TNI AD," paparnya.

"Seperti konversi energi, yaitu listrik dari pompa hidram dan limbah sampah, bahan bakar dari gas hidrogen yang dihasilkan dari generator HHO maupun generator H202 (Hidrogen Peroksida), pembuatan dan pemanfaatan karbon aktif termasuk juga penggunaan laser," tambahnya.

Lanjut Ka Lab katakan  bahwa mutlak adanya dalam program pendidikan ditingkat perguruan tinggi sangat membutuhkan Labortaorium.

"Untuk itu Kadislitbangad Brigjen Jajat pun menyampaikan bahwa kita siap bekerjasama dengan Unhan dalam hal pemamfaatan Laboratorium untuk mendukung program perkuliahan Unhan sepertu halnya  yang telah dibangun bersama Unjani (Universitas Jenderal Achmad Yani)," tegas Ka Lab.

"Namun itu tentunya harus melalui kebijakan dan kerjasama antara Unhan dengan TNI AD agar dapat optimal dan berkelanjutan," tuturnya.

Dalam kunjungannya ke Labortorium Dislitbangad, para Kadet meninjau fasilitas uji dan rekayasa senjata dan munisi, materiil bergerak, alat dan perlengkapan satuan dari berbagai jenis bahan, biologi kimia, workshop rekayasa serta mencoba materi uji kendaraan di track band dengan Rantis PJD (Pertempuran Jarak Dekat).

Di tempat yang sama, Tedi Kurniadi, M.Si., (Dosen Prodi Kimia Unhan) mengungkapkan dirinya sangat senang atas sambutan dan kegiatan yang diberikan Dislitbangad kepada 25 Kadet Unhan yang dibawanya.

"Terus terang, saya sangat senang dan juga baru tahu bahwa TNI AD memiliki labortaorium yang cukup lengkap apabila digunakan untuk mendukung program perkuliahan Unhan," ujar Tedi.

Lanjut disampaikannya, para Kadet juga terlihat antusias, karena mereka dapat melihat langsung alat rekayasa dan uji yang bisa digunakan praktek laboratorium dan informasi tentang update teknologi yang sedang berkembang maupun dikembangkan oleh Dislitbangad.

"Terima kasih kepada Kadislitbangad dan Kepala Labortaorium yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk meninjau dan peluang kerjasama. Sekembali dari sini akan dilaporkan ke pimpinan tentang kelanjutan dari kemungkinan kerjasama ini," pungkasnya. (**/ARP)