Bupati Eka Siap Beberkan Konsep Pariwisata Tabanan kepada Delegasi Wartawan Korea

Written by  Mercys Loho Oct 30, 2019

Tabanan, Sulutnews.com -  Sebelas Wartawan Delegasi Journalist Association of Korea (JAK) akan mengunjungi Bali selama tiga hari, 1-3 November mendatang. Kunjungan jurnalis Korsel ini memiliki arti tersendiri karena bisa dijadikan ajang untuk mempromosikan Bali.

Tabanan merupakan salah satu kabupaten yang bakal dikunjungi selama Delegasi JAK melakukan kunjungan jurnalistik di Pulau Dewata.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti pun sangat antusias merespon kunjungan Delegasi JAK. Bahkan, Bupati Eka bersama OPD terkait, khususnya Dinas Pariwisata, siap menjamu rombongan wartawan Korea yang banyak di antaranya adalah pemilik dan pemimpin redaksi media di Negeri Ginseng itu.   

Hal itu mengemuka saat Pengurus PWI Bali yang dipimpin ketuanya, IGMB Dwikora Putra, diterima langsung oleh Bupati Eka didampingi Kabag Humas Setda Tabanan I Ketut Ridia di Kantor Bupati Tabanan, Rabu (30/10).

Bupati Eka menyambut baik rencana kunjungan jurnalis Korea Selatan ke Tabanan. Dikatakan, kunjungan ini sangat bagus sebagai bagian untuk memperkenalkan pariwisata Bali, khususnya Tabanan kepada masyarakat Korea nantinya. “Ini  sangat bagus untuk promosi pariwisata meski Bali bukan sesuatu yang asing bagi luar negeri,” tandasnya.

Bupati Eka menjelaskan, konsep pengembangan pariwisata di Tabanan bersinergi dengan pertanian dengan mengembangkan desa wisata. Di Tabanan sendiri sudah ada 22 desa wisata  dan rencananya di akhir tahun 2021 seluruh desa di Tabanan sebanyak 133 sudah bisa menjadi desa wisata. Hal ini sebagai upaya  agar pariwisata  dapat dinikmati langsung oleh masyarakat.

Di desa wisata, kata politisi PDIP itu, masyarakat terlibat langsung untuk memberikan fasilitas  dan  menyiapkan akomodasi termasuk  untuk penyiapan pangan  yang menjadi hasil masyarakat setempat. “Ke depan, kami menyiapkan konsep  pariwisata berbasis desa dengan membentuk desa wisata sehingga masyarakat bernar-benar terlibat di dalamnya dan menikmati manfaatnya,” pungkas Bupati Eka.

Sebelumnya, Dwikora Putra menjelaskan, rencana kunjungan wartawan Korea sebagai bagian dari kerja sama jurnalis Korea Selatan dengan Indonesia, khususnya PWI. Selain 11 wartawan Korea Selatan, selama di Bali rombongan akan didampingi Pengurus PWI Pusat dan PWI Bali. Mereka akan melakukan kunjungan ke obyek-obyek wisata yang ada di Bangli, Tabanan dan Badung.

Ke Tabanan sendiri, rombongan JAK akan berkunjung Sabtu (2/11). Awalnya mereka akan diagendakan mengunjungi  Museum subak, Jatiluwih dan Tanah Lot. Namun kemudian mereka sudah menetapkan lokasi kunjungan  ke DTW Ulundanu Beratan dan Tanah Lot. Rombongan JAK ini ingin mengetahui banyak soal pertanian yang disinergikan dengan pariwisata atau agrowisata, sehingga pihaknya berharap Bupati Eka bersedia menerima langsung bersama jajaran terkait  dan dapat memberikan penjelaskan dengan konsep pengembangan pariwisata di Bali, khususnya Tabanan, bersinergi dengan pertanian. 

“Mereka sangat tertarik untuk mempelajari tentang konsep agrowisata,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Bangli I Made Gianyar juga sudah menyatakan siap menerima kunjungan JAK. Bahkan, ia berharap Delegasi Wartawan Korea ikut mempromosikan pariwisata Bangli di Negeri Ginseng. Bupati Made Gianyar menyampaikan hal itu saat menerima audiensi pengurus Persatuan Wartawan Indonesdia (PWI) Provinsi Bali di Caldera Restaurant Kintamani, Bangli, Senin (21/10/2019) sore.

Bupati yang didampingi Sekda Ida Bagus Gede Giri Putra, Kadis Pariwisata  I Wayan Adnyana dan  Kabag Humas dan Protokol  Cokorda Bagus Gaya Dirga, berharap kunjungan wartawan dari Negeri Ginseng itu nantinya dapat lebih mempopulerkan potensi pariwisata Kabupaten Bangli di Korea Selatan.

“Melalui kunjungan wartawan Korea Selatan ini kita harapkan nama Kabupaten Bangli bisa lebih dikenal di mancanegara, terutama di Korea Selatan. Dengan demikian, kunjungan turis Korea Selatan ke Bali khususnya ke Kabupaten Bangli bisa meningkat secara signifikan,” ujarnya.

Rombongan JAK diagendakan dua kali mengunjungi Bangli. Hari pertama Jumat (1/3), usai melakukan media visit d TVRI Bali rombongan akan dijamu makan siang oleh Bupati Bangli di Toya Devasya di Toya Bungkah, Kintamani. Kemudian akan menikmati kawasan wisata Kintamani hingga Pura Batur. Minggu (3/10), rombongan JAK akan menikmati desa wisata Panglipuran dan desa wisata Sala yang menyuguhkan obyek wisata spiritual.

Dwikora Putra menjelaskan, kunjungan JAK ke Bali kali ini adalah untuk keempat kalinya. Sementara Delegasi JAK  yang akan berkunjung ke Bali berjumlah 11 orang. Yakni Mr.  Jung Kyu Sung (President of JAK), Mr. Moon Kwanhyun (Vice President Yonhap News Agency), Mr. Jang Taeyeoup (VP Jellaibo), Mr. Chioi Sukhwan (VP Money Today), Mr. Lee Juhyung (President of Daegu-Gyeongbuk Journalist Association, Daego Ilbo), Mr. Park Jikyoung (The Kwangju Ilbo), Mr. Park Sang Joun (The Maeil Shinmun), Mr. Kwon Ki Taek (Busan Ibo), Mr. Lim Jinsu (President of CBS Branch), Mr. Kim Soo Han (President of The Herald Business Branch), dan Mr. Lee Won Hee (Director of JAK).(/Mercys/PWI)