Mengangkat Tema 'Pacific Gateaway of Indonesia', Sulut Expo 2019 Resmi Dibuka.

Written by  Mercys Loho Sep 27, 2019

JAKARTA, Sulutnews.com - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey membuka langsung Sulut Expo 2019 di gedung Smesco Exhibition dan Convention Hall, Jln Gatot Subroto Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Dalam sambutanya di hadapan 15 Duta Besar dan tamu undangan lainya yang memadati Hall Smesco,Gubernur mengatakan ajang Sulut Expo ini merupakan bagian dari HUT Provinsi Sulawesi Utara yang ke-55. Dan ini untuk pertama kalinya digelar diluar Sulut.

“Jakarta kan tempat kumpulnya para duta besar negara sahabat juga para investor. Makanya kali ini kita sediakan wadah untuk mengenalkan potensi Sulut,” terang Olly.

Olly mengaku sangat optimis Provinsi Sulut sudah sangat siap menuju Sulut " Gateway Pacifik in Indonesia" sesuai dengan tema sulut expo tahun ini. Intinya kata dia Sulut sudah sangat siap menjadi Pintu Gerbang Pasifik di Indonesia.

"Saya berharap, efek pameran di Sulut Expo 2019 kali ini bisa menarik perhatian investor-investor dari luar daerah untuk dapat menanamkan modalnya di Bumi Nyiur Melambai " Ujarnya

Keyakinanya bertambah karena pemerintah pusat sendiri telah menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang sebagai salah satu objek yang masuk status super untuk dikembangkan.

Saat ini banyak investor mengincar sulut dan tertarik untuk berinvestasi di daerah ini. Untuk itu dengan makin banyaknya investasi secara otomatis akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu Asiano Gemmy Kawatu, Ketua Umum Panitia Sulut Expo mengatakan Sulut Expo 2019 akan diwarnai dengan berbagai acara yakni Launching Flight Garuda Indonesia ke Davao,Penandatanganan Letter of Understanding antara industri pariwisata Filipina dan Sulut.

Setelah pembukaan, sesuai tema acara pada hari pertama “Kearifan Lokal” berbagai pertunjukan seni budaya Sulut akan ditampilkan di Smesco Exhibition. ada juga Investor Gathering & Digital Economy in North Sulawesi” dan promosi daerah Kabupaten Kota se Sulut. Selanjutnya di hari ketiga Sulut Expo dengan mengambil tema “Akses Global & Travel Exhibition” dimana akan diramaikan juga dengan pagelaran fasion batik Sulut, dan pentas seni budaya, seni budaya tradisi Sulut yang akan ditampilkan seperti Maengket, Masamper, Katrili, Tarian Kabela, dan budaya lainnya.

Sementara untuk hari terakhir menjadi ujung rangkaian Expo akan diakhir dengan “Travel Exhibition & Malam Puncak Sulut Expo 2019”.

“Selama pelaksanaan Sulut Expio sejumlah penyanyi terkenal seperti Ruth Sahanaya, Ermy Kulit, Conny Mamahit, Nindy Ellese, Angel Karamoy, dan Mikha Tambayong” tutup Gemmy.(/Mercys)