Nasional

Nasional (846)

BLORA, Sulutnews.com  -  Sejumlah plat beton di sepanjang jalan yang akan dibangun oleh Satgas TMMD bersama warga di kegiatan TMMD Reguler ke-104 Kodim Blora, sedikit waktu lagi akan selesai. Jika bangunan plat beton beres, dipastikan pasokan material ke sejumlah sasaran fisik TMMD akan lancar.

''Beberapa hari kita menggelar Pra TMMD, pekerjaan sejumlah plat beton sudah hampir selesai. Ada empat plat beton yang kita bangun, dan sedikit hari lagi akan selesai. Jika semuanya beres nantinya droping material akan semakin lancar,'' ungkap Bati Bhakti TNI Kodim Blora, Peltu Suharyanto.

Dikemukakan, pembuatan plat beton memang diprioritaskan terlebih dulu guna kelancaran pengiriman material agar. ''Artinya jika jika plat beton selesai,  truck material bisa masuk sampai ke lokasi sasaran," tambah Suharyanto. (/Narto)

BLORA, Sulutnews.com - Agar semua hasil pekerjaan fisik di TMMD Reguler ke -104 Kodim  0721/Blora bisa dinikmati warga Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejo, pembangunan talud yang merupakan salah satu sasaran fisik TMMD dibikin versi "Tentara".

‘'Mungkin agak aneh ada pembanguna talu versi Tentara. Maksudnya bangunan talud dibikin sekuat mungkin agar nantinya jalan yang juga dibangun di TMMD tidak cepat rusak karena tergerus longosr,'' tandas Pasiter Kodim Blora, Kapten Inf. Puryanto.'

Dari pantauan, warga dan personil TNI begitu disiplin bekerja di sejumlah sasaran fisik. Mereka mulai bekerja pukuk 07.00 dan baru usai pukul 16.00 WIB. Dengan disipling tinggi capaian hasil di sejumlah pekerjaan fisik juga cukup memuaskan.

Sukarno, salah seorang warga Desa Jurangjero mengungkapkan, pihaknya sangat setuju jika bangunan talud diperkuat. ''Saya dan warga lainnya sangat setuju jika talud dibikin sekuat mungkin. Harapannya bangunan jalan nantinya akan tahan lama dan aman dari ancaman longsor,'' ungkap Sukarno. (/Narto)

BLORA, Sulutnews.com  - Untuk menghilangkan rasa penat setelah sehari-harinya kerja keras di lokasi TMMD, warga bersama Satgas TMMD menyempatkan untuk bersenda gurau. Dengan duduk-duduk sekedar menikmati anggin segar, mereka memandang hasil kerja selama ini.

Seperti pekerjaan salah satu  plat beton dan talud yang prosenetasenya sudah signifikan. ''Dengan ngomrol, senda gurau selain bisa menghilangkan penat sekaligus menambah keakraban dengan Pak Tenatara,'' ungkap Sugi (43), salah seorang warga Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejo (desa sasaran TMMD Reguler ke -104 Kodim 0721/Blora. ''habis ini nanti langsung mengukur pekerjaan talud untuk persiapan sesok harinya melakukan penggalian tanah,'' bebernya.

Sutoyo (45), warga lainnya berharap semua target pembangunan fisik TMMD Kodim Blora bisa selesai, sehingga nantinya bisa digunakan oleh semua warga. Terpisah Bati Bhakti TNI Kodim Blora, Peltu Suharyanto menyatakan, dilihat dari pencapaian sejumlah pekerjaan fisik pihaknya optimis semua sasaran fisik TMMD bisa rampung.  (/Narto)

BLORA, Sulutnews.com  - Disela-sela kesibukan menjalankan tugas komando sehari-hari, Dandim 0721/Blora, Letnan Kolonel Inf. Ali Mahmudi SE, menyempatkan diri untuk tinjau lapangan pelaksanaan TMMD Reguler ke -104 jajarannya di Desa Jurangjero, yang sudah memasuki tahapan Pra TMMD. Disamping ingin mengetahui perkembangan pekerjaan, sekaligus memberi semangat kepada anggota dan warga masyarakat.

Dandim Ali Mahmudi memberi apresiasi menyusul antara warga dan TNI saling bahu untuk menyelesikan pekerjaan fisik yang sudah diprogramkan di TMMD tersebut. Orang nomor satu di jajaran Kodim itu menekankan agar semangat kerja teus dipompa, mengingat item pekerjaan masih banyak yang harus diselesaikan.

Menurutnya kerja nyata jajarannya bersama warga desa sasaran sudah terlihat. ''Melihat yang ada dilapangan, merupakan bukti nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui TMMD Reguler,'' tandas Dandim .

Sementara itu, Rasno (50), salah seorang warga Desa Jurangjero menyatakan, dengan kejasama antara TNI dan rakyat, semua pekerjaan berat terasa ringan. ''Jika kerja bareng ini terus dipertahankan saya yakin apa yang menjadi target TNI Kodim Blora di TMMD akan tercapai semua,'' ujar Rasno.

Rasno yang Kadus Kembang, Desa Jurangjero, menyatakan, pPotensi jalan setelah selesainya rangkaian TMMD reguler ke - 104 nnati jelas akan memperlancar aktifitas warga Desa Jurangjero. Pasalnya di jalan itu, semula wraga  hanya bisa berjalan kaki, nantinya bakalan bisa dilewati roda dua dan mobil. (/Narto)

 

BLORA, Sulutnews.com  - Biarpun sudah berusia lanjut, Kakek tua ini, Mbah Darmin (87) warga Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejo, tidak mau kelah dengan yang muda-muda. Dia sehari-harinya ikut aktif bekerjad di lokasi TMMD Reguler ke-104 Kodim Blora, ''pagi saya cari pakan ternak, siangnya saya tidak pernah absen ikut kerja bhakti bersama Pak Tantara,'' ujarnya kepada Tim Pendim Blora. 

"Woalah Pak ngeten niki kulo remen radosan ngajeng griyo niki dibangun pondasi ratan, kersane dalan kuat.  Soale menawi mboten dipondasi radosanipun gampang longsor. Kula mboten nate absen nderek kerja bhakti kaleh Pak Tentara (Saya senang jaan depan rumah saya dibangun pondasi supaya  jalannya kuat. Soalnya kalau tidak dipondasi, jalan mudah longsor. Saya tidak pernah absen untuk ikut kerja bhakti -Red).''

Melihat kesadaran dan semangat kerja keras dari warga desa binaanya di momen TMMD, Babinsa desa setempat, Serda Suawarno tidak menyia-nyiakan kesempatan. Di setiap harinya dia aktif ikut kerja memberi contoh kepada warga.  ''Dengan cara iki saya bisa lebih dekat dengan warga, dan semakin tahu permasalahan apa yang sedang dihadapi warga,'' ungkap Serda Suwarno. (/Narto)

BLORA, Sulutnews.com -  Perangkat Desa, Kaur umum Sutompo (48) warga Desa Jurangjero merasa senang. Saya sangat seneng Pak? ada tiga rumah yang akan direhab (RTLH) Di TMMD soal rumah warga tersebut layak dibetulin.

Sutompo menceritakan kalau Sutiyono (31) warga Dukuh Nggoloyo RT 03/RW 03 yang salah satu rumahnya akan direhab,  mereka keluarga tidak mampu, hidup sebagai buruh serabutan, belakang rumah sudah mau ambruk, serta genteng banyak yang bocor sehingga kalau musim hujan jadi becek dalam rumahnya," ucapnya.

Sementara itu Sutiyono (31) mengungkapkan kegembiraan dan rasa terharu akan direhab rumahnya, dengan demikian rumahnya layak untuk ditempati dan tidak bocor lagi, sehingga anak - anak saya tidak mudah terserah penyakit, karena rumahnya sudah sehat," ucapnya.

Ia menambahkan semoga TMMD Reguler 104 ini berjalan lancar dan sukses terus buat Bapak - bapak TNI, karena sudah merehab rumah saya. Dan ini sudah lama saya tunggu.(/Narto)

BLORA, Semangat - Kepala Desa Jurangjero, Juwartik mengakui, bahwa sejak digelar Karya Bhakti TNI diteruskan Pra TMMD, sebagai rangkaian pelaksanaan TMMD Reguler ke -104 Kodim Blora, semangat gotong royong warganya meningkat drastis.  ''Tidak saya pungkiri, berkat dorongan semangat dari TNI Kodim Blora, semangat gotong royong warga kami meningkat,'' jelas Kades Juwartik.

Dijelaskan, di pekerjaan jalan misalnya, dimana merupakan sasaran fisik utama TMMD Blora, di setiap harinya, dari ploting warga 10 orang, yang datang dua kali lipat. Mereka bahu meambahu dengan anggota TNI mengeraskan jalan yang memang sudah lama didambakan oleh warga. 

'' Apa yang terjadi di desa kami akhir-akhir ini sebagai bukti bahwa MMD Reg dari Kodim Blora bisa mendorong semangat gotong royong warga. Semua itu tidak terlepas dari kepiawaian para Babinsa di lapangan yang tidak main perintah melainkan juga mau turun ke lapangan memberi contoh kepada warga,'' tambah Kades Juwartik.(/Narto)

BLORA, Sulutnews.com - Tidak saja membangun jalan, Tentara Kodim Blora juga membangun talud di pelaksanaan TMMD Reguler ke -104 Kodim -0721/Blora dengan desa sasaran Desa Jurangjeo, Kecamatan Bogorejo.  ''Pembangunan talud di Jurangjeo termasuk skala prioritas sehinnga diagendakan melalui gelaran TMMD,'' ujar Sertu Suli, salah soerang anggota Koramil 02/Jepon disela-sela bekerja di lokasi.Blora - Babinsa Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejo serda Suwarno mengadakan karya bhakti pembangunan talud bersama warga Desa Jurangjero menuju lokasi TMMD Reguler 104 yang digelar di Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora.

Dijelaskan, meski lokasi Jurangjero berada di perbukitan, lantaran penataan saluran ait acak-acakan jika hujan deras mengakibatkan aliran air deras dan menggerus jalan. ''Kondisi itu yang menjadi perhatian komando atas untuk menentukan pembangunan talud di kegiatan TMMD,'' tambah Sertu Suli.

Menurutnya, tanpa diminta keinginan warga untuk membantu TNI yang sedang menggelar Pra TMMD, ternyata cukup tinggi. Harapannya, semangat gotong royong yang mulai berkurang akan terpacu kembali melalui TMMD,'' kembali menghidupkan gotong royong memang menjadi salah satu tujuan pelaksanaan TMMD,'' tandasnya.  (/Narto)

BLORA, Sulutnews.com  - Menjelang pembukaan, warga Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejos semakin giat bekerja di lokasi TMMD Reguler ke-104 Kodim 0721/Blora. Mereka berharap, semua pembangunan yang sudah dicanangkan di TMMD yang secara resmi akan dibuka tanggal 26 Februari mendatang bisa selesai semua.

''Kami tidak mau ada pembangunan yang sudah direncanakan dalam TMMD Kodim Blora ada yang tidak selesai. Eman-eman, sulit mencari momen TMMD yang melakukan banyak pembangunan di pedesaan. Untuk itu kami seluruh warga Desa Jurangjero akan terus bersemangat membantu TNI,'' ungkap Darso (47), salah seorang warga Desa Jurangjero, yang selalu aktif ikut gotong royong bersama personil TNI.

Sementara itu, Babinsa Desa Jurangjero, Serda Suwarno tak pernah henti-hentinya memompa semangat para warga untuk ikut kerja bhakti.  ''Sasaran fisik TMMD Kodim Blora di Jurangjero cukup banyak, sehingga keterlibatan warga harus maksimal. Untuk itu saya tidak pernah henti-hentinya mendorong semangat warga,'' ucap Serda Suwarno. (/Narto)

BLORA, Sulutnews.com  - Dengan dibangunnya jalan penghubung Desa Jurangjero ke Desa Nglengkir, Kecamatan Bogorejo melalui kegiatan TMMD Reguler ke-104 Kodim 0721/Blora, merupakan harapan baru bagi warga Desa setempat yang mempunyai ternak sapi.

Jika jalan TMMD tersebut jadi, para warga yang mempunyai ternak sapi itu akan mudah saat mencari pakan untuk ternaknya. ''Selama ini untuk mencari pakan ternak sehari-hari kami harus melalui jalan setapak,'' ungkap Sarji (60), salah satu diantara peternak di Desa Jurangjero

Menurutnya, Desa Jurangjero sangat berpotensi dijadikan tempat untuk beternak sapi. Pasalnya, wilayah Desa Jurangjero merupakan hutan yang ditumbuhi rumput, sehingga makanan alami untuk ternak sangat  mudah dicari.

''Di Dusun kami areal hutan yang luas memudahkan bagi peternak Sapi untuk merumput, sehingga sangat cocok untuk beternak sapi," ungkapnya Manto, peternak sapi asal Jurangjero lainnya. Hanya saja karena jalan yang tidak jelak cukup menyulitkan peternak sapi mencari makanan ternak, (/Narto)