Yens HTO Watung, ST

Yens HTO Watung, ST

Minsel, SulutNews.com -- Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) definitif yang sementara menjalani masa cuti kampanye, Christiany Eugenia Paruntu atau akrab disapa Tetty, berjanji akan mengembalikan jabatan 27 pejabat (Pj)Hukum Tua yang diganti dimasa pemerintahan pejabat sementara (Pjs) Bupati Minsel, Meiki Onibala.

Pernyataan ini disampaikan dirinya, saat berkunjung di Desa Rumoong Atas Dua Kecamatan Tareran, pada Jumat (4/12/2020).

"Tanggal 6 saya akan kembali lagi memimpin Kabupaten Minsel, saya kan cuma cuti kampanye", tukas Tetty.

Ia yang sukses membangun Minsel selama 10 tahun, mengaku miris melihat kondisi Kabupaten Minsel yang dipimpin Pjs Bupati selama 2 bulan.

"Ini yang 27 (Pj Hukum Tua yang diganti Pjs Bupati Minsel), saya akan kembalikan. Tidak usah khawatir, apa yang saya janjikan akan saya lakukan", katanya.

Penyampaian Tetty yang disampaikan dihadapan sejumlah tokoh masyarakat Minsel, mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat yang ada di lokasi.

(TamuraWatung)

Sulut, SulutNews.com -- Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020, telah menempatkan pasangan calon (Paslon) Christiany Eugenia Paruntu dan Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan) mendapatkan dukungan terbanyak dari masyarakat.

Hal ini disampaikan Noldy Pratasis, Tim Strategi Pemenangan Partai Golkar, saat dihubungi wartawan SulutNews.com, pada Jumat (4/12/2020).

"CEP-Sehan menang di 50 persen + 1, sedangkan calon terdekat ODSK ada di angka 37-an persen dan VAP-HR mengikuti, berdasarkan survei internal Partai Golkar", ungkap Pratasis.

Menurutnya, partisipasi masyarakat Sulut sudah semakin tinggi, hal ini yang menyebabkan nilai survei meroket tajam.

"Meningkatnya animo masyarakat memilih Paslon CEP-Sehan lebih dikarenakan program yang ditawarkan, pro pada kepentingan rakyat", ujar Pratasis.

'Minsel, Bolmong Raya, Sangihe dan Talaud, Manado dan Minahasa menjadi basis suara Paslon yang kita kenal merakyat ini", katanya.

Ia pun melihat dari data yang dimiliki, penyebaran suara Paslon CEP-Sehan saat ini sudah unggul di 10 dari 15 Kabupaten/Kota yang ada di Sulut.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Kaum muda harus cerdas dalam memilih pemimpin masa depan untuk Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), jatuhkan pilihan ke pasangan calon (Paslon) nomor urut 01.

Hal tersebut disampaikan, bakal calon Bupati Minsel, dr. Michaela Elsiana Paruntu MARS atau yang akrab disapa MEP, pada Jumat (4/12/2020) di Desa Picuan Lama Kecamatan Motoling Timur.

Kehadiran MEP di Desa Picuan Lama adalah untuk melantik Tim Millenial Guardian bagi pemenangan Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan) dan Michaela Elsiana Paruntu-Ventje Tuela (MEP-VT) .

"Kebaikan sebaiknya dilakukan oleh Tim ketika bekerja dimasa Kampanye untuk memenangkan Paslon CEP-Sehan untuk Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) dan MEP-VT untuk Bupati Minsel", tukas Micha Paruntu.

"Saya mengajak kepada para militan, simpatisan dan tim pemenangan untuk selalu mensosialisasikan apa yang menjadi program serta visi misi Paslon CEP-Sehan dan MEP-VT kepada masyarakat dengan santun dan beretika," ujarnya.

Di kesempatan terpisah, Wulan Lombogia sebagai Ketua Tim Millenial Guardian Kabupaten Minsel mengaku sudah ribuan anggota Tim yang tersebar di Sulut dan Minsel.

"Tim kami akan mengedukasi serta memberikan wadah aspirasi bagi pemilih pemula seperti menjelaskan visi misi dan program kerja kedua Paslon, baik di Provinsi dan di Kabupaten", kata Wulan.

Ia berharap para pemilih pemula bisa melihat pemimpin yang benar menginginkan kebaikan untuk Sulut dan Minsel dan mana yang pamer ego semata demi mencapai kekuasaan," tuturnya.

Pelantikan Tim Millenial Guardian untuk Kecamatan Motoling Timur dan Kecamatan Ranoyapo dilakukan sebagai simbol kesiapan memenangkan Paslon CEP-Sehan dan MEP-VT dalam Pilkada tahun 2020.

(TamuraWatung)

Sulut, SulutNews.com -- Pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020 tinggal 5 (lima) hari lagi.

3 (tiga) kandidat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub), sama-sama berusaha untuk merebut simpati masyarakat pemilih di 15 Kabupaten/Kota di Sulut.

Akan tetapi, dukungan masyarakat untuk Paslon Christiany Eugenia Paruntu dan Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan) menjelang hari pemungutan suara diprediksi telah menguasai 10 Kabupaten/Kota di Sulut.

Hal tersebut disampaikan Ketua Harian Partai Golkar Sulut, James Arthur Kojongian, saat dihubungi wartawan SulutNews.com, pada Jumat (4/12/2020).

“Kemenangan CEP-Sehan sudah di depan mata. Kami yakin para pemilih di hari pemilihan tanggal 9 Desember nanti, akan memilih CEP-Sehan", kata Kojongian.

Menurutnya, koalisi Partai Golkar, PAN dan Demokrat sangat yakin meraih kemenangan dalam Pesta Demokrasi, tanggal 9 Desember 2020.

"Pasangan Calon Gubernur dan Wagub, memang sangat dirindukan rakyat Sulut untuk membawa Sulut Bangkit", terang Kojongian.

"Dengan melihat parameter kerinduan rakyat Sulut serta kondisi Pilgub, keinginan rakyat Sulut sangat menginginkan pemimpin yang baru", ujarnya.

Ia menilai, kemenangan CEP-Sehan optimis menang di 10 Kabupaten/Kota. Dengan lumbung suara kemenangan di Bolmong Raya, Minahasa Selatan serta Kota manado yang jumlah pemilihnya besar.

"Dengan kondisi ini, Partai Golkar Sulut yakin tanggal 9 Desember nanti akan terpilih Gubernur Baru di Sulut", pungkas Kojongian.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang diusung Partai Golkar, Nasdem, Demokrat dan PAN, dr. Michaela Elsiana Paruntu MARS dan Ventje Tuela S.Sos (MEP-VT), difavoritkan kuat akan meraih kemenangan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember nanti.

Rekapitulasi jumlah dukungan yang masuk di Sekretariat tim pemenangan dalam seminggu terakhir menunjukan MEP-VT konsisten unggul diangka 56 persen.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Badan Pengendalian Pemenangan Pemilu (Bappilu) Minsel, Julian Mandey, saat dihubungi wartawan SulutNews.com, pada Jumat (4/12/2020).

“Sama seperti minggu-minggu sebelumnya, MEP-VT tidak tergoyahkan memimpin di 15 Kecamatan dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan", tukas Mandey.

"Jumlah dukungan yang masuk ke Sekretariat Tim Pemenangan memperlihatkan jarak keunggulan yang nyaman bagi pasangan calon (Paslon) dengan jargon #OrangBaik ini, sudah tidak bisa lagi disusul oleh 2 kandidat lain", katanya.

Di kesempatan terpisah, Rommy Poli, Ketua Fraksi Partai Golkar di DPRD Minsel menyampaikan bahwa keunggulan ini sangat sulit dikejar dalam 5 (lima) hari jelang Pilkada Minsel.

"Kami yakin tanggal 9 Desember kemenangan akan diraih MEP-VT. Ini karena program-program yang pro pada kepentingan rakyat untuk menjadikan Minsel yang Maju, Makmur dan Mandiri sangat disukai oleh sebagian besar masyarakat", ujar Poli.

Ia pun berharap, kekompakan semua Tim Pemenangan baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai ke Desa dan Kelurahan untuk kemenangan MEP-VT dapat terus dipertahankan.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) saat ini sementara melakukan proses pengepakan logistik yang akan digunakan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tanggal 9 Desember tahun 2020 nanti.

Dari pantauan wartawan SulutNews.com, pada Selasa (1/12/2020), sejumlah orang tampak sibuk di Kantor KPU Minsel.

Ketua KPU Minsel, Rommy Sambuaga yang ditemui wartawan menyampaikan bahwa saat ini sementara dilakukan perhitungan dan pengepakan logistik yang akan digunakan di tempat pemungutan suara (TPS).

"Saat ini, KPU Minsel sementara mempersiapkan dan menghitung logistik yang akan digunakan di TPS, seperti surat suara dan dokumen penting lainnya. Kalau sudah siap, akan dimasukkan ke dalam kotak suara", kata Ketua KPU Minsel.

Ia mengatakan, semua yang dilakukan saat ini tentu saja tetap memperhatikan protokoler kesehatan.

"Persiapan ini dilakukan, agar logistik sudah siap digunakan pada Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2020 nanti di Kabupaten Minahasa Selatan", pungkasnya.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020, telah menempatkan pasangan calon (Paslon) dr. Michaela Elsiana Paruntu MARS dan Ventje Tuela S.Sos atau yang akrab disapa MEP-VT menjadi paling populer di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Kepopuleran Paslon MEP-VT terlihat saat warga masyarakat disejumlah tempat yang dikunjunginya berbondong-bondong untuk sekedar ingin melihat dan foto bersama.

Pengamat politik Sulawesi Utara (Sulut), Josef Kairupan, saat dihubungi wartawan SulutNews.com, pada Selasa (1/12/2020) berpendapat bahwa kandidat MEP-VT memiliki visi misi dan program yang populis.

"Karena memiliki visi misi dan program yang populis, tentunya memiliki keunggulan tersendiri dengan berbagai pertimbangan dari pemilih", tutur Kairupan.

Menurut Dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) ini, program MEP-VT realitis dan holistik menyentuh pemenuhan dasar manusia yang outcomenya adalah peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM).

"Dimana pendidikan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat menjadi fokus dan perhatian utama, sehingga jelas merupakan suatu upaya untuk membangun dan meningkatkan kualitas hidup manusia", tutur Kairupan.

"Dengan demikian, sudah seharusnya dapat meningkatan popularitas, bahkan akseptabilitas serta elektabilitas Paslon MEP-VT", katanya.

Di kesempatan terpisah, Ketua Badan Pengendalian Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Julian Mandey mengatakan bahwa ini semua adalah hasil kerja keras semua pihak untuk memenangkan MEP-VT.

"Kekompakan semua kader, simpatisan dan tim pemenangan di semua tingkatkan menjadi faktor penting kemenangan. Kondisi saat ini, ketokohan Paslon MEP-VT sudah begitu populer di hati masyarakat Minsel", ujarnya.

Untuk diketahui, Paslon MEP-VT mendapat dukungan dari Partai Golkar, Nasdem, Demokrat dan PAN. Selain itu, dukungan juga diperoleh dari sejumlah Partai yang tidak ada kursi di DPRD Minsel, namun memiliki pendukung yang banyak.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Kampanye Debat Publik terakhir pasangan calon (paslon) pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020, kembali digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Giat pada Rabu (25/11/2020) dilaksanakan di Mercure Manado Tateli Beach Resort, Desa Tateli Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa dan bekerjasama dengan Kawanua TV Manado dan dipandu oleh Moderator, Regina Mangkey.

Ketua KPU Minsel, Rommy Sambuaga mengatakan Debat Publik ini merupakan yang terakhir dan mengambil tema 'Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Memajukan Daerah Serta Regulasi'.

"Debat Publik kali ini, kita akan menyaksikan semua pasangan calon akan menyampaikan visi, misi dan program kerja. Dan kami berharap kepada semua masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan untuk dapat melihat setiap program kerja yang akan ditawarkan oleh semua pasangan calon", kata Sambuaga.

"Kami berharap, Debat Publik pada kesempatan ini boleh berjalan dengan lancar. Dan harapan kami kepada masyarakat yang berhak, masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan yang berhak memilih untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada tanggal 9 Desember tahun 2020", ujarnya.

Tak lupa pula Sambuaga mengajak untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan tahun 2020.

Hadir dalam kegiatan debat publik tahap 3 ini paslon nomor 1 dr. Michaela Elsiana Paruntu, MARS-Ventje Tuela S.Sos (MEP-VT); Paslon nomor 2 Royke Sondakh, SE-Ir. Andri Harits Umboh M.Si (Roso-Harum); Paslon nomor 3 Frangky Donny Wongkar SH-Pdt. Petra Rembang M.Th (FDW-PYR) serta Komisioner KPU dan Bawaslu Minsel.

Debat terakhir ini, ketiga Paslon tampil prima dalam menyelesaikan semua pertanyaan, baik yang disampaikan oleh moderator ataupun saat diberi kesempatan tiap Paslon saling lempar pertanyaan ke Paslon lain.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Kampanye Debat Publik Tahap II pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Tahun 2020, dilaksanakan di Grand Kawanua Convention Center Manado, Kelurahan Kairagi Dua, Kecamatan Mapanget Kota Manado.

Giat pada Rabu (18/11/2020) ini, diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minsel bekerjasama dengan Kawanua TV Manado dan dipandu oleh Moderator, Regina Mangkey.

Hadir dalam kegiatan Debat Publik tahap II ini Paslon nomor 1 dr. Michaela Elsiana Paruntu, MARS-Ventje Tuela, S.Sos (MEP-VT), Paslon nomor 2 Royke Sondakh, SE-Ir. Andri Harits Umboh,. M.Si (Roso-Harum), Paslon nomor 3 Frangky Dony Wongkar, SH-Pdt. Petra Rembang, M.Th (FDW-PYR) serta Komisioner KPU dan Bawaslu Minsel.

Ketua KPU Minsel, Rommy Sambuaga dalam sambutannya mengatakan Debat Publik kedua mengangkat tema 'Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Menyelesaikan Persoalan Daerah'.

"Dari Tema ini telah disusun soal-soal dari para ahli yang nantinya ditanyakan kepada semua pasangan calon", ujar Sambuaga.

"Kesempatan ini pasangan calon akan menyampaikan visi, misi dan program kerja. Oleh karena itu kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan untuk dapat melihat ini semua", tuturnya.

Sambuaga juga menyampaikan, KPU Minsel berharap semoga pelaksanaan Debat Publik boleh berjalan dengan lancar dan masyarakat akan tertarik datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada tanggal 9 Desember 2020.

Pelaksanaan Debat kali ini, dibagi dalam V (lima) segmen yaitu Pembukaan, penyampaian visi misi oleh masing-masing Paslon, pendalaman visi misi oleh Moderator, tanya jawab dan sanggahan, serta segmen terakhir penutup.

Kegiatan kampanye Debat Publik Tahap II ini pun mendapat pengawalan dari personel Polres Minsel yang dipimpin langsung Kapolres Minsel AKBP Norman Sitindaon, SIK serta didukung penuh personil Direktorat Pam Obvit Polda Sulawesi Utara, yang dipimpin Kombes Pol. Amin Litarso, SH.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), sukses menggelar Debat Publik Pertama pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minsel tahun 2020.

Debat Publik pada Kamis (12/11/2020) digelar di Hotel Mercure Manado, Desa Kalasey, Kabupaten Minahasa dan mengambil tema 'Menyerasikan Pelaksanaan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi Dengan Nasional; Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kebangsaan; Kebijakan Penanganan, Pencegahan dan Pengendalian Covid-19'.

Ketua KPU Minsel, Rommy Sambuaga menyampaikan puji dan syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena tahapan demi tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Minsel boleh dapat terlaksana.

"Pada saat ini KPU Minsel melaksanakan Debat Publik yang dihadiri lengkap oleh semua Paslon", ungkap Sambuaga.

"Kami berharap semua masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan akan dapat melihat visi, misi dan program semua Paslon. Sehingga akan tertarik datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 Desember tahun 2020 ini", katanya.

Sambuaga menambahkan, KPU Minsel berharap semuanya dapat berjalan dengan lancar.

"Silahkan semua Paslon untuk berdebat, menyampaikan semua visi, misi dan program kerja kepada masyarakat. Dan kami berharap, kegiatan Debat ini boleh berjalan dengan lancar, sukses pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Minahasa Selatan", tambahnya.

Tampak dalam Debat kali ini, ke-3 Paslon tampil menarik, memiliki wawasan luas dan menguasai kondisi Kabupaten Minahasa Selatan.

Debat yang disiarkan langsung Kompas TV, dengan moderator dipandu oleh Liviana Cherlisa menghadirkan pula anggota KPU Minsel lainnya seperti Maya Sarijowan, Yurnie Sendow, Christiani Rorimpandey dan Fadly Munaiseche.

Hadir pula Ketua Bawaslu Minsel, Eva Keintiman serta beberapa perwakilan dari ke-3 Paslon yang bertarung di Pilkada Minsel tahun 2020.

(TamuraWatung)