Yens HTO Watung, ST

Yens HTO Watung, ST

Minsel, SulutNews.com -- Bupati yang mengerti apa yang menjadi kebutuhan rakyat kecil patut disematkan kepada sosok Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu.

Betapa tidak, di tengah wabah Virus Corona yang melanda Indonesia petugas kebersihan Minsel menerima kucuran dana subsidi upah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal ini karena sekitar 90-an orang petugas kebersihan Minsel dibawah bidang persampahan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minsel, telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun 2019.

Informasi ini diperoleh wartawan SulutNews.com dari Kepala DLH Minsel, Roi Sumangkut, pada Sabtu (19/9/2020).

"Dimasukannya para petugas kebersihan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan merupakan langkah cerdas Bupati Tetty Paruntu (sapaan akrab Bupati Minsel), yg ditindaklanjuti oleh DLH Minsel lewat penganggaran premi sejak 2019," ungkap Roi Sumangkut.

Ia mengatakan karena itulah di tahun ini, dengan keluarnya kebijakan Presiden untuk memberikan bantuan subsidi upah melalui BPJS Ketenagakerjaan, para petugaspun telah menerima kucuran dana dimaksud dengan nilai Rp. 1.200.000 (untuk 2 bulan).

Para petugas kebersihanpun mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Bupati Minsel yang telah mengikutsertakan mereka sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Saya pribadi dan mewakili teman-teman petugas kebersihan Minsel mau mengucapkan terima kasih ke ibu Bupati Tetty Paruntu. Lewat Ibu Tetty dan pak Kadis Roi Sumangkut, kita petugas kebersihan boleh mendapatkan bantuan ini," kata Alex Tandayu, pengawas dan petugas kebersihan Amurang Timur.

"Karena dengan adanya Covid-19 ini, kita memang sangat kesulitan. Ini akan sangat membantu kebutuhan keluarga kita sehari-hari," tambahnya.

Untuk diketahui, tahun lalu pimpinan BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Minsel melalui DLH Minsel atas didaftarkannya para petugas kebersihan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Saat itu dilakukan pula penyerahan kartu anggota oleh Bupati Tetty Paruntu dan pimpinan BPJS Ketenagakerjaan.

Sebagaimana informasi, Kabupaten Minahasa selatan adalah satu-satunya di Sulawesi Utara (Sulut) dimana petugas kebersihannya menerima bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Janji Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu untuk memberikan jaminan kesejahteraan bagi para tenaga harian lepas (THL) yang bekerja di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, akhirnya terwujud.

Hari ini, Jumat (18/9/2020), Bupati Christiany Paruntu dan kepala cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Hendrayanto, menandatangani perjanjian kerjasama antara BPJS ketenagakerjaan dengan Pemkab Minsel.

Kerjasama tersebut adalah untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para THL di lingkungan Pemkab Minsel.

"Saya melihat, keikutsertaan dalam BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu mitigasi dalam menghadapi kondisi saat ini," tutur Bupati Tetty Paruntu (sapaan akrab Bupati Minsel).

"Melihat begitu besarnya manfaat program BPJS Ketenagakerjaan, maka hari ini saya mendaftarkan seluruh THL Pemkab Minsel ke BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan 200 paket bahan pokok dari BPJS, penyerahan santunan jaminan Kematian peserta BPJS dan penyerahan kartu kepesertaan BPJS bagi THL Pemkab Minsel TMT Oktober 2020.

Hadir bersama dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Minsel Denny Kaawoan, SE. MSi, kepala dinas Ketenagakerjaan Drs.Soni Maleke, kepala dinas Kesehatan dr. Erwin Schouten dan BPKAD Kabupaten Minsel.

(***/TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu hadir pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19 pada tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di Kabupaten Minsel.

Rakor digelar pada Jumat (18/9/2020), bertempat di lantai 4 kantor Bupati Minsel.

Tampil memberikan pemaparan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minsel Rommy Sambuaga dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) MinSel Eva J.G Keintjem.

Dalam sambutannya, Bupati Tetty Paruntu (sapaan akrab Bupati Minsel) mengatakan bahwa kegiatan ini untuk menyelaraskan langkah dan pemahaman dalam upaya penanganan dan pemberantasan covid-19. Dan apresiasi kepada berbagai pihak yang terus berupaya dalam penanganan Pandemi Covid-19 ini.

"Untuk menindaklanjuti intruksi Presiden, saya telah mengeluarkan peraturan Bupati (Perbup) Nomor 37 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan. Ini sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus desease 2019," ungkap Bupati Tetty Paruntu.

Ia berharap, menghadapi agenda Pilkada penyelenggara Pemilu telah mempersiapkan sistem dan metode yang sesuai dengan protokol kesehatan tanpa menghilangkan azas Pemilu.

Tampak hadir berbagai instansi terkait dan unsur Forkopimda Minsel, diantaranya Kapolres AKBP Norman Sitindaon SIK, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf. Andi Sinaga, Kejari Minsel I Wayan Eka Miartha SH, MH, dan Ketua PN Amurang Harold Inkiriwang SH.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dr. Michaela Elsiana Paruntu MARS dan Ventje Tuela S.Sos (MEP-VT), disambut secara meriah saat hadir di Kecamatan Maesaan, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Kehadiran pasangan calon (Paslon) yang diusung Partai Golkar, PAN, Demokrat dan Nasdem di Pilkada Minsel ini, pada Rabu (16/9/2020), dalam rangka melaksanakan pelantikan tim pemenangan Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan) dan MEP-VT Kecamatan Maesaan di Desa Liningaan.

Dari pantauan wartawan SulutNews.com, kehadiran kedua Paslon ini tampak disambut para pendukung sejak memasuki perbatasan Kecamatan Maesaan dan diarak menuju ke lokasi kegiatan.

Ketua Partai Golkar Kecamatan Maesaan, Robby Maindoka mengatakan bahwa kehadiran MEP-VT telah menjawab kerinduan masyarakat.

"Pasangan yang kami banggakan hari ini boleh hadir turun menyapa masyarakat di Kecamatan Maesaan. Tadi tim pemenangan sudah dilantik dan kami yakin dengan kekompakan tim, elektabilitas CEP-Sehan dan MEP-VT akan semakin baik dan naik," ujar Maindoka.

Saat ditanya berapa besar target kemenangan yang bisa diraih dalam Pilkada nanti, Maindoka sangat optimis kemenangan besar akan diraih.

"Kemenangan sudah pasti, suara CEP-Sehan dan MEP-VT dapat diraih sebesar 60 - 70 persen di Kecamatan Maesaan," katanya.

Ia sangat yakin, di Kecamatan Maesaan kedua pasangan ini akan bisa memperoleh kemenangan besar.

Terpantau, ribuan massa pendukung baik tua maupun kaum milenial tampak hadir memberikan dukungan dalam kegiatan hari ini.

(TamuraWatung)

Minut, SulutNews.com -- Berhembus kabar sejumlah pendukung petahana Olly Dondokambey-Steven Kandow (ODSK) mulai mengalihkan dukungannya kepada calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan).

Seperti keberadaan Tim Laskar OD Minahasa Utara (Minut) yang telah menyatakan diri mengalihkan dukungan mereka ke pasangan calon (Paslon) CEP-Sehan, sebagai Paslon yang melambangkan kebangkitan rakyat kecil ini.

Kepada wartawan SulutNews.com, pada Kamis (17/9/2020), Fanny Mandagi selaku mantan sekretaris Laskar OD Minut menyatakan dirinya dan sejumlah mantan anggota telah mengalihkan dukungan mereka.

"Dalam Pilkada kali ini, kami mendukung CEP-Sehan bisa meraih kemenangan di Sulut, khususnya di Minut. Kami kecewa pemberian diri kami dalam memenangkan OD di Pilkada lalu seakan-akan tidak dihargai," tukas Mandagi.

"Saya pun saat ini menyatakan diri mendukung Sompie Singal-Jopie Lengkong di Pilkada Minut," katanya.

Bergabungnya Fanny Mandagi dan mantan Laskar OD Minut mendapatkan apresiasi dari pengurus Partai Golkar Sulut, Noldy Pratasis.

"Terima kasih buat Laskar OD Minut yang mau bergabung dengan CEP-Sehan. Bagi saya, rakyat sudah sadar mana yang terbaik, mana yang harus diperjuangkan untuk memimpin Sulut," terang Pratasis, selaku Biro Hubungan Lembaga Politik di Partai Golkar Sulut.

"Rakyat mulai sadar dengan keterpurukan ekonomi di Sulut saat ini. Dimana Kopra dan Cengkih saat ini harganya murah, itulah yang menjadikan banyak masyarakat Sulut mengalihkan dukungan mereka ke CEP-Sehan," tambahnya.

Untuk diketahui, Paslon CEP-Sehan maju bertarung di Pilkada Sulut setelah sebelumnya kedua Paslon ini sukses membangun Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur selama 2 periode.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Ada fenomena menarik dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tahun 2020, dimana pasangan calon (Paslon) dr. Michaela Elsiana Paruntu MARS dan Ventje Tuela S.Sos (MEP-VT), menjadi lawan tangguh bagi petahana.

Betapa tidak, dalam sejumlah konsolidasi dan pelantikan tim pemenangan di sejumlah lokasi tampak ribuan massa hadir memberikan dukungan kepada pasangan calon yang telah menjadi idola baru masyarakat Minsel.

Hal inipun terlihat, saat dilakukan pelantikan tim pemenangan di Kecamatan Maesaan, pada Rabu (16/9/2020).

Kehadiran MEP-VT langsung diarak massa pendukung sejak memasuki Kecamatan Maesaan menuju lokasi kegiatan di Desa Liningaan dan disambut antusias masyarakat disepanjang jalan yang dilaluinya.

"Saya adalah pendatang baru, kita akan melawan petahana. MEP-VT akan melawan calon petahana," ungkap Micha Paruntu (sapaan akrab calon Bupati Minsel ini).

"Kalau melawan calon petahana, berarti mereka yang lebih kuat daripada kita. Berarti kita harus ingat, jangan terlena tetap kita harus bekerja sungguh-sungguh. Saya minta semua tim pemenangan itu harus bisa bekerja sama," pintanya.

Ia mengharapkan setiap tim bisa bekerja sama dan menjaga integritas.

"Namun sebagai orang yang percaya kepada Tuhan, segala sesuatu kita berusaha sebaik mungkin tapi jangan lupa kita membawa segala pekerjaan didalam Doa. Karena saya sungguh yakin dan percaya, Doa yang kita sampaikan kepada Tuhan, Tuhan pasti dengar," pesan Paruntu.

Ia begitu yakin bahwa kemenangan MEP-VT bukan lagi cita-cita tapi sebuah visi yang kita akan lihat kedepan.

"Jargon #OrangBaik itu jangan cuma sampai ke Calon, tetapi tim pemenangan kami harus juga melekat dengan jargon ini. Tidak susah menjadi orang baik, semua orang bisa menjadi orang baik asalkan kita melakukan segala sesuatu dengan tulus iklas," pungkas Micha Paruntu.

Dikesempatan yang sama Julian Mandey selaku Ketua Bappilu Partai Golkar kepada tim mengatakan untuk bisa menjadi orang baik.

"Berbicara, berkomunikasi dimanapun kita pergi dan berada, berkampanyelah secara positif tentang sosok kedua figur kita dan kita akan meraih kemenangan," ungkap Mandey.

Untuk diketahui, Paslon MEP-VT didukung oleh Partai Golkar, PAN, Demokrat dan Nasdem, dimana di DPRD Minsel meraih 18 kursi dari 30 kursi yang ada. Sedangkan calon petahana yang adalah Wakil Bupati Minsel didukung oleh PDIP dan Partai Perindo.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Amurang di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) berhasil meraih Adiwiyata Nasional di tahun 2015 dan Adiwiyata Mandiri tahun 2017.

Keberhasilan ini ternyata mengundang perhatian sejumlah sekolah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk melakukan studi tiru. Seperti pada hari Selasa (15/9/2020) kemarin dimana SDN 67 Manado melaksanakan studi tiru ke sekolah Adiwiyata Mandiri ini.

"Benar, kami mendapat kunjungan dari Kepala Sekolah (Kepsek), Guru-guru dan Pengawas SD tersebut yang ingin belajar dari SDN 2 Amurang sebagai Sekolah Dasar Adiwiyata Mandiri pertama di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)," ujar Kepsek Anna Pangkey, yang dihubungi wartawan SulutNews.com.

"Dibawah pimpinan Kepsek Selvie Langitan MPd, mereka juga belajar tentang sekolah penguatan pendidikan karakter (PPK) dan literasi di SDN 2 Amurang," katanya.

Ia menjelaskan bahwa yang utama untuk meraih semua ini adalah kerja tim antara Kepsek, Guru-guru dan orang tua murid serta komite sekolah, ditunjang dengan spirit bantuan dari Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE bersama Kepala Dinas (Kadis) Lingkungam Hidup Roi Sumangkut serta Kadis Pendidikan serta Kepemudaan dan Olahraga Fietber Raco.

"Selain itu di tiap kelas, ada group paguyuban kelas orang tua yang berperan dan bekerja sama dengan sekolah," tambahnya.

Namun Kepsek yang dikenal ramah dan baik hati ini mengaku bahwa semua tetap libatkan Tuhan dalam segala hal, sehingga semua ini boleh berhasil.

(TamuraWatung)

Sulut, SulutNews.com -- Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Christiany Eugenia Paruntu dan Sehan Salim Landjar (CEP-Sehan), begitu mengerti apa yang menjadi kebutuhan Pemerintah Desa.

Hal ini wajar, karena pasangan yang menjadi perwakilan umat Nasrani dan umat Muslim ini, hampir sepuluh tahun menjadi Bupati di Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

CEP-Sehan dipandang paling mengerti bagaimana mewujudkan pemerintahan desa yang bersih, efektif dan anti korupsi.

"Jika kami dipercayakan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pilkada 9 Desember mendatang, dan kami yang menandatangani APBD Provinsi, maka akan ada bantuan keuangan dari Provinsi kepada 1.507 desa di Sulut, mulai dari Miangas sampai Pinagoluman," tutur Tetty Paruntu (sapaan akrab calon Gubernur Sulut), Rabu (16/9/2020).

"Paling tidak setiap desa akan ketambahan 200 juta ke dalam APBDES-nya," katanya.

Ia mengatakan sumber pendapatan APBDES biasanya hanya bersumber dari Pusat dan Kabupaten.

"Dari anggaran ini juga, Linmas bisa mendapatkan honor setiap bulannya. Karena kami tahu bahwa selama ini desa-desa kesulitan anggaran untuk membiayai Linmas. Honor Linmas Desa bisa dianggarkan dari anggaran ini," ujar calon Gubernur yang diusung Partai Golkar, PAN dan Partai Demokrat ini.

Informasi ini mendapatkan apresiasi dari Jantje Wowiling Sajow (JWS), selaku Ketua Tim pemenangan pasangan CEP-Sehan.

"Ini ide brilian, karena program ini membuktikan CEP-Sehan ingin membangun Sulut secara merata tanpa melihat warna partai atau siapa kepala daerahnya. CEP-Sehan berfikir jika Tuhan ijinkan memimpin Sulut berarti menjadi pemimpin seluruh rakyat Sulut. Inilah bukti komitmen CEP-Sehan mendukung pembangunan desa secara merata di seluruh wilayah Sulawesi Utara," tukas Sajow, yang adalah mantan Bupati Kabupaten Minahasa.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Wabah Covid-19 tengah melanda hampir di seluruh belahan dunia. Kondisi ini tentunya membawa perubahan signifikan bagi kehidupan sehari-hari umat manusia.

Kondisi ‘New Normal’ secara bertahap mulai berlaku di Indonesia dan memperbolehkan kegiatan di luar rumah. Kitapun diharuskan menjaga kesehatan tubuh serta tetap melakukan ‘social distancing’ hingga Covid-19 benar-benar menghilang.

Calon Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dr. Michaela Elsiana Paruntu MARS, ternyata punya tips sederhana untuk menjaga kebugaran di masa wabah Covid-19, yakni:

1. Konsumsi Makanan Bergizi dan Vitamin

Mengkonsumsi makanan bergizi memegang peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Atur makanan sehat yang dimasak sendiri, usahakan harus memenuhi gizi seimbang dan selalu mengonsumsi sayur dan buah.

Jika dirasa konsumsi makanan bergizi belum mencukupi kebutuhan gizi, bisa dibantu dengan mengonsumsi vitamin atau suplemen penambah daya tahan tubuh untuk menunjang aktivitas di luar rumah.

2. Cukup Tidur

Tidur adalah salah satu langkah terbaik yang dapat diambil untuk menjaga tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Tidur sangatlah penting dalam menjaga diri kita untuk tetap sehat.

Diharapkan dengan memiliki waktu tidur yang cukup dan teratur akan dapat membuat diri tetap bugar saat Pandemi Covid-19.

3. Olahraga Rutin

Jangan hilangkan kebiasaan berolahraga. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak mudah terjangkit, pastikan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan daya tahan tubuh meningkat.

Kita masih bisa lari di rumah menggunakan treadmill atau lari mengelilingi pekarangan rumah. Atau biasakan jalan pagi disekitar lokasi tempat tinggal.

Biasakan juga memakai sepatu olahraga favorit selama berolahraga, untuk membangkitkan semangat dan terhindar dari cidera.

Olahraga selain untuk kesehatan dan kebugaran, juga bisa menjadi refreshing dan terapi agar tubuh tidak kaku setelah lama bekerja.

4. Jaga Kebersihan dan Patuhi Protokol Kesehatan

Supaya tidak mudah terserang virus maupun jatuh sakit, tetaplah jaga kebersihan. Biasakan mandi menggunakan sabun anti-bakteri, karena kandungan anti-septiknya dapat memberikan perlindungan dari kuman penyebab penyakit.

Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker ketika keluar rumah. Sering mencuci tangan menggunakan sabun anti-bakteri atau gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70 persen dan moisturizer agar tangan tetap bersih dan lembab.

Perhatikan pula kebersihan benda-benda di sekitar, dengan menyemprotkan cairan antiseptik pada benda-benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, keran air, atau saklar lampu.

Namun demikian, calon Bupati Minsel yang dikenal memiliki paras yang cantik ini, kepada wartawan SulutNews.com mengaku bahwa dirinya memiliki cara sederhana untuk merawat kecantikannya.

“Tampilan kulit mencerminkan kondisi kesehatan tubuh. Untuk perawatan, tidak yang ekstrim, hanya gunakan perawatan sesuai kondisi kulit dan usia,” ungkapnya.

Baginya, cara merawat kulit wajah yang benar tidak hanya dilakukan dari luar, tapi juga dari dalam tubuh. Caranya adalah dengan menjalani pola hidup sehat, seperti disebutkan diatas.

(TamuraWatung)

Minsel, SulutNews.com -- Polres Minahasa Selatan (Minsel), TNI Kodim 1302/Minahasa, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, bersama Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri Minsel, mulai melaksanakan Operasi Yustisi dengan sasaran penegakkan disiplin protokol kesehatan.

Giat diawali dengan menggelar apel konsolidasi yang dilaksanakan di lapangan Polres Minsel, pada Senin (14/9/2020), dan dilaksanakan serentak se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Kapolres Minsel AKBP Norman Sitindaon, SIK, mengungkapkan bahwa Ops Yustisi ini dilaksanakan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Minsel, dalam upaya pendisiplinan protokol kesehatan guna menekan angka penularan Virus Corona.

"Ops Yustisi sebagai tindak lanjut kebijakan Pemerintah Pusat untuk mendisiplinkan warga agar patuh terhadap protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. TNI/Polri berperan sebagai unsur pendukung, membackup Sat Pol PP dan instansi terkait dalam gugus tugas," terang Kapolres.

Usai apel konsolidasi perkuatan, tim gabungan gugus tugas langsung melaksanakan operasi yustisi di Pasar 54 Amurang.

"Operasi Yustisi kami lakukan dengan mengedepankan tindakan humanis, menyampaikan himbauan serta teguran lisan dan tulisan kepada warga yang didapati tidak memakai masker saat berada di tempat umum," ungkap Kapolres Minsel yang memimpin langsung kegiatan operasi.

Terpantau puluhan warga Amurang yang didapati tidak memakai masker langsung diberikan sanksi teguran tertulis, menandatangani surat pernyataan dan sanksi sosial menyanyikan lagu kebangsaan.

(***/TamuraWatung)