Sulutnews

Sulutnews

Tomohon, Sulutnews.com - Komisi Pemilihan umum (KPU) Kota Tomohon gelar penetapan pasangan calon Wali kota dan Wakil wali kota Tomohon Caroll Senduk dan Wenny Lumentut. dalam rapat pleno terbuka yang bertempat di Villa Emitta Tomohon, Kamis 21 Januari 2021.

Usai penetapan, Wali Kota Tomohon terpilih Caroll Senduk SH yang di dampingi Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut memberikan sambutan dengan menyatakan " Ya tentunya hari ini kami panjatkan puji dan syukur,kita boleh menyaksikan anugerah kasih Tuhan bagi kita semua masyarakat yang ada di kota Tomohon ini,dimana hari ini boleh ditetapkan oleh KPU Tomohon calon terpilih,Calon Wali kota dan Wakil Wali kota Tomohon,Tentu semua ini karna anugerah dan kasih Tuhan bagi seluruh masyarakat kota Tomohon.

Bersyukur telah melewati segala susah, duka dalam konstentasi politik yang boleh berlangsung berbulan-bulan."Ungkap Caroll".

Lanjutnya,"Tentu terima kasih juga kepada ketua KPU,dan para anggota berserta komisioner, yang telah menandatangani ditetapkan sebagai Walikota dan Wakil Wali kota Tomohon serta telah menyelenggarakan  proses demokrasi yang ada di Tomohon, sehingga boleh berhasil mencapai tingkat prestasi tertinggi seluruh Indonesia, dan pastinya menjadi kebanggaan kita semua yang ada di kota Tomohon.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada TNI Polri, kejakasaan, pemerintah kota yang telah bersama - sama mengawal proses pilkada sehingga berjalan dengan baik dan tentunnya kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat kota Tomohon yang telah berpartisipasi dalam pilkada dan tentu pada kesempatan ini juga kami mengajak mari dengan di tetap kan nya calon terpilih Wali kota dan Wakil Walikota Tomohon agar bersama - sama membangun kota Tomohon kearah yang lebih baik maju kota bersaing untuk kesejahteraan bersama.Tuhan memberkati kita semua dan Tuhan Yesus memberkati kita Tomohon."tutup Caroll. (Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tomohon Nomor Urut 2 yang di usung PDI Perjuangan, Caroll Joram Azarias Senduk S.H, dan Wenny Lumentut SE (CSWL) Yang di gelar Komisi Pemilihan Umum ditetapkan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tomohon Terpilih.Di laksanakan diHotel Emita,Kamis 21 Januari 2021.

Ketua KPU Kota Tomohon Drs, Harryanto Lasut membuka langsung rapat pleno yang berdasarkan pasal 68 PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) No. 9 Tahun 2020, tentang perubahan keempat atas peraturan komisi pemilihan umum No. 3 Tahun 2017, tentang pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Dan berdasarkan juga Surat Keputusan KPUD Kota Tomohon No. 35/PL.07.7-Kpt/7173/Kota/1/2021 menyatakan, pasangan calon nomor urut 2 atas nama, Caroll Joram Azarias Senduk S.H, dan Wenny Lumentut SE yang diusung oleh PDIP dan Partai Gerindra memperoleh 43.611 suara.

Rapat tersebut turut dihadiri Wakil Walikota Tomohon Syerly A Sompotan, Kajari Tomohon Immanuel Richendry Hot SH.MH, Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot SIK MH serta Dandim 1302 Minahasa.Janned Karundeng istri tercinta Caroll Senduk bersama  Ellen Sangi istri tercinta Wenny Lumentut. ( Prise)

Jakarta,Sulutnews.com - Pengurus PWI Pusat dan Panitia Pusat Hari Pers Nasional (HPN) 2021 melakukan pertemuan secara Virtual dengan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dan Menteri Koperasi UKM Teten Masduki, Selasa, (12/1/2021)

Dalam pertemuan ini Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari langsung meminta kesedian baik Ketua MPR RI dan Menteri Koperasi UKM untuk hadir pada rangkaian acara HPN 2021 yang akan dilaksanakan dari tanggal 7 - 9 Februari 2021 di Ibukota Jakarta.

Meski dilakukan secara virtual pertemuan ini berlangsung hangat dan penuh keakraban. Ketua Umum PWI Pusat menghaturkan rasa terima kasih atas sambutan baik dari Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo dan Menteri Koperasi UKM Teten Masduki.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dalam pertemuan ini mengatakan, pers adalah komponen yang sangat penting di dalam negara demokrasi seperti Indonesia, jadi momentum HPN 2021 ini sangat  dia dukung untuk tetap dilaksanakan meski di tengah masa pandemi covid-19.

"Atas undangan PWI, saya siap hadir baik secara aktual maupun virtual, asalkan jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat," ujar Bambang Soesatyo yang juga tercatat pernah berkiprah menjadi wartawan di beberapa media.

Usai melakukan pertemuan virtual dengan Ketua MPR, Panitia HPN langsung melakukan pertemuan virtual dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Seperti halnya Ketua MPR, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di awal pertemuan virtual ini langsung menyambut baik rencana PWI Pusat dan Panitia HPN 2021 untuk melakukan HPN secara virtual.

"Meskipun secara virtual, saya wajib mendukung dan ikut serta pada Hari Pers Nasional 2021. Melalui PWI saya menitipkan agar di masa pandemi saat ini UMKM senantiasa berjuang agar terus dapat bertahan demi kelangsungan hidup. UMKM saat ini juga dituntut untuk dapat beradaptasi dan berinovasi secara digital," harap Teten Masduki.

Teten juga menaruh harapan besar agar para UMKM harus bisa beradaptasi di tengah perubahan perilaku konsumsi masyarakat saat ini.

Sementara itu Ketua Panitia HPN 2021 Auri Jaya mengatakan bahwa Peringatan HPN 2021 lokasi puncaknya tetap dilaksanakan di Ancol sesuai rencana awal, dan ini sesuai dengan permintaan Gubernur DKI beberapa waktu yang lalu.

"HPN kali ini akan dicanangkan sebagai HPN pertama yang di selenggarakan secara virtual oleh PWI Pusat dan di ikuti secara serentak oleh seluruh PWI Provinsi, PWI Kabupaten dan Kota serta konstituen Dewan Pers lainnya, seperti SMSI, AMSI, ATVSI, ATVLI, SPS, PRSSNI, PPPI, SGP, PFI, dimana ditargetkan akan diikuti oleh sepuluh ribu wartawan dari seluruh Indonesia secara virtual," ujar Auri Jaya.

Langkah ini diambil akibat pandemi covid 19 yang belum memperlihatkan tanda-tanda akan berakhir dalam waktu dekat. Untuk itu PWI Pusat lewat Panitia HPN berinovasi peringatan HPN dikemas dalam bentuk virtual," ujarnya.

Selain Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dan juga Ketua Panitia HPN Auri Jaya, pertemuan virtual ini juga dihadiri Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, Wakil Sekjen PWI Pusat Marthen Selamet Ketua Bidang Kerjasama Antar Lembaga Abdul Aziz, Ketua Bidang Pendidikan Nurjaman Mokhtar, Ketua Bidang Pembinaan Daerah Akmad Munir, Bendahara Umum M Ihsan, Wakil Bendahara Umum Dar Edi Yoga, Sekretaris Panitia HPN Kesit B Handoyo, Ketua Bidang Bakti Sosial HPN M Nasir, serta Penanggung Jawab Humas HPN Mercys Charles Loho.(*/PS)

TOMOHON, Sulutnews.com – Tahapan pemilihan kepala Daerah (Pilkada) kota Tomohon sementara berlangsung di semua kelurahan yang ada di kota Tomohon.

Warga masyarakat apresiasi akan kinerja dari para penyelenggara Pilkada baik dari dari KPU hingga KPPS.Rabu,9 Desember 2020.

Dari warga mengatakan kinerja penyelenggara ini sudah sesuai aturan baik dari lokasi TPS sampai pada pelaksanaan semua sudah sesuai standar yang berlaku.

” Kami apresiasi akan kinerja dari para penyelenggara baik dari TPS, alat peraga, surat suara, bahkan APD untuk pemilih khusus semuanya tersedia dengan baik” ungkap sejumlah warga di kelurahan pangolombian kecamatan Tomohon Selatan usai melakukan pencoblosan. (Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon sesuai dengan tahapan Pilkada Serentak Tahun 2020, bakal menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur Sulawesi Utara dan Pasangan Calon Walikota/Wakil Walikota Tomohon.

Disampaikan Ketua KPU Tomohon Drs Harryanto Lasut MAP, Minggu (13/12/20) jika rapat pleno tersebut akan digelar pada 14 – 17 Desember 2020 di Grand Master Hotel Tomohon, sebagai hasil Real Count Pilkada di Kota Tomohon.

 “Kami telah siap menggelar rekapitulasi sebagai tahapan yang wajib dilakukan, sehingga mendapatkan hasil penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kota Tomohon. Setiap pasangan calon dapat menghadirkan saksi dengan jumlah 2 – 4 orang. Setiap saksi hanya bisa atasnama satu pasangan calon,” ujar Lasut.(/Prise)

Boltim,Sulutnews.com - Pemerintah akan melakukan rekrutmen 1 juta guru. Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja) atau PPPK pada tahun 2021. PPPK 2021 diperuntukkan bagi guru honorer, baik yang aktif mengajar maupun tidak aktif mengajar. Namun datanya tercatat di Dapodik. Selasa (22/12)

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka peluang dan kesempatan PPPK 2021 bagi satu juta guru honorer baik dari sekolah negeri maupun dari sekolah swasta.

Megenai dengan hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Boltim Yusri Damopolii mengatakan, Pemkab Boltim melalui Dikbud akan mengusulkan sebanyak 300 guru untuk masuk PPPK.

"Kami dari Dikbud telah menyiapkan 300 orang," ungkap Yusri.

Ia juga menjelaskan, 300 orang tersebut merupakan guru kontrak yang baru saja lulus dan mendapatkan SK bupati.

"Selain itu ada juga operator yang akan kami usulkan," jelasnya.

Diketahui jumlah guru tenaga kontrak dan operator yang menerima SK Bupati Boltim sebanyak 440 orang.

Dengan rincian, 113 orang operator, 171 orang guru SMP, dan 153 orang guru SD. (Iki)

Gresik,Sulutnews.com – Pergulatan panjang sebagai santri dan aktivis YLBHI atau Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya, menuntun sosok Dr. HM. Ma’ruf Syah, SH, MH, tetap low profil di balik kegigihan dan kekokohan sebagai advokat handal.

Dalam bendera Ma’ruf Syah and Partners (MSP), Ketua Badko HMI Jawa Timur Tahun 1991-1992, tetap istiqomah dalam berprilaku sebagai santri yang lama mendapat gemblengan dari dunia pesantren dengan faham Ahlusunnah wal Jamaah an-Nahdliyah.

“Saya bersyukur mendapat didikan dari pondok pesantren. Insha-Allah di mana pun berada, baik beraktifitas di masyarakat, organisasi, ataupun pekerjaan profesi ada pondasi kuat untuk selalu berjuang dan menjadi pondok dan masjid sebagai pusat kegiatan sosial, ibadah dan berjuang,” ungkap Ma’ruf Syah, saat ditemui usai tasyakuran setahun berdirinya masjid Dr. HM. Ma’ruf Syafii (DHMS), di Perum Kota Damai Gresik, Senin (18/12/2020).

Menurut Gus Ma’ruf, sapaan Wakil Ketua PWNU Jawa Timur dan aktif di berbagai organisasi, diantaranya KONI Jawa Timur, DPW Pemuda Pancasila, dan pengurus DPN Peradi ini, sangat setuju masjid sebagai pusat kegiatan umat Islam dan memberikan sumbangsih dalam pengembangan kehidupan bermasyarakat yang rahmatal lil ‘alamin.

“Dalam profesi apapun, kalau pondasinya santri tetap melekat dan sami’na wa atho’na dengan kiainya, maka jiwa pejuang dan mengabdi tidak bakal lekang. Alhamdulillah, dengan ridloNya, dukungan ulama dan pesan orangtua, saya diberikan kemudahan membangun masjid dengan anggaran swadana murni hingga menelan dana Rp 3,2 miliar yang berdiri sejak tanggal 13 Desember 2019,” papar Gus Ma’ruf.

Dalam kurun waktu lebih setahun ini, lanjut Gus Ma’ruf, Masjid DHMS berfungsi untuk aktifitas keagamaan dan sosial sekaligus, sebagai bagian ikhtiar untuk memakmurkan tempat ibadah bagi umat Islam dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

Dari penuturan pengurus Takmir Masjid DHMS, sejak awal dilakukan salat Jumat, jamaah masyarakat sekitar membanjiri untuk salat lima waktu dan Salat Jumat yang disediakan bagi jamaah dan dilengkapi nasi bungkus.

Hebatnya, Gus Ma’ruf sendiri sebagai alumni santri pesantren Galang, Ponpes Salafiyah Langitan, Tuban, dan melanjutkan ke pesantren Darul Ulum, Peterongan, Jombang, tetap mengedepankan budaya mengaji, terutama kajian kitab kuning, tiap hari usai jamaah Subuh.

“Kecuali hari Selasa dan Jumat libur. Tiap Ahad pagi, ada kajian Kitab Tafsir Jalalain dan Kitab Wasiyatul Musthofa dan kitab pendamping Tafsir Munir dan al Ibris. Alhamdulillah, jamaah di sekitar perumahaan dan warga sekitar mulai berjubel,” ulasnya.

Target lain, bagi Gus Ma’ruf putra dari Kiai Syafi’i, Rois Syuriah NU dan mantan ketua MUI Kecamatan ini adalah menumbuh kembangkan masjid DHMS sebagai pusat semacam Islamic Center.

Sekali lagi, seperti air mengalir. Berbagai kemudahan telah dirasakan, Sejak enam bulan lalu telah berdiri sekolah diniyah. Tiap habis salat Maghrib, kalangan anak-anak dan remaja milenial mendapatkan pelajaran tafsir dan agama.

Perlahan tapi pasti, selain dunia pendidikan mulai menjarah dan dirasakan masyarakat, Gus Ma’ruf juga segera melengkapi dengan fasilitas mobil ambulans guna membantu berbagai kegiatan sosial masyarakat.

"Alhamdulillah, 6 bulan lalu sudah dipakai untuk Sekolah diniyah tiap habis Maghrib untuk kalangan anak-anak guna mengantarkan mereka menjadi generasi milineal yang paham ajaran Ahlusunah waljamaah an Nahdliyah. Semoga semua mendapatkan kemudahan," tutur Gus Ma'ruf, juga pengajar di Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya.

Kelebihan dari Gus Ma’ruf yang sangat luas hubungan pergaulan, diantaranya Ketua DPD RI Ir. H. La Nyalla M Mattalitti, Rois Am PBNU KH. Miftakhul Achyar, dan pejabat penegak hokum ini, cepat tanggap dan mampu mengambil langkah konfkrit dalam menghadapi berbagai situasi dan keadaan.

Berbagai kasus sangat menonjol pernah ditangani. Salah satu perkara yang memberikan efek luar biasa adalah keberhasilan dalam sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) dalam Pilkada Gubernur Jawa Timur, yaitu dikabulkannya permohonan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), hingga membuat ciut nasib pasangan calon (paslon) Soekarwo-Saifullah Yusuf (Gus Iful).

Sebelum, pandemi Covid-19 merebak dan telah mencium aroma berbagai kasus di dunia kedokteran dan alat kesehatan, Gus Ma’ruf dengan sokongan salah satu dokter, juga pengurus PWNU Jawa Timur berencana mendirikan lembaga konsultasi dan bantuan hukum.

Akhirnya, saat pandemi Covid-19, bersama dr. H . Edy Suyanto, SpF, MH, Dr H . Gus Ma’ruf pada 3 Juli 2020 lalu, mendirikan Medico Legal yang khusus melakukan pendampingan kepada paramedis, petugas kesehatan dan masyarakat untuk penyelesaian masalah-masalah seputar dunia kedokteran dan kesehatan, terutama pandemi.

“Semua memang bagian dari kebutuhan dan pemenuhan. Dengan niat memberikan pemahaman dan pengetahuan, agar permasalahan di dunia kedokteran juga ada kepastian hokum,” pungkasnya, saat ditemui kantor Medico Legal, Jln Gayungsari Barat IV C No 10 Surabaya. (*)

Tomohon, Sulutnews.com - Komisi Pemilihan Umum menyatakan melalui  dari hasil data yang diperoleh setelah KPU surat keputusan nomor 717/PL.02.6-kpt/7173/kota/XII/2020, Tomohon selama dua hari Senin, 14-15 Desember 2020 yang dilaksanakan  Grand Master Kakaskasen,telah  menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sulut dan Walikota/Wakil Walikota Tomohon.

Dan dari hasil perolehan suara masing-masing pasangan calon yakni telah menjadi penentuan

Caroll-Wenny 43.611 suara

Jilly G Eman-Virgie Baker  23.495 suara,

Robert Pelealu-Fransiscus Soekirno  550 suara.

Sedangkan total suara sebanyak 68.404, perinciannya, jumlah suara sah 67.656 dan suara tidak sah 748.

Sementara hasil perolehan suara paslon Gubernur/Wakil Gubernur Sulut :

Olly-Steven = 45.347 suara

CEP-Sehan = 13.798 suara

VAP-Hend = 8.476 suara

Jadi yang tercatat, dari hasil total jumlah suara sebanyak 68.577 dengan perincian jumlah suara sah 67.621 dan suara tidak sah 955 (Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Sebagai hadiah terindah suatu kemenangan atas terpilihnya Wakil Wali kota Tomohon Wenny Lumentut,yang tepat pada hari kemarin 11 Desember 2020,Tuhan telah menambahkan umur setahun.

Dihari ulang tahunnya kali ini beliau (Wenny Lumentut ) merayakan hanya sederhana,dengan tidak berpesta mewah,Wenny yang didampingi Istri tercinta Ellen Sangi dan kedua putranya.

Wenny Lumentut dengan sapa akrabnya "Papa Ani"mendatangi Biara Karmel yang berada di kasakasen kota Tomohon.Jumat ,11 Desember 2020.

Dengan ungkapan syukur yang dilontarkan Wenny mengatakan "Puji Tuhan saya sangat bersyukur atas ketambahan umur ke 59 tahun.

Dan saya juga sangat berterima kasih kepada teman/sahabat/saudara atas ucapan syukur HUT saya.

Lanjutnya,dengan merayakan hari ulang tahun memang tidak begitu meriah melainkan acara syukuran saya hari ini hanya dilaksanakan di Biara Karmel Kakaskasen.Tentunya saya meminta doa buat torang samua serta berdiakonia.

Tambahnya,sekali lagi saya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya.

Dan saat ini saya mengajak agar tetap patuh pada protokol Kesehatan Covid-19. Semoga pandemi ini cepat berakhir dan kita kembali bisa berkumpul kumpul ramai-ramai,” harapnya.(Prise)

Kenali Calon Pemimpinmu Melalui Visi dan Misinya