Foto : Anggota Komisi IV Melky Jakhin Pangemanan saat menggelar sidak Foto : Anggota Komisi IV Melky Jakhin Pangemanan saat menggelar sidak

Tindak Lanjuti Aspirasi Warga, DPRD Sulut Sidak Proyek Perluasan Bandara Samratulangi.

Written by  Jul 02, 2020

MANADO, Sulutnews. Com - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara Kamis (2/7/2020) menggelar kunjungan kerja ke PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Pada kunjungan yang dipimpin langsung Ketua Komisi Braien Woworuntu, Wakil Ketua Careiq N Runtu, Sekertaris Andy Silangen, bersama Anggota Melky Jakhin Pangemanan, Yusran Alhabsyi dan Fanny Legoh tersebut dilakukan guna menindak lanjuti aduan masyarakat di Kelurahan Lapangan Kecamatan Mapanget, Kota Manado yang disampaikan kepada anggota DPRD Melky Jakhin Pangemanan (MJP) terkait dampak lingkungan dari proyek pembangunan pengembangan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado." Aktivitas pengerjaan proyek pengembangan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado telah menyebabkan; Kebisingan, Polusi Debu dan air Sumur warga menjadi keruh, kotor dan becek," ungkap MJP saat menyampaikan keluhan warga kepada jajaran direksi PT Angkasa Pura I.

Dampak yang juga ditimbulkan akibat aktivitas pengerjaan proyek pengembangan Bandara itu, telah mengganggu ketenangan, waktu istirahat warga seputar proyek serta berdampak pada lingkungan mengenai Amdal." Yang paling mengganggu saat malam hari, karena pekerja juga dilakukan sampai malam hari," ungkap MJP

Sementara terkait adanya aduan waega tersebut, General Manager Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus Gandeguai dan PT. Adhi Karya sebagai mitra pelaksana proyek berjanji akan menindaklanjuti setiap aduan yang disampaikan masyarakat melalui DPRD." Kami akan melakukan evaluasi, agar mega proyek perluasan bandara dapat berjalan dengan baik dan tidak memberi dampak kurang baik bagi kehidupan warga sekitar proyek,"kata Gandeguai.

Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Utara akan terus mengawal janji dan komitmen dari pihak Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado dan PT. Adhi Karya terkait tindak lanjut dari aduan warga." DPRD mendorong percepatan pembangunan perluasan bandara, karena itu juga bermanfaat untuk Sulawesi Utara, tetapi dalam pelaksanaan proyek, pihak pelaksana jangan mengabaikan warga disekitar proyek,"pungkas MJP.(josh tinungki)