Kabupaten Minahasa Selatan Kembali Terima Opini WTP

Written by  Ferro Waney

Minsel, Sulutnews.com - Bupati Minahasa Selatan DR. Christiany Eugenia Paruntu SE bersama didampingi Wakil Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Ketua DPRD Minsel, Jenny Johana Tumbuan SE menghadiri penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut). Senin (4/6/2018). 

Dalam penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Minsel tahun 2017, kembali untuk kedua kalinya BPK RI memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), yang diterima oleh Bupati Tetty Paruntu dan Ketua DPRD Jenny Tumbuan dari Ketua BPK RI Tangga Muliaman Purba.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPK RI Perwakilan Sulut Tangga Muliaman Purba mengatakan bahwa opini WTP yang oleh masing-masing kepala daerah, kiranya dapat menjadi motivasi untuk tetap mewujudkan administrasi keuangan yang lebih baik lagi.

“Jangan mudah puas. Pengelolaan keuangan harus tetap dimaksimalkan dengan mengacu pada prinsip dan asas pengelolaan keuangan. Bagi daerah yang belum meraih opini WTP, harus tetap berupaya menyajikan administrasi keuangan yang baik,” katanya.

Sementara itu, Bupati Minsel DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE mengatakan, ini merupakan kerja keras dari seluruh SKPD serta merupakan topangan bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan administrasi keuangan yang sesuai dengan mekanisme, sehingga dapat meraih kembali opini WTP dari BPK-RI.

“Puji Tuhan, kita berhasil meraih opini WTP. Capaian ini merupakan kerja keras serta kerja sama dari semua tim dan SKPD, sehingga apa yang kita harapkan bersama itu semua boleh diraih,” ujar Bupati Tetty Paruntu yang didampingi Wabup Franky Wongkar.

Ia menambahkan, saat BPK melakukan pemeriksaan, semua sudah mendapat himbauan, agar setiap jajaran perangkat daerah, dapat kooperatif dengan BPK, sehingga selama pemeriksaan berlanjut, itu dapat terlaksana dengan baik.

“ Saya berharap hasil yang dicapai Pemkab Minsel, dapat menjadi motivasi lagi bagi seluruh jajaran perangkat daerah untuk terus berusaha, supaya tahun depan bisa mempertahankan WTP yang sudah diraih dua kali beruntun," pungkasnya.

Untuk diketahui, dari 15 kabupaten/kota se-Sulawesi Utara, 14 diantaranya berhasil meraih WTP. Sedangkan satu lainnya yakni Kabupaten Bolaang Mongondow, BPK RI tidak memberikan pendapat.

Turut hadir, Ketua DPRD Minsel Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi, Assiten III Setdakab Minsel Drs James Tombokan, Kepala BPKAD Drs Denny Kaawoan, dan Sekretaris Dewan Lucky Tampi SH.(/Ferrowaney/Advetorial)