Bupati James Sumendap Terima LAKIP Predikat B dari MenPAN-RB, Performa Birokrasi Mitra Baik

Written by  Reagen Pantow Feb 14, 2018

Ratahan, Sulutnews.com – “LUAR BIASA” Itulah kalimat yang tepat diberikan pada sistem pemerintahan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).  Mengapa? Karena, kembali lagi Pemkab Mitra dibawah kendali Bupati James Sumendap SH,  menorehkan sistem pemerintahan yang baik.

Dimana tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi di lingkungan Pemkab Mitra selang tahun 2017 mendapatkan penghargaan predikat Baik (B) dalam Laporan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) tahun 2017 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Penghargaan ini pun,  langsung diserahkan MenPAN-RB Abnan Abnur kepada Bupati James Sumendap SH di Jogjakarta, Selasa, (13/02) kemarin.

Hasil ini juga merupakan kado manis bagi jajaran Pemerintahan Kabupaten Mitra, termasuk bagi Bupati James Sumendap di tahun terakhir kepemimpinan.

Keberhasilan ini tak lepas dari komitmen Pemkab Mitra pada percepatan implementasi reformasi birokrasi, memberi perhatian terhadap terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik, pelayanan publik yang profesional hingga pencapaian progran kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Bupati dalam kesempatan tersebut mengatakan, hasil kali ini dengan predikat B, menunjukkan perbaikan dari tahun sebelumnya yang hanya mendapatkan CC.

“Ini adalah bagian dari kedisiplinan hingga kerja keras dan dukungan semua jajaran Pemkab Mitra, termasuk dukungan masyarakat hingga stakeholder dan wajib untuk kita syukuri. Saya persembahkan ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Mitra,” ujar Sumendap.

Ia pun berharap, hasil ini akan menjadi pelecut semangat bagi jajarannya untuk terus meningkatkan tata kelola pemerintahan dan memaksimalkan pelayanan publik.

“Kita tidak akan berpuas. Tapi ini momentum bagi kita untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Tata kelola pemerintahan yang baik, dampaknya juga bagi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur, memberikan apresiasinya kepada pemerintah daerah yang telah melakukan upaya-upaya perbaikan nyata bagi peningkatan efisiensi birokrasi.

“Saya berterima kasih kepada bupati, walikota, dan sekretaris daerah yang telah fokus dan lebih serius lagi dalam memberikan perhatian guna terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi hasil,” ujarnya.

Lanjut dikatakan Abnur, saat ini efisiensi dalam birokrasi juga menjadi salah satu kriteria. Hal tersebut hanya dapat terjadi apabila akuntabilitas dapat diwujudkan oleh birokrasi itu sendiri.

“Akuntabilitas yang berorientasi pada hasil atau kinerja hanya akan tercapai apabila birokrasi dapat menerapkan manajemen berbasis kinerja dengan baik atau SAKIP,” jelasnya.(Advetorial)

Last modified on Tuesday, 05 June 2018 14:13