Manado, Sulutnews.Com - Gelar rapat Panitia Khusus (Pansus) pembahas Tatatertib DPRD Sulut, Senin (27/01/2020) berlangsung menarik, pasalnya pada rapat yang dipimpin Ketua Pansus Boy Tumiwa (F-PDIP) tersebut diwarnai perang argumentasi saat membahas pasal 16 agar dalam Tatib dapat dicantumkan kewenangan bagi Komisi - komisi untuk membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

"Perlu ada ruang agar APBD dapat dibahas melalui Komisi - komisi untuk kemudian disampaikan kepada Badan Anggaran," kata Netty Pantouw (F-Demokrat) Anggota Pansus Tatib mengusulkan.

Namun usulan ini belum disetujui bahkan diperdebatkan oleh sesama Anggota Pansus dengan saling menyampaikan argumentasi, mengingat kewenangan membahas APBD hanya dilakukan oleh Badan Anggaran." Semua usulan hendaknya tidak bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi, persoalan pembahasan APBD dilakukan ditingkat Komisi ini tidak mungkin dilakukan karena telah menjadi tugas dari Badan Anggaran," tegas Sandra Rondonuwu (F-PDIP) Anggota Pansus.

Revisi Tatib DPRD Sulut ini telah mengalami beberapa kali perubahan. Bahkan sampai Anggota DPRD Sulut periode 2015-2019 telah mengakhiri masa jabatan, Tatib ini belum juga ditetapkan. Dan untuk Pansus Tatib yang baru ini telah menggelar rapat dua kali selama dua pekan, namun belum ada kemajuan yang berarti. (josh tinungki)

Sulut Manado, Sulutnews.Com - Penyebaran virus Korona asal China yang saat ini mengguncang dunia, juga mendapat perhatian Ormas di Sulawesi Utara. Terbukti, Senin (27/01/2020) mendatangi kantor DPRD Sulut, mereka meminta agar DPRD dapat bersikap terkait penyebaran virus Korona yang saat ini terdeteksi sudah masuk ke Indonesia khususnya di Sulut.

"Informasi penyebaran virus Korona adalah masalah serius yang harus disikapi, Karena virus ini mematikan dan sudah membuat masyarakat menjadi resah," tegas Boward Marius Ketua GMBI Sulut, saat menggelar dialog bersama Anggota DPRD Sulut.

Terkait aspirasi yang disampaikan oleh Ormas tersebut, Anggota Komisi IV DPRD Sulut Dr Richard Sualang mengatakan, agar semua pihak perlu mengikuti apa yang sudah dilakukan pemerintah, termasuk soal deteksi dini terhadap semua penungpang yang sementara dilakukan lewat bandara sam ratulangi."Sebelum ada tuntutan pemerintah sudah melakukan langkah antisipasi, dan terkait persoalan penyebaran virus Korona sepenuhnya telah ditangani oleh pemerintah," jelas Sualang.

Juga disampaikan Melky Jakhin Pangemanan agar persoalan virus Korona sebagai masyarakat kita mengikuti apa yang nantinya menjadi petunjuk dari pihak terkait yang berkompeten." Masyarakat tidak perlu resah ataupun kuatir karena pemerintah sudah melakukan langkah pencegahan dengan memasang alat pendeteksi disetiap pintu masuk wilayah Sulut," kata MJP.

Terkait virus Korona, Komisi IV DPRD Sulut akan mengelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Kesehatan dan pihak terkait, untuk mengetahui sudah sejauh mana tindakan pencegahan dilakukan.(josh tinungki)

Minsel-Amurang, Sulutnews.com -- Dalam rangka perayaan hari jadi Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang ke-17, Pemerintah Kabupaten Minsel menggelar upacara peringatan di halaman kantor Bupati.

Upacara dilaksanakan pada Senin (27/1/2020). Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) adalah Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Minsel, Denny Kaawoan dan pemimpin upacara Camat Suluun Tareran, Veky Rondonuwu.

Diawal upacara, disampaikan sejarah Kabupaten Minsel oleh Kabag Pemerintahan Tusrianto Rumengan dengan memaparkan awalnya terbentuknya Kabupaten Minsel.

Selanjutnya dalam upacara yang mengambil tema “Minsel Bersatu Unggul SDM, Menuju Kemenangan”, Sekdakab Minsel membacakan sambutan dari Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu.

“Perlu kita sadari, bahwa objek utama dari pembangunan yang kita laksanakan adalah masyarakat itu sendiri. Semua infrastruktur dan fasilitas yang telah kita bangun, tidak lain ditujukan untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Minsel," kata Bupati Christiany Paruntu, seperti dibacakan Sekdakab Minsel.

"Untuk itu, sebagai objek dari pembangunan, hendaknya kita semua masyarakat Minsel harus memiliki mental yang siap untuk membangun dan dibangun".

Di tahun 2020, Bupati Minsel telah mencanangkan sebagai tahun kemenangan.

"Kita diingatkan kembali bahwa tugas kita bersama adalah untuk menjaga dan terus menciptakan persatuan dan kesatuan dalam melangkah bersama membangun SDM Minsel yang unggul guna mewujudkan kemenangan di segala bidang," tukas Bupati Minsel dalam sambutannya.

"Menang atas kemiskinan, menang atas kebodohan dan menang atas keterbelakangan".

Bupati Tetty Paruntu (sapaan akrab Bupati Minsel) berharap dalam momentum hari jadi Minsel tahun ini, kiranya dapat membawa pembaruan yang positif dan konstruktif.

"Kita harus revolusi mental yang bobrok, kita harus musnahkan budaya korup dan kita buang perilaku-perilaku yang saling menjatuhkan. Masyarakat Minsel harus punya mental juang, mampu bersaing dan visioner namun tetap menjunjung tinggi budaya dan nilai-nilai kekeluargaan," tambah Bupati Tetty Paruntu.

Turut hadir dalam upacara ini seluruh unsur Forkopimda Minsel, pimpinan dan anggota Dewan, serta para Asisten, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Minsel, para Camat, Hukum Tua, Veteran, pejuang pemekaran Kabupaten, serta undangan lainnya.

(TamuraWatung)

Tomohon,Sulutnews.com - Dengan mempringati hari ulang tahun kota Tomohon yang ke-17  dilaksanakan Upacara Ziarah Makam para pejabat Walikota Tomohon yang pertama Almarhum Drs. Boy Simon Tangkawarouw, M.Sc. Dan upacara ziarah yang dipimpin langsung oleh inspektur Upacara Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak., CA.Yang bertempat di pekuburan keluarga Tangkawarouw-Supit di Kelurahan Kakaskasen Dua Kecamatan Tomohon Utara,Jumat,24 Januari 2020.

Dihari yang sama pun dilanjutkan berziarah dimakam Drs Dolfie Tanor upacara ziarah yang dipimpin langsung oleh Inspektur upacara Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos MSi.

Dan dihari yang sama juga Inspektur upacara Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos MSi.berziarah Almarhum Drs Karel Lasut Senduk yang semasa bertugas pernah menjabat Bupati Minahasa.

Upacara ziarah tersebut diikuti Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc didampingi Asisten Perekonomian Ir Enos Pontorororing MSi, Asisten administrasi Umum Drs O D S Mandagi.

Hadir juga para pejabat jajaran Pemkot, keluarga, unsur Karang Taruna Kota Tomohon, tokoh agama dan masyarakat, bersama jajajaran Perangkat Daerah,dan perwira Kepolisian. Kesempatan itu dilakukan tabur bunga.(Prise)

Minsel-Tenga, Sulutnews.com -- Ibadah Syukur Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 Jemaat GMIM ‘Yordan’ di Desa Tawaang Barat Wilayah Tenga, pada Minggu (26/1/2020) dihadiri oleh Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu.

Pendeta Wanly Christovel Karundeng M.Theol menjadi Khadim dalam Ibadah Syukur yang mengambil pembacaan Alkitab dalam kitab Ibrani 10:19-39. 

Dalam khotbahnya, Pendeta Wanly Karundeng mengatakan penguatan iman sesungguhnya adalah karya penyelamatan Allah, yang dikerjakan Tuhan Yesus dan dirasakan umat manusia dengan terus berpegang teguh pada pengharapan.

Di kesempatan menyampaikan sambutan, Bupati Christiany Paruntu mengatakan di usia yang masih muda ini yakni 6 tahun, Jemaat GMIM Yordan Tawaang Barat selalu diberkati oleh Tuhan.

"Saya lihat, Gereja ini boleh berdiri megah dan saya yakin bahwa Tuhan Yesus selalu menopang akan pembangunan di Jemaat GMIM Yordan Tawaang Barat. Namun pembangunan Gereja harus mampu diimbangi juga dengan pembangunan Iman warga jemaatnya," tukas Tetty Paruntu (sapaan akrab Bupati Minsel).

Tak lupa pula, Bupati Minsel menyampaikan bahwa tahun 2020 ini merupakan tahun politik, dengan akan digelarnya agenda Pilkada Serentak. "Saya mengajak warga masyarakat Minahasa Selatan, untuk turut serta mensukseskan agenda Pilkada tersebut yang akan digelar pada 23 September 2020," tukas Tetty Paruntu.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Minsel, saya selaku Bupati Minahasa Selatan bersama Wakil Bupati, pak Franky Donny Wongkar SH, mengucapkan selamat bersyukur bagi warga jemaat GMIM ‘Yordan’ Tawaang Barat yang boleh merayakan HUT yang ke-6. Terus menjadi jemaat yang teladan dan menjadi warga masyarakat yang terus mendukung program-program pemerintah"

Tampak hadir juga dalam Ibadah Syukur ini, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara Roy Tumiwa yang mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Bupati Minsel Franky Donny Wongkar. 

Hadir pula anggota DPRD Minsel Julian Mandey dan Jacklyn Koloay, Camat Tenga Selvi Mandey, bersama unsur Forkopimca Tenga, HukumTua Desa Tawaang Barat Braedly Nongkan.

(TamuraWatung)

Boltim, Sulutnews.com - Pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan diterapkan dengan sistem pengurusan pulang langsung bawa izin, tidak lagi diarahkan ke dinas-dinas terkait. Hal ini diungkapkan Kepala  Dinas PMPTSP Boltim Safrudin Mokoagow. Ia mengatakan, sistem pelayanan perizinan di DPMPTSP Boltim, sebelumnya dilakukan dengan cara pengurusan yang agak ribet, sebab masyarakat yang hendak mengurus izin masih diarahkan ke dinas-dinas terkait, sehingga Syafrudin mengatakan, bahwa pengurusan seperti itu semacam ‘Satu pintu banyak jendela’ yang pada tahun ini akan dirubah sistem seperti itu.

"Sebelumnya pelayanan perizinan seperti satu pintu banyak jendela, maka tahun ini (2020) saya akan rubah sistemnya, dengan mengerahkan pegawai dikantor untuk melakukan pengurusan ke dinas-dinas," ungkap Safrudin. (24/01)

Lanjutnya juga, pada saat dinas yang dipimpinya sudah menempati kantor yang baru, masyarakat yang datang mengurus izin alan langsung membawa pulang surat izinnya.

"Jika kami sudah menempati kantor yang baru, nantinya masyarakat yang mengurus izin akan langsung bawa pulang izinnya, tidak lagi kesana kemari ke dinas-dinas, karena sudah ada pegawai yang melakukan tugas pengurusan," tutupnya. (Iki)

Foto: Reses DPRD Boltim

Boltim, Sulutnews.com - Setelah sebelumnya telah menggelar Reses di Kecamatan Kotabunan, Tutuyan dan Motongkad, pada Kamis (23/1/20) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) lakukan penyerapan aspirasi masyarakat di Kecamatan Nuangan. Bertempat di Kantor Kecamatan Nuangan. Camat Nuangan Sinyo Mamonto dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh peserta Reses bahwa, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk penyampaian kebutuhan-kebutuhan masyarakat kepada anggota DPRD. Minggu (26 /01)

"Disinilah wadahnya. Sampaikan aspirasi dan kebutuhan bapak ibu sekalian kepada DPRD. Jangan sampai berbicara dibelakang hari namun bukan pada forum resmi seperti ini. Dan semoga apa yang diusulkan masyarakat se Kecamatan Nuangan agar bisa ditindaklanjuti sesuai kebutuhan," ungkap Mamonto pada saat membuka acara Reses.

Anggota DPRD Boltim Sunarto Kadengkang pada kesempatan itu menyampaikan, Reses kali ini telah menghadirkan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Kata dia, apa yang belum terakomodir, agar disampaikan hari ini.

"Disini juga saya mengingatkan kepada seluruh peserta Reses, bahwa forum ini bukan untuk adu argument, jangan sampai berdebat. Sampaikan aspirasi anda secara sopan dan santun,’" terang Kadengkang.

Ia juga menambahkan, tujuan dari acara ini agar DPR bisa bersinergi dengan masyarakat. Tujuan akhir dari semua ini adalah untuk mengasilkan sistem pelayanan dan pelaksanaan yang baik sesuai dengan undang-undang.

"Wajib hukumnya untuk melaksanakan Reses. Kenapa kami lakukan? Karena tidak semua masyarakat dapat mendatangi Gedung DPRD. Sehingga itu kami turun menyerap, menampung, menindaklanjuti serta mempertanggungjawabkan secara moral apa yang hari ini bapak dan ibu sampaikan. Semua tergantung dari kita semua bagaimana memajukan daerah melalui sumber dana yang ada,’’ jelasnya

Senada juga di sampaikan Wakil Ketua II DPRD Boltim Muhammad Jabir. Reses ini adalah agenda DPR. Sehingga, apa yang akan disampaikan, kami siap menerima menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat saran dan kebutuhan bapak ibu sekalian, ujarnya.

Anggota DPRD Sofyan Alhabsy juga pada kesempatan itu mengatakan, Reses hari ini untuk pembangunan tahun 2021.

‘"Banyak pembangunan fisik yang dibangun di Kecamatan Nuangan tahun ini. Itu adalah hasil tindak lanjut Reses sebelumnya,’’ ujarnya

Usai penyampaian oleh ketiga Aleg Boltim itu, dilanjutkan dengan penyerapan aspirasi masyarakat. Sangadi Jiko Belanga Riman Manuho mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan aspirasi. Dalam aspirasinya, Manuho berharap dapat ditindaklanjuti oleh pihak DPRD.

Penyerapan aspirasi masyarakat terus berlanjut hingga pukul 18.00 Wita. Terpantau, seluruh Sangadi se Kecamatan Nuangan mendapatkan kesempatan menyampaikan aspirasi. Dilanjutkan dengan BPD, para Kaur, Tokoh Pemuda, Kepala Sekolah, dan seluruh lapisan masyarakat yang hadir saat itu.

Di penghujung acara, usulan-usulan serta keluhan dari peserta Reses langsung dijawab oleh masing-masing instansi terkait yang hadir pada kesempatan itu.(Iki)

Tomohon,Sulutnews.com - Kepedulian yang tak henti-hentinya pada masyarakat kota Tomohon yang  di komando oleh Ketua karang taruna kota Tomohon Jilly Gabriela Eman, SE MM,kali ini kegiatan yang dilaksanakan berupa  gerakan PEDULI KARANG TARUNA TOMOHON berupa pembersihan, Pengecatan patung Tololiu Tua dan menghiasi seputaran Patung tersebut dengan lampu hias agar memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat.Sabtu 25 januari 2020.

Dengan mempringati hari ulang tahun kota Tomohon yang ke-17 tahun,yang jatuh pada tanggal 27 januari 2020,dimana Karang Taruna adalah sebagai generasi muda yang ada dikota tomohon ini tetap berkreasi dan mempunyai jiwa melestarikan apalagi dalam hal yang  peninggalan bersejarah seperti Patung/ Tugu Tololiu Tua ini mempunyai kesan tersendiri bagi masyarakat Tomohon karena cerita panjang dari patung yang didirikan pada tahun 1974".Jadi semestinya kita harus menjaga merawat yang sebagaimana mementum peninggalan bersejarah ini "kata Jilly".

Lanjutnya,seperti pepatah mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati para pahlawan, para pejuang dan para pendahulunya. bangsa yang cerdas adalah bangsa yang bisa memetik pelajaran dari apa yang dialami di masa lalu, untuk kepentingan yang baik di masa depan. sehingga lewat kegiatan karang taruna ini sebagai bentuk penghormatan kepada pendahulu kota Tomohon dan generasi muda kita harus mengerti dengan sejarah, karena dengan sejarah kita bisa mengetahui dan bisa dijadikan acuan dalam bertindak untuk yang lebih baik lagi."jelas Jilly

Oleh karena itu dengan terbentuknya kegiatan Karang Taruna ini juga merupakan kerjasama Karang Taruna dan Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Tomohon dimana pembiayaannya 100 persen dari karang taruna dan mendapat dukungan peralatan dari Dinas Perkim" Ujar Sekretaris Karang Taruna Tomohon saat di temui dilokasi pelaksanaan kegiatan.(/Prise)

Tomohon,Sulutnews.com - Launching Pilwako (Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota)Tomohon akan di gelar lomba Stand Up Comedy pada dini hari Jumat 24 januari 2020.yang bertempat  di Menara Alfa Omega.

Komisioner Divisi Sosialisasi Stenly Kowaas menyatakan bahwa, Lomba stand Up Comedy launching Pilwako Tomohon akan dilibatakan para peserta antar pelajar yang akan jadi salah satu sub kegiatan pada pergelaran launching tersebut dan ada 8 SMA/SMK yang sudah ada  kesiapan mereka dalam pengutusan lomba stand up comedy,yang akan mengocok perut para warga Tomohon yang hadir di lokasi MAO (Menara Alfa Omega).Disamping itu juga akan hadir Bintang tamu stend up comedy yang sering tampil di tingkat nasional asal manado"kata kowaas.

Ditambahnya kowaas mengatakan bahwa dengan adanya acara Launching Pilwako ini,menandai berjalannya tahapan demi tahapan Pilkada Serentak 23 September 2020. “Kami berharap, lewat launching ini semua stakeholder bisa bahu membahu bersama KPU dalam menciptakan pesta demokrasi yang berkualitas dan berintegritas,”.

Dan selain stand up comedy juga akan ada penampilan grup band yang akan menyanyikan lagu yang merupakan jingle Pilwako Tomohon. “Yang pasti, launching dirancang seru. Oleh karena itu, diundang seluruh warga Kota Tomohon untuk hadir di lokasi launching, pada Jumat 24 januari 2020,pada sore pukul 17:00 Wita di Menara Alfa Omega,” ajak Kowaas. (/Prise)

Tomohon,Sulutnews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU kota Tomohon mengadakan dialog bersama para wartawan yang diadakan di ruang rapat kantor KPU dengan memberi tema "Ngo pilwako"Rabu,22 januari 2020.

Robby Golioth selaku komisioner KPU Tomohon Divisi Teknis KPU menyatakan bahwa ada persyratan yang harus dilakukan untuk bakal calon Walikota perseorangan yakni; Bakal calon tersebut harus memiliki dukungan Kartu tanda penduduk (KTP) yang sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan minimal 7097.

Penyerahan syarat dukungan bagi bakal pasangan calon perseorangan yang akan maju di Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tomohon, diberi kesempatan waktu,tertanggal 19-23 Februari 2020.

Dan menjadi syarat dukungan, sudah harus dimasukkan dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Memang,aturan untuk bakal calon perseorangan saat ini berbeda dengan waktu lalu karena saat menyerahkan syarat dukungan, harus dimasukkan dalam Silon.

Oleh karena itu jika waktu tidak memungkinkan untuk dimasukkan di Silon karena telah habis waktu yang sesuai jadwal, tidak akan lagi diterima"kata Golioth.

Begitupun menurut Stenly J Kowaas SP, mengatakan juga jika dari tanggal 19 -23 Februari 2020, jika tidak memasukan syarat dukungan sampai waktu yg ditentukan maka sudah tertutup kemungkinan untuk masuk sebagai bakal calon walikota di jalur perseorangan,”jelas Kowaas.(/Prise)