Manado, Sulutnews.Com - Sejumlah eks karyawan Giant Supermarket Senin (18/11/2019) mendatangi kantor DPRD Sulut, mereka mengadu ke DPRD terkait nasib mereka yang sudah empat bulan digantung Oleh pihak management. Dihadapan anggota Fraksi PDIP Richard Sualang eks Karyawan Giant meminta dapat dimediasi oleh DPRD agar apa yang menjadi hak mereka dapat direalisasikan oleh management Giant.

"Torang berharap Anggota DPRD dapat merasakan kesusahan kami yang sudah empat bulan menunggu realisasi dari pihak perusahaan yang tak pernah ada," kata Enda Ayu Nurtanti eks Karyawan Giant Supermarket.

Menyikapi aspirasi eks Karyawan Giant tersebut Richard Sualang menyatakan atas aspirasi yang disampaikan lewat F-PDIP tentu akan merespon harapan dari masyarakat Sulut yang sudah kehilangan pekerjaan, "Sebagai Fraksi Pemerintah PDIP berkewajiban membela kepentingan masyarakat kecil," tegas Icad panggilan akrab politisi muda PDIP Sulut.

Sebagaimana diketahui pasca penutupan Supermarket Giant medio Agustus 2019 lalu ada 16 orang karyawan yang nasibnya digantung. apa yang menjadi hak mereka belum direalisasikan oleh pihak management pemberi kerja Hero. Padahal sebagaimana janji sudah ada dana sebesar Rp. 60 juta disiapkan, namun seiring berjalannya waktu saat ini telah dana yang tersedia sudah menyusut tersisa Rp 30 juta. (/josh Tinungki)

Cilacap, Sulutnews.com - Dalam rangka HUT TNI ke-74 Tahun 2019, Kodim 0703 Cilacap bekerjasama dengan David Promotions, serta dukungan Pemda Cilacap, Polres Cilacap dan Promotor Suprapto menggelar sebuah event berkelas yaitu Tinju Profesional bertempat di GOR Wijayakusuma Cilacap, Sabtu (16/11) malam.

Event ini memperebutkan 4 sabuk emas yang terdiri dari Sabuk Emas Bupati Cilacap 8 round, Sabuk Emas Dandim 0703 Cilacap 12 round, Sabuk Emas Kapolres Cilacap 8 round, dan Sabuk Emas Danrem 071 Wijayakusuma serta lebih dari 3 partai tambahan kelas Profesional dan 15 duel kelas amatir turut meramaikan  Gelar Tinju Profesional.

Sederet nama petinju profesional seperti Beny Tamaela dari Sasana Eagle Eyes Kostrad BC Solo, Roky Alap Alap dari Sasana TJ Alap Alap Cilacap, Primus Lopo dari Sasana Rokatonda BC Surabaya, Alpius Matufani Sasana Dirgantara BC Sleman turut berduel dalam event ini.

Selain itu dari Kelas Internasional yang terdiri dari Kelas Bulu 57,1 kg Yuya Makamura yang akan berduel dengan Dion Arema,  Kelas Bantam 53,3 kg Gakuto Yamaguchi VS Tomi Seran, dan di Kelas Super Fly 52,3 kg Toshihiko Era VS Sulis Barera. Di Partai Utama  petinju  Iwan Kei dari Sasana Yonif 733 Malang akan berduel dengan Arif Bleder dari Sasana Kodim 0703 BC Cilacap untuk memperebutkan Sabuk Emas Dandim 0703 Cilacap.

Dandim Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) selaku penanggung jawab kegiatan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung event tinju profesional untuk memeriahkan HUT TNI ke-74.

"Kegiatan tinju profesional ini adalah kegiatan yang positif dalam mempersatukan kita semua dan sekaligus untuk ajang silaturahmi yang positif. Kegiatan ini merupakan ajang pembinaan untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi para petinju lokal maupun nasional ini untuk mencari bibit-bibit atlet atlet tinju profesional Kabupaten Cilacap dan bisa menambah prestasi anak bangsa di bidang olahraga tinju," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa dalam meraih kesuksesan dibutuhkan rasa tanggung jawab disiplin dan kekompakan dari pengurus, pelatih maupun para atlet, kami yakin dan percaya sebenarnya ada banyak sekali pemuda-pemuda yang berpotensi sehingga diharapkan olahraga tinju semakin familiar dan bisa banyak peminat atau atlet muda dapat dijadikan pemicu semangat untuk berusaha menjadi petinju yang handal dan sportif dan mampu mengharumkan nama Kabupaten Cilacap di Kancah nasional maupun internasional.

"Petinju yang handal itu harus mengedepankan profesionalitas dengan menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding, sekali lagi saya ucapkan selamat bertanding dan jaga sportifitas, semoga Tuhan yang maha Esa senantiasa  memberikan petunjuk serta jalan terbaik bagi kita", pungkasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Promotor David Suprapto, Wakil Bupati Syamsul Aulia Rahman S. STP. Msi, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto, SIK, MH, Danlanal yang diwakili Kapten Laut (P) Heri, Unsur Forkopimda dan Stakeholder wilayah Cilacap serta penonton yang berjumlah sekitar 500 orang.(/Sugeng)

Manado, Sulutnews.Com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara, Jumat (15/11/2019) mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Tahun Anggaran 2020 menjadi Peraturan Daerah. Pengesahan yang digelar lewat rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan dihadiri Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw tersebut, menjadi momentum bersejarah karena DPRD bersama Pemerintah telah menyelesaikan tugas yang diamanatkan oleh rakyat dengan menghasilkan penetapan APBD Tahun 2020.

Foto : Ketua DPRD bersama para wakil Ketua, saat memimpin rapat paripurna pengesahan APBD 2020

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada segenap Anggota DPRD Sulut, atas penyelenggaraan rapat paripurna dan telah menetapkan Rancangan Peraturan Daerah APBD Provinsi Sulawesi Utara Tahun Anggaran 2020,” kata Olly.

Foto : Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw saat menandatangani APBD 2020

Penetapan Perda APBD secara teknis program dan kegiatan dalam Ranperda APBD Provinsi Sulut T.A. 2020 mengacu pada Tema RKPD Tahun 2020, yaitu : Memantapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan peningkatan pemerataan Infrastruktur yang tersebar di 7 prioritas pembangunan.

Foto  : Penyerahan Buku APBD 2020

“Penanggulangan kemiskinan dan pengangguran; Pemantapan Sumber Daya Manusia; Pariwisata, ketahanan pangan dan industri ekonomi kreatif; Pemerataan Infrastruktur; Ketentraman dan ketertiban masyarakat, dan sukses Pemilu Kepala Daerah; Reformasi Birokrasi; serta Mitigasi bencana dan pengelolaan lingkungan hidup,” ungkap Olly.

Lebih lanjut, Olly mengajak semua pimpinan dan anggota DPRD Sulut untuk terus mengawal kebijakan dan program kerja yang tertata dalam APBD T.A 2020 hingga akhir pelaksanaannya dan menjaga sinergitas dan komitmen kerja bersama dalam mendukung setiap prioritas pembangunan daerah.

Foto : Anggota DPRD saat mengikuti paripurna pengesahan APBD 2020

"Tahun 2020 juga merupakan tahun pesta demokrasi, dimana kita akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah baik di tingkat Provinsi, maupun di 7 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara. Karena itu, sukses Pilkada merupakan target utama kita bersama,” ujar Olly.

Sukses Pilkada ini, antara lain ditandai dengan berlangsungnya tahapan Pilkada sesuai dengan ketentuan yang berlaku, terpilihnya kepala daerah yang berkualitas, kompeten, dan berbasis pada keinginan masyarakat banyak, serta budaya pemilu yang bersifat Luber dan Jurdil,

Foto : Pimpinan DPRD bersama Forkopimda Sulut

Adapun rapat paripurna turut dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Andrei Angouw, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, Sekdaprov Edwin Silangen serta para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.

Berikut penyusunan struktur APBD T.A. 2020 untuk mencapai target 7 prioritas pembangunan tersebut.

1.Pendapatan Daerah

   Total pendapatan ditetapkan sebesar Rp. 4.105.706.151.102,- dengan rincian:

   A.Pendapatan Asli Daerah (PAD), sebesar Rp. 1.306.462.695.102,-

   B.Dana Perimbangan, sebesar Rp. 2.778.993.456.000,-

   C.Lain-lain Pendapatan Daerah Yang Sah, Sebesar Rp. 20.250.000.000,-

 2.Belanja Daerah

   Total Belanja Daerah, ditetapkan sebesar Rp. 4.510.706.151.102,- dengan rincian:

    A.Belanja Tidak Langsung, ditetapkan sebesar Rp. 2.479.309.063.000,-

    B.Belanja Langsung, ditetapkan sebesar Rp. 2.031.397.088.102,-

    C.Pembiayaan Daerah

Penerimaan Pembiayaan Daerah, ditetapkan sebesar Rp. 425.000.000.000,-

Sementara Pengeluaran Pembiayaan Daerah, ditetapkan sebesar Rp. 20.000.000.000,-Dengan skema APBD ini, Gubernur Olly berharap bahwa pada akhir tahun anggaran nantinya dapat merealisasikan berbagai target pembangunan yang telah ditetapkan, antara lain: pertumbuhan ekonomi berada pada kisaran 6,2 %, inflasi pada angka 5 %, tingkat pengangguran turun menjadi 6.63 %, Rasio Gini di level 0,39, serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada angka 73%. (/(Advetorial)

Manado, Sulutnews.Com - Terbitnya Surat Keputusan (SK) nomor 10-0686/Kpts/DPP-Gerindra/2019 tertanggal 31 Oktober 2019 dan ditandatangani oleh Prabowo Subianto, tentang penetapan Drs Wenny Warouw sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Sulawesi Utara tidak membuat Wenny Lumentut kaget. Hal ini ditegaskan Lumentut kepada wartawan, Jumat (15/11/2019). Menurutnya mekanisme yang berlaku di Partai Gerindra berdasarkan keputusan DPP bukan lewat Musyawarah.

“Mengenai SK penggantian Pengurus Gerindra Sulut tidak mengagetkan saya karena pada saat saya diangkat sebagai Ketua pun saya tidak kaget," tegas Lumentut.

Dengan terbitnya SK yang baru, dia berharapkan kepada seluruh pengurus di Sulawesi Utara yang tidak terakomodir agar tunduk pada keputusan DPP. Kita amankan semua karena ini adalah keputusan partai,” kata Lumentut sambil menegaskan bahwa pasca penggantian kepengurusan DPD Gerindra Sulut tidak ada manuver-manuver politik.

Meski merasa tidak kaget namun Lumentut mengaku tidak tahu alasan dirinya diganti sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Sulut.

“Saya tidak tahu alasannya apa.

Tetapi, itulah mekanisme yang ada di Partai Gerindra, sepenuhnya ada di tangan Dewan Pimpinan Pusat,” jelasnya berulang ulang.

Saat ditanya apakah dirinya akan beralih ke partai lain dengan santai Legislator Dapil Tomohon - Minahasa ini menjawab, “Saya tidak kemana-mana tapi ada di mana-mana, dengan satu prinsip Do good and good will come to you,” pungkas legislator peraih suara terbanyak di Kota Tomohon untuk Anggota DPRD Sulut. (josh tinungki)

Manado, Sulutnews.Com - Menghadapi Pilkada 2020 mendatang khususnya di Kabupaten Minahasa Utara, Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut Olly Dondokambey menyebut Melky Jakhin Pangemanan (MJP) sangat layak maju sebagai bakal calon dikabupaten Minahasa Utara.

“Semua berpeluang. Pak Berty (politisi PDIP, red) berpeluang, pak Melky (Melky Jakhin Pangemanan) juga berpeluang,” sebut Olly, Jumat (15/11/2019).

Saat dikonfirmasi Melky yang dibidik untuk dipasangkan dengan Joune Ganda yang kemungkinan akan diusung PDIP pada 2020.

Terkait pernyataan OD menyatakan siap menjalankan amanat dari OD.

“Kalau pak Gubernur yang bilang, saya siap. Apalagi untuk membangun Minahasa Utara tercinta,” singkat Melky mantap.

Seperti diketahui untuk Pilkada Minut kemungkinan PDIP akan menetapkan Joune Ganda sebagai calon Bupati Minahasa Utara pada tahun 2020 mendatang. (/Josh Tinungki)

Cilacap, Sulutnews.com - Selain melaksanakan pendampingan Upsus padi, jagung dan kedelai (Pajale) yang menjadi prioritas pemerintah dalam program swasembada pangan, Babinsa Sertu Mulyono dan Sertu Carnoyo juga melaksanakan pendampingan panen Bawang Merah. Salah satunya kepada Kelompok Tani "Suka Asih" yang ada di Desa Bantarpanjang Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (15/11/2019).

Kegiatan panen bawang merah berada di areal lahan milik Poktan Suka Asih seluas 2 hektar. Dari lahan tersebut menghasilkan panen bawang merah dengan profitas sekitar 80 ton.  Kegiatan itu juga disaksikan langsung Camat Cimanggu Bambang Tutuko S.Sos, MSi, anggota PPL Kecamatan Cimanggu, dan diikuti oleh seluruh petani anggota Poktan Suka Asih.

Ditegaskan Mulyono, selain tanaman padi, jagung, kedelai (pajale) yang menjadi prioritas dalam suksesnya program swasembada pangan, diwilayah binaanya juga terdapat berbagai tanaman lain seperti bawang merah juga menjadi komoditi didaerah tersebut. Hal ini menjadi sumber penghasilan dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat khususnya di Desa Bantarpanjang.

" Dengan adanya kegiatan panen bawang merah ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi petani lainnya  untuk terus bersemangat dalam mengolah sawah dan meningkatkan hasil panennya," tutur Mulyono.

Lebih lanjut Carnoyo menambahkan bahwa petani dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan lahan pertanian, para petani tidak hanya terfokus pada tanaman padi, jagung dan kedelai saja namun harus bisa memanfaatkan dengan baik lahan yang kosong dengan tanaman alternatif yang sesuai dengan kondisi cuaca di wilayah tersebut.

" Hal ini bertujuan pada tercapainya ketahanan pangan, sehingga masyarakat tidak akan mengalami kesulitan memenuhi bahan kebutuhan pokok dan membeli dengan harga yang sangat tinggi khususnya pada komoditi bawang merah", ujar Carnoyo.(/Sugeng)

Cilacap, Sulutnews.com - Cuaca ektrim melanda sebagian wilayah barat Kabupaten Cilacap, hujan dengan intensitas yang cukup tinggi disertai angin kencang terjadi di wilayah Kecamatan Sidareja  dan Cipari. Hal ini mengakibatkan  puluhan rumah warga rusak karena tertimpa pohon, bahkan ada rumah yang roboh akibat angin kencang, Jumat (15/11).

Kejadian ini tentunya menimbulkan keprihatian pihak Pemkab Cilacap. Terkait dengan hal itu Wakil Bupati Cilacap Samsul Aulia Rahman S. STP. Msi  turun langsung ke lokasi bencana. Dia didampingi Babinsa Koramil 11 Sidareja Sertu Joyo dan Forkompincam dan  BPBD  setempat memberikan bantuan berupa sembako dan material bangunan berupa asbes ,kalsiboard  dan kayu kaso untuk perbaikan rumah.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu tanggap dan waspada akan terjadinya bencana alam yang bisa terjadi kapan saja. "Kami berharap kepada seluruh masyarakat khususnya didaerah agar saling bantu membantu dan bergotong royong guna mengatasi kesulitan masyarakat yang tertimpa bencana," ungkap Syamsul.

Camat Sidareja Budi Narimo S.Sos Msi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penanggulangan bencana di wilayahnya.

" Kami atas nama pemerintah daerah ikut prihatin atas bencana ini, alhamdulillah Wakil Bupati di sela sela kesibukanya berkenan meninjau  ke wilayah Kecamatan Sidareja dan Cipari yg terdampak bencana alam, semoga bantuan ini bisa membantu meringankan beban keluarga yang terkena bencana, untuk selanjutnya kami minta kepala desa dan BPBD menindak lanjuti buat laporan agar bantuan dari pemerintah bisa segera turun dan tersalurkan ," ungkap Budi Narimo.

Babinsa Sertu Joyo mengapresiasi pihak Pemkab Cilacap yang telah bergerak cepat memberi bantuan kepada warga binaanya yang terdampak bencana. "Kami beserta seluruh anggota jajaran Koramil 11 Sidareja, turun langsung  ke lokasi bencana untuk membantu warga. Dengan adanya bantuan ini akan semakin mempercepat proses rehab  rumah warga, sehingga kehidupan warga dapat normal kembali seperti semula," jelas Sertu Joyo.(/Sugeng)

Cilacap, Sulutnews.com - Ratusan warga Dusun Winong Desa Slarang Kecamatan Kesugihan, melakukan aksi orasi di depan pintu utama kantor PLTU PT S2P Desa Karang Kandri Kecamatan Kesugihan yang menuntut janji janji dari pihak PLTU PT S2P, Kamis (14/11/19).

Anggota Koramil 06/Kesugihan yang mempunyai tugas dan tanggungjawab menjaga keamanan dan ketertiban wilayahnya, turun ke lapangan agar kegiatan demo ini berjalan dengan tertib, lancar dan aman. Dipimpin Danramil Kapten Inf Sueb, mereka bersama anggota Polres Cilacap turut serta melaksanakan pengamanan kegiatan demo.

Dalam orasinya, Koordinator lapangan Boyin Supriono menyampaikan tuntutan perbaikan akses jalan menuju Dusun Winong, pengobatan gratis bagi warga Dusun Winong dan Semampir, pembentukan koperasi, perekrutan tenaga lokal untuk menjadi tenaga kerja, pembagian benih pertanian bagi kelompok tani pantang mundur, selesaikan pembangunan tanggul irigasi untuk pertanian, pindahkan aseat/kolam limbah PLTU, menyelesaikan dampak lingkungan terutama penghijauan serta proses Operasional PLTU yang harus memperhatikan masyarakat di lingkungan Ring 1.

Sementara pihak PLTU PT S2P melalui perwakilanya, Irfan dan Sugeng saat bertemu dengan peserta demo menyampaikan akan memenuhi tututan demo. Pihaknya akan membantu pertanian namun mereka menghimbau agar para kelompok tani ini, mengajukan proposal ke PLTU. Sedang untuk akses jalan dan tanggul saluran irigasi sendiri pembangunanya sudah dilaksanakan, namun hingga saat ini belum selesai karena dilakukan tahap demi tahap.

" Untuk lainnya seperti bantuan koperasi agar dibikin koperasi dulu, pengobatan gratis juga sudah direncanakan dan akan dimulai pada tanggal 28 November 2019 nanti, sedangkan untuk tenaga kerja, silahkan memberikan lamaran dan akan diterima sesuai kebutuhan serta ketrampilanya", terang Irfan.

Dalam kegiatan demo ini, dapat berjalan dengan lancar dan aman serta akan dilanjutkan dengan pertemuan lebih lanjut antara pihak PLTU PT S2P dengan warga Dusun Winong dan Semampir untuk melaksanakan musyawarah bersama dalam waktu dekat ini.(/Sungeng/Urip)

Cilacap, Sulutnews.com - Babinsa Adireja Wetan Koramil 08/Adipala Serda Sukarman menghadiri peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Massal NU ke-21 di Pendopo Balai Desa Adireja Wetan Kecamatan Adipala, Kamis (14/11/19) malam.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Camat Adipala Drs.Teguh Prastowo M.Si., Iptu Slamet dari Kapolsek Adipala, Kepala Desa Adireja Wetan Kasim, Ketua BPD Desa Adireja Wetan Drs. Supoyo serta Warga Muslim dan muslimah Desa Adireja Wetan dan sekitarnya. Dalam peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Massal NU mendatangkan Kh. Syah'roni Jazuli dari Kawunganten untuk mengisi tausiyahnya

Diawali pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Al Qur'an, sambutan Ketua Panitia, dalam tausyiahnya, KH. Sya'roni menyampaikan bahwa dalam memperingati maulid Nabi Muhammad SAW hendaknya diniati dengan hati yang iklas dan dalam setiap melangkah kemana pun dalam kehidupan sehari-hari, hendaknya diniati untuk mencari nafkah buat keluarga sehingga mempunyai nilai ibadah dan mendapatkan ridho dari Alloh SWT.

" Dengan melaksanakan peringatan  maulid nabi Muhammad SAW, berarti kita mencintai Nabi Muhammad, dengan tidak langsung kita berarti menegakkan agama Islam yaitu agama Alloh SWT," ucapnya.

Penting bagi umat muslim untuk memperingati Maulid Nabi karena selain bentuk kecintaannya kepada Rosululloh, juga untuk bisa meneladani sifat-sifat Kanjeng Nabi Muhammad SAW dan sebahai umatnya hendaknya bisa diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tausiyah ini dengan khusu dicermati oleh seluruh yang hadir di Balai Desa Adireja Wetan. Kegiatan ini selanjutnya di tutup dengan do'a oleh KH Sya'roni Jazuli.(Sungeng/Urip)

Manado, Sulutnews.com - Tiga Bakal calon (Balon) Walikota Manado periode 2020-2025 Kamis 14 November mendaftar di Kantor DPD II Golkar Manado Jl. Pumorow.

Tiga Balon itu yakni Rio Permana Mandagi, Jimmy Rimba Rogi dan Martin Daniel Tumbelaka.

Ketua DPD II Golkar Manado Denny Sondakh mengatakan kepada Sulutnews mereka membuka pendaftaran mulai 11 hinga 16 November. Baru tiga yang mendaftar ada kader dan bukan nanti DPP Golkar akan seleksi.

Rio Mabsagi mengatakan siap membangun  Manado dengan rakyat harus sejahtra. Bangun infrastruktur dan air bersih lampu jalan dan IMB dibenahi dan kemacetan. Kalau rakyat berkenan dan ada Partai mendukung saya juga siap independen kalau partai tidak ada. “Sudah sekitar 40.000 KTP yang terkumpul”, tegasnnya.

Martin Tumbelaka juga siap membangun Manado agar lebih maju kedepan. Hal yang sama dikatakan Imba yang juga kader Golkar dan mantan Walikota Manado. Rakyat harus sejahtra kedepan dan Manado harus maju bersama daerah lain.(/Fanny)