Sulutnews

Sulutnews

Mitra, Sulutnews.com - Dokter Helni Ratuliu secara resmi dilantik sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) oleh Wakil Bupati (Wabup) Joke Legi di  kantor Bupati, Selasa, 20 Agustus 2019.

Pelantikan ini mencatatkan nama Helni sebagai kepala dinas termuda pada era pemerintahan Bupati James Sumendap sejak menjadi kepala daerah pada tahun 2013.

Helni Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado 2007, tercatat baru berusia 38 tahun, dan merupakan angkatan pertama pengadaan CPNS Mitra pada tahun 2008.

“Bersyukur mendapat tanggung jawab dan kepercayaan dari Bupati James Sumendap bersama Wabup Joke Legi, akan melaksanakan amanah serta kepercayaan Bapak Bupati dan Wakil Bupati dengan kerja keras," kata istri tercinta dari Franky Tangkumahat.

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia / IAI Kab Mitra Agustince Neti Kuula, S.Si, Apt, M.Kes dan seluruh anggota menyambut dan mengucapkan Selamat Dan Sukses Kepada dr Helny S Ratuliu yang sudah dilantik sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kab Mitra.(/MS)

CILEGON, Sulutnews.com - Tim relawan pemenangan Firdaus yang di usung masyarakat pers untuk maju dalam kontestasi politik pada Pilkada 2020 di Kota Cilegon, berkumpul di Journalist Boarding School (JBS), menyatukan pandangan untuk perubahan di Kota Cilegon.

Para relawan dari seluruh Kecamatan Se-Kota Cilegon, berkumpul di ruang Mahmud Matangara guna merumuskan strategi pemenangan Firdaus dalam Pilkada Kota Cilegon 2020 (20/8).

Pertemuan Relawan diawali acara makan malam dan bakar sate di Teras Amir Mahmud, usai makan malam Relawan dan tim pemenangan baru kemudian diskusikan strategi pemenangan hingga larut.

Sebagaimana diketahui, di JBS tersedia 20 kamar untuk santri, dan para tamu.  Kamar-kamar dinamai dengan nama para aktifis pers seantero Nusantara.  Ada kamar  Ramon Damora, Edward Thahir, Ocktap Riadi, Abdul Munib, Bustam, Sarjono, Haris TVRI, Voucke Lontaan, Zugito, Izaac M. Tulalessy, Faturahman Boy, Zulmansyah Sekedang, Tarmilin Usman, Supriadi Alpian, Nizwar, Ganda Khalik, Hermansyah, Loby Agus Salim, Loby Mahmud Matangara, Musholla Mirza Zulhadi, Teras Amir Mahmud.

Pada gelaran tersebut, Family Room Ramon Damora menjadi ruang favorit bagi para relawan yang berkumpul, selain memiliki ruang tamu dan pantry, letaknya juga di depan lobby dekat dengan Front Desk memungkinkan bagi para penikmat rokok, ketika kebelet merokok, dapat langsung keluar menuju teras.

Dalam kesempatan gelaran Relawan dan Tim Pemenangan tersebut, selain hadir para relawan dan TIM, kemudian juga hadir Ketua PA 212 Cilegon M. H. Joni yang juga digadang sebagai Calon Walikota Cilegon pada Pilkada 2020 datang bersilaturahmi dalam rangka menyatukan persepsi tentang perubahan Kota Cilegon lebih maju.

Selaku direktur JBS, Firdaus berharap kedepan JBS selain tempat Kawah Candradimuka bagi insan pers, juga dapat menjadi simbol persaudaraan.

"Diniatkan JBS ini sebagai Kawah Candradimuka bagi  insan pers, yang kelak akan melahirkan jurnalis propetik yang independen dan memiliki pengetahuan agama yang baik dan juga sebagai simbol persaudaraan" tandasnya. (*SMSI)

Tomohon, Sulutnews.com - Kepolisian Resor (Polres) Tomohon melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) akan menggelar Operasi Kepolisian Patuh 2019.

Kasat Lantas Iptu Hadi Siswanto SIK membeberkan, operasi tersebut bakal berlangsung nantinya  pada tanggal 29 Agustus – 11 September 2019.

Digelarnya oprasi kepolisian patuh 2019 ini guna  meningkatkan kesadaran dan kepatuhan untuk masyarakat pada keamana dan  keselamatan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) di Kota Tomohon.

Oleh karena itu di himbau kepada masyarakat agar memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Operasi kepolisian patuh 2019, sasaran pada hal-hal yang sering menimbulkan kecelakaan lalu lintas."jelas siswanto".

Lanjutnya,dengan adanya oparasi kepolisian patuh akan dilakukan pemeriksaan terhadap penggunaan sabuk keselamatan, pengendara di bawah umur, pengendara mabuk, melawan arus lalu lintas, tidak memakai helm, menggunakan ponsel saat berkendara, dan melewati batas kecepatan.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.Com - Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak, CA memberikan Tanggapan/Jawaban dalam Rapat Paripurna DPRD dalam rangka mendengarkan Tanggapan/Jawaban Walikota terhadap Pemandangan Umum Fraksi-fraksi mengenai Ranperda tentang Perubahan APBD T A 2019 Kota Tomohon.

Yang bertempat di Ruang Sidang Kantor DPRD Kota Tomohon, Selasa 20/08/19.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kota Tomohon Ir. Miky J.L. Wenur, MAP didampingi Wakil Ketua Caroll J.A. Senduk, SH dan Youddy Y.Y. Moningka, SIP.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak, CA memberi Tanggapan serta jawaban, dan memperhatikan pemandangan umum yang telah disampaikan oleh masing-masing fraksi, kita pahami bersama hal tersebut merupakan bagian dari perwujudan nilai-nilai demokrasi untuk mendapatkan masukan konstruktif demi memperoleh hasil yang optimal pada pembahasan Ranperda ini.

Lanjut walikota mengatakan bahwa, atas nama pihak eksekutif kami sangat menghargai atensi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tomohon dalam rangka Pemandangan Umum masing-masing Fraksi terhadap Ranperda yang telah kami ajukan.

Dan dengan berbagai usulan yang ada baik sesuai catatan maupun masukan strategis telah disampaikan dimana hal tersebut merupakan wujud tanggung jawab konstitusional yang dilandasi niat baik dan semangat kebersamaan untuk mendorong peningkatan kinerja eksekutif diseluruh sektor.

Melalui juga  tahapan proses pembahasan selanjutnya, kami selaku pihak pemerintah akan memberikan perhatian atas segala masukan, tanggapan, saran bahkan kritikan membangun yang telah disampaikan dari masing-masing Fraksi DPRD serta memberikan ruang bagi dinamika yang akan terjadi dalam pembahasan Badan Anggaran DPRD beserta tim anggaran pemerintah daerah kedepan.

Sesuai pula  proses pembahasan rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2019 ini, akan dilanjutkan dengan pengajuan Ranperda APBD tahun anggaran 2020 yang sementara disusun.

Dari seluruh perangkat daerah untuk menyiapkan dokumen perencanaan anggaran masing-masing dengan baik yang selanjutnya akan diasistensi oleh tim anggaran pemerintah daerah dan direview oleh APIP."tegas Eman".

Terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada segenap anggota DPRD Kota Tomohon, atas segala masukan serta usulan terhadap Ranperda perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2019 Kota Tomohon."tutup eman".

Turut dihadiri Anggota DPRD Kota Tomohon, Wakil Walikota Tomohon Syerly A. Sompotan, serta Pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Tomohon lainnya.(/Prise)

Minsel, Sulutnews.com - Momen yang luar biasa, pada peringatan HUT RI ke-74 tahun, disela-sela kegiatan pawai pembangunan Kabupaten Minahasa Selatan, Bupati Christiany Eugenia Paruntu dengan respon cepat turun tangan angkat sampah.

Dari pantauan media ini, Bupati Christiany Eugenia Paruntu yang didampingi Wakil Bupati Franky Donny Wongkar bersama Forkopimda, saat berada di panggung utama secara spontan turun dari panggung dan langsung mengangkat sampah plastik disekitaran panggung dan lapangan.

Dari aksinya tersebut, sontak membuat seluruh jajaran, para peserta pawai dan masyarakat turut bersama-sama mengangkat sampah. Bahkan tidak hanya dihalaman kantor bupati saja, aksi tersebut dilakukan sampai depan, pinggiran dan pila-pila jalan depan kantor bupati.

"Kita selalu di ingatkan untuk serius, peduli dan perhatikan masalah sampah. Marilah semua lapisan masyarakat Minahasa Selatan, kita ciptakan dan raih kondisi lingkungan yang bersih sehat dan indah. Mulai dari Pusat-pusat pelayanan masyarakat seperti kantor-kantor, pasar, toko-toko, sungai, pantai dan halaman rumah kita." ungkap Bupati CEP.

Tambahnya, sampah sudah menjadi permasalahan, nasional bahkan internasional. Menjadi perhatian kita, untuk saling mengingatkan bahkan memberi motifasi, agar nantinya dapat mengantisipasi permasalahan sampah, dimasing-masing wilayah khususnya Minahasa Selatan.(/Ferrowaney).

Tomohon, Sulutnews.com - Menyambut hari kemerdekaan Dalam Rangka HUT RI  ke-74 Tahun 2019,Pemerintah kota Tomohon laksanakan pawai bocah yang diselenggarakan kemarin pada, kamis 15 agustus 2019.

Pawai bocah kali ini diikuti oleh kelompok bermain, Paud, dan Taman Kanak- kanak dengan jumlah 75 sekolah, sedangkan tingkat Sekolah Dasar sebanyak 66 sekolah yang tersebar di Kota Tomohon."kata" Dr Juliana D Karwur MKes MSi yang selaku juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon.

Pada pelaksanaan kegiatan pawai bocah dilepas oleh Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan,serta memberi sambutan dan mengatakan bahwa Kegiatan memiliki makna menguatkan pendidikan dan memajukan budaya mulai dari anak anak sampai sekolah dasar.

Melalui kegiatan ini, anak-anak akan mengenal tentang beragam budaya dengan kostum-kostum yang digunakan sambil belajar dalam rangka pertumbuhan dan perkembangan anak, disisi lain anak-anak ini sebagai generasi penerus cita-cita bangsa akan termotivasi dalam membangun, memajukan bangsa dengan terus belajar.

Berharap kegiatan ini bisa bermanfaat dan dapat memaknai perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia di Kota Tomohon."ucap SAS".

Hadir dan turut menyaksikan pawai, jajaran Perangkat Daerah, unsur Dinas Pendidikan Daerah serta unsur masyarakat.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Repoblik Indonesia yang ke 74 tahun 2019 ini akan kembali  di tutup sebagian ruas jalan.

Pada pelaksanaan hari kemerdekaan yang ke 74 di tahun 2019 ini yang akan diawali dalam kegiatan pelaksanaan ini  akan di selengarakan dengan rangkaian pada besok hari 15 agustus 2019,yakni pawai pawai bocah pada pagi hari dan sore harinya akan dilaksanakan pawai pembangunan.

Dengan adanya pelaksanaan kegiatan pawai tersebut akan menggunakan jalan utama dan yang lainnya. Maka dari itu pula  dilaksanakan penutupan beberapa ruas jalan yang di gunakan peserta pawai.

Kepala Bagian Humas & Protokol John E S Kapoh SS MSi mengatakan bahwa ,Untuk mensukseskan kegiatan yang akan berlangsung pada besok hari 15 agustus 2019 sampai pada tanggal 17 agustus 2019,yakni rute kegiatan tersebut,yakni ;

  1. Rute untuk pawai Bocah hari Kamis 15 Agustus 2019 jam 08.00-11.00 : start dari SD Santa Clara Tomohon dan Finish di depan bank Sulut.
  2. Rute Untuk Pawai Pembangunan hari Kamis 15 Agustus 2019 jam 12.00-18.00 : Start samping Polres Tomohon mengikuti ke arah Pusat Kota dan Finish di Depan Bank Sulut (seperti rute Tof).
  3. Pawai Taptu hari Jumat 16 Agustus 2019 jam 18.00-20.00 : Start Rudis Walikota melewati Perum dan SPBU Walian ke arah Patung Tololiu dan belok kanan ke arah jalan ke Kaaten, belok kanan di perempatan tugu garuda ke arah Stadion Babe Palar dan Finish.
  4. Defile hari Sabtu 17 Agustus 2019 jam 11.00-selesai : Start Menara Alva & Omega lurus ke arah selatan & Finish di Alva Mart Kelurahan Lansot.

Oleh karena itu dari pihak pemerintah kota tomohon memohon atas penutupan sementara beberapa ruas jalan yang dilewati peserta pawai.Dan disamping itu  Pemerintah mengucapkan terima kasih atas pengertian dan kerjasama yang baik dari seluruh Komponen masyarakat.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Tomohon International Festival flower 2019 yang bertemakan Greatest Love of All adalah even utama Tof, yang pada setiap tanggal 8 Agustus diselenggarakan kini telah sukses kembali pada  setiap tahunnya.Tof trending topik di indonesia,serta tiff yang sudah  di tetapkan sebagai  kalender of even nasional,dan  tiff kalender international 2020, sebagai juga carnival bunga terbaik nasional, Kamis 8 Agustus 2019.

Pada Pembukaan Tomohon Internasional ini ditandai dengan tetengkoren dan kolintang oleh para dubes,menteri,walikota,serta wakil walikota dan dilanjutkan dengan tarian dan nyanyian mazani yang memecahkan rekor MURI dengan 1530 guru pengajar penyanyi Mazani.

Walikota memberi sambutan serta mengatakan bahwa  Pariwisata sebagai Leading Sektor. Dan dari Pemerintahan kota Tomohon membenahi seluruh penunjang kepariwisataan yang ada, sehingga lewat kegiatan Tomohon Internasional Festifal flower tersebut agar  dapat membantu atraksi kunjungan wisata di Tomohon  Sulut dan Indonesia   yang  bisa bekerja sama dan menarik perhatian para wisatawan asing. Sehingga juga dapat menikmati kehindahan kota bunga tomohon selain itu agar dapat mengenal berbagai wisata yang ada di kota Tomohon.

Lewat kegiatan TIFF ini wisatawan memberi kesan yang sangat mendalam sebagai penilaian di mata mereka,Tomohon adalah kota bunga yang sejuk dan kota pendidikan,serta kota yang penuh dengan keindahan alam wisata yang dapat menghipnotis para wisatawan yang tidak akan  pernah bosan mengunjungi kota bunga kota Tomohon.

Selain itu juga Tomohon Internasional Festifal Flower akan memberi dampak yang sangat  luas bagi perekonomian juga.

Terima kasih kepada menteri pariwisata yang telah hadir mensukseskan TIFF 2019.(/Prise)

Demak, Sulutnews.com - Pembagian sembako gratis juga warnai upacara  penutupan TMMD, Reguler ke-105 Kodim 0716 Demak, Kamis (8/8/2019). Di lokasi pembagian  sembako gratis, tampak masyarakat bertumpah ruah menjadi satu.

Satu persatu warga diberikan sembako gratis oleh Sertu Sumarsono, Bamin Logistik Kodim 0716 /Demak. Diharapkan pembagian sembako gratis itu bisa sedikit membantu meringankan warga Desa Kalikondang.

Tampak sejumlah warga, Suminah, Kartinah, Aminah, semuanya berasal dari Dukuh Barus Desa Kalikondang, dengan wajah gembira menerima pembagian sembako gratis tersebut. ''Kami benar-benar merasa senang dan terharu karena telah diperhatikan sama Pak TNI, salah satunya dibagikan sembako gratis. Terimakasih Pak Tentara,'' ungkap Suminah. (Pendim 0716/Demak)

Demak, Sulutnews.com  - Untuk menciptakan kenangan di upacara penutupan TMMD Reguler ke-105 Kodim 0716/Demak, seluruh unsur Forkompimda termasuk Dansatgas TMMD, Letkol Inf Abi Kusnianto melaksanakan foto bersama dengan pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Muhamad Effendi.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk silaturakhim semua komponen yang ada di Demak bersama Pangdam, sehubungan telah berakhirnya kegiatan TMMD di Desa Kalikondang, Kecamatan Demak Kota. 

Di kesempatan itu, Kepala Desa Kalikondang, Ashief Barchiya mengucapkan syukur kepada Allah SWT karena dalam kegiatan ini bisa bertemu pangdam IV/Diponegoro dan pejabat tingkat Provinsi. terlebih dari itu, berkat TMD Reguler dari Kodim Demak, desanya menjadi berkembang pesat. (Pendim 0716/Demak)