Talkshow Manado Catholic Orchestra Sabtu Ini Akan Mengendorse GOTAUS KUSUMA

Written by  Jul 29, 2020

Manado, Sulutnews.com - Talkshow Manado Catholic Orchestra sabtu ini mengendorse Gerakan orang tua asuh seminari (GOTAUS) acara ini akan diadakan pada hari Sabtu, 1 agustus 2020 pukul 19.00 WITA, Manado Catholic Orchestra akan mengadakan Talkshow berhadiah. Acara ini merupakan hasil Kerjasama antara Manado Catholic Orchestra dengan beberapa komisi di keuskupan manado antara lain: komisi kateketik, komisi kepemudaan, komisi kerasulan awam dan komisi komunikasi social dan radio montini 106 FM. Ada yang spesial pada acara talkshow kali ini yaitu talkshow ini mengendorse Gerakan orang tua asuh untuk seminari (GOTAUS) keuskupan Manado.

Talkshow ini akan mengangkat tema Tahbisan dan suksesi apostolik. Dalam talkshow ini akan di jelaskan mengenai seputaran imam katolik, imam pertama dari st. Petrus hingga sekarang ini yang di teruskan oleh Gereja Katolik. Bagaimana Imam ini dapat disebut sebagai suksesi apostolik sebagai gereja yang didirikan oleh Yesus Kristus sendiri. Para penonton pun dapat berinteraksi dengan memberikan pertanyaan di kolom komentar pada saat live di Facebook Manado Catholic Orchestra.

“Imam merupakan urat nadi Gereja Katolik. Pengertian akan peran imam dan hakekatnya penting untuk di ketahui agar fungsi dan jati diri imam dapat lebih dimengerti oleh umat. Acara ini juga bekerjasama dengan Gotaus, sebuah Gerakan yang sangat baik mendukung pembentukan calon imam. Calon imam yang baik dihasilkan oleh pembinaan yang baik oleh karena itu dukungan umat juga sangat diperlukan untuk proses pembinaan imam yang berkualitas ini” kata Ade John Nursalim Direktur Manado Catholic Orchestra menanggapi acara Talkshow kali ini.

Gotaus  merupakan Gerakan yang bertujuan untuk menggalang dana bertujuan menggalang dana Bersama umat untuk membantu pembinaan calon imam di seminari yang ada di keuskupan Manado.  seminari yang berada dalam naungan pembiayaan dari GOTAUS keuskupan manado terdiri dari 4 seminari yaitu :

  1. Seminari menengah st. Fransiskus Xaverius Kakaskasen Tomohon,
  2. Seminari augustinianum Tomohon
  3. Seminari tahun rohani pondok emaus tateli
  4. Sekolah tinggi filsafat seminari pineleng

Pembiayaan GOTAUS meliputi:

  1. Makan dan minum para frater, pastor dan para pekerja.
  2. Kebutuhan studi dan prasarana pembelajaran
  3. Pemeliharaan sarana dan prasarana
  4. Pembiayaan tagihan rutin seperti listrik , telepon, air dsb
  5. Biaya pengobatan bagi pastor ataupun frater yang sakit.

Melalui talkshow ini, Umat diajak untuk ikut membantu pendanaan untuk pembinaan calon imam di seminari.

Ibu Maria Heny Pratiknjo atau yang akrab di sapa ibu Heny, sekertaris GOTAUS Keuskupan manado memberikan tanggapannya dalam wawancaranya mengenai acara ini.  "Berangkat dari pemikiran bahwasanya Seminari adalah Jantung Keuskupan,  maka  Gerakan Orang Asuh Untuk Seminari Keuskupan Manado  membantu bapak Uskup dari aspek pembiayaan  dalam rangka  pembinaan calon Imam di Seminari. Dengan tujuan bisa menghasilkan output yg mumpuni (pastor yang berkualitas) dimana bantuan dari Roma untuk keuskupan semakin menurun”

Ibu Heny pun akan menjadi salah satu pembicara dalam talkshow kali ini . dalam kesehariannya, ibu Heny juga bekerja sebagai Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di universitas Sam Ratulangi, Manado.(/MS)