Print this page

Hamdan Zoelva Lantik Pengurus DPW SI Sulut

Written by  Guntur Bilulu Oct 04, 2019

Manado, Sulutnews.com – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Lajnah Tanfidziah (DPP-LT) Syarikat Islam, DR. Hamdan Zoelva, SH.MH melantik dan mengukuhkan  pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) SI Sulut massa jihad 2019-2024 di Manado, Sulawesi Utara, Jumat malam (4/10/2019).

Sebelum melantik kepengurusan baru tersebut, Hamdan Zoelva mengambil sumpah dan ikrar  SI dimana setiap pengurus bersedia diri membela dan siap memajukan organisasi Islam tertua di Indonesia tersebut.

“Apakah saudara bersedia diambil sumpahnya dan berjanji atas nama Allah dimana saudara dapat menjalankan roda organisasi ini dengan baik dan tanpa pamrih demi kemajuan organisasi didaerah nyiur melambai”, kata Zoelva dan secara serentak pengurus DPW SI Sulut menyambutnya dengan kata siap bersedia.

Dalam sambutan tanpa teks, Hamdan Zoelva mengatakan, Syarikat Islam merupakan salah satu organisasi kemasayarakatan Islam tertua di Indonesia yang lahir dengan nama Syarikat Dagang Indonesia (SDI) dibawah pimpinan almarhum Haji Oemar Said Tjokroaminoto bersama para pejuang kemerdekaan lainnya.

SDI didirikan untuk mengatasi permasalahan perekonomian yang melanda bangsa dan seluruh rakyat Indonesia dilakukan kaum kapitalis yang menjajah bangsa Indonesia, maka para pejuang bangsa tidak rela melihat nasib dan keadaan masyarakat Indonesia.

“Syarikat Islam itu adalah ormas terbesar, menyebar diseluruh tanah air, mulai dari Pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi, termasuk terbesar juga di Sulawesi Utara”, kata mantan Ketua Majelis Konstitusi itu.

Sekarang zaman sudah berobah, dimana-mana terjadi peningkatan  status sosial dan perekonomian, dan Syariikat Islam akan tetap eksis dalam menyokong pembangunan bangsa melalui pprogramnya yaitu ekonomi kerkakyatan, tuturnya.

Hamdan meminta kepada pengurus DWP Syarikat Islam Sulut untuk segera menginventarisir, mendata  para pedagang yang ada didaerah itu karena sesuai laporan bahwa umumnya para  pedagang yang ada di Manado itu adalah kaum Syarikat Islam.

Selain juga sekolah-sekolah Tjokroaminoto dan yayasan-yayasannya yang selnjutnya akan dimasukan kurikulum berbasis ke SI-an.

“Kita data dan inventarisir para pedagang dan sekolah-sekolah dan selanjutnya melalui program peningkaatan ekonomi kerakyatan SI yang sedang dilakukakan oleh DPP dapat menyalurkan bantuannya”, harapnya.

Pada bagian lain, Hamdan Zoelva yang merupakan sahabat dekat Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, meminta pemerintah Provinsi Sulut dapat membantu kepada pengurus yag baru demi terlaksananya tugas dan tanggung jawab yang diemban.

Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Syarikat Islam Sulawesi Utara yang dilantik tersebut sesuai Surat Keputusan DPP-LT SI Nomor 026/SKEP/LTSI/VI/2019, tanggal 14 Juni 2019,  terdiri dari Ketua DPW SI Sulut, Machmud Turuis dibantu sejumlah wakil ketua, Sekretaris DR. Hamdi Gagule, MSI dibantu sejumlah wakil sekretaris dan Bendahara H. Rahmudin Djamir.Sedangkan dewan wilayah diketua H. Sultan Udin Musa, Sekretaris H. Herdjan Tawabah, S.Sos

Hadir dalam pelantikan pengurus DPW SI Sulut tersebut, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Kapolda Sulut, Kepala Kementerian Agama Sulut, Ketua MUI Sulut, Ketua Wilayah Nahdlatul Ulama Sulut dan Ketua DPW Muhammadiah Sulut, pimpinan-pimpinan ormas dan tokoh-tokoh agama didaerah itu. (GB)

Last modified on Saturday, 05 October 2019 13:04