Turuis : Ketum SI Dipastikan Hadir Dan Lantik DPW SI Sulut

Written by  Guntur Bilulu Oct 03, 2019

Manado, SulutNews.com – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Syarikat Islam Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terpilih, H. Machmud Turuis, SE mengatakan, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Lajnah Tanfidziah (DPP-LT) Syarikat Islam, DR, Hamdan Zoelva, SH.MH dipastikan hadir di Manado untuk melantik dan mengambil sumpah terhadap pengurus DPW SI Sulut terpilih,  masa jihad 2019-2024 di Manado, Jumat (4/10/2019).

“Insha Allah pak Ketum, Hamdan Zoelva dipastikan hadir bersama sejumlah DPP SI lainnya  untuk melantik pengurus DPW Syarikat Islam Sulut masa jihad 2019-2024”, kata Machmud Turuis dalam percakapan via telepon dengan SULUTNEWS.COM, Kamis(3/10/2019) di Manado.

Machmud Turuis yang terpilih sebagai Ketua Wilayah SI Sulut pada Musyawarah Wilayah SI beberapa waktu lalu  itu  mengatakan, kehadiran Ketum SI selain melantik dan mengukuhkan kepengrusan SI Sulut, juga akan menjadi pembicara utama dalam acara seminar sehari tentang ekonomi kerakyatan yang digagas pengurus SI Sulut.

Menyinggung tentang program kerja SI kedepan, tokoh banker Sulut ini mengatakan, akan memajukan program kerja Si sesuai yang diamanatkan oleh DPP SI, yaitu mengembangkan perekonomian masyarakat.

“Kalau organisasi lainnya seperti NU bergerak dibidang da’wah dimana banyak pesantren yang dibuat oleh NU, begitu juga ormas Muhammadiyah mengembangkan pendidikan, sedangkan SI sudah kembali ke Khittah yaitu da’wah ekonomi ummat”, tandas Direktur Pemasaran Bank Sulut itu.

Menurutnya,   beberapa kebijakan strategis yang akan dikembangkan dalam periode kepemimpinannya lima tahun ke depan yaitu membangun usaha mikro, hingga pengembangan pendidikan.

"Sebagai sebuah organisasi, SI akan kembali kepada khittah awalnya sebagai organisasi yang menghidupkan dagang dan wirausaha di kalangan umat Islam," ujar Turuis yang dikenal sangat dekat dengan warga.

Dalam mengembalikan dasar SI kepada perjuangan awal yang dibangun pada tahun 1912, melakukan pemberdayaan ekonomi umat yang masif di seluruh Indonesia. Lima tahun ke depan, SI merencanakan membentuk minimal 2500 usaha mikro dan koperasi.

"Ini akan terus kita bimbing dan membangun jaringan usaha yang kuat dengan program yang sama dengan yang dilakukan pemerintah seperti kebijakan saat ini," lanjut Machmud

Machmud  yakin jaringan kerja yang dicanangkan tersebut bisa dicapai dengan semangat juang kader-kadernya. Apalagi, persoalan pelik yang terjadi selama ini dilatarbelakangi kurangnya semangat dagang umat Islam Indonesia.

"Selama ini kita kurang dalam bidang ekonomi. Dengan kebijakan SI melalui dakwah inilah kita mencatat sejarah penting dalam perjuangan Islam di Nusantara kelak," tuturnya.

"Jika kuat secara ekonomi baik sebagai umat Islam maupun bangsa insha Allah kita akan kuat dalam bidang politik, pertahanan dan keamanan. Kekuatan eko dan di samping kekuatan ideologis menjadi basis kekuatan politik," tambah dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana H. Kennedy Paputungan secara terpisah mengatakan, persiapan dan kesiapan pelaksanaan baik pelantikan dan seminar sehari tersebut sudah mencapai 90 persen, tinggal beberapa item yang harus dikerjakan oleh panitia.

“Kami berharap pelantikan pengurus DPW SI Sulut yang akan dilaksanakan hari Jumat tgl 4 Oktober 2019 di Peninsula Hotel jam 13.00 wita akan dihadiri oleh Bapak Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan para pejabatan daerah itu akan berlangsung lancar dan sukses”, pinta Keneddy.(/GB)

Last modified on Thursday, 03 October 2019 04:30