Umat Islam Manado Peringati Maulud Nabi Muhammad SAW

Written by  Guntur Nov 20, 2018

Manado, Sulutnews.com - Ribuan ummat Islam di Kota Manado peringati Maulud  Nabi Muhammad SAW, , 12 Rabiul Awal 1440 H, Selasa pagi di Masjid Raya A.Yani Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Hadir dalam perayaan Maulud tersebut, Wakapolda Sulut, Brigjen Pol. Karyoto, pejabat Kodam XIII Merdeka, pejabat Pemerintahan Kota Manado dan pimpinan-pimpinan organisasi kemasyarakatan Islam, Kerukunan Wanita Islam (KWI) Remaja Masjid dan Organiasi lainnya.

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey diwakili  Kepala Dinas Kependudukan  Pencatatan Sipil (Dukcapil), dr. Hj Bahagia Rejeki Mokoagow, MS.i M.Kes mengatakan, Nabi Muhammad SAW adalah manusia pilihan yang diutus oleh Allah membawa agama Islam dimuka bumi dengan baik dan sempurna.

“Rasulullah SAW itu adalah manusia pilihan yang diutus kemuka bumi  oleh Allah membawa ajaran syariat Islam yang sempurna kesekalian alam”, ujar Gubernur Olly Dondokambey.

Pada bagian lain, Gubernur Sulut mengatakan  Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sangat konsen dalam kegiatan-kegiatan keagamaan seperti ini,  dimana antara pemerintah dengan agama saling mengisi dalam konteks pembangunan bangsa yang sedang dan akan dilaksanakan.

Sementara itu, hikmah Maulud Nabi Muhammad SAW yang dipaparkan oleh Hj. Nurhayati Mayulu-Daud, S.Kom menjelaskan tentang peranan Nabi Muhammad SAW yang membawa agama Islam ini dengan berbagai tantangan dan halangan.

“Suatu hari ketika Nabi Muhammad SAW sedang menyiarkan da’wahnya, tiba-tiba ia dilempari dengan kotoran unta, bahkan dihina, dicaci oleh kaum Qurais dizaman jahiliyah dulu, dimana masyarakatnya tidak mau menerima Islam, namun berkat kesabaran dan kegigihan serta dibantu oleh Allah sehingga masyarakat Kota Makkah dan Madina menerima ajaran Islam tersebut sampai sekarang ini.

Ketua Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Manado, Hi. Amir Liputo menjelaskan, perayaan Maulud Nabi Muhammad SAW sudah setiap tahun dilaksanakan, dimana setiap perayaan Maulud dilakukan dengan pengumpulan Infaq untuk pembangunan masjid yang ada di Kota Manado.

“Alhamdulillah untuk tahun ini, PHBI menjadwalkan pada Masjid Al Mawaddah Kelurahan Taas, Kecamatan Tikala, dimana masjid tersebut sedang dilakukan pemugaran dan PHBI memberikan bantuan berupa uang tunai Rp200 juta yang merupakan sumbangan dan jamaah yang menghadiri perayaan Maulud Nabi Muhammad SAW. (/GB)

Last modified on Tuesday, 20 November 2018 11:46