Religi

Religi (71)

Airmadidi, Sulutnews.com - Paroki Santo Antonius dePadua Airmadidi, berhasil meraih empat gelar juara pada tujuh lomba Pesta Kristus Raja Semesta Alam se Kevikepan Tonsea, yang dilaksanakan di Paroki Stella Maris di Bitung, Minggu 20 Nopember 2022. 

Rangkaian kegiatan Pesta Kristus Raja telah dimulai sejak Jumat 18 Nopember, yaitu lomba Tari Jajar diikuti sembilan OMK (Orang Muda Katolik)  dan lomba Tari Pasutri (Pasangan Suami Istri) diikuti empat Paroki, yang diadakan di Covention Hall Dua Sudara Bitung.               

                                                                 

Dari hasil total tujuh kegiatan, Paroki Airmadidi berhasil Juara Satu pada  Defile yang biasanya  sebagai lomba unggulan dan lambang prestisius dikalangan umat Katolik. Tari Jajar OMK  Airmadidi yang tampil menarik sehingga memukau seluruh penonton dari sembilan Paroki, hanya selisih angka sangat tipis 0,2 dari OMK St. Paulus Lembean yang meraih juara satu dengan angka 234,8.

Pasutri Paroki Airmadidi sebagai Juara Dua harus puas juga dikalahkan tuan rumah Paroki Manembo Nembo.

Gelar keempat Paroki Airmadidi di raih pada lomba  Cerdas Cermat Agama Katolik. Hasil lengkap Lomba Pesta Kristus Raja sbb :                                                                                            

Lomba SEKAMI :

  1. Paroki St Yohanes Penginjil Laikit.
  2. Paroki St.Antonius Girian.
  3. Paroki St.Fransiskus Kokoleh .                                                                                         

Lomba Koor Gregorian : 

  1. Paroki Sta Maria RPR Manembo- nembo.
  2. PAroki St Ursula Watutumou.
  3. Paroki Stella Maris Bitung.                                                                       

Lomba Simulasi PPA : 

  1. Paroki Girian.
  2. Paroki Bitung.
  3. Paroki Kema.

Lomba CCA :

  1. Paroki Airmadidi.
  2. Paroki Stella Maris Bitung.
  3. Paroki Lembean.

Lomba Defile  :

  1. Paroki Airmadidi.
  2. Paroki Lembean dan
  3. Paroki Laikit.

Lomba Tari Jajar :

  1. Paroki Lembean
  2. Paroki Airmadidi.
  3. Paroki Manembo nembo.

Lomba PASUTRI : 

  1. Paroki Manembo –nembo.
  2. Paroki Airmadidi.
  3. Paroki Girian.

 Pesta Kristus Raja se Kevikepan Tonsea berlangsung sukses,dengan puncak acara lomba diadakan di sekolah Don Bosco serta Misa Ekaristi di  Lapangan Kantor Walikota Bitung. Event rohani yang diikuti sepuluh ribuan umat Katolik se Minahasa Utara dan Bitung, berjalan lancar  dengan Ketua Panitia Aldo N. Ratungalo. Semarak nya acara Pesta Kristus Raja ini, mulai muncul disaat Lomba Tari Jajar yang didikuti anak anak muda Katolik dari sembilan Paroki.

Dimana hampir seluruh peserta tampil  menawan menyuguhkan gerak tari sambil menyanyi. Semua Paroki mengirimkan tim Tari Jajar nya yang membuktikan ada dinamika dan geliat aktifitas. Karena dari OMK lah yang akan menjadi generasi penerus penggerak kerohanian agama Katolik se Kevikepan Tonsea.

Pelatih Tari Jajar Paroki Lembean, Demsy Ransun bersama asistennya Lena Mangangantung menyatakan kekagumannya antusias OMK Kevikepan Tonsea, yang semua berperan aktif dan tampil berlomba. Suami istri yang sudah malang melintang puluhan tahun didunia tari jajar dan koor umat Katolik itu, mengakui melatih anak anak muda dibutuhkan kesabaran, keuletan dan kecermatan. “Sebagai pelatih professional harus simak kemauan panitia lomba dan mencari tahu siapa yuri yurinya. Diingatkan selera yuri berbeda, biarpun peserta lomba difavoritkan penonton,” demikian  Demsy yang mantan guru kesenian di SPG Negeri Manado itu.                 Begitu juga di tarian Pasutri, ada yuri yang hanya melihat gerakan atau koreotari yang sederhana tapi serasi dan tidak ribet. Terlalu banyak variasi, belum tentu pas dimata yuri, biarpun tingkat kesulitannya tinggi.

Mengakhiri percakapan, pelatih Demsy membeberakan rahasia nya melatih OMK Lembean, ia hanya menunjuk para asistennya yaitu istri, putri dan cucu perempuan yang turut mengawasi.                            Menurut pengamatan wartawan, gerak tari Jajar harus didukung olah vocal yang sama sama harmonis. Dari kalangan anak muda komunitas tari jajar, sebagian pihak ingin penampilan tidak monoton, lebih variatif, inspiratif dan menarik ditonton.

Tapi dipihak lain, disaat lomba dan menargetkan menang, mau tidak mau harus mengikuti selera yuri atau Panitia. (RW)

Minsel, Sulutnews.com --- Ir. Stefanus BAN Liow, MAP adalah salah satu pejabat negara sebagai Anggota DPD RI/MPR RI yang dilantik diantara sejumlah Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Sulut menjadi Penasehat Pria/Kaum Bapa Sinode GMIM, Penasehat Panji Yosua Pria/Kaum Bapa Sinode GMIM dan Penasehat Pria/Kaum Bapa GMIM Rayon Tomohon Periode Pelayanan 2022-2027.

Senator SBANL alias Stefan bersama sejumlah publik figur di daerah ini dilantik oleh Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Pnt Ir. Maurits Mantiri, MM dalam rangkaian Ibadah Rapat Koordinasi P/KB Sinode GMIM yang dipimpin Ketua BPMS GMIM Pdt Dr Hein Arina di Jemaat Zaitun Palelon Wilayah Modoinding, Sabtu (30/4/2022).

Sejumlah kalangan yang ditemui terpisah, diantaranya Drs. Eddyson Masengi, ME, Pnt Ir Franky Jiro Lelengboto, Markus Merentek, Sonny Mawey, Drs Jan Rein Tumilaar, MSc,MTeol mengatakan 'tamang' mereka yakni Senator Stefanus Liow yang diketahui sebagai pelopor dan penggagas pembentukan Panji Yosua, terbilang banyak pengalaman dalam kerja panggilan kepelayanan P/KB GMIM.

Selain itu, kefigurannya yang sederhana, suka menyapa, bicara apa adanya (suka ceplas ceplos), memiliki semangat dan etos kerja yang kuat, kreatif dan inovatif.

Di tempat yang sama pula Rein Tumilaar yang kini Sekretaris Kelompok Fungsional Sinode GMIM mengatakan Stefanus Liow sebagai Sekretaris Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2005-2010 dan 2010-2014. Ia menjadi sutradara, arsitek, disainer dan atau konseptor dari komisi yang waktu itu secara berturut diketuai Dr. Ir. Royke Oktavian Roring, MSi, Jefferson S.M Rumajar lalu dilanjutkan Djendri Altin Keintjem, SH,MH. Selanjutnya menjadi Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2014-2018, sekaligus Panglima Tinggi Panji Panji Yosua. Ketua Komisi P/KB GMIM Wilayah Tomohon Empat Pnt Jan Tamuntuan menjelaskan sekitar 22 tahun sejak tahun 1999-2021 dan 2000-2022, Senator Stefanus Liow menjadi Komisi P/KB GMIM Wilayah Tomohon Tiga dan Wilayah Tomohon Empat. Posisinya berganti-ganti sebagai Asisten Bendahara, Sekretaris, Wakil Ketua dan Ketua Komusi P/KB GMIM baik wilayah maupun jemaat Imanuel.

"Bagi Stefanus Liow adalah Carilah dahulu Kerajaan Allah dan KebenaranNya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu serta jerih payah dalam pekerjaan Tuhan, tidak akan sia-sia," kata Rein Tumilaar

Adapun Penasehat Pria/Kaum Bapa Sinode GMIM dan Penasehat Panji Yosua Pria/Kaum Bapa Sinode GMIM Periode 2022-2027 diantaranya Olly Dondokambey (Gubernur Sulut, Steven OE Kandouw (Wagub Sulut), Asiano Gammy Kawatu (Sekprov Sulut), Royke O. Roring (Bupati Minahasa), Franky Donny Wongkar (Bupati Minsel), James Sumendap (Bupati Mitra), Joune Ganda (Bupati Minut), Caroll AJ Senduk (Walikota Tomohon), Robby Dondokambey (Wabup Minahasa), Joke Legi (Wabup Mitra), Richard Sualang (Wawali Manado), Petra Rembang (Wabup Minsel), Stefanus BAN Liow (Anggota DPD RI/MPR RI).

(Sel)

Manado, Sulutnews.com - Jumat Agung menyatakan pada kita inilah masa mengenang Sengsara Tuhan Yesus dan Puncak dari Cinta Allah kepada kita umat manusia yang berlumur dosa.

"Mari rasakanlah cinta kasihNya kepada kita semua. kayu salib, Yesus menunjukkan solidaritas yang paripurna dan menyelesaikan misiNya secara sempurna sebagai Anak Allah yang hidup dan tunduk kepada kehendak Sang Bapa. 

Yesus juga tak lupa mengajarkan kepada kita tentang hal untuk mengampuni.

Suatu kasih yang bersumber pada  janji abadi Yesus untuk mengasihi dan melindungi kita.

"Kasih Yesus itu adalah bersifat setia, dan siap untuk mati agar orang lain dapat hidup.

Cerita yang terukir tentang suatu kasih yang abadi terlukiskan dengan darah Kristus sendiri.

Dalam keilahianNya, Yesus yang solider ini dengan identitas kemanusiaanNya tidak menyembunyikan kebutuhan jasmaniNya, yaitu dahaga.

Dalam realitas kemanusiaanNya Yesus merasakan penderitaan dan menahan sakit diatas kayu salib.

Peluh dan darahNya menyatu menjadi tetesan cairan yang sampai jatuh ke tanah sehingga membuat Yesus menjadi lelah dan kekurangan cairan ditubuhNya.

Karena itu Yesus tidak mampu menyembunyikan rasa dahaganya.

"bahkan dengan merintih Yesus berucap Aku Haus.

Diri Yesus sedang menggenapi nubuat-nubuat Allah dengan taat dan secara penuh menundukkan diri pada kehendak Bapa-Nya.

Termasuk, ketika Yesus harus membatasi kemahakuasaan-Nya dan hidup sebagai manusia yang tidak kebal dengan kelemahan, rasa sakit dan kematian.

Salib menyempurnakan komitmen penyerahan diri Yesus dalam kesetiaan dan ketaatan yang penuh.

Kalimat Yesus sudah selesai, untuk mewartakan kepada dunia dan semua orang yang ada disekitarnya bahwa misiNya di dunia sudah selesai.

Kesalahan dan dosa manusia telah ditebus dan diselesaikan di kayu salib.

Untuk itu biarlah sukacita dan hidup yang baru dalam pertobatan kita berikan dalam tindakan kita kepadaNya.

Tinggalkanlah keputusasaan, kepedihan, sakit hati, kecemburuan, kedengkian, amarah, masalalu yang kelam, mari teruslah berjalan bersama Yesus. "Karena Dia sudah memperdamaikan kehidupanmu.

Manusia tidak dapat melawan dosa, dengan darah Kristus kita telah dimenangkan dan dimampukan untuk tidak hidup dalam dosa. Lewat kematian Kristus di kayu salib telah mematahkan kuasa dosa.

Godaan dosa mungkin masih ada disekitarmu, tapi ingat (1 Kor. 15:55 berkata Hai maut, dimanakah sengatmu”.

Kini kita hidup bagi Allah buatlah hidup mu bermakna dan arahkanlah selalu hidup ini hanya kepada Tuhan. 

"Semoga kasih Yesus memenuhi hatimu dengan kebahagiaan surgawi dan keinginan suci untuk sekarang dan selamanya.

Selamat Jumat Agung, Tuhan Yesus memberkati.

Penulis: Vik. Pdt. Monalisa Kondoy, STh.

Bitung, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Pnt Caroll J A Senduk SH selaku Ketua Komisi PKB (Pria/Kaum Bapa) GMIM Wilayah Kakaskasen ikut dalam rapat pemilihan Komisi PKB Sinode GMIM periode pelayanan 2022-2027 yang digelar di GOR (Gelanggang Olahraga) Kompleks Stadion Dua Sudara Manembo-nembo Tengah Kecamatan Matuari Kota Bitung Wilayah Bitung tujuh Rayon Bitung, jumat (25/3/2022).

Rapat pemilihan diawali dengan ibadah syukur yang dipimpin Sekum BPMS GMIM Pdt Evert Tangel STh MPdk, disusul ucapan selamat datang dari Walikota Bitung sebegai ketua panitia kegiatan Pnt Ir Maurits Mantiri MM.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dalam sambutannya berharap pemilihan Komisi PKB Sinode GMIM periode pelayanan 2022-2027 berjalan sesuai yang diharapkan tentunya sesuai dengan kehendak Tuhan.

Sementara, Walikota Senduk mengatakan selaku Pemerintah Kota Tomohon menyampaikan selamat dan sukses atas pelaksanaan pemilihan Komisi PKB Sinode GMIM periode 2022-2027, kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa akan menyertai tugas pelayanan Komisi PKB kedepan yang intinya untuk hormat dan kemulian nama Tuhan.

Tampak hadir Ketua BPMS GMIM Pdt Dr Hein Arina bersama jajarannya, para Bupati Wakil Bupati bersama para Walikota Wakil Walikota beberapa Daerah di Sulut, Ketua Komisi PKB Sinode GMIM Pnt Dr Ir G S Vicky Lumentut SH MSi DEA bersama anggota, para Ketua Komisi PKB Wilayah/Jemaat GMIM, Sekot Tomohon Edwin Roring SE ME sebagai Ketua PKB Wilayah Lembean-Korakora.

Hasil pemilihan Komisi PKB Sinode GMIM periode pelayanan 2022-2027,

strukturnya adalah

Ketua Pnt Ir Maurits Mantiri MM,

Wakil Ketua Pnt Rommy Pondaag SH MH,

Sekretaris Pnt Reza Rumambi,

Wakil Sekretaris Pnt Rio Rindengan S Sos MA,

Asisten Bendahara  Pnt Joubert Dondokambey SE,

Wakil Asisten Bendahara Pnt Fredy Tuda,

Anggota :

Pnt Ir Fereydy Kaligis MAP,

Pnt dr Pitter Lumingkewas,

Pnt Recky Lahope ST MT,

Pnt Henly Tuelah SE,

Pnt Rommy Leke SE MSi,

Pnt dr Denny Ngantung SP,

Pnt Alfa Pandey ST MSi.

(/Merson)

Tomohon,Sulutnews.com - Ir Miky Junita Linda Wenur MAP (MJLW) Minggu (20/3/2022) dilantik dalam perangkat pelayanan Wilayah Tomohon Empat sebagai Penasehat Badan Pekerja Majelis Wilayah (BPMW) Tomohon Empat periode 2022-2027.

Dinilai sarat pengalaman dalam pelayanan gereja, MJLW dilantik bersama perangkat pelayanan Wilayah Tomohon Empat lainnya seperti Komisi Pengawas Perbendaharaan Wilayah (KPPW) dan Komisi-Komisi Kerja Wilayah dalam ibadah Minggu Sengsara III di gedung gereja baru Jemaat GMIM Imanuel Walian.

Selama menjadi pelayan khusus di Wilayah Tomohon Tiga kemudian Wilayah Tomohon Empat, meski disibukkan dengan tugas-tugasnya sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tomohon dan tugas lainnya Bahkan meski disibukan dengan tugasnya sebagai Anggota DPRD Kota Tomohon dan profesi lainnya, namun tidak mengabaikan tanggung jawabnya.

Bukan hanya di jemaat dan wilayah, istri tercinta Senator Ir Stefanus BAN Liow MAP ini juga tiga periode sebagai Sekretaris Komisi Wanita/Kaum Ibu Sinode GMIM (2010-2022).

Ketua KPPW Deibra Deisie Worang, Ketua Komisi Kerja Pelayanan Doa dan Penginjilan (KPDP) Ariestoteles Mithcell, Ketua Komisi Kerja Pemberdayaan Sumber Daya Alam dan Ekonomi (PSDE) Gerald Jonas Lapian SE MAP, Ketua Komisi Kerja Pembinaan Warga Gereja (PWG) Pdt Syeny Kojongian STh, Ketua Komisi Kerja Pendidikan Wina Pongoh, SPd, Ketua Komisi Kerja Kesehatan dr Tahi Simanjuntak SpPD, Ketua Komisi Kerja Kesenian dan Olahraga Yappy Lasut SPd.

Menurut Sekretaris BPMW Tomohon Empat Pnt Dr Evly Liow ST MSi, untuk Penasehat BPMW hanya satu orang, sedangkan komisi kerja dilengkapi dengan beberapa anggota.

Usai pelantikan langsung diserahkan Surat Keputusan oleh Bendahara dan Anggota BPMW Tomohon Empat Diaken Deisy Pusungunaung SE ME dan Pnt Dr Roike Iwan Montolalu SPi MSc.

Dalam khotbahnya saat memimpin ibadah, Ketua BPMW Tomohon Empat Pdt Julius Tumiwan STh mengingatkan untuk membangun kebersamaan kepelayanan berdasarkan kasih seraya mengingatkan bahwa dalam pekerjaan Tuhan, jerih payah tidak sia-sia.

Ir Miky Junita Linda Wenur MAP mengaku selalu siap jika dipercayakan dalam pelayanan gereja, termasuk sebagai penasehat. ”Tentunya siap mengemban tugas yang dipercayakan,” ujarnya. (Adrian)

Tomohon,sulutnews.com -Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM bersama Panitia Pelaksana kemarin Jumat (11/3) telah merilis sejumlah nama Penatua Remaja Wilayah yang masuk dalam nominasi calon Komisi Pelayanan Remaja Sinode (KPRS) GMIM, yang langsung dibacakan oleh Ketua Umum Panitia Pemilihan Olly Dondokambey SE. Selanjutnya para nominator ini akan terjun berkompetisi dalam Pemilihan KPRS GMIM yang akan dilaksanakan di Wale Ne Tou Tondano Minahasa pada Jumat 25 Maret 2022.

Jika dilihat secara kasat mata, pemilihan KPRS GMIM memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini gara - gara banyaknya para Penatua/ Ketua Komisi Pelayanan Remaja Wilayah (KPRW) yang menyatakan siap maju untuk bertarung memperebutkan tiga belas kursi KPRS GMIM 2022-2027. Total 39 nama ketua remaja wilayah yang masuk dalam nominasi KPRS.

Ketika dimintai keterangan terkait pemilihan KPRS, Sekretaris Umum Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM Pdt Dr Evert Tangel mengatakan selanjutnya untuk tahapan pemilihan KPRS bakal dilaksanakan di Gedung Wale Ne Tou Kabupaten Minahasa. Sementara ketika dimintai tanggapan terkait hasil nominasi dan calon ketua nanti, Pdt Evert menyebut untuk nominasi bakal calon komisi pelayanan BIPRA mempunyai syarat yang berbeda dengan anggota.

"Jadi yang diverikasi bukan hanya usulan dari jemaat. Tapi kami lihat juga syarat-syarat khusus apakah bisa ditetapkan sebagai calon Ketua Komisi Pelayanan atau hanya dimasukan dinomisi calon ketua. Salah satu syarat khusus untuk unsur ketua harus punya pengalaman pelsus selama 1 periode," ungkapnya.

Informasi yang diterima media ini, dari sekian banyak penatua remaja telah mengerucut delapan nama calon Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Asisten Bendahara (KWSB) “ Ya kalau dilihat dari perolehan nominasi, sudah ada beberapa nama yang mengerucut untuk dicalonkan dalam sturktur inti KPRS,“ ujar salah satu Pembina Remaja senior dikalangan GMIM.

Disisi lain, Kak Pnt Joune Ganda menyambut baik hasil nominasi yang menempatkam dirinya teratas dalam usulan dari jemaat. "Segala sesuatu yang direncanakan Tuhan harus disyukuri. Segala kemuliaan bagi Tuhan Yesus," ucap Kak Pnt Joune.

Ditempat lain, Kak Pnt Michaela Paruntu juga menyampaikan puji syukurnya. "Puji syukur kepada Tuhan saya bisa masuk 3 besar dalam hasil nominasi. Tentunya saya sampaikan banyak terima kasih kepada kakak-kakak penatua yang sudah menominasikan saya," tutupnya.


Diketahui pemilihan KPRS Sinode GMIM bakal dilaksanakan pada 25 Maret mendatang bersamaan dengan Kompelka BIPRA. Untuk KPRS Sinode berlokasi di Gedung Wale Ne Tou Minahasa, dan dalam pemilihan dimintakan ketat menerapkan protokol kesehatah.(***)


Berikut profil calon kuat KWSB KPRS GMIM 2022-2027

KETUA : KAK JOUNE VS KAK MICHA

PNT. JOUNE J.E. GANDA
Kak Joune lahir pada tanggal 27 Juli 1971, Ia sebenarnya merupakan orang lama dalam pelayanan Remaja GMIM. Diketahui diusianya yang masih sangat muda Ia pernah memangku tugas pelayanan sebagai Ketua Komisi Pelayanan Remaja Jemaat (KPRJ) GMIM Imanuel Kaima pada tahun 1990. Sewaktu usia remaja ia aktif dalam pelayanan di Jemaat dan di Sekolahnya, tercatat Ia pernah menjadi Ketua OSIS SMPN 1 Airmadidi. Sekembalinya dari Jakarta kak Joune kembali aktif dalam kepelayanan GMIM diantaranya sebagai Ketua KPRJ dan Wakil Ketua BPMJ GMIM Imanuel Kaima, Ketua KPRW dan Wakil Ketua BPMW Minawerot, serta dipercayakan juga sebagai Anggota Sidang Majelis Sinode utusan Jemaat dan Wilayahnya. Selain itu Ia juga merupakan seorang pengusaha sukses. Tercatat berbagai posisi penting pernah diembanya mulai dari Komisaris PT Tucano Karya Gemilang, Komisaris Utama PT Putera Juara dan Direktur PT Dharma Sarana Semen Nusantara serta Komisaris Utama PT Kenos Cahaya Bangsa. Saat ini Kak Joune aktif terjun sebagai pelayan masyarakat dengan memegang tugas dan tanggung jawab sebagai Bupati Minahasa Utara.

PNT. MICHAELA PARUNTU
Kak Micha lahir di Notthingham pada tanggal 1 Oktober 1982. Sejak usia muda Kak Micha aktif dalam kegiatan kepariwisataan di Sulawesi Utara. Diketahui berbagai predikat pernah digapainya yakni Wulan Minahasa, Noni Sulut dan Puteri Bahari pada tahun 2001. Berprofesi sebagai seorang dokter Kak Micha aktif dalam berbagai kegiatan pelayanan masyarakat. Menyelesaikan Pendidikan Strata 2 di Universitas Indonesia membuat Kak Micha ingin lebih mengembangkan dirinya dibidang kedokteran. Tercatat Ia juga pernah menjadi Dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Dalam pelayanan di Remaja GMIM, Kak Micha merupakan Ketua KPRJ GMIM Imanuel Ranowangko dan Ketua KPRW Tanahwangko 2 pada periode 2018-2022
dan terpilih kembali pada periode saat ini yakni 2022-2027. Diperiode pertama pelayananya sebagai penatua remaja, Ia langsung terpilih sebagai Ketua KPRS GMIM pada tahun 2018 yang saat itu dilaksanakan di Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Diketahui juga Kak Micha aktif sebagai politisi Partai Golkar dengan jabatan Ketua DPD II Minahasa Selatan.

 

WAKIL KETUA : KAK GERALDI VS KAK STEVIE

PNT. GERALDI MANTIRI
Kak Raldy lahir pada tanggal 19 Maret 1988, sejak usia muda Ia aktif dalam berbagai pelayanan gerejawi, hingga membuatnya terpilih sebagai Wakil Ketua Komisi Pelayanan Pemuda Sinode GMIM periode 2014-2018. Ditahun 2021 Ia terpilih kembali sebagai Penatua, namun dalam kategorial yang berbeda yakni sebagai Ketua Komisi Pelayanan Remaja GMIM Manembonembo sekaligus juga terpilih sebagai Penatua Remaja Wilayah Bitung 7 pada Januari 2022. Diusianya yang terbilang muda Ia telah sukses memulai karir politiknya untuk menjadi Wakil Rakyat. Dalam pemilihan Anggota Legislatif Kota Bitung 2019 silam, Ia berhasil mendapatkan suara terbanyak dalam Pileg Bitung kala itu. Kini Kak Raldy duduk sebagai Anggota DPRD Kota Bitung dan juga memikul tanggung jawab sebagai Ketua Fraksi PDI-Perjuangan.

PNT. STEVIE KALIGIS
Kak Stevie merupakan seorang akademisi handal dibidang Ekonomi Akuntansi, Ia diangkat sebagai Dosen Tetap pada Universitas Politeknik Manado dan pernah memangku jabatan sebagai Kaprodi Akuntansi. Kak Stevie merupakan orang lama dalam pelayanan dunia remaja. Pertama kali menjadi Ketua Komisi Pelayanan Remaja pada tahun 1998, mecatatkan dirinya sebagai salah satu Penatua Remaja Senior dikalangan GMIM. Diketahui Ia kembali menjadi Penatua Remaja pada tahun 2013-2017, 2018-2021 dan 2022-2026 di Jemaat yang sama yaitu GMIM Syalom Karombasan. Ia juga bahkan menjadi Ketua Komisi Pelayanan Remaja Wilayah Manado Selatan Satu selama tiga periode berturut yakni pada periode 2017, 2018-2022 dan 2022-2026. Selain itu Ia juga aktif sebagai anggota Tim Pelayanan Mobil Misi Sinode GMIM sejak tahun 2008 hingga saat ini. Empat tahun lalu menjelang pemilihan KPRS 2018-2022 di Amurang dirinya pernah mencatat sebagai nominator terbanyak dalam bursa pemilihan Calon KPRS GMIM kala itu.

 

SEKRETARIS : KAK MEKSI VS KAK MELKY

PNT. MEKSI SAHENSOLAR
Kak Meksi lahir pada tanggal 30 Mei 1972. Mengawali pelayanan sebagai Penatua Remaja pada tahun 1995, menjadikan dirinya sebagai salah satu Pembina Remaja Senior Sinode GMIM. Dirinya merupakan sosok yang sangat dikenal dikalangan remaja pembina remaja. Berbagai tugas pelayanan telah digapainya diantaranya sebagai Ketua KPRJ GMIM Sion Wioi 1995-2000, 2000-2005 dan terpilih kembali pada periode 2010-2014 dan 2014-2018, serta juga sebagai Ketua KPRW Ratahan 1995-2000, 2000-2005, 2010-2014 dan 2014-2018. Diaras Sinode dirinya menjadi anggota KPRS GMIM periode 2000-2005 kemudian menjadi Wakil Sekretaris pada 2005-2010, Sekretaris KPRS 2010-2014 dan wakil Ketua KPRS pada 2014-2018. Sejarah mencatat ia merupakan bagian dari Komisi Pelayanan Remaja Sinode GMIM sejak era Alm. Pnt. Am. Jacobus Wowor, Alm Pnt Am. Jimmy Mamahit, Pnt. Am. Jantje W. Sajouw dan terakhir mendampingi Pnt. Am. Moody Rondonuwu. Kini kak Meksi kembali lagi terpilih sebagai ketua KPRJ Mapakamang Tosuraya Selatan dan Ketua KPRW Ratahan.

PNT. MELKY ROKY PATTIWAEL
Kak Melky lahir pada tanggal 4 Agustus 1989. Ia merupakan salah satu Penatua Remaja terfavorit dikalangan Pembina Remaja dan Remaja GMIM. Masuk kedalam susunan Anggota Komisi Pelayanan Remaja Sinode GMIM sejak tahun 2014 yang membidangi Data dan Umum, membuat dirinya menjadi salah satu sosok yang kenal betul dan mengikuti perkembangan dunia Remaja dilingkungan GMIM. Memulai pelayanan sebagai Penatua Remaja Jemaat GMIM Karmel Mahakeret dan Penatua Remaja Wilayah Manado Sentrum 2014-2018, membuat dirinya terus berkomitmen dalam setiap kepalayanan Remaja GMIM, hingga ia terpilih kembali sebagai Ketua KPRJ dan Ketua KPRW periode 2018-2022 yang turut menjadikan dirinya menjadi Sekretaris KPRS GMIM pada pemilihan yang diselenggarakan di Amurang - Minahasa Selatan. Diperiode ini dirinya pun masih mendapat kepercayaan yang sama di Jemaat dan Wilayah. Praktis tiga periode pelayanan telah dilaluinya yakni sebagai Ketua KPRJ GMIM Karmel Mahakeret dan Ketua KPRW Manado Sentrum. Bukan hanya sampai disitu saja, saat ini Ia sedang menjalankan tugas pelayanan sebagai Sekretaris Komisi Remaja Sinode Am Gereja - Gereja di Sulawesi Bagian Utara dan Tengah ( SAG Sulutteng ).

 

BENDAHARA : KAK RIEDEL VS KAK TECI

PNT. RIEDEL SANNY MONGISIDI
Kak Riedel lahir pada tanggal 18 Februari 1994. Saat masih remaja, ia aktif dalam berbagai kegiatan Remaja Sinode GMIM. Tercatat ia pernah menjadi salah satu Remaja Teladan (Retel) GMIM pada tahun 2009. Sekembalinya menuntut ilmu dari Universitas Pelita Harapan Tangerang Banten, diusianya yang masih sangat muda Ia telah dipercayakan sebagai Ketua KPRJ GMIM Sion Malalayang dan Ketua KPRW Manado Malalayang pada tahun 2018. Kini pada tahun 2022 tugas pelayanan yang sama kembali diembanya, setelah terpilih kembali menjadi Ketua KPRJ GMIM Sion Malalayang sekaligus Ketua KPRW Manado Malalayang sehingga telah memangku tugas pelayanan selama dua periode secara berturut - turut. Diperiode pelayanan 2022-2027 oleh Pelayan Khusus Wilayah Manado Malalayang, Ia dipercayakan juga sebagai Anggota Sidang Majelis Sinode Tahunan perwakilan Wilayah Manado Malalayang. Pekerjaanya sehari - hari, Kak Riedel aktif sebagai pengusaha muda dengan memangku jabatan sebagai Direktur Utama PT Bangun Minanga Lestari, perusahaan yang bergerak dibidang properti.

PNT. OKSTESI P.K. RUNTU
Kak Stesy atau yang juga akrab disapa Kak Teci lahir pada 27 Oktober 1886. Puteri tercinta dari senior Partai Golkar Stefanus Vreeke Runtu ini sejak usia muda telah aktif dalam berbagai pelayanan GMIM, baik didunia pemuda maupun remaja. Terpilih sebagai Ketua KPRJ GMIM Yesus Memberkati Citraland dan juga sebagai Ketua KPRW Manado Winangun pada 2018 silam membuatnya masuk dalam keanggotaan KPRS dan menduduki posisi sebagai Asisten Bendahara pada pemilihan yang dilangsungkan di Amurang pada 2018. Diperiode ini Kak Teci kembali lagi terpilih sebagai Ketua KPRJ GMIM Yesus Memberkati Citraland sekaligus Ketua KPRW Manado Winangun 2022-2027. Saat ini Ia aktif sebagai legislator muda Kabupaten Minahasa dengan menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua DPRD Minahasa. (Adrian)

Minsel,Sulutnews.com - Perayaan HUT Ke-3 Rukun Kace Kai Ang (RKKA) di Jemaat GMIM Efata Rumoong Bawah Wilayah Amurang Dua Kabupaten Minahasa Selatan, Selasa (8/3) berlangsung dengan penuh kesukacitaan, kebersamaan dan kepedulian sosial.

Ibadah syukur dipimpin oleh Penasehat RKKA Pdt Lucky Iwan Rumopa, MTh yang adalah juga Staf Khusus Gubernur Sulut dan Ketua FKUB Provinsi Sulut.

Dalam sambutannya, Ketua RKKA Pdt Lucky Tumbelaka, MTh menjelaskan bahwa RKKA adalah terdiri dari Pendeta dan Guru Agama bersama keluarga orang dan asal Amurang Raya termasuk Tenga, Sinonsayang, Tumpaan dan Tatapaan Indah Minsel.

Menurut Pdt Lucky Tumbelaya yang adalah juga Sekretaris Departemen Pekerja Organik Sinode GMIM, sejak pendirian 3 tahun lalu bahwa setiap bulan menggelar pertemuan rutin dan sharing pelayanan serta secara berkala menggelar bakti sosial termasuk pada perayaan HUT Ke-3 Tahun 2022 ini mewujudkan puasa diakonal disaat memperingati dan menghayati minggu sengsara.

Pdt Lucky Tumbelaka mengakui sejumlah orang hebat dan publik figur sebagai Penasehat RKKA seperti Ir. Stefanus BAN Liow, MAP (Anggota DPD RI/MPR RI), Drs. Steven Kandouw (Wagub Sulut), Pdt Petra Rembang, MTh (Wabup Minahasa Selatan), Pdt Lucky Rumopa, MTh (Staf Khusus Gubernur Sulut dan Ketua FKUB Sulut) dan Pnt dr. Mikha Paruntu, M.Kes (Anggota BPMS GMIM).

Sementara itu, salah satu Penasehat RKKA Ir. Stefanus  BAN Liow, MAP yang dalam keseharian menjabat Anggota DPD RI/MPR RI mengajak untuk tetap kompak, menjaga kebersamaan dan kekeluargaan, terus melayani dan mengabdi ditengah panggilan gereja sebagai Pendeta dan Guru Agama.

Sekretaris RKKA Pdt Johnly Manorek, MTh sebagai Kordinator Tim Kerja mengatakan Perayaan HUT Ke-3 RKKA diwarnai dengan ibadah syukur, sharing pemberdayaan ekonomi jemaat bersama Wakil Bupati Minsel Pdt Petra Rembang, MTh disertai pemberian diakonia bagi sekitar 300 KK dari berbagai jemaat.

Pdt Johnly Manorek didampingi personil tim kerja lainnya yakni Sekretaris Pdt Agustina Ratu, Bendahara Pdt Juneke Lumintang, Anggota Pdt Margotje Lumintang, Pdt Viviane Tiwow, Pdt Telly Lelengboto, Pdt Laurina Ottay, Pdt Dr. Lineke Tumbuan mengucapkan Puji Syukur kepada Tuhan serta semua pihak yang telah mengfasilitasi kegiatan Perayaan HUT Ke-3 RKKA.

Tampak hadir sejumlah personil RKKA seperti Pdt Esther Assa, Pdt Rio Tumbelaka, Pdt Umboh-Winerungan, Pdt Greety Lomboan, Pdt Roy Umboh, Pdt Lili Patras, Pdt Femmy Josephus, Pdt Lusy Tamara, Pdt Verny Kewo, GA Tambun-Josephus. (Adrian)

Manado,Sulutnews.com - Jemaat Gereja Kristen Pantekosta di Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melangsungkan Kebaktian Natal Tahun 2021 ditengah proses pemulihan Pandemi Corona di Indonesia pada Sabtu pagi (25/12).

Jemaat mengikuti kebaktian pertama kalinya setelah pemerintah Indonesia mengumumkan telah berangsur-angsur melewati Pandemi Corona yang melanda sejak tahun 2019.

Jemaat kembali datang dan memadati Gedung Gereja berlantai dua di Jalan Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, meski berlangsungnya kebaktian dengan masih menggunakan protap yang ketat.

Kebatian dipimpin Pendeta Yvonne Awuy Lantu, satu-satunya rohaniawan wanita yang juga tabah. Ia juga menjabat sebagai Ketua Majelis Daerah (MD) Gereja Pantekosta Di Indonesia (GPDI).

Pendeta Yvonne Awuy Lantu usai memimpin Kebaktian Natal mengatakan, jemaat gereja telah bertumbuh cukup siknifikan dan mereka ada dan tersebar dalam gereja-gereja Pantekosta di seluruh wilayah Provinsi Sulut.

"Pada momen Natal tahun 2021, kami  isi dengan membantu anak-anak yatim piatu dan berbagi bersama orang yang hidup menderita," kata Pendeta Yvonne kepada sejumlah media.

Pendeta menerangkan, anak-anak yatim piatu itu diajak jemaat ke mall-mall, mereka dibelikan baju dan sepatu agar rajin ikut kebaktian di gereja. "Kami sangat bangga bisa berbagi dalam kondisi saat kita dalam masa Pandemik," ujar pendeta Yvonne yang rajin ikut kebaktian sejak masa kecilnya itu.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya cakupan vaksinasi Covid19 kepada masyarakat di Kota Manado per 24 Desember 2021 telah capai target nasional. Berangsur-angsur mengalami pemulihan situasi wabah penyakit menular dan berakhirnya masa Pandemi. (*/yuk)

Jakartas,Sulutnews.com - Aktris, Sophia Latjuba kembali menjadi perbincangan netizen soal agama yang dianutnya. Seperti menjawab keingin tahuan netizen, Sophia mengunggah sebuah video yang menegaskan soal agama yang dianutnya.

Di halaman Instagramnya, Sabtu, 18 September 2021, Sophia mengunggah video reels. Perempuan berusia 51 tahun ini memamerkan warna rambut barunya. “Hazelnut head,” tulisnya soal warna rambut barunya.

Dalam videonya, Sophia terlihat tersenyum dan memainkan rambutnya yang bergelombang. Sophia melengkapi gayanya dengan mengenakan aksesoris dua kalung, di mana salah satunya adalah kalung emas dengan liontin salib. Yang menjadi fokus dari netizen adalah kalung salib yang digunakan oleh ibu beranak dua ini.

“Fokus ku ke kalungnya mba Sophi,” tulis akun @uncu**. “Happy sunday kakak sayang, senang sekali liat kalung salibnya sudah balik lagi,” tulis akun @mary**. “Salib itu ya, semoga menjadi jawaban,” tulis akun @vma*. "Semoga beneran, mbak Sofi ingat. Jalan pulang kepada Tuhan Yesus Kristus, masih ada pengampunan dariNya," tulis @paul*.

Pada April 2014, Sophia Latjuba dikabarkan telah menjadi mualaf. Ketika dikonfirmasi oleh wartawan, Sophia mengakui sudah mualaf. "Sudahlah (menjadi mualaf). Sangat menikmati. Saya terus belajar. Sangat nyaman," kata mantan kekasih Ariel Noah itu.

Kemudian tahun 2018,  Sophia mengunggah foto saat berada di sebuah gereja tepatnya di Katedral Köln, Jerman. Dalam foto yang diunggahnya pada 18 April 2018, Sophia terlihat menyalakan lilin untuk berdoa. "Untuk mereka yang aku simpan di hatiku," tulis mantan istri Indra Lesmana pada keterangan foto.

Belakangan unggahan Sophia Latjuba lebih banyak soal yoga dan kegiatan lainnya. Ia tetap mengucapkan hari raya Islam maupun Kristen. Seperti Idul Fitri tahun 2020 lalu, Sophia mengunggah fotonya yang menggunakan hijab.

"Jangan sampai jarak memisahkan silaturahmi, namun biarkan hati tetap menyatu. Dengan kerendahan hati, mohon dimaafkan segala kekhilafan dan mari kita buka lembaran baru dengan membasuh segala kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin,” tulis Sophia menyertai,unggahannya pada 24 Mei 2020. (*/Adrian/Sumber: Tempo.co)

Minahasa,Sulutnews.com - Perayaan Paskah dan Hari Anak se-Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), Anak Sekolah Minggu (ASM) Jemaat GMIM Sion Taraitak Wilayah Langowan Dua melaksanakan Ibadah, Serta Melaksanakan  Kegiatan Pembagian Masker dan Telur Paskah Bagi Seluruh ASM, Minggu (04/4).

Penatua ASM Jemaat GMIM Sion Taraitak Inna liju mengatakan, perayaan Paskah tahun ini berbeda dari tahun yang lalu. Walau begitu, makna Paskah masih bisa kita rasakan sampai saat ini.

"Kami sangat bersyukur kepada Tuhan ketika kami komisi ASM boleh melakukan perayaan Paskah dan hari anak se-GMIM di tahun 2021, meskipun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya."

Dia juga mengungkapkan, tahun ini tidak lagi ada pencarian telur paskah bagi anak-anak, tetapi juga anak-anak tidak lagi membawa telur paskah dari rumah, karena guru-guru sekolah minggu yang menyiapkan dan membagikan kepada semua anak-anak sekolah minggu yang hadir.

"Tidak hanya perayaan Paskah, kami dari komisi ASM juga  membagikan masker kepada semua yang hadir dan mematuhi protokol kesehatan," tukasnya.

Di ketahui bahwa pelaksanaan ibadah perayaan Paskah dan hari anak se-GMIM di Jemaat Sion Taraitak dibagi dalam tiga tempat pelaksanaan atau tiga kelompok. (Adrian)