Religi

Religi (35)

Manado, Sulutnews.com – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE akan membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) ke – IX Syarikat Islam Provinsi Sulut masa jihad 2019-2024 di Manado.

Koordinator SI Wilayah Indonesia Timur, H. Abid Takalamingan kepada wartawan di Manado, Kamis(21/03/2019) menjelaskan, persiapan pelaksanaan Muswil tersebut sudah rampung termasuk tempat pelaksanaan disalah satu hotel berbintang di pusat Kota Manado, yang akan berlangsung tanggal 22-23 Maret 2019.

“Insha Allah Bapak Gubernur Olly Dondokambey akan membuka dengan resmi pelaksanaan ajang pertemuan lima tahunan dengan para wufud (Dewan Pimpinan Cabang) dari 15 kabupaten dan kota se Sulut dan juga akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat ( Laznah Tanfidziah) Syarikat Islam, DR. Hamda Zoelva dan pengurus DPP lainnya.

Abid Takalamingan menjelaskan, muswil Si tersebut akan  membahas berbagai program kerja lima tahun kedepan, termasuk memilih pimpinan wilayah yang baru secara sah sesuai peraturan dasar dan peraturan rumah tangga SI.

“Salah satu agenda muswil adalah memilih pimpinan wilayah yang akan membawa organisasi ini dengan baik, bersinergi dengan program pemerintah dan masyarakat, khusus dibidang ekonomi”, tutur takalamingan yang juga selaku Ketua Umum Baznas Sulut.

Abid mengatakan, mengawali pelaksanaan Musyawarah Wilayah itu, akan dilaksanakan seminar dengan para pembicara antara lain, Ketua Umum DPP Laznah Tanfidziah SI, DR. Hamdan Zoelva serta Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, dan beberapa pembicara lainnya.

Dia mengajak warga Syarikat Islam di Sulut, khususnya di Kota Manado dapat menghadiri pelaksanaan Muswil tersebut sekaligus mengikuti kegiatan seminar karena didalam acara seminar tersebut terdapat banyak sekali manfaat untuk kita kembangkan dikemudian hari, tuturnya.

Sementara itu, menyinggung tentang kesiapan, Abid Takalamingan mengatakan, semuanya sudah siap termasuk kamar-kamar hotel yang akan ditempati oleh 15 wufud, tamu DPP dan panitia.(/Guntur)

Manado, Sulutnews.Com - Persiapan jelang hari pelaksanaan kegiatan Pawai Paskah dan Apel Akbar Panji Yosua GMIM Sabtu 6 April 2019 mendatang, Panitia pelaksana, terus melakukan perampungan, agar target sukses gelar kegiatan yang untuk pertama kali akan dilaksanakan tersebut dapat dicapai. Persiapan Panpel sudah di posisi 80 persen.

"Mari kita semua segera bergerak untuk membumikan  dan menggelorakan Paskah dan Apel Panji Yosua PKB GMIM 2019, jangan cuma bicara dan tidak bergerak," tegas Pdt Roy Lengkong, MTh, disela kegiatan rapat konsultasi awal tahun dan revisi terbatas pola baku Kesenian dan Olahraga P/KB Sinode GMIM.

Sementata itu Ketua P/KB Sinode GMIM Pnt GSV Lumentut, mengingatkan kepada seluruh Ketua-ketua P/KB di aras jemaat untuk kiranya dapat  mempersiapkan keterlibatan anggota Pria Kaum Bapa dalam acara Pawai Paskah dan Apel Akbar dengan menjaga keamanan, sambil memperlihatkan nilai kebersamaan dalam satu arak arakan untuk menjadi kesaksian bagi jemaat dan masyarakat tentang pelayanan Yesus dalam karya penyelamatan umat manusia atas dosa. "Paskah adalah perayaan kesaksian iman kristiani yang tidak hanya sekedar dirayakan, tetapi memiliki makna sakral yang harus kita hayati sebagai implementasi untuk terus menjalankan amanat firman Tuhan," kata Lumentut.

Terkait sukses acara yang akan dilaksanakan pada Sabtu 6 April 2019, mulai jam 8:00 wita tersebut akan diawali dengan gelar Apel Akbar pasukan Panji Yosua untuk selanjutnya dilaksanakan Pawai Paskah yang akan melewati jalan protokol dari Lapangan Sparta Tikala dan Finis di Kawasan Mega Mall Boulevard Manado."Demi tertibnya acara, kehadiran peserta diharapkan dapat diinformasihkan kepada sekertariat panitia yang sudah disiapkan di setiap pintu masuk," jelas Sekertaris Umum Panitia Pnt Yarly Muskita. (/Josh Tinungki)

Manado, SulutNews.Com - Komisi kategorial Pria Kaum Bapa Sinode GMIM berharap, segenap anggota P/KB GMIM yang didalamnya Panji Yosua dapat ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan Pawai Paskah dan Apel Akbar Panji Yosua GMIM, sebab tanpa keterlibatan anggota P/KB, acara yang dikemas untuk menjadi kesaksian pelayanan Panji Yosua di wilayah pelayanan GMIM tidak dapat berlangsung dengan sukses.

"Kegiatan Apel Akbar dan Pawai Paskah Panji Yosua tahun 2019 ini akan menjadi kesaksian pelayanan P/KB GMIM, di tengah masyarakat Sulawesi Utata, serta untuk mewujudkan dukungan terhadap terselenggaranya Pemilu 2019 dengan damai," kata Pnt GSV Lumentut.

Juga dikatakan Panglima Panji Yosua P/KB Sinode GMIM James Karinda yang berharap agar kegiatan Apel Akbar dan Pawai Paskah Panji Yosua GMIM dapat menjadi kesaksian bagi jemaat dan masyarakat tentang kehadiran Panji Yosua GMIM yang tidak hanya sekedar menjaga keamanan di rumah-rumah ibadah tetapi juga menjadi garda terdepan untuk memanggil anggota P/KB untuk aktif dalam setiap pelaksanaan ibadah. "Masih banyak warga P/KB GMIM yang belum terlibat aktif dalam setiap pelaksanaan ibadah, sehingga kesaksian pelayanan lewat Panji Yosua dalam tujuan membangun kebersamaan dapat diwujudkan," kata Karinda.

Sementara itu Penasehat Panji Yosua GMIM Pnt Salem B Turangan, Sth memberi apresiasi atas program Panji Yosua GMIM yang akan menggelar Apel Akbar dan Pawai Paskah dan diharaokan ini dapat dilaksanakan setiap tahun dan tidak hanya terfokus pada Apel Akbar dan Pawai Paskah tetapi lebih dikembangkan pada kegiatan pelayanan untuk menjawab kebutuhan jemaat dilingkup GMIM secara Sinodal." Program yang sudah diteyapkan sangat baik dan ini oatut diapresiasi," kata Turangan.

Terkait pelalsanaan Apel Akbar dan Pawai Paskah Panji Yosua GMIM, rencananya akan digelar pada Sabtu 6 April 2019.(/Josh Tinungki)

Manado, SulutNews.Com - Komisi Kategorial P/KB Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Bakal menggelar event  gerejawi Pawai menyambut Paskah Yesus Kristus dan Apel Akbar Panji Yosua.

Kegiatan yang akan melibatkan puluhan ribu Panji Yosua P/KB GMIM ini direncanakan akan dilaksanakan pada Sabtu 6 April 2019 dipusatkan di lapangan Sparta Tikala Manado.

Foto : Panitia Pelaksana

Terkait kegiatan tersebut, Panglima Panji Yosua James Karinda SH, MH menjelaskan, kegiatan Apel Akbar dan Pawai menyambut Pasakah bertujuan untuk menyatakan komitmen Iman Pria Kaum Bapa GMIM dalam persatuan sebagai saksian pelayanan Yesus Kristus ditengah dunia. "Panji Yosua Pria Kaum Bapa GMIM harus menjadi pelopor bagi semua jemaat untuk tetap setia, rajin dan tekun dalam persekutuan ibadah." kata Karinda.

Sementara itu Pdt Roy Lengkong MTh, selaku Ketua Panitia Pelaksana menyatakan, dalam kegiatan yang akan mengambil star lapangan Sparta Tikala dan Finish di kawasan Mega Mal Manado ini, akan diawali dengan kegiatan apel dan yang menjadi Inspektur Ketua P/KB Sinode GMIM Pnt GSV Lumentut dan yang akan bertindak selaku Komandan adalah Panglima Panji Yosua Sinide GMIM James Karinda, SH, MH."Akan ada apel pasukan yang melibatkan seluruh anggota Panji Yosua," Lengkong

Untuk suksesnya kegiatan yang  baru pertama kali dilaksanakan dan melibatkan puluhan ribu Pria Kaum Bapa GMIM ini, diharapkan seluruh peserta dapat menjaga ketertiban dalam kegiatan prosesi Paskah." Jati diri PKB GMIM harus kita tunjukan, ketika kita tertib dan mengikuti semua ketentuan pelaksanaan kegiatan, itu juga menunjukan jika PKB GMIM yang didalamnya Panji Yosua adalah orang orang yang taat dan setia dalam menjalankan amanat Yesus Kristus sabg penyelamat dunia,"tambah Yarly Muskita Sekertaris Panitia. (/Josh Tinungki)

Wanita Dipilih Tuhan Untuk Bersaksi Untuk Diselamatkan Oleh Kasih Karunia

Manado, Sulutnews.com -  Wanita Kristen di Minahasa mempunyai peran yang strategis dalam pelayanan umat Tuhan, tidak hanya sebagai pelengkap tapi salah satu penentu dalam melahirkan keluarga dan generasi bangsa ini, demikian kata Ir Rita Dodokambey-Tamuntuan.

"Dari wanita akan muncul generasi bangsa yang berkarakter dan takut akan Tuhan. Itulah sebabnya wanita Kristen harus terus bersekutu bersaksi dalam pelayanan berjemaat, terutama menyongong Pesta Demokrasi 2019. Wanita boleh ikut berpolitik tapi harus selalu bersaksi," kata Ir Rita Tamuntuan pada acara Peringatan HUT Ke-81 Wanita dan Kaum Ibu Sinode GMIM, Jumat (23/11), berlangsung di Lapangan Sparta Tikala Manado, Sulawesi Utara.

Peringatan HUT ke-81 Wanita/Kaum Ibu SINODE GMIM berlangsung hikmat ditandai dengan ibadah ucapan syukur dipimpin Ketua Sinode GMIM Pdt DR Hein Arina, M.Th. Hadir dalam ibadah ini Staf Khusus Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan anak RI Prof Venna Danes, Anggota DPR-RI Steven Liou, Ketua Kaum Ibu Sinode GMIM Ny Adriane Dodokambey, Wagub Sulut Steven Kandouw dan Ny dr Kartika Tanos dan undangan yang terdiri pengurus dan anggota Kaum Ibu Sinode GMIM seKota Manado Timur dan Kaum Ibu sekota Kabupaten se- Sulut yang memadati plein sparta Tikala.

Peringatan HUT ditandai dengan pemukulan tetengkoren oleh istri Gubernur Ny Rita Tamuntuan dan pemotongan kue ulangtahun serta pelepasan balon ke udara yang dipimpin Pdt Hein Ariana. Usai ibadah undangan yang hadir kemudian digiring menjadi peserta Komitmen GEBER, Gerakan Bersama STOP KDRT dengan menandatangani baliho dengan lebar kisaran 4x2,5 meter. Komitmen ini dibuat bertujuan memberikan motivasi serta impian pada setiap wanita Kristen agar senantias terhindar dari kekerasan, memiliki cita-cita impian yang diselamatkan oleh KASIH KARUNIA. (*Yy)

Tomohon, Sulutnews.com - Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak menghadiri pemberkatan sekaligus menjadi pencatat perkawinan Dr. Gerald Aror dan Pnt. Norry Wullur, SPd, MPd, bertempat di gereja GMIM Eben Haezer Kaaten, Selasa 20/11.

Sebelumnya ibadah pemberkatan perkawinan di pimpin oleh khadim Pdt. Ventje Talumepa, MTh.

Usai mencatat perkawinan Gerald dan Norry, Walikota mengucapkan selamat bersyukur kepada kedua pihak keluarga, terlebih keluarga yang baru saja diteguhkan dalam nikah yang kudus, Walikota juga berpesan sebagai suami hormatilah dan hargailah istri, demikian sebaliknya istri juga harus menghormati dan menghargai suami, jadilah keluarga teladan ditengah jemaat dan masyarakat, dan peliharalah keutuhan keluarga, dan yang tak kala pentingnya yakni tetap terus andalkan Tuhan.

Hadir juga Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tomohon Albert J. Tulus, SH serta Keluarga kedua belah pihak.(/Prise)

Manado, Sulutnews.com - Ketua Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Manado, H. Amir Liputo, SH menyerahkan secara simbolis dana bantuan bagi pembangunan renovasi Masjid Al Mawaddah di Kelurahan Taas, Kecamatan Tikala, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Bantuan dana tersebut merupakan tahap awal berjumlah Rp.180an juta,  dari keseluruhan bantuan yang diajukan panitia pembangunan masjid Al Mawaddah Rp500 juta", kata Liputo disela-sela perayaan Maulud Nabi Muhammad SAW tahun 1440 Hijiriah, Selasa di Masjid Raya A. Yani Manado.

Amir mengatakan, dana sebesar Rp180an juta tersebut merupakan hasil infaq dari jamaah yang hadir pada perayaan Maulud, sedangkan proposal yang sudah diserahkan kepada masing-masing instansi Insya Allah nanti akan diserahkan langsung kepada panitia pembangunan masjid tersebut.

Menjawab pertanyaan Sulutnews, Amir Liputo yang juga anggota Badan Anggaran (Banggar) di DPRD Sulut itu mengatakan, setiap tahun PHBI menyelenggarakan kegiatan perayaan acara-acara keagamaan dan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menggalang dana dari jamaah bagi pembangunan rumah-rumah ibadah Islam dikota ini.

Untuk tahun 2018 ini PHBI memilih Masjid Al Mawaddah, Kelurahan Taas sebagai penerima bantuan, mengingat pembangunan masjid itu sementara dalam tahap renovasi yang membutuhkan bantuan dana kurang lebih 1,2 miliar.

"Masjid Al Mawaddah berdiri sejak tahun 90an namun seiring dengan waktu masjis tersebut banyak mengalami kerusakan sehingga panitia melakukan renovasi", ujar Ketua Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Manado.

Penyerahan bantuan dana tersebut dilakukan disaat pelaksanaan Maulud di Masjid Raya A. Yani Manado, disaksikan Wakapolda Sulut, Brigjen Polisi Karyoto, Pejabat dari Kodam XIII Merdeka, pejabat Pemprov Sulut, Kota Manado dan ribuan ummat Islam yang memadatinya.

Perayaan Maulud sendiri berjalan lancar dan sukses yang diawali pembacaan ayat-ayat suci Al Qur'an oleh Qoriah Internasional asal Kota Manado, Hj. Rahmawati Hunawa, MA dan pembawa hikmah Maulud Hj.Nurhayati Mayulu-Daud. (GB)

Manado, Sulutnews.com - Ribuan ummat Islam di Kota Manado peringati Maulud  Nabi Muhammad SAW, , 12 Rabiul Awal 1440 H, Selasa pagi di Masjid Raya A.Yani Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Hadir dalam perayaan Maulud tersebut, Wakapolda Sulut, Brigjen Pol. Karyoto, pejabat Kodam XIII Merdeka, pejabat Pemerintahan Kota Manado dan pimpinan-pimpinan organisasi kemasyarakatan Islam, Kerukunan Wanita Islam (KWI) Remaja Masjid dan Organiasi lainnya.

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey diwakili  Kepala Dinas Kependudukan  Pencatatan Sipil (Dukcapil), dr. Hj Bahagia Rejeki Mokoagow, MS.i M.Kes mengatakan, Nabi Muhammad SAW adalah manusia pilihan yang diutus oleh Allah membawa agama Islam dimuka bumi dengan baik dan sempurna.

“Rasulullah SAW itu adalah manusia pilihan yang diutus kemuka bumi  oleh Allah membawa ajaran syariat Islam yang sempurna kesekalian alam”, ujar Gubernur Olly Dondokambey.

Pada bagian lain, Gubernur Sulut mengatakan  Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sangat konsen dalam kegiatan-kegiatan keagamaan seperti ini,  dimana antara pemerintah dengan agama saling mengisi dalam konteks pembangunan bangsa yang sedang dan akan dilaksanakan.

Sementara itu, hikmah Maulud Nabi Muhammad SAW yang dipaparkan oleh Hj. Nurhayati Mayulu-Daud, S.Kom menjelaskan tentang peranan Nabi Muhammad SAW yang membawa agama Islam ini dengan berbagai tantangan dan halangan.

“Suatu hari ketika Nabi Muhammad SAW sedang menyiarkan da’wahnya, tiba-tiba ia dilempari dengan kotoran unta, bahkan dihina, dicaci oleh kaum Qurais dizaman jahiliyah dulu, dimana masyarakatnya tidak mau menerima Islam, namun berkat kesabaran dan kegigihan serta dibantu oleh Allah sehingga masyarakat Kota Makkah dan Madina menerima ajaran Islam tersebut sampai sekarang ini.

Ketua Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Manado, Hi. Amir Liputo menjelaskan, perayaan Maulud Nabi Muhammad SAW sudah setiap tahun dilaksanakan, dimana setiap perayaan Maulud dilakukan dengan pengumpulan Infaq untuk pembangunan masjid yang ada di Kota Manado.

“Alhamdulillah untuk tahun ini, PHBI menjadwalkan pada Masjid Al Mawaddah Kelurahan Taas, Kecamatan Tikala, dimana masjid tersebut sedang dilakukan pemugaran dan PHBI memberikan bantuan berupa uang tunai Rp200 juta yang merupakan sumbangan dan jamaah yang menghadiri perayaan Maulud Nabi Muhammad SAW. (/GB)

Manado, Sulutnews.com – Ketua Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Manado,  H. Amir Liputo, SH mengajak umat Islam di Kota Manado dan sekitarnya menghadiri perayaan Maulud Nabi Muhammad SAW tahun 1440 Hijiriah yang akan dilaksanakan pada, Selasa, 20/11/2018 di Masjid Raya A. Yani Manado.

“Saya mengajak kepada saudara-saudara kaum muslimin, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pejabat, pimpinan-pimpinan organisasi kemasyarakatan Islam dan seluruh jamaah untuk sama-sama menghadiri perayaan Maulud, hari kelahiran Nabi Kita Muhammad SAW  tahun 1440 Hijiriah, bertepatan dengan tanggal 20 Nopember 2018 Miladiah”, kata Haji Amir Liputo, Ahad, usai shalat subuh berjamaah di Masjid Al Ikhwan, Sospol Kodam Manado.

Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW  merupakan tradisi umat islam didaerah ini  setiap tahun menyelenggarakan kegiatan tersebut yang diisi dengan kegiatan-kegiatan  bermanfaat, kata anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara dari Partai Keadilan Sejahtera itu.

Liputo mengatakan, peringatakan Maulud merupakan hal yang sangat pentng dilaksanakan karena selain kegiatan serimonialnya juga bertujuan  mempererat rasa persatuan dan persaudaraan, ukhuwah Islamiah, Ukhuwah Insania dan Ukhuwah Basharia.

Rasulullah Muhammad SAW lahir kealam dunia ini sebagai pembawa rahmat bagi sekalian alam dimana Rasulullah dapat mempersatukan hubungan-hubungan sosial kemanusian dan saling menghormati dalam peribadatan, jelasnya.

Menjawab pertanyaan Sulutnews, Amir Liputo yang juga Ketua Kerukunan Keluarga Indonesia  Gorontalo (KKIG) Kota Manado menjelaskan, pembawa hikma Maulud akan disampaikan oleh Dra. Hj. Nurhayati Mayulu yang merupakan salah satu tokoh wanita didaerah Sulut

Perayaan peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW ini akan dihadiri Gubernur Sulut, Olly . TNI dan Polri didaerah ini.

Peringatan Maulud tersebut sekaligus akan dirangkaikan dengan infaq  untuk kelanjutan pembangunan Masjid Al Mawaddah Kelurahan Taas yang saat ini tengah membutuhkan support dana dari masyarakat agar pelaksanaan pembangunannya segera selesai, ujar Amir Liputo. (/GB)

Tomohon, Sulutnews.com - Mengangkat tema "Tomohon Tangguh Bersama Tuhan", pemerintah kota tomohon bersama Panitia KPI Akbar Wilayah Tomohon 1 menggelar kegiatan Seminar dan Kebaktian Penyegaran Iman akbar se-Kota Tomohon yang di dilaksanakan di kompleks Menara Alfa Omega Pusat Kota Tomohon, Jumat (2/11/18).

Dalam kebaktian penyegaran iman ini, diikuti kurang lebih 3.000-an masyarakat, jemaat serta pimpinan dari denominasi golongan agama se-Kota Tomohon. Ibadah dan khotbah kebaktian dibawakan oleh Pendeta Dr K A M Yusuf Roni.

Pada kesempatan tersebut Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak yang adalah Ketua Panitia KPI Akbar Wilayah Tomohon satu usai ibadah kebaktian mengatakan bahwa pada malam hari ini saya dan saudara percaya, kita semua serta kota Tomohon akan selalu diberkati dalam kasih Tuhan kita.

"Kita yakini melalui kebaktian penyegaran iman ini, masyarakat Kota Tomohon tentu akan selalu memperoleh kekuatan baru dalam memperkuat iman percaya kepada Tuhan yang maha kuasa." ucap Walikota

Diakhir sambutannya Walikota yang dipercayakan oleh jemaat selaku Penatua mengungkapkan, "Mewakili pemerintah dan masyarakat, kami memberikan banyak terima kasih, khususnya kepada Pendeta DR. K A M Yusuf Roni yang telah memberikan penyegaran iman kepada masyarakat di kota yang dikenal dengan kota Religius." ungkapnya

"Tidak lupa juga saya memberikan apresiasi kepada seluruh panitia yang dengan semangat Kristus telah mendukung, mensukseskan serta mendoakan pelaksanaan kebaktian penyegaran iman boleh sukses dan spektakuler." tambahnya.

Dalam ibadah ini pula dihadiri artis ibukota yaitu Jessica Mila, Michelle Joan dan Jhosua Tampubolon.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Walikota Syerly A. Sompotan Sekretaris daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang, M.Sc M.Th, Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky JL Wenur MAP, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama,S.Th, Kepala Kantor Kementerian Agama Pdt Simon Rawis SPAK, MPdk, Kapolres Tomohon, Jajaran FKUB/para tokoh agama, tokoh masyarakat, serta Jajaran Pemkot dan masyarakat kota tomohon(/Prise)