Religi

Religi (43)

Manado, SulutNews - Shalat Hari Idul Adha tahun 1440 Hijiriah bertepatan 11 Agustus 2019 di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) berjalan lancar dan sukses.

Pantauan Sulutnews, Minggu disejumlah lokasi shalat ied, meliputi lapangan Sparta Tikala, halaman Mapolda Sulut, halaman Korem 131 Santiago, lapangan Ketang dan Ternate Baru serta halaman bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, umumnya dihadiri ribuan jamaah umat Islam, laki-laki dan perempuan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sementara di halaman Kalimas, Pelabuhan Manado, suasana penuh haru dan sedih saat khatib Idul Adha membawakan kisah tentang peristiwa kurban yang terjadi antara dua orang anak, yaitu Nabi Ibrahim dan putra kesayangannya, Ismail.

“Hati siapa yang tak sedih, anak yang puluhan tahun dinanti-natikan kehadirannya oleh Nabi Ibrahim dan isterinya, Sitti Hajar, diminta  oleh Allah untuk dikurbankan”, kata khatib Ust. Guntur Bilulu pada saat bertindak sebagai khatin.

Guntur Bilulu mengatakan, peristiwa haru tersebut terjadi setelah Nabi Ibrahim mendapat wahyu dari Allah berupa mimpi yang datang tiga kali berturut-turut, yaitu tanggal 7,8 dan 9 Dzhulhijjah dan pada keesokan harinya di tanggal 10 Dzhulhijjah Nabi Ibrahim membawa putranya ke Kota Mina untuk disembelih.

“Allah bukannya tidak tau keberadaan hati nabiNya, Ibrahim, tetapi, Allah ingin mencoba sejauh mana keimanan Nabi Ibrahim, apakah dia sayang kepada anaknya atau kepada Allah”, tegas Ustad Guntur ditengah-tengah ribuan jamaah yang memadati lapangan kalimas Manado.

Para jamaah terlihat meneteskan air mata sedih, manakala khatib membacakan doa terakhir yang meminta Allah dapat mengampui dosa-dosa dan kesalahan para orang tua yang telah melahirkan anak-anaknya kedunia ini.

“Allah akan mengijabah doanya anak-anak shaleh manakala mereka meminta kepada Allah, kapan dan dimana saja”, ujar ustad Guntur yang jebolan salah satu pesantren di Jawa itu.

Suasana haru berlangsung hingga usai shalat ied dan para jamaah langsung berpelukan satu sama lain untuk saling meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan.(/Merson Simbolon)

Manado, Sulutnews.Com - Sebagai bentuk kesaksian dalam menjalankan tugas pelayanan, maka apapun tantangan yang dialami pasti akan dapat dilalui. Hal ini menjadi tanda atas pelantikan panitia pelaksana Rapat Konsultasi Komisi Pelayanan Anak Sinode GMIM tahun 2019.

dalam acara pelantikan yang dirangkaian dengan ibadah bersama jemaat tersebut Pnt Netty Agnes Kalulu - Pantouw selaku Ketua Panitia dalam sambutannya menyampaikan agar jangan pernah menolak pekerjaan pelayanan serta jangan pernah lelah bekerja diladangnya TUHAN, segala sesuatu patut disyukuri karena apa yang ada dihidup kita semata mata hanyalah oleh karena Kasih Karunia TUHAN."Beri yang terbaik untuk pekerjaan pelayanan baik dalam berkeluarga, berjemaat dan bermasyarakat," ungkap NAP.

Juga pada kesempatan yang saman NAP  mengajak seluruh panitia pelaksana bersama jemaat untuk bergandengan tangan dan bekerja bersama  sambil berdoa memohon pertolongan dan pemberkatan dari TUHAN  agar pelaksanaan Rapat Konsultasi Komisi Pelayanan anak sekolah minggu yang sedianya dilaksanakan bulan Oktober 2019 boleh berlangsung dengan sukses. "Kerja bersama dan saling menopang sangat diharapkan agar sukses pelaksanaan Rapat Konsultasi Komisi Pelayanan Anak GMIM dapat dicapai," ungkap NAP.

Untuk pelaksanaan rapat konsultasi akan dilaksanakan di Jemaat GMIM Nazareth Sonsilo Wilayah Serei kecamatan Likupang terus dimantapkan sehingga dapat berlangsung dengan baik. (/Josh Tinungki)

Manado, Sulutnews.com - Pada musim Haji tahun 2019 sebanyak 2 kloter jemaah haji akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado melalui Embarkasih Balikpapan ke Mekah dan Madinah dimulai tanggal 31 Juli 2019.

Hal itu dikatakan Ketua Penitia Keberangkatan Haji Sulut Hi Abdullah Soeharto Rondo kepada pers di Manado, Kamis (4/7).

Ia menjelaskan mereka akan masuk Asrama haji pada tanggal 30 Juni untuk kemudian dibagikan pasport keberangkatannya, kata soeharto.

Para jemaah haji asal Sulut itu seluruhnya berjumlah 900 orang. Kloter satu dan dua berjumlah 450 orang, namun 12 orang diantaranya berasal dari Balikpapan.

Tahun ini Sulut ketambahan jemaah haji sebanyak 167 dari jumlah yang mendaftar di musim haji 2019. "Lainnya masih masuk daftar tunggu," ujar Soeharto. (yuk/*)

Pati, Sulutnews.com -  Pada hari Selasa  tanggal 09 April 2019 Kasdim 0718/Pati  Masyor Inf Much. Sholikin. S,Ag, Msi, menghdiri  Tabligh Akbar dan Peringatan Isra Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW di halaman Polres Pati dalam rangka mewujudkan Pemilu Tahun 2019 yang Aman, damai dan Sejuk di Wilayah Kabupaten Pati  yang di ikuti + 350 orang.

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto, S.I.K. dalam sambutannya  menyampaikan dalam rangka  Tabligh Akbar dan kegiatan peringatan Isra Mi'raj  yang kami selenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melakukan ibadah secara bersama-sama, disamping itu melalui kegiatan ini juga kami harapkan menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi sekeluarga besar Polres Pati dengan segenap komponen baik  itu instansi Pemerintah, Lembaga masyarakat dan masyarakat di Kabupaten Pati;

Lebih lanjut, di harapkan giat Tabligh Akbar dan peringatan Isra Mi'raj ini menjadi suatu kegiatan yang dapat kita laksanakan secara rutin dan sebagai siraman rohani bagi kita, khususnya untuk menghadapi berbagai dinamika kehidupan,  perbedaan yang terkadang menimbulkan dampak yang kurang baik terhadap hubungan antar sesama manusia untuk itu diharapkan dengan adanya tabligh akbar ini mampu menyatukan kita untuk hidup bersama dalam suasana adem ayem.

Menambahkan, Kapolres mengatakan waktu dekat ini tepatnya besok hari Rabu tanggal 17 April 2019 kita akan melaksanakan pemilihan Presiden dan Legislatif secara serentak baik di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi kami selaku Aparat Keamanan mengajak semua hadirin sekalian untuk ikut berpartisipasi mensukseskan jalannya Pilpres dan Pileg nanti,”jelas Kapolres.

Drs. H. Fachrur Rozi, M. Ag. Dalam tauziahnya  menyampaikan dalam Agama Islam sebagai cermin dan contoh bagi ibu-ibu adalah Siti Khotijah merupakan istri Nabi Besar Muhammad SAW , dengan terkait terjadinya peristiwa Israj Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW bahwa Umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat  5 Waktu.

Dalam waktu dekat mungkin masyarakat akan  beda pendapat dan beda pilihan namun kita tetap saling berjabat tangan, menghargai dan menghormati untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif menjelang Pilpres dan Pileg, kita mengajak mari hindari mencaci maki dan fitnah di Medsos terhadap sesama dan mari kita saling menjaga silaturahmi yang baik dengan sesama umat beragama.

Lebih lanjut bersama Polri  dan TNI  kita kuat, kita semua berdo’a semoga Pilpres dan Pileg yang akan datang dapat berjalan dengan sukses dan tidak ada gangguan dan hambatan,”jelasnya.(Narto)

Blora,Sulutnews.com - Dalam memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H/2019 M, Kodim 0721/ Blora Menggelar acara pengajian di aula Markas Komando, yang di ikuti seluruh Anggota jajaran Kodim 0721/ Blora Persit Kartika Chandra Kirana Cab XLII Dim 0721, Serta warga sekitar.

“Dengan Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H/2019 M kita implementasikan nilai-nilai sholat dalam kehidupan prajurit dan ASN  dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.” Demikian tema peringatan Isra’ Mi’raj yang digelar oleh Kodim 0721/Blora hari Jum’at, 05 April, yang bertempat di Aula Kodim Blora.

Kegiatan yang dilaksanakan pada acara tersebut, Hadir Dandim 0721/ Blora Letnan Kolonel inf Ali Mahmudi, S.E  dan tauziyah yang dibawakan oleh Kiai. Tarmuji dari Sambongrejo Tunjungan Serta Kalam ilahi oleh Sudarto.

dalam sambutan pada acara tersebut Dandim menyampaikan tentang pentingnya acara Isra Miraj, Peringatan Isra’ Mi’raj ini bukan karena kemeriahannya, namun ada hal penting yaitu bagaimana kita bisa mengambil hikmah dari proses Isra’ Mi’raj itu sendiri,

“Dengan memperingati Isra Miraj diharapkan kita sebagai umat Islam khususnya di Kodim Blora bisa mewujudkan segala contoh sikap moril yang baik dari Nabi Muhammad SAW untuk lebih meningkatkan keimanan serta semangat pengabdian kita dalam tugas sehari-hari,”

Disela sambutannya dandim menyampaikan juga tentang pesta demokrasi yang akan kita rayakan pada waktu dekat “Netralitas TNI tidak boleh dipandang remeh kita selalu tekankan kepada seluruh anggota untuk senantiasa mempedomani netralitas TNI. Bagi ASN, Persit KCK yang mempunyai hak pilih, agar menggunakan hak pilih sebaik baiknya” Pungkasnya.

Selanjutnya Bapak Kh. Tarmuji selaku penceramah disamping menceritakan kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW selama melakukan Isra Mi’raj, diantaranya juga menyampaikan tentang pentingnya sholat, “Sholat lima waktu adalah wajib hukumnya bagi umat Islam, dan sholat juga merupakan cerminan dari disiplin kehidupan termasuk dunia militer, insyaallah dengan sholat yang kita lakukan akan menjadikan tambahnya iman kita, ” demikian diantaranya isi ceramah yang disampaikan.

Selain dihadiri  Anggota Kodim 0721 Blora baik prajurit maupun ASN serta anggota Persit KCK, Tokoh masyarakat sekitar Makodim 0721 Blora juga turut memeriahkan acara peringatan Isra’ Mi’raj yang digelar di Aula Makodim 0721 tersebut. (/Narto)

GSVL Dan JK Himbau Kibarkan Kobarkan Kabarkan

MANADO, Sulutnews.Com - Ketua Komisi Pria Kaum Bapa Sinode GMIM Pnt GS Vecky Lumentut berharap seluruh Anggota Pria Kaum Bapa yang akan menghadiri Ibadah Agung dan Apel Akbar Panji Yosua Sinode GMIM pada Sabtu (6/4/2019) dapat menjadi pelaku sejarah pekabaran injil ditengah masyarakat dan jemaat yang ada di Sulawesi Utara.

Menurutnya, momentum gelar Ibadah Agung dan Apel Akbar Panji Yosua kiranya dapat benar-benar dimaknai sebagai penghayatan minggu-minggu sengsara akan pengorbanan Yesus di Kayu Salib untuk karya keslamatan umat manusia."Mari tunjukan kepada dunia jika PKB lewat Panji Yosua adalah bagian dari pembawa kebenaran firman Tuhan sebagai implementasi pelayanan ditengah jemaat dan masyarakat," ungkap Panglima Tertinggi Panji Yosua GMIM.

Dalam kaitan acara yang akan dimulai jam 08:00 pagi di lapangan sparta Tikala Manado tersebut, Panglima TInggi Panji Yosua Sinode GMIM James Karinda, SH,MH mengatakan agar segenap peserta dapat mengikuti Ibadah dengan khusuk sehingga pemaknaan minggu - minggu sengsara Yesus dan Apel Akbar Panji Yosua Sinode GMIM benar- benar memiliki makna yang menjadikan iman kita semakin bertumbuh." kata Karinda.

Sementara itu, Ketua Harian panitia Frans Mawijere mengatakan, panitia terus memantapkan persiapan dan telah menuntaskan pemantapan akhir, sehingga pada saat pelaksanaan semua yang diatur dan dipersiapkan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan. "Kita sama-sama berDoa kiranya pada hari pelaksanaan kita semua diberi sehat kuat juga cuaca yang baik , sehingga Ibadah Agung dan Apel Akbar dapat berlangsung dengan segala baik," kata Mawijere.(/Josh Tinungki)

Manado, Sulutnews.Com - Gelar Ibadah Agung dan Apel AkbarPanji Yosua PKB Sinode GMIM yang akan dilaksanakan Sabtu, (6/4/2019) ini telah mendapatkan ijin dari Kepolisian Kota Besar Kota Manado, hal ini disampaikan Sekertaris Umum Panitia Pnt Yarly Muskita. Menurutnya segala persipan dalam rangka sukses kegiatan acara terus dimantangkan oleh panitia pelaksana dengan terus berkoordinasi dengan Ketua Umum panitia pelaksana Pdt Roy Lengkong, MTh dan Ketua PKB Sinode GMIM Pnt GS Vecky Lumentut.

"Surat ijin dari kepolisian sudah ada dan telah diterima oleh panitia, dan saat ini kita tinggal melaksanakan kegiatan Ibadah Agung dan Apel Akbar Panji Yosua yang baru pertama kali dilaksanan ini dapat berlangsung sukses," kata Muskita.

Berkaitan dengan kegiatan yang pelaksanaanya akan dimulai teoat jam 08:00 pagi tersebut, ibadah agung akan dipimpin oleh Ketua Sinode GMIM Pdt DR. Hein Arina, bakal dihadiri oleh puluhan ribu anggota Panji Yosua se Sinode GMIM. (Josh Tinungki)

Manado, Sulutnews.Com - 10 hari lagi komisi kategorial Pria Kaum Bapa (P/KB) Sinode GMIM akan menggelar kegiatan yang bertajuk Ibadah Agung penghayatan minggu sengsara dan Apel Akbar Panji Yosua. Terkait kegiatan dalam rangka menyambut perayaan Jumat Agung tersebut akan dipusatkan di lapangan Sparta Tikala Manado dan bakal dihadiri Puluhan Ribu warga Pria Kaun Bapa GMIM yang datang dari 974 jemaat.

"Mari kita sama sama ber Doa agar kegiatan gerejawi yang akan menjadi momentum pelayanan P/KB GMIM untuk Bersaksi, Melayani dan Bersekutu ditengah dunia dapat berlangsung dengan segala baik," ujar Pdt Roy Lengkong, STh selaku Ketua Panitia. 

Juga kata dia, persiapan panitia saat ini sudag dalam tahap pemantapan akhir dan tinggal menunggu hari pelaksanaan agar kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik." Diharapkan seluruh anggota P/KB bersama kelompok Panji Yosua yang akan mengambil bagian pada hari pelaksanaan agar dapat memperhatikan ketertipan agar keamanan dan kenyamanan seluruh maayarakat manado tidak terganggu dengan pelaksanaan kegiatan," kata Lengkong.

Acara yang nantinya akan dikemas berbeda tersebut, akan menampilkan berbagai aktraksi yang bertemakan perayaan jumat Agung ini dikandung maksud agar makna penghayatan pengorbanan Yesus melewati jalan sengsara hinhha mati di kayu salib dan dikuburkan serta bangkit akan benar benar dihayati dan terimplementasikan dalam setiap kehidupan kita."Kegiatan ini murni pelayanan dan diharapkan segenap warga P/ KB GMIM turut terlibat," tambah Yarly Muskita Sekertaris Panitia pelaksana. (/Josh Tinungki)

Manado, Sulutnews.com – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE akan membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) ke – IX Syarikat Islam Provinsi Sulut masa jihad 2019-2024 di Manado.

Koordinator SI Wilayah Indonesia Timur, H. Abid Takalamingan kepada wartawan di Manado, Kamis(21/03/2019) menjelaskan, persiapan pelaksanaan Muswil tersebut sudah rampung termasuk tempat pelaksanaan disalah satu hotel berbintang di pusat Kota Manado, yang akan berlangsung tanggal 22-23 Maret 2019.

“Insha Allah Bapak Gubernur Olly Dondokambey akan membuka dengan resmi pelaksanaan ajang pertemuan lima tahunan dengan para wufud (Dewan Pimpinan Cabang) dari 15 kabupaten dan kota se Sulut dan juga akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat ( Laznah Tanfidziah) Syarikat Islam, DR. Hamda Zoelva dan pengurus DPP lainnya.

Abid Takalamingan menjelaskan, muswil Si tersebut akan  membahas berbagai program kerja lima tahun kedepan, termasuk memilih pimpinan wilayah yang baru secara sah sesuai peraturan dasar dan peraturan rumah tangga SI.

“Salah satu agenda muswil adalah memilih pimpinan wilayah yang akan membawa organisasi ini dengan baik, bersinergi dengan program pemerintah dan masyarakat, khusus dibidang ekonomi”, tutur takalamingan yang juga selaku Ketua Umum Baznas Sulut.

Abid mengatakan, mengawali pelaksanaan Musyawarah Wilayah itu, akan dilaksanakan seminar dengan para pembicara antara lain, Ketua Umum DPP Laznah Tanfidziah SI, DR. Hamdan Zoelva serta Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, dan beberapa pembicara lainnya.

Dia mengajak warga Syarikat Islam di Sulut, khususnya di Kota Manado dapat menghadiri pelaksanaan Muswil tersebut sekaligus mengikuti kegiatan seminar karena didalam acara seminar tersebut terdapat banyak sekali manfaat untuk kita kembangkan dikemudian hari, tuturnya.

Sementara itu, menyinggung tentang kesiapan, Abid Takalamingan mengatakan, semuanya sudah siap termasuk kamar-kamar hotel yang akan ditempati oleh 15 wufud, tamu DPP dan panitia.(/Guntur)

Manado, Sulutnews.Com - Persiapan jelang hari pelaksanaan kegiatan Pawai Paskah dan Apel Akbar Panji Yosua GMIM Sabtu 6 April 2019 mendatang, Panitia pelaksana, terus melakukan perampungan, agar target sukses gelar kegiatan yang untuk pertama kali akan dilaksanakan tersebut dapat dicapai. Persiapan Panpel sudah di posisi 80 persen.

"Mari kita semua segera bergerak untuk membumikan  dan menggelorakan Paskah dan Apel Panji Yosua PKB GMIM 2019, jangan cuma bicara dan tidak bergerak," tegas Pdt Roy Lengkong, MTh, disela kegiatan rapat konsultasi awal tahun dan revisi terbatas pola baku Kesenian dan Olahraga P/KB Sinode GMIM.

Sementata itu Ketua P/KB Sinode GMIM Pnt GSV Lumentut, mengingatkan kepada seluruh Ketua-ketua P/KB di aras jemaat untuk kiranya dapat  mempersiapkan keterlibatan anggota Pria Kaum Bapa dalam acara Pawai Paskah dan Apel Akbar dengan menjaga keamanan, sambil memperlihatkan nilai kebersamaan dalam satu arak arakan untuk menjadi kesaksian bagi jemaat dan masyarakat tentang pelayanan Yesus dalam karya penyelamatan umat manusia atas dosa. "Paskah adalah perayaan kesaksian iman kristiani yang tidak hanya sekedar dirayakan, tetapi memiliki makna sakral yang harus kita hayati sebagai implementasi untuk terus menjalankan amanat firman Tuhan," kata Lumentut.

Terkait sukses acara yang akan dilaksanakan pada Sabtu 6 April 2019, mulai jam 8:00 wita tersebut akan diawali dengan gelar Apel Akbar pasukan Panji Yosua untuk selanjutnya dilaksanakan Pawai Paskah yang akan melewati jalan protokol dari Lapangan Sparta Tikala dan Finis di Kawasan Mega Mall Boulevard Manado."Demi tertibnya acara, kehadiran peserta diharapkan dapat diinformasihkan kepada sekertariat panitia yang sudah disiapkan di setiap pintu masuk," jelas Sekertaris Umum Panitia Pnt Yarly Muskita. (/Josh Tinungki)