Alodokter Penuhi Standard Keamanan Informasi Dan Perlindungan Data Pengguna Dengan Raih Sertifikasi ISO 27001

Written by  Parmin Simbolon Jan 25, 2022

Jakarta, Sulutnews.com – Alodokter resmi raih sertifikasi ISO 27001, bukti bahwa Alodokter serius dalam mengedepankan implementasi konsep keamanan informasi serta data pada platform ekosistem pelayanan kesehatan digital miliknya. ISO 27001 merupakan penilaian standar internasional terhadap sistem tata kelola keamanan informasi dan perlindungan data. Sertifikat ini diterbitkan oleh lembaga International Organization for Standardization (ISO) bekerja sama dengan International Electrotechnical Commision (IEC).

Melindungi data konsumen merupakan hal yang prioritas dalam menjalan bisnis di era digital ini. Konsumen sudah semakin pintar dan awas dalam memperhatikan bagaimana perusahaan menggunakan data mereka terutama yang diberikan melalui smartphone. Pemerintah juga melihat pentingnya penerapan regulasi keamanan data konsumen terutama perusahaan yang bergerak di bidang layanan kesehatan digital. Alodokter sebagai platform kesehatan digital nomor satu di Indonesia dengan lebih dari 30 juta pengguna aktif setiap bulannya, berkomitmen penuh untuk memastikan sistem tata kelola keamanan informasi dan perlindungan data konsumen dijalankan dengan standar tinggi dari pemerintah, seperti sertifikasi ISO 27001.

Alodokter menerapkan berbagai macam kontrol di berbagai aspek, baik teknologi serta tools yang digunakan, diikuti dengan aspek sumber daya manusia. Mengutip data Kemenkes di tengah kondisi pandemi, rata-rata konsultasi COVID-19 harian di layanan telemedisin mencapai 13.570 konsultasi, sedangkan konsultasi non COVID-19 mencapai 131.612 konsultasi per harinya. Angka ini membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap telemedisin semakin meningkat drastis namun harus diimbangi dengan keamanan data masyarakat terlebih berkaitan dengan data pribadi dan rekam jejak medis. Kebocoran data merupakan hal yang paling ditakutkan oleh perusahaan berbasis digital dan internet dan sudah sering masyarakat mendengar kasus kebocoran data dari perusahaan-perusahan prestisius.

“Dengan predikat certified ISO 27001 Alodokter membuktikan komitmen untuk terus menjaga keamanan dari produk dan layanan Alodokter. Langkah ini juga guna mendukung usaha pemerintah dalam memastikan privasi masyarakat tetap terjamin, terlebih untuk data sensitif seperti rekam jejak medis. Alodokter konsisten memenuhi standarisasi pemerintah dan internasional dalam proses bisnis. Seluruh framework Alodokter dibangun oleh tim internal, karena itulah Alodokter disebut digital native, dengan demikian kami dapat memastikan bahwa teknologi dan inovasi digital dibangun dengan memprioritaskan keamanan data. Kami berharap masyarakat akan merasa lebih aman dan nyaman beraktivitas digital di platform Alodokter. Tidak sampai disini saja, penetapan standar keamanan dalam tata kelola sistem informasi akan terus kami tingkatkan dari waktu ke waktu.” Ujar Suci Arumsari selaku President Director & Co Founder ALODOKTER.

“Selamat atas sertifikasi ISO 27001 yang telah diraih Alodokter. Tentunya diraih dengan tidak mudah, karena butuh komitmen, awareness, dan pelaksanaan yang sungguh-sungguh terhadap pentingnya menjaga keamanan data pribadi pelanggannya. Saya berharap platform telemedicine lain juga melakukan hal yang sama sebagai bagian menyediakan best services kepada customer.kata Setiaji ST. M.Si selaku Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Kami menyambut baik dan mengucapkan selamat atas diperolehnya sertifikasi ISO 27001 oleh Alodokter. Semoga dengan diperolehnya sertifikasi ini akan meningkatkan Alodokter dan para pelaku startup digital lain dalam implementasi sistem manajemen pengamanan informasi yang sesuai standar.” Ungkap Dr. Ir. I Nyoman Adhiarna, M.Eng selaku Direktur Ekonomi Digital KOMINFO

Alodokter terus berkembang menjadi sebuah ekosistem digital layanan kesehatan untuk pasien maupun dokter. Pasien bisa mendapatkan pengalaman pelayanan kesehatan lengkap, telekonsultasi & diagnosa jarak jauh, janji temu medis, serta tebus resep pada aplikasi Alodokter. Sementara dari sisi dokter sendiri tersedia platform webinar, forum diskusi, serta SKP. Semua layanan dan informasi digital pada platform Alodokter melibatkan data yang tidak sedikit maka sistem keamanan harus menjadi prioritas tertinggi. (/Parmin)

Last modified on Monday, 31 January 2022 15:08