Tim Anti Bandit Polres Tomohon Tangkap Pasutri Spesialis Pencuri Tabung Elpiji Asal Minut

Written by  Aug 06, 2022

Tomohon,Sulutnews.com -   Spesialis pencuri tabung gas berukuran 3 Kg di Kota Tomohon Ada dua (2) tersangka yang berhasil dibekuk dalam kasus itu. Mirisnya kedua terduga Pelaku yang di tangkap Polisi ternyata adalah Pasangan Suami Istri (Pasutri) Warga Desa Mapanget, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut)

Dalam penangkapan ini, Tim Anti Bandit Polres Tomohon berjuluk TEKAB-35 di Pimpin langsung oleh Aipda Yanny Watung mengamankan 13 tabung gas 3 Kg hasil curian.  Sedangkan identitas dua tersangka yang ditangkap yakni  DP alias Deysi (35 ) dan VL alias Vicktor (39).

Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito, melalui Kasi Humas AKP Hanny Goni, mengatakan kasus ini terungkap dari laporan korban bernama korban Meyti Welan Kelurahan Walian lingkungan IV Kecamatan Tomohon Selatan.

Peristiwa pencurian ini dijelaskan AKP. Hanny Goni terjadi  pada sore hari, dimana saat itu itu korban lagi menjaga warung. Saat korban  ingin ke toilet, ia sebelumnya memanggil cucunya untuk bergantian melayani pembeli.

"Disaat itu datang Pasutri (pelaku. Red)  ini dan menjalankan aksinya, “Tutur AKP. Hanny Goni.

Adapun modus kedua pelaku ini awalnya salah satu pelaku perempuan mendatangi Warung sambil berpura pura membuat sibuk penjaga yang dianggapnya anak kecil itu dengan membeli berbagai macam obat.

Saat konsentrasi anak kecil ini pun hanya terfokus pada si pelaku perempuan, sedangkan terduga pelaku pria melihat penjaganya sibuk, langsung beraksi dengan mencuri 13 tabung dan diangkut ke mobil yang memang sudah dipersiapkan, ujar  AKP Hanny Goni.

Lanjut dijelaskan AKP. Hanny Goni, saat korban kembali dari toilet kedua Pasutri ini masih ada di warung dan mau beranjak pergi. Tanpa rasa curiga korban pun menganggap situasi saat itu sepertinya tidak terjadi apa-apa.

Namun beberapa  saat kemudian barulah ia melihat dan sadar bahwa 13 tabung Elpijinya sudah raib di bawa kabur oleh kedua pelaku. Korban lalu melaporkan kejadian ini ke Polres Tomohon, ungkap AKP. Hanny Goni.

Berdasarkan laporan Korban, Tim TEKAB-35 langsung merespons dan melakukan pengembangan dengan mempelajari rekaman CCTV di warung korban.

"Terlihat jelas muka kedua pencuri serta mobil merah yang digunakan,  pada Senin (1/8) Tim mendapat informasi mobil tersebut berada di Karombasan, Kota Manado.

Namun saat tiba disana kendaraannya sudah tidak berada di tempat yang dimaksud. Kemudian pada Jumat (5/8) Tim mendapat informasi mobil tersebut berada di Desa Mapanget jaga 3 Kecamatan Talawaan Kabupaten Minahasa Utara (Minut)

"Sayangnya saat Tim  meluncur ke Kabupaten Minut mobil yang di pakai Pasutri tersebut tidak berada ditempat.

Lanjut AKP. Hanny Goni tak mau kehilangan buruannya, Tim  tetap menunggu. "Dan Benar saja selang beberapa jam kemudian Tim melihat Kendaraan Toyota Calya memasuki salah satu halaman rumah .

Setelah mobil tersebut di parkir di garasi, beberapa saat keluar dari mobil sepasang laki-laki dan perempuan bersama anak kecil. Dan berdasarkan CCTV juga keterangan dari korban,  ciri-ciri dari pelaku sama persis dengan Laki-laki yang mengendarai mobil tersebut, Tim langsung masuk ke dalam rumah  dan tanpa perlawanan berhasil mengamankan pasangan Pasutri tersebut.

Saat dilakukan Interogasi kepada keduanya, ternyata  tabung yang digasak sudah dijual ke area kota Bitung. Bersama terduga pelaku Tim menuju tempat dimana dijualnya 13 tabung ini dan menyitanya sebagai barang bukti hasil pencurian.

Sambung AKP. Hanny Goni Akibat pencurian ini korban mengalami kerugian sebesar Rp. 3,5 juta. Bahkan Pengakuan terduga pelaku, ia juga sudah pernah melakukan aksinya di beberapa tempat di Kota Tomohon.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku Pasutri asal Kabupaten Minut ini telah digelandang ke Mapolres Tomohon bersama barang bukti tabung juga mobil yang digunakan, "Tukas AKP. Hanny Goni. (ARP)