Minsel, Sulutnews.com - Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, menegaskan dan memperingatkan kepada anggota jajaran Polres Minsel yang terbukti melakukan tindak pidana atau pelanggaran kode etik profesi Polri, maka akan diberi tindak tegas sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Minsel saat menanggapi adanya berbagai postingan status di media sosial (Medsos) yang banyak beredar konten berisi mendiskreditkan kinerja Kepolisian.

“Untuk segenap jajaran Polres Minsel telah berkomitmen untuk bersih dari segala bentuk pelanggaran dalam hal ini yang berkaitan dengan mekanisme pelayanan kepolisian. Jika ada anggota yang melanggar akan kami tindak tegas sesuai prosedur hukum yang berlaku,” ungkap Kapolres.

Kepada segenap warga, Kapolres Minsel meminta agar segera melaporkan apabila merasa tidak puas dengan pelayanan Kepolisian, khususnya di kantor Polres maupun tingkat Polsek Minsel, apalagi merasa dirugikan oleh anggota Polres Minsel.

“Bila kurang puas dengan pelayanan kami, ataupun merasa dirugikan, diancam, diperas, dimintai uang, segera laporkan. Kami jamin, laporan tersebut akan langsung ditindaklanjuti dan anggota yang terbukti melakukan pelanggaran kode etik akan ditindak tegas sesuai prosedur yang diatur undang-undang yang berlaku,” tegas AKBP Winardi Prabowo.

Kapolres juga mengingatkan agar warga bijak dalam menggunakan media sosial, dengan tidak sembarangan menulis status atau membagikan suatu konten yang belum pasti kebenarannya.

“Jangan sembarangan menulis status di media sosial misalnya di Facebook, Instagram, Twitter, atau lainnya. Kita sudah punya UU ITE, sanksi hukumnya jelas dan tegas. Jadi diimbau kepada masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Ingat, Media Sosial itu ruang publik bukan ruang Privat,” imbau Kapolres. (/Ferrowaney)

Minsel, Sulutnews.com - Lelaki EM alias Ervin (34), warga Desa Radey, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan, penyebar konten ‘Hoax’ via media sosial Facebook yang mengatakan bahwa Polres Minsel meminta uang sebesar 50 juta rupiah, akhirnya harus berurusan dengan Polisi.

Pasalnya EM memposting status dishare di salah satu grup Facebook yang menyebutkan bahwa Polres Minsel meminta uang agar pamannya yang terjerat tindak pidana sajam serta membuat keributan, dapat dibebaskan.

Kapolres Minsel AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, yang dikonfirmasi langsung di ruang kerjanya pada Kamis (09/05/2019), mengungkapkan bahwa pihaknya akan memproses postingan ‘Hoax’ yang merugikan institusi Kepolisian ini.

“Karena yang ditulis di status tersebut adalah ‘Polres Minsel’, itu berarti mulai Kapolres sampai jajaran dibawahnya. Ini adalah postingan ‘Hoax’ dan tentunya sangat merugikan serta mencemarkan nama baik intistusi Polres Minsel. Kami akan proses sesuai dengan ketentuan UU ITE (Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik),” ungkap Kapolres.

Ditemui terpisah, Kasat Reskrim Polres Minsel AKP Arie Prakoso, SIK, mengungkapkan bahwa pihaknya telah memanggil dan memeriksa yang bersangkutan. “Yang bersangkutan telah kami panggil dan kami periksa terkait postingannya tersebut. Untuk kasus ini akan terus kami lakukan pendalaman,” ungkap AKP Arie.

Terpantau dalam akun Facebook milik Lelaki EM alias Ervin telah menyatakan permohonan maaf kepada segenap jajaran Polres Minsel, mulai dari unsur Pimpinan hingga anggota, atas postingan statusnya tersebut. (/Ferrowaney)

Manado, Sulutnews.Com - Markas besar kepolisian daerah (Mapolda) Sulawesi Utara menurunkan pasukan K9 anjing pelacak guna membantu aparat keamanan dalam mengamankan jalannya pelaksanaan rapat pleno KPUD Sulut.

K9 adalah salah satu unit tim khusus dibawa Samapta yang terlatih dan siap melaksanakan tugasnya ketika dibutuhkan jika terjadi kondisi atau suasana yang dapat mengganggu jalannya rapat pleno. "Kesiapan personil anjing pelacak ditempatkan untuk mengantisipasi sesuatu yang terjadi diluar pengawasan  manusia," ungkap AKBP Herry Murwono, STT, MK Dirsamapta Polda Sulut

Hingga hari kedua jalannya rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara hasil Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019 di Propinsi Sulawesi Utara berjalan cukup aman dan Kondusif, meski demikian pengamanan yang dilakukan oleh gabungan aparat Kepolisian dan TNI tetap dilaksanakan sesuai protap yang sudah ditetapkan. "Barikade pengamanan tetap dilaksanakan dan akan berlaku sampai acara pleno selesai pada Rabu (8/5/2019)",kata Yessy Momongan Komisioner KPU Sulut. (/Josh Tinungki)

Tomohon, Sulutnews.com - Terkait penanganan Narkoba, Kepolisian Resor (Polres) Kota Tomohon menyampaikan Press Release, di ruang rapat Polres Tomohon (6/03/2019).

Sesuai dengan Laporan Polisi (LP) yang ada pada tanggal 18 Januari tahun 2019 nomor 25 l 2019, dengan kasus narkoba, tersangka berinisial SMM alias Tito (40) pekerjaan Sopir, beralamatkan Tanomodindi RT 001 RW 001 kec Mantihulore. Palu sulteng.

Sesuai dengan adanya laporan tersebut Pada hari jumat (18/1) sekitar pukul 00.45wita di kelurahan kakaskasen 3 lingkungan 5 kecamatan Tomohon utara, tepatnya dilorong waruga, belakang kantor camat Tomohon Utara, Tito diamankan kepolisian resor Tomohon, Dengan barang bukti (Babuk) 7 paket kecil narkotika golongan 1 jenis sabu degan berat 3,5gram, kunci dan STNK Daihatsu Xenia DB 1959 AM dan 1 hp nokia warna putih, hp xiaomi warna grey, dan 1 skop sabu yang terbuat dari plastik.

Dan saat ini tersangka diamankan di polres Tomohon, perkaranya dinyatakan lengkap, sejak tangal 26 febuari dan masih menunggu kapan waktu penyerahan tahap 2 ke pihak Kejaksaan Negeri (Kejari)  Tomohon.

Sebagaimana dengan adanya laporan tersebut tersangka akan dikenakan pasal 112 ayat 1 uu no 35 thn 2009 tentang narkotika dengan pidana penjara paling sedikit 4thn dan paling lama 12thn dan denda paling sedikit Rp 800jt dan paling banyak Rp 8 Miliar.

Kapolres Tomohon AKBP Raswin B Sirait, S.Ik, SH, M,Si. Mengungkapkan Tersangka adalah pengedar narkotika antar provinsi yang memasok narkotika jenis Sabu

Lanjut Sirait, "Untuk perkara juga masih dilanjutkan proses pengembangan, namun saat ini kami press releass, pertimbangannya karna berkasnya sudah lengkap, dan penyidik kami masih tetap melakukan pendalaman dilapangan." tutup Kapolres.(/Prise)

Bolmong, Sulutnews.com - Pasca musibah longsor yang terjadi di lokasi tambang rakyat Desa Bakan, Lolayan, Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (26/02/2019), malam, Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto meninjau lokasi, Kamis (28/02), pagi.

Kunjungan tersebut untuk mengetahui langsung kondisi nyata yang ada di lapangan, sekaligus memberikan motivasi dan semangat kepada para anggota Polri dan instansi terkait lainnya yang sedang melaksanakan proses evakuasi.

Terpantau, evakuasi melibatkan beberapa unsur di antaranya Polri, TNI, Basarnas dan PMI. Di lokasi, Tim Disaster Victim Identification (DVI) Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sulut juga telah siap untuk mengidentifikasi korban yang meninggal dunia.

Hingga Kamis siang, jumlah korban yang ditemukan sebanyak 18 orang, 3 di antaranya meninggal dunia. "Satu korban sudah dibawa keluarga, sedangkan dua lainnya masih sementara di Pos Post Mortem untuk keperluan identifikasi," ujar Katim DVI, Kompol Dewa.

Turut mendampingi Kapolda, para Pejabat Utama Polda Sulut, di antaranya Karoops, Kombes Pol Yohannes Soeharmanto, Dirintelkam, Kombes Pol Budhy Herwanto, Dansatbrimob, Kombes Pol Mulia Nugraha dan Kapolres Kotamobagu, AKBP Gani Siahaan.(*/MS)

Manado, Sulutnews.com - Guna mendukung program Pemerintah dalam hal kebersihan, Forkopimda Sulawesi Utara bersama masyarakat menggelar bersih-bersih pantai.

Pelaksanaan bersih-bersih diawali dengan apel yang dipimpin oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, di kawasan Pohon Kasih Mega Mas Manado, Sabtu (23/2/2019).

Dalam sambutannya, Gubernur memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. "Atas nama Pemerintah Provinsi menyambut gembira dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan HPSN dan terima kssih kepada semua pihak yang telah mendukung dan merespon acara ini," ujar Gubernur.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan Deklarasi Mewujudkan Laut Bersih Laut Indah Menuju Indonesia Bersih.

Deklarasi ditandatangani oleh Ny. Tri Tito Karnavian selaku Ketua Wasi Pembina Laut Bersih Laut Indah yang juga hadir, Forkopimda Sulut dan stake holder pecinta lingkungan hidup.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh personil Polda Sulut yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto dan personil Bhayangkari Sulut dipimpin oleh Ny. Nunuk Sigid.

Usai Apel, dilanjutkan dengan kegiatan kerja bakti bersih-bersih pantai, diawali dengan penyerahan alat kebersihan untuk kerja bakti oleh Gubernur dan Ketua Wasi kepada para perwakilan seluruh peserta. (/MS)

Boroko, Sulutnews.com - Pembongkaran Brankas KPU Bolmut sebesar RP.80 juta rupiah telah dilakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Bolaang Mongondow AKP Muhammad Ashar, SIK didampingi Tim Jatanras Polda Sulut. Selasa (05/02/2019).

Berdasarkan hasil investigasi, para pelaku pencurian ketika melakukan modus operandi pembongkaran brankas ini diawali dari meloncat pagar sebelah utara Kantor KPU Bolmut, kemudian masuk lewat pintu belakang ruang media center dengan merusak pintu, setelah menjebol pintu sekretariat, langsung menuju ke ruang staf keuangan dengan merusak kunci pintu, mengambil dan mengangkat brangkas ke ruang media center, dibongkar paksa menggunakan benda keras, menguras seluruh isi brangkas termasuk uang tunai Rp.80 juta.

"Proses investigasi guna menemukan para tersangka pelaku pencurian ini sedang dilakukan pemeriksaan terhadap para elepang staf sekretariat KPU Bolmong Utara." Ujar Muhammad Ashar.

Ketua KPU Bolmut Djunaidi Harundja berharap terhadap proses penyelidikan dan penyidikan dari pihak Reskrim Polres Bolmong dapat segera menemukan para tersangka, agar kami dapat lebih fokus terhadap kinerja menjelang Pemilu Serentak 2019.

"Peristiwa pencurian dan pembongkaran di kantor KPU Bolmong Utara sudah dua kali terjadi dalam kurun waktu kemarin, dan kita perlu waspada jangan terulang kembali dengan memasang CCTV, menyusun kembali jadwal piket secara ketat 1x24 jam, termasuk melibatkan petugas Satpol Pamongpraja, kita akan konsultasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tentang piket bergilir ini." Ungkap Harundja. (/Gandhi Goma).

Minsel, Sulutnews.com - Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, mengadakan kegiatan ‘Sanjung’ atau Sabtu Berkunjung di rumah tokoh agama Khonghucu, Herry Mongkareng atau akrab disebut Ko’ Teng, di Kelurahan Ranoiapo, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sabtu siang (02/02/2019).

Dalam kunjungannya ini, Kapolres Minsel menyampaikan apresiasi kepada pengurus serta segenap pemeluk agama Khonghucu yang ada di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan yang telah bersama-sama mendukung program-program pemerintah khususnya Kepolisian di bidang pemeliharaan kamtibmas.

“Polres Minsel menyatakan apresiasi kepada segenap warga pemeluk agama Khonghucu yang selama ini pro aktif mendukung program-program Kepolisian di bidang pemeliharaan Kamtibmas khususnya dalam masa Pemilu tahun 2019,” ungkap Kapolres.

Kapolres juga membahas tentang rencana kegiatan perayaan Imlek yang akan dilaksanakan pada hari Rabu (5/2) mendatang.

“Intinya kita berupaya menjaga dan memelihara stabilitas kamtibmas; direncanakannya juga bahwa pada Selasa tanggal 5 Februari nanti akan diselenggarakan perayaan Imlek bagi saudara-saudara kita pemeluk agama Khonghucu, mari sama-sama kita jaga dan sukseskan agar dapat terselenggara dengan baik, lancar dan kondusif,” imbau Kapolres.(/Ferrowaney)

Boroko, Sulutnews.com- Peristiwa pembongkaran brangkas KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dibongkar paksa maling pada dini hari sekitar jam; 01.30 sampai 03.00 pada hari Senin (04/02/2019).

Peristiwa pembongkaran paksa ini diketahui Aco seorang staf KPU setelah menyaksikan pintu ruang media center sudah terbuka dan ruang staf keuangan pintunya sudah dirusak.

Menurut keterangan Sekretaris KPU Bolmut Aminuddin Ilolu membenarkan peristiwa pembongkaran di ruangan staf keuangan dengan brangkas yang sudah rusak dibongkar paksa dan nilai kerugian raibnya uang tunai sejumlah Rp.80 juta lebih, dan sudah dilaporkan ke Polsek Urban Kaidipang. Proses menunggu hasil penyidikan pihak terkait.

Ketua KPU Djunaidi Harundja, SH menjelaskan dari sisi pengamanan melalui piket penjagaan hanya dilakukan siang hari sampai larut malam, sehingga ketika peristiwa itu terjadi adalah kelalaian kita bersama,

"Guna mengantisipasi peristiwa ini tidak terjadi lagi kami akan berkoordinasi dengan pihak Polsek Urban Kaidipang serta bantuan dari Satpol Pamong praja guna melaksanakan piket secara rutin." Ujar Harundja. (/Gandhi Goma).

Manado, Sulutnews.com - Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Dr. Sigid Tri Hardjanto, SH, MSi membuka acara pembekalan kepada personil Polda Sulut terkait pengamanan Pemilu 2019, di Ruang Lotus Hotel Sintesa Peninsula, Senin (4/2/2019).

Pembekalan diikuti 900 personil Polri yang terdiri dari para PJU, para Kapolres/ta jajaran, para Kapolsek, para Kabag, Kasat dan 690 anggota Bhabinkamtibmas se-Sulawesi Utara.

Dalam sambutan Kapolda menyampaikan beberapa hal penting :

  • Kegiatan ini merupakan sarana sosialisasi kesiapan kita atas tanggung jawab guna menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran demi suksesnya penyelenggaraan pemilu tahun 2019, khususnya di wilayah Sulawesi Utara sehingga tugas yang kita laksanakan dapat memenuhi harapan masyarakat.
  • Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri, berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi pileg dan pilpres tahun 2019.
  • Polda Sulut harus melakukan manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif, dengan mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan Penyelenggara Pemilu, TNI, masyarakat dan mitra keamanan.
  • Untuk mengantisipasi berbagai potensi kerawanan yang dapat terjadi pada setiap tahapan Pileg dan Pilpres tahun 2019 serta dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas tetap kondusif, Polri harus dapat sikapi dengan kematangan berpikir serta bertindak dengan penuh kedewasaan dalam menghadapi setiap tahapan supaya dapat berjalan sesuai dengan rencana.
  • Personel Polri dan semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Pileg dan Pilpres tahun 2019 dapat turut serta berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan dan memelihara kondusifitas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Sulut 

Kapolda menegaskan bahwa Polri tidak mungkin bekerja sendiri dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2019 ini, ucapan terima kasih kepada para Komandan Satuan TNI yang mendukung dan membantu melaksanakan pengamanan pileg dan pilpres tahun 2019 nanti.

Hadir dalam acara pembukaan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakapolda Sulut, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kesbangpol, Wakajati, perwakilan Bakamla dan perwakilan Lantamal.(/IT)