KUR PT Bank Arta Graha Internasional Tbk Bantu Harkat Hidup Petani Dan Wirausaha

Written by  Yayuk Wulur Sep 13, 2018

Manado, Sulutnews.com-PT BANK ARTA GRAHA Internasional Tbk Cabang Manado merupakan bank yang ditunjuk pemerintah untuk memberikan KUR bagi petani dan wirausaha yang ada di wilayah Sulawesi Utara.

Program KUR atau Kredit Usaha Rakyat dari PT Bank Arta Graha Internasional tbk ini bertujuan membantu petani dan wirausaha untuk mengembangkan usahanya. Di bidang pertanian KUR meliputi bantuan untuk padi sawah dan ladang jagung. Mikro ekonomi  meliputi industri pangan dan sandang. Sedangkan ritel meliputi usaha perdagangan, toko, kios dan warung skala kecil, demikian kata Kepala Cabang PT Bank Artha Graha Internasional Cabang Manado Raymon Cristoffel di Manado.

Skema KUR di Bank Artha Graha Cabang Manado, lanjut dia, tahun 2018 bunga pinjaman hanya 7 persen saja. Jenis KUR ini, menggunakan sistim bapak angkat meliputi pinjaman di bidang mikro ekonomi dan pertanian dengan plafon sebesar Rp25 juta pada setiap petani.  "Sedangkan untuk usaha ritel plafon dana sebesar Rp600 juta namun ini harus disertai anggunan," katanya. Sebelum KUR dijalankan pihak bank melakukan sosialisasi, kemudian bertahap dilakukan pembinaan, pendampingan serta pengawasan bersama bapak angkat untuk mencegah terjadi kredit macet saat proses pengembalian dana berlangsung.

Lebih lanjut ia menjelaskan, KUR bidang Pertanian perlu lahan seluas 1 hekter bagi petani sawah dan lahan perkebunan petani jagung. Bank dan bapak angkat memegang peran  penting guna berhasilnya proses penyaluran KUR hingga pengembalian kredit. Selain digunakan untuk modal pembibitan padi, dana dimanfaatkan pembelian pemupukan hingga waktu panen. Hasil panen dibagi antara bapak angkat dan petani 60%-40% sesudah terjadi kesepakatan.

"Untuk menjadi penerima KUR sistim bapak angkat ini, caranya mudah yaitu, harus menjadi nasabah Bank Artha Graha. Bapak angkat KUR berfungsi membentuk kelompok tani atau wirausahawan setelah itu kesepakatan dana dicairkan bank. Ia bertanggungjawab mengawal dana KUR ini dan proses pelunasannya selesai, namun ia wajib mengolah dan pemanfaatan dana. Saat memperoleh pinjaman kreditur wajib melunasinya dengan menyicil selama 3 tahun masa kredit dengan bunga hanya kisaran 7 persen nilai pinjaman," tambah juru bicara Media Center Bank Artha Graha, Ronald Rompas kepada sulutnews.com, Senin (16/9).

Di wilayah Sulawesi Utara penyaluran KUR pertanian terdapat di Bolaang Mangondouw, antara lain di Modayak dan Poigar. Manfaat KUR telah dirasakan oleh petani di daerah ini dimana mereka kini telah mampu memproduksi hasil pertanian padi serta jagung kwalitas bibit unggul berkat pinjaman dari Bank Arta Graha Internasional tbk, kata Ronald. (**Yy/Ty)