Danamon Terus Catat Kinerja Dan Pertumbuhan Yang Kuat Di Kuartal I 2022

Written by  Merson Simbolon Apr 28, 2022

Jakarta, Sulutnews.com – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mencatatkan kinerja positif di kuartal I 2022. Laba bersih setelah pajak (NPAT) Danamon meningkat sebesar 65% year-on-year, sementara laba operasional tumbuh sebesar 49% year-on-year.

“Dengan senang hati saya menyampaikan bahwa kinerja positif Danamon di kuartal I 2022 didukung oleh peningkatan sinergi dan kolaborasi dengan Adira Finance dan MUFG, serta peningkatan kapabilitas dan kemitraan digital yang kami lakukan secara berkelanjutan,” kata Yasushi Itagaki, Presiden Direktur PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Pertumbuhan Bisnis yang Berkelanjutan dan Kualitas Aset yang Sehat

Danamon terus bertumbuh di tengah pembatasan sosial (PPKM) akibat munculnya varian Omicron pada kuartal pertama tahun ini. Dengan menerapkan strategi pemilihan kredit yang berhati-hati, kredit pada segmen Enterprise Banking (EB) Danamon mencapai Rp61 triliun, meningkat 10% year-on-year (YoY). Pertumbuhan ini didukung oleh kolaborasi Danamon dengan jaringan MUFG dan fokusnya pada nasabah blue-chip dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada periode yang sama dan seiring dengan pulihnya sektor pembiayaan kendaraan bermotor, Adira Finance, anak perusahaan Danamon, mengalami peningkatan pada pembiayaan baru sebesar 33% dibandingkan kuartal pertama tahun lalu.

Juga pada kuartal I 2022, fokus Danamon pada pertumbuhan granular funding berhasil meningkatkan Giro dan Tabungan (CASA) sebesar 12% dengan rasio CASA mencapai 60,5%, naik dari 54,7% yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu.

Kualitas aset Danamon juga terus menunjukkan peningkatan. Rasio Non-Performing Loan (NPL) coverage mencapai 209% pada kuartal I 2022, dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 177%. Di kuartal I 2022, rasio NPL gross juga membaik 50 bps menjadi 2,8% sementara persentase Loan at Risk (LAR), yang mencakup COVID restructured loans under forbearance sebesar 15,4%, membaik 60bps dibandingkan tahun sebelumnya.

Indikator keuangan ini berkontribusi pada profitabilitas Danamon yang ditandai dengan tren quarterly yang stabil dari Net Interest Margin (NIM) sebesar 7,9% sementara laba operasional tumbuh 49% year-on-year. Pada akhir kuartal I 2022, Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) Danamon mencapai Rp860 miliar, meningkat sebesar 65% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sinergi dengan Adira Finance dan MUFG Dukung Kebangkitan Industri Otomotif Indonesia

Kolaborasi dan sinergi antara Danamon, Adira Finance dan MUFG, mendasari partisipasi grup dalam Indonesia International Motor Show Hybrid 2022 (IIMS) yang baru saja selesai diselenggarakan di JIExpo dari 31 Maret hingga 10 April 2022. Produk Danamon yang ditawarkan di IIMS Hybrid 2022 berfokus pada KPM Prima (pembiayaan mobil dan motor) yang didukung oleh Adira Finance, untuk membantu nasabah mewujudkan impian memiliki atau upgrade kendaraan bermotor mereka dengan mudah. Selain itu, Danamon juga menyediakan solusi keuangan yang komprehensif guna membantu nasabah existing maupun potensial dalam mewujudkan kebutuhan finansial dan wealth creation mereka, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Prima, Kartu Kredit, Rekening Tabungan, Bancassurance, serta D-Bank PRO sebagai aplikasi mobile banking dan solusi digital terintegrasi.

Untuk pembiayaan otomotif, sekitar Rp300 miliar atau sejumlah kurang-lebih 2.000 pengajuan kepemilikan kendaraan roda empat dan roda dua telah diterima selama periode IIMS 2022 – jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan proses evaluasi yang terus berjalan. Selanjutnya, kerja sama dengan berbagai pengembang properti menghasilkan pengajuan kredit kepemilikan rumah (KPR) dengan total nilai properti sekitar Rp100 miliar. Danamon juga berhasil memperoleh lebih dari 3.000 pengajuan baru untuk rekening tabungan dan kartu kredit.

Dalam acara penutupan yang diadakan pada hari Sabtu, 9 April 2022 di panggung Infinite JIExpo, Danamon bersama Adira Finance dan didukung oleh MUFG juga meraih penghargaan Best Sponsor Booth dari Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS Hybrid 2022. Danamon, Adira Finance dan MUFG juga meraih rekor MURI untuk kategori 'Pameran Otomotif dengan Grand Prize Terbanyak'.

Bersama, Danamon, Adira Finance dan MUFG juga tetap berkomitmen pada fokus IIMS di bidang green transition, dan mendukung pengembangan bisnis yang berkelanjutan termasuk akses ke teknologi ramah lingkungan. Sementara Indonesia telah menetapkan sasarannya untuk mencapai net-zero emission pada tahun 2060, Danamon mengharapkan peningkatan ketertarikan dari berbagai perusahaan untuk berinvestasi di energi terbarukan Indonesia, dan siap memberikan dukungan yang diperlukan untuk mewujudkan hal ini.

Setelah IIMS Hybrid 2022, Danamon terus berkomitmen untuk melayani nasabah existing maupun potensial di segmen Consumer dan Wholesale Banking guna mendukung industri otomotif yang berkelanjutan di Indonesia.

Ekspansi Berkelanjutan dalam Kemampuan dan Kemitraan Digital

Dalam upaya perluasan jangkauan nasabah dan peningkatan pengalaman nasabah (customer experience), Danamon terus melakukan pengembangan di bidang digital melalui upaya peningkatan kapabilitas dan kemitraan dengan perusahaan teknologi keuangan (FinTech). Hal ini mencakup berbagai inovasi atas D-Bank PRO dengan meluncurkan D-Wallet untuk Android dan D-Save Online Onboarding. Dengan menekankan peningkatan pada aplikasi mobile banking Danamon dan solusi digital terintegrasi di kuartal I 2022, Danamon memperluas kemitraan baru dengan CekAja.com dan CariNih untuk program onboarding online, serta dengan Dana untuk program Application Programming Interface (API) onboarding dan direct debit.

Penghargaan dan Pengakuan

Pencapaian keuangan Danamon yang konsisten menggarisbawahi upaya Bank untuk menyediakan produk dan layanan keuangan yang berkualitas kepada para nasabahnya. Berbagai upaya ini telah mendapatkan penghargaan dari industri, termasuk 11th Infobank Digital Brand Awards oleh Infobank Media Group dan lembaga pemantauan media global, solusi intelijen dan wawasan Isentia, di mana Danamon memperoleh penghargaan di 10 kategori, khususnya peringkat pertama untuk Deposito, KPR, Mobile Banking dan Wealth Management Bank Umum Konvensional, peringkat kedua untuk Bank Umum Konvensional (KBMI 3 – Modal Inti Rp 14 triliun sd Rp 70 triliun), peringkat kedua Unit Usaha Syariah, Produk Tabungan dan Kartu Kredit oleh Bank Konvensional, dan peringkat ketiga untuk Internet Banking dan Kartu Debit Bank Umum Konvensional.

Pada bulan Maret, majalah First Indonesia menganugerahkan Indonesia CSR Excellence Award kepada Danamon untuk kategori perusahaan CSR Terbaik 2022, dan terbaik di bidang lingkungan tempat kerja, program CSR berbasis Budaya Digital, dan program CSR dengan fokus kepemimpinan. Pada bulan yang sama, Danamon juga mendapatkan sertifikasi Platinum Greenship dari Green Building Council Indonesia dan meraih posisi kedua dalam Pelaporan Transaksi Keuangan Mencurigakan yang melibatkan Green Financial Crime oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

“Kinerja dan pertumbuhan positif Danamon adalah hasil dari upaya berkelanjutan dan tanpa henti untuk mewujudkan brand promise Danamon, yaitu memberikan solusi keuangan agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka,” tutup Yasushi Itagaki.(/Merson)