Ekonomi & Bisnis

Ekonomi & Bisnis (20)

 

Warga Manado kini dapat mencoba aplikasi transportasi terbaru yang bisa menentukan biaya perjalanan sendiri.

Manado, Sulutnews.com - 5 Desember 2019 – inDriver sebuah aplikasi transportasi online yang berkantor pusat di Mountain View, California, kini hadir dan tersedia di Manado. Kehadirannya dalam rangka meninjau respon masyarakat akan inovasi terbaru aplikasi transportasi online. Fitur unggulannya yaitu Real Time Deals, membuat penumpang dapat menentukan biaya perjalanannya sendiri. Para mitra yang tergabung juga dapat memilih sendiri perjalanan yang paling menguntungkan dan nyaman. Dengan begitu, penumpang tidak akan merasakan kenaikan harga yang disebabkan oleh jam sibuk, kemacetan lalu lintas, dan banyaknya permintaan. Sekarang, layanan ini digunakan oleh 35 juta pengguna di lebih dari 300 kota di 26 negara.

Manado yang merupakan kota kedua terbesar di Sulawesi memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi. Menurut Mor D Bastian, selaku Wakil Walikota Manado, masalah kemacetan yang belakangan ini semakin parah, disebabkan oleh peningkatan jumlah kendaraan. Selain itu, hal tersebut pun dipicu oleh tidak dipatuhinya rambu-rambu lalu lintas oleh para pengguna jalan. Keterbatasan transportasi umum di Manado yang faktanya hanya tersedia layanan angkutan umum dan taksi serta penyewaan kendaraan saja, mendorong inDriver untuk hadir dengan fitur-fitur unggulan yang dapat menjawab kebutuhan warga Manado akan ketersediaan transportasi umum yang diinginkan.

Di Manado, mitra yang terhubung pada aplikasi ini sudah sebanyak 1.000 pengemudi, dan setiap harinya ada puluhan pengemudi baru yang mendaftarkan diri. Pada tahap awal setelah peluncuran, inDriver tidak akan membebankan biaya komisi kepada mitra terdaftar. 

Fitur yang dimiliki inDriver memperbolehkan penumpang untuk mengatur tarif mereka sendiri terkait rute atau destinasi yang menjadi tujuan mereka. Nantinya, pengemudi terdekat akan langsung menerima pemberitahuan melalui aplikasi dan akan ada tiga pilihan yang dapat dipilih sesuai dengan yang mereka inginkan; (1) menerima biaya yang ditetapkan oleh penumpang, (2) mengabaikan tawaran penumpang, dan (3) menawar dengan harga yang lebih tinggi.

Fitur unggulan yang menguntungkan bagi para mitra saat menerima pesanan adalah, mereka tidak secara langsung ditetapkan sebagai pengemudi dari penumpang yang memesan. Begitu penawaran disetujui oleh pengemudi, penumpang dapat memilih pengemudi yang sesuai dengan kategori yang diinginkan seperti tarif yang sesuai, peringkat pengemudi di aplikasi, perkiraan waktu kedatangan atau model kendaraan.

Selain itu, inDriver menawarkan pilihan kepada para pengguna untuk menciptakan perjalanan yang lebih aman dan nyaman. Penumpang dapat berbagi lokasi GPS dan detail perjalanan secara langsung dari aplikasi dengan orang yang mereka percaya.

Jangkauan area pelayanannya mencakup seluruh daerah pinggiran kota Manado. Saat ini, pembayaran bisa dilakukan dengan uang tunai, yang memungkinkan dapat mengurangi biaya perjalanan, tidak seperti ketika membayar dengan kartu atm yang mengenakan biaya tambahan.

Minggu ini akan ada penawaran menarik khusus untuk pengguna inDriver. Bagi penumpang yang menggunakan aplikasi inDriver akan mendapatkan potongan harga 20% dari tarif normal. Contohnya, untuk perjalanan dari Manado Town Square ke Kampung Cina, pengguna hanya membayar Rp 11.000, dan dari Tugu Zero Point ke Citraland WaterPark Manado, Rp 15.200.

Aplikasi dapat diunduh di Google Play Store dan AppStore secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi Instagram @inDriver_Indonesia atau silahkan menghubungi untuk menjadwalkan wawancara :

Cathy Mewengkang                Angela Clarissa

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.        This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

089622221118                      08999045505

Tentang inDriver

Selama musim liburan tahun baru 2012, suhu turun di bawah -45C di kota Yakutsk, Siberia, di Rusia Timur. Akibatnya, pengemudi taksi lokal secara bersamaan menggandakan biaya perjalanan - membuat pengendara (secara harfiah) keluar dalam cuaca dingin. Sebagai tanggapan, penduduk Yakutsk menciptakan kelompok "Pengemudi Independen" di jejaring sosial Rusia, tempat orang-orang memposting permintaan perjalanan, mendaftar harga yang ingin mereka bayar, dan pengemudi menerima pesanan mereka. Hanya dalam enam bulan, lebih dari 60.000 orang telah bergabung dengan grup. Tidak lama kemudian, aplikasi seluler inDriver dibuat untuk menggantikan grup, yang memungkinkan penumpang untuk secara mandiri menetapkan ketentuan paling optimal untuk perjalanan mereka. Saat ini, layanan ini digunakan oleh 32 juta pengguna di lebih dari 300 kota di 26 negara.

 

Kuala Utara, Sulutnews.com - Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) telah melakukan dialog dengan tema "Koordinasi Antara Pemerintah Daerah Dengan Dunia Usaha Di Bidang Penanaman Modal" dihadiri dari keterwakilan dari Bank Sulutgo dan Manajer Regional Indomaret bertempat di Aula Lavista Cafe Desa Kuala Utara. Jumat (06/12/2019) Jam 14.29 Wita.

Acara ini dibuka resmi oleh Asisten 1 Pemkab Bolmut Drs. Leksi Talibo mewakili Bupati Bolmut Drs Depri Pontoh. Kesuksesan dari berinvestasi harus didasari oleh tujuan yang jelas dan proses yang benar. Kami percaya bahwa tidak ada jalan pintas dalam berinvestasi, dan setiap langka transaksi yang dilakukan investor adalah penting meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor jasa perbankan dan perdagangan.

"Melakukan penelitian dan pengkajian potensi peluang investasi daerah secara berkelanjutan guna mewujudkan kerjasama dengan investor dan membuka peluang bagi semua pihak dengan memperhatikan potensi perkembangan perekonomian rakyat." Ujar Leksi Talibo.

Haris Bangko, SH. M.Si selaku Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bolmut sebagai moderator dialog ini menyampaikan tujuan dialog guna meningkatkan penanaman modal usaha dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat untuk mewujudkan peningkatan pembangunan daerah.

Cakra Buhang dalam kapasitas menangani Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Sulutgo untuk tahun depan dengan tingkat bunga perbankan 11 % pertahun. Artinya peluang untuk membuka usaha kelompok dari pertanian khususnya penanaman jagung akan kita modali sampai siap panen.

Fikri Gam sebagai Koordinator Indomaret untuk wilayah pemasaran dan investasi Sulut dan Gorontalo masih membutuhkan lokasi pembangunan Indomaret sesuai target sekita tiga ribuan lebih dan rekrutmen tenaga kerja asli daerah kurang lebih lima ribuan lebih. Hal ini berdampak positif bagi tenaga kerja di daerah serta kita bersinergi dengan pedagang lokal turut memasarkan produknya yang diatur sesuai ketentuan yang ada.

"Kita adalah mitra sejajar dengan pedagang lokal dan saling menguntungkan. Keliru jika ada mengatakan bahwa kehadiran Indomaret akan mematikan usaha kecil dan menengah di daerah." Kata Fikri Gam yang berasal dari Bohabak.

Acara ini dihadiri Kadis Pariwisata Bolmut, para pengusaha lokal, Sangadi, Camat, serta para pelaku usaha pemula yang sangat membutuhkan permodalan dari perbankan dan pemasaran produksi di Indomaret serta dibutuhkan pedampingan dari pihak terkait pemangku kepentingan.(Gandhi Goma)

Manado, Sulutnews.cm - Kanwil BRI Suluttengo dan Malut bersama sejumlah pengusaha bantu 14 Panti asuhan dan kaum  duafa Senin (14/10/2019) malam di Swisbel Hotel, dalam acara Jumat Berbagi,

Dalam acara itu Kakanwil BRI Sulistijo bersama Staf Ahli Presiden Tatang Badru Amam dan sejumlah pengusaha memberikan bantuan berupa uang Rp 45 juta.

Menurut Sulistijo kegiatan inj karena kepedulian kepada yang membutuhkan. Ini sudah di lakukan di beberapa tempat seperti Palu Gorontalo dan Ternate Maluku Utara.

Jumat Membagi ini penting untuk membantu sesame, demikian dikatakan Staf Shli Presiden Tatang Badru Aman. Ia menilai membagi kepada sesama itu penting, itu tidak akan mengurangi rejeki. Justru akan membuka pintu rejeki.

“Jadi kegiatan Jumat Membagi harus dilakukan terus menerus untuk kemajuan daerah dan meringankan beban yang berkekurangan”, Tegas Badru(/Fanny)

Manado, Sulutnews.com - Kesenjangan antara kebutuhan dan keberadaan akses fmansial yang ada di Indonesia menjadikan perkembangan industri fmtech juga turut meningkat.

Hal tersebut didukung oleh adanya peer-to-peer lending yang memudahkan masyarakat untuk mengakses kebutuhan produk finansial, salah satunya KoinWorks.

KoinWorks merupakan peer-to-peer/ending yang mempertemukan pendana (lender) dan peminiam (borrowers) di satu digital platform yang sama sebagai bentuk komitmen KoinWorks untuk mewujudkan inklusi finansial di Indonesia melalui teknologi finansial.

KoinWorks hadir mempermudah pengguna dalam mengajukan pinjaman dengan produk-produk finansial yang ditawarkan, seperti produk unggulannya KoinBisnis dan KoinPintar.

Sedangkan untuk pendana, terdapat fitur-fitur yang bisa dinikmati untuk mempermudah pendanaan, antara lain Multi Auto Purchase.

Peminjam dapat mengajukan pinjaman yang bersifat produktif dengan bunga bersaing dan tenor hingga 24 bulan.

Namun selain untuk kebutuhan bisnis, peminjam juga dapat mengajukan pinjaman untuk kebutuhan pembiayaan pendidikan. Tidak hanya pendidikan formal, KoinWorks juga dapat memberikan pinjaman untuk pendidikan informal, seperti melalui kursus di berbagai bidang antara lain bahasa, kecantikan, online learning, IT, dan beragam lainnya.

Tidak hanya sampai disitu, pendana juga dapat menerima keuntungan, yaitu hingga 21,32% p.a. Selain menerima hasil pendanaan yang maksimal, pendana juga dapat merasakan fitur-fltur untuk memudahkan pendana dalam menyalurkan pinjaman, seperti mur Multi Auto Purchase yang memungkinkan pendana untuk memilih pinjaman yang ingin didanai berdasarkan preferensi antara Iain grade, jenis pinjaman, dan tenor.

Frecy Ferry Daswaty selaku VP of Marketing KoinWorks mengatakan, “KoinWorks terus berupaya untuk membuka akses finansial yang lebih luas Iagi untuk masyarakat Indonesia dan mendukung misi Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan inklusi fmansial dengan segala fltur dan produk yang ditawarkan dalam satu platform daring yang sama. Memanfaatkan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI), KoinWorks menawarkan kemudahan akses di setiap produk fInansial yang ditawarkan agar pengguna dapat menggunakan peer-to-peer lending dengan mudah.”

Memprioritaskan keamanan pengguna, KoinWorks yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2016 ini juga menyediakan Dana Proteksi untuk memberikan rasa aman dan meningkatkan kredibilitas di antara pengguna. Selain itu hingga pertengahan tahun 2019, NPL dibawah 0,9 %.

Kini KoinWorks telah memiliki lebih dari 300.000 pengguna yang terdaftar baik sebagai pendana dan peminjam dan terus tumbuh dengan pesat seiring berjalannya waktu dan KoinWorks bahkan telah menyalurkan pendanaan rata-rata Rp180 miliar per-bulan.

KoinWorks telah menerima pendanaan Serl A pada awal 2019 Ialu dari Quona Capital setelah sebelumnya berhasil menerima pendanaan seri A pada Agustus 2019 yang dipimpin oleh Mandiri Capital Indonesia, Gunung Sewu, serta Convergence Ventures. Pada pertengahan 2019, KoinWorks kembali berhasil menerima pendanaan Seri B yang dipimpin oleh EV Growth dan Quona Capital senilai 16,5 juta dolar Singapura atau setara dengan sekitar Rp170 miliar.

‘Hingga saat ini, Iebih dari 60% pendana di platform KoinWorks merupakan generasi milenial den 70% diantaranya menyatakan bahwa KoinWorks merupakan instrumen investasi pertama mereka. Bahkan pendana juga bisa mulai mendanai mulai dari Rp100.000. lni menunjukkan komitmen kami untuk terus berupaya mendekatkan diri kepada masyarakat dan mengajak mereka untuk mulai berinvestasi sejak dini,” tambah Frecy.

Pada kali ini KoinWorks juga berkesempatan untuk mengunjungi Manado dalam rangkaian acara Money Diary Talks (MDT) yang dilaksanakan pada Kamis, 1 Agustus 2019 dengan tema “Keep Your Financial and Lifestyle Balance”.

MDT merupakan acara talkshow yang ditujukan bagi para para lenders KoinWorks dengan tujuan untuk memberikan edukasi finansial dengan narasumber yang berpengalaman dan ahli di bidangnya.

Diketahui,  KoinWorks adalah sebuah platform Peer-to-Peer (P2P) Lending dengan jumlah pendana terbesar di Indonesia dan telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

KoinWorks mempertemukan peminjam dan pendana secara online untuk memberikan akses pada layanan keuangan bagi masyarakat yang belum terlayani oleh Iembaga perbankan melalui berbagai macam layanan dalam satu platform. KoinWorks telah dipercaya oleh Iebih dari 300.000 pengguna dan menjadi wadah untuk pengembangan bisnis dan pendidikan.

KoinWorks dianugerahkan sebagai The Most Innovative Fintech of the Year 2017 oleh Bisnis Indonesia dan Innovative Company in Providing Online Funding with Machine Learning, Category: Financial Technology tahun 2018 dan 2019 dari Watta Ekonomi berkomitmen untuk dapat memberikan layanan terbaiknya bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia agar terciptanya inklusi finansial di Indonesia. lnformasi Iebih detail: www.koinworks.com

 

Manado, Sulutnews.Com - Komitmen menjadikan BSG agar tidak kalah bersaing dengan Bank yang lain, maka pihak Management Bank milik pemerintah Provinsi Sulut dan Gorontalo telah melaunching BSGdebit. Pada press conference  Jumat (25/7/2019) bertempat di Manado Town Square, Direktur Utama BSG Jefrie Dendeng menjelaskan BSGdebit memiliki desain berbasis Chip yang memenuhi ketentuan standar nasional teknologi Chip (SNTC atau NSICCS) yang ditetapkan Bank Indonesia.

"Pengembangan untuk lebih memberikan pelayanan prima bagi nasabah adalah tujuan BSGdebit dan ini akan terus dikembangkan," jelas Dendeng.

Juga kata Dendeng, kemudahan yang didapat oleh nasabah ketika menggunakan BSGdebit dapat melalui mesin BSGatm, mesin electronic (EDC) untuk transaksi pada pembelanjaan marchant, termasuk kemudahan berbelanja di toko, tenant secara non tunai. "BSGdebit sangat mudah digunakan dan bisa memenuhi semua kebutuhan nasabah," ungkap Dendeng.

Sejak mendapatkan ijin dari Bank Indonesia, transaksi telah mencapai angka Rp 3,5 Miliar dengan pengguna kartu BSGdebit sebanyak 1291 dari total 2621 kartu atau sebesar 74 persen. Inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah BSGdebit yang sudah dilaunching bisa bertransaksi Maksimal Rp 5 - 10 juta. (/Josh Tinungki)

Minsel, Sulutnews.com - Bank SulutGo dalam menjawab kebutuhan nasabah serta perbankan modern berbasis digital, telah melakukan trobosan dengan meluncurkan kartu BSG debit yang berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Dalam peluncuran kartu tersebut Bank SulutGo menggelar Road Show BSG debit disetiap Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara.

Kali ini, Rabu (24/7/19) didepan kantor Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melaksanakan road show BSG debit yang dibuka langsung oleh Bupati Minsel DR. Christiany Eugenia Paruntu, SE yang diwakili oleh Kadis Kominfo Minsel Roy Mandey.

Selaku Pemimpin Departemen Dukungan dan Layanan di Divisi Pengembangan Bisnis BSG Meiske Tumoror saat di konfirmasi sejumlah media mengatakan untuk BSG Debit ini sudah sesuai dengan standard Bank Pembayaran Nasional (BPN) yang di gagas oleh Bank Indonesia.

"BSG debit ini boleh melakukan pembayaran merchan diedisi-edisi yang berlogo GPN. Karena memang kartu ini diproses sesuai standar gerbang pembayaran nasional, serta bisa bertransaksi dimana saja." jelas Tumoror.

Untuk itu dalam menjawab kebutuhan masyarakat di Sulawesi Utara terlebih diKabupaten Minahas Selatan, maka diluncurkan kartu BSG debit, juga sebagai implementasi transaksi non tunai dilingkungan pemerintahan daerah.

"Jadi untuk mendapatkan kartu BSG debit ini, bagi nasabah Bank SulutGo, hanya melakukan penukaran kartu yang lama." tukas Tumoror.

Ia menambahkan, guna pelayanan berbasis digital, Bank SulutGo akan terus melakukan inovasi serta optimis dengan hadirnya kartu BSG debit ini, akan menjadi pemicu transaksi dengan menggunakan mesin electronic data capture, sehingga akan lebih muda melakukan transaksi.

Adapun acara tersebut dihadiri oleh Wakapolres, Kaban Keuangan dan seluruh ASN serta masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan, juga turut dimeriahkan oleh artis nasional asal Sulut Mongol Stres dan band lokal serta pemberian doorprize bagi nasabah. (/Ferrowaney)

Manado, Sulutnews.com - Untuk mempertegas sinergitas seluruh Asosiasiasi Perusahaan dan Profesi, maka dalam waktu dekat ini akan diadakan pertemuan dengan para pengurus badan usaha di Sulut. " Saya akan himpun para ketua-ketua dan sekretaris ataupun pengurus Asosiasi," ujar Jimmy Senduk Sekretaris Gabpeknas Sulut ini.

Menurut Senduk sudah ada beberapa Ketua dan Sekretaris asosiasi yang sudah bersedia hadir. Soal waktu akan di umumkan ujar Pemrakarsa pertrmuan ini.

Pimpinan Media online ini juga mengatakan inti pertemuan sifatnya seputar koordinasi untuk menyikapi berbagai kegiatan konstursi di daerah ini yang notabene perlu sinergitas dengan asosiasi.

Menjawab pertanyaan Media, Senduk mengakui pertemuan ini sangat penting dan diharapkan semua pimpinan asosiasi bias ambil bagian demi membantu pemerintah dalam mewujudkan pembangunan konstruksi yang lebih baik dan berkesinambngan sesuai dengan aturan dan ketentuan, tegas.ketua.APJI Sulut ini.(/MS)

Manado, Sulutnews.com - Menteri Pariwisata Dr Arief Yahya mengatakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Pulisang Di Kecamatan Likupang Kabupaten Minahasa Provinsi Sulut akan mendatangkan investasi sekitar Rp 11 triliun untuk membangun hotel dan sarana wisata lainnya.

Selain itu kedepan akan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke daerah tersebut."Jadi sangat baik dan akan memajukan ekonomi Sulut kedepan."Kata Arief Yahya saat acara dimulainya pengusulan pembangunan (KEK)Pariwisata Likupang di Hotel Peninsula Manado.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Sulut Steven Kandow dan instansi terkait lainnya. Acara ditandai dengan pemberian proposal rencana pembangunan KEK oleh pengusaha Martina Wijaya Dirut PT Minahasa Permai Resort Development (PT MPRD) kepada Wakil Gubernur dan diteruskan kepada Wahyu Utomo Deputi Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Perekonomian.

Meteri Arief Yahya menilai  potensi KEK Likupang sangat baik dan akan menjadi hub bagi mereka yang hobi perahu layar, KEK ini menjadi penting karena potensi pantainya, "Saya optimis bulan Juni nanty sudah resmi KEK ini yang akan memajukan masyarakat sekitra" Katanya.

Sulut jelas banyak potensi wisatanya ada Taman Laut Bunaken, Selat Lembeh dan potensi lainnya. Bahkan kunjungan wisatawan cukup banyak saat ini karena komitmen Gubernur sehingga  banyak wisatawan yang masuk Sulut.

Menteri berharap infrastruktur penunjang seperti jalan dan Bandara harus baik.Satu jam dari Bandara Sam Ratulangi sangat baik namun Bandaranya harus diperpanjang menjadi 3.000 meter.

Sementara itu Wahyu Utomo dari Kementrian Perekonomian mengatakan dokomen KEK Tanjung Pulisang Likupang kami akan pelajari secepatnya, Kalau dokumen lengkap maka akan segera ditetapkan KEK ini asalkan lengkap dukumenya.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandow nengatakan sangat besar manfaatnya dengan adanya KEK Likupang, karena ekonomi warga akan meningkat. Luas KEK Likupang sekitar 600 ha. Martina Wijaya Dirut PT MPRD mengatakan wilayah KEK Likupang kami masuk sejak lama dan potensinya besar. Ia masuk dengan investasi besar kedepan."Saya bangga karena Menteri Pariwisata sudah mendorong KEK Likupang."Katanya.(/Fanny)

Manado, Sulutnews.com - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Kecamatan Likupang Kabupaten Minahasa akan dibangun diperkirakan akan ada investasi sekitar Rp 16 triliun dalam beberapa tahun mendatang.

"Jadi KEK Parawisata yang pertama di Sulut dan akan dicanangkan pembangunannya 27 Maret 2019 oleh Menteri Pariwisata itu akan menunjang ekonomi daerah Sulut”, hal itu dikatakan Hengky Manurung Asisten Deputi Investasi Pariwisata Kementrian Pariwisata kepada wartawan usai memimpin rapat KEK Pariwisata Likupang di Hotel Aryaduta Manado 15 Maret.

Hadir Kadis Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang dan pejabat lainnya pelaku pariwisata dan lembaga terkait.

Menurut Manurung multiplayer efek besar skali kalau KEK Pariwisata ini terealisasi. Akan masuk deviden dari pengelolah sekitar Rp 600 miliar. Tenaga kerja banyak terserap dan UMKM banyak juga yang masuk. KEK ini sangat baik karena itu semua aturan harus kita ikut termasuk masalah ijin dan lahan.

Kepala Dinas Pariwisata Dulut Daniel Mewengkang mengatakan kunjungan wisatawan akan meningkat kalau KEK Pariwisata terealisasi, saat ini saja sudah sekitar 200 persen terutama dari China, banyak obyek wisata yang harus kita bangun kedepan, tegas Mewenkang.

Sementara itu Kepala Bidang Tataruang Dinas PU dan Perumahan Rakyat Herman Kussoy mengatakan lahan KEK sekitar 377 ha dan bersertifikat lahanya dan ada 16 ha lahan hutan lindung yang akan menjadi obyek wisata. Hernan mengatakan KEK ini akan dibangun dengan infrastruktur yang lengkap baik jalan listrik dan juga air bersih.(/Fanny)

Manado, SulutNews.Com - Bupati Kabupayen Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap menegaskan, untuk pelaksanaan Pemilihan Presiden tanggal 17 April 2019, Kabupaten Minahasa Tenggara cuma Satu yakni mensukseskan terselenggaranya Pilres aman dan damai. Menurutnya dengan sukses    Pemilu itu berarti apa yang telah diprogramkan juga dapat dilaksanakan.

"Kabupaten Minahasa tenggara cuma satu, penyelenggaraan Pilpres sukses," tegasnya kepada sejumlah wartawan di sela acara pelaksanaan RUPS Bank Sulut Gorontalo.

Juga kata Bupati yang digadang  maju di Suksesi Walikota Manado ini mengatakan, selain satu target sukses Pilpres, juga dalam kaitan Pileg khusus untuk DPRD Sulut Kabupaten Mitra juga menargetkan Satu Kursi. "Khusus untuk Minahasa Tenggara cuma satu kursi, belum termasuk Minsel," tegas Sumendap.

Terkait target perolehan suara untuk Pemilu Presiden dukungan suara dikabupaten Mitra ditargetkan 60 persen untuk pemenangan Capres nomor Urut 01," terangnya. (/Josh Tinungki)