Ekonomi & Bisnis

Ekonomi & Bisnis (10)

Tomohon, Sulutnews.com - Perkembangan kota Tomohon yang semakin berkembang dan semakin pesat dan yang juga semakin maju,sehingga kini hadir hotel yang berbintang dua yaitu hotel wise.yang beralamatkan di jalan tinaras kelurahan kamasi kecamatan Tomohon tengah.Jumat,15/2/2019.

Wise Hotel ini memiliki 30 Kamar tidur yang terbagi, Room Superior, Deluxe, Junior Suaite, Executive Suite, serta Wise Suite. Dan untuk harganya, Room Superior Rp299.000/hari, Deluxe Rp399.000/hari, Junior Suite Rp542.000/hari, Executive Suite Rp699.000/hari serta Wise Suite Rp799.000/hari.”

Tommy Senewe, selaku General Maneger Wise Hotel.mengatakan bahwa dengan hadirnya hotel wise ini akan memberikan pelayanan yang terbaik selayaknya hotel berbintang lima.Dengan merasakan kenyamanan seperti tinggal di rumah sendiri.Dan siap juga membantu apabila juga dari Pemerintah dari kota Tomohon mengadakan iven nasional maupun internasional.Serta akan menyiapkan  beragam penunjang pariwisata untuk Tomohon International Flower Festifal (TIFF) 2019."tutup senewe".(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com- Dibulan kasih sayang ini Hotel Wise Diskon hingga 60% ditawarkan Wise Hotel, yang terletak di Jalan Tinaras Kelurahan Kamasi Kecamatan Tomohon Tengah,Diskon hingga 60%.Kamis 14/2/2019.

Hotel wise dengan terbilang hotel yang fasilitas seperti hotel berkelas ini,  baru dibuka dan memberikan  promo ini pada tanggal 13 dan 14 Februari yang di kenal dengan hari Valentine.

Dengan tidak ketinggalan pula promo ini juga berlaku pada hari minggu di bulan Februari 2019 ini.sungguh sangat di sayangkan jika tidak merasakan kenyamanan nginap di hotel yang berkelas seperti ini dengan harga yang sangat memuaskan.

Gabriela Mokula yang sebagai sales  Marketing manajer Hotel wise mengatakan pula bahwa  ini juga memberikan  promo untuk tipe kamar Deluxe. Dari harga Rp 399.000/hari, untuk tanggal 13, 14 dan setiap hari minggu di bulan Februari ini cuma hanya dengan Rp 150.000 ini pula sudah termasuk sarapan pagi untuk dua orang dan  sudah bisa menginap di Wise Hotel.(/Prise)

Tomohon, Sulutnews.com - Digelar opening press conference danau linow yang dilaksanakan di Danau linow lahendong,Kamis 20/12/2018.

Danau linow yang semakin mengembangkan potensi sebagai kekayaan alam  dan juga merupakan daya tarik wisata memiliki karakter yang tersendiri,Dimana danau juga ini merupakan suatu tempat dimana menjadi suatu perpaduan antar tersedianya air dan dengan keindahan alam menjadi satu bentuk yang indah dan menarik serta memiliki nuansa alami,dimana juga air yang sangat berperan penting dalam memberikan kehidupan yang ada disekitarnya.

Sebagai potensi danau linow adalah :

  1. Mengembangkan sistem pengelolaan kawasan wisata danau linow melalui pengelolaan potensi alam,masyarakat setempat dan didukung tenaga ahli dibidangnya.
  2. Perkembangan fungsi potensi danau linow yang sebagai fungsi rekreasi dan hiburan serta kegiatan wisata ramah lingkungan
  3. Memabangun kesadaran dan penghargaan atas lingkungan dan ekosistem danau serta budaya.
  4. Mengembangkan prasarana dikawasan wisata danau yang sebagai bagian pelayanan kepada wisatawan
  5. Membangun citra kepariwisataan daerah.

Bagi mereka yang akan menggelar acara seperti perkawinan dan acara syukur lainnya, harga dimulai dari 150 ribu per kepala dengan kapasitas tempat duduk maksimal 1.500 orang.

Konferensi Pers Soft Opening Danau Linow Resort

Sementara Manager Restauran Lenda Supit mengatakan, saat ini Danau Linau Resort telah menambah menu. Bukan hanya pisang goring atau penganan ringan lainnya tapi sudah dilengkapi dengan menu makanan oriental dan masakan khas Manado.

‘’Ya, kami sudah menambah menu untuk lebih memanjakan pengunjung,’’ jelas lenda

Pengunjung di Danau Liow Resort sendiri tiap harinya makin bertambah. Selain dari local, banyak juga turis mancanegara terutama dari China.

Ini Fasilitas Danau linow Resort

  • Tempat acara untuk rapat, konferensi, pernikahan, ulang tahun, gathering dan lainnya.
  • Terdapat 3 ruang meeting: Mahawu, Lokon, Soputan.
  • Memiliki kapasitas 1.500 tempat duduk.
  • Jam operasional Senin-Minggu Pukul 09:00 Wita-22:00 Wita.
  • Menu Makanan: Oriental, dan Manado.
  • Menyediakan minuman beralkohol: beer, wine, spirit,liquor.
  • Tiket masuk Rp25.000 (+Rp5.000 retribusi Dinas Pariwisata).
  • contak person 082191507889 atau email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

(/Prise)

Manado, Sulutnews.com - Panasonic mempersembahkan AC terbaru si-BIRU yang lebih tangguh menjaga kesejukan dengan teknologi Blue Fin yang melindungi evaporator dan kondensor, yang memiliki 4 tipe pilihan, AC (CS/CU-LN5UKJ, CS/CU-LN7UKJ CS/CU-LN9UKJ, CS/CU-LN12UKJ) dengan kapasitas 1/2 PK, 3/4PK, 1PK, dan 1 1/2 PK untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat Kota Manado dalam menjalani kehidupan yang lebih baik. Launching dilaksanakan di Hotel Aryaduta Rabu, (19/12/2018)

Pamiludin, Branch Manager Manado PT.Panasonic Gobel Indonesia mengatakan, selama 100 tahun terakhir, Panasonic selalu berinovasi dalam menghadirkan teknologi terbaik bagi masyarakat di seluruh dunia. “Pentingnya kenyamanan bagi masyarakat Manado saat beristirahan dan berkumpul bersama keluarga di rumah membuat kebutuhan pendingin ruangan yang tangguh semakin meningkat, untuk itu Panasonic selalu berupaya menghadirkan kehidupan yang lebih baik, sesuai dengan tagline perusahaan ‘A Better Life A Better World’, salah satunya dengan menghadirkan solusi melalui pendingin ruangan yang tangguh Si-BIRU”, ujarnya.

Robert Sitepu, Assistant Manager Product Marketing PT.Panasonic Gobel Indonesia mengatakan  “produk si-BiRU yang tangguh hadirkan konsep utama (Bandel, Irit, Ramah Lingkungan, Umur panajang).  AC ini diklim bandel, mampu beroperasi pada tengangan listrik yang tidak stabil dan rendah hingga 160V. selain itu juga irit, karena  hemat listrik, AC Panasonic sudah tersertifikasi dan meraih efisiensi energy paling tinggi dengan rating bintang empat (****)  dari Kementerian ESDM, sehingga menghasilkan pendinginan yang cepat dan disertai dengan konsumsi listrik yang hemat. Harga si-BIRU mulai dari Rp3 jutaan - Rp4,5 jutaan sesuai dengan tipe”, tegasnya.

AC si-BIRU juga dilengkapi dengan fitur terbaru, Blue Fin di evaporator dan condenser membuat AC tidak mudah bocor dan tangguh, juga menggunakan Refrigerant 32 generasi baru yang lebih ramah lingkungan dan tidak merusak lapisan ozon dan lebih cepat dingin. Di samping itu juga tahan lama karena bagian Outdoor (unit luar) AC Panasonic menggunakan material khusus SuperDyma yang membuat AC anti korosi dan tahan lama, cocok untuk iklim di Manado.

Faizal Susanto sebagai Engineer  memberi penjelasan bahwa Si-BIRU sudah terlindung dari bahaya korsleting karena PCB dilapisi dengan bahan silicon. Dilengkapi dengan panjang pipa yang mencapai 20M, instalasi lebih mudan dan lebih fleksibel.(/MS)

Manado, Sulutnews.com - Dana Pensiun PT Bank SulutGo kini dikelolah secara professional. Tak heran setiap tahunnya mampu menciptakan laba yang cukup besar, bahkan melampaui target yang ditetapkan. Untuk tahun 2018 ini saja, laba yang ditargetkan mencapai Rp 14 miliar dan pihak pengelolah optimis bisa mencapainya karena dikelolah secara sangat hati-hati. “Jika ceroboh dalam mengelolahnya, bisa berakibat fatal karena ini menyangkut nasib karyawan Bank SulutGo dan para pensiunan,” kata Ketua Dana Pensiun PT Bank SulutGo, Adri Sorongan SE kepada Wartawan di ruang kerjanya.

Menurutnya, dana pensiun ditempatkan di sejumlah lembaga keuangan yang terpercaya baik dalam bentuk deposito maupun surat berharga seperti Surat Utang Negara (SUN) dengan resiko yang sangat minimal. Sebab salah melangkah bisa berbahaya. “Lebih baik keuntungan yang tidak begitu besar tetapi aman, daripada mencari keuntungan besar tetapi beresiko tinggi,” kata mantan pimpinan divisi umum dan kredit PT Bank Sulutgo.

Tentang fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar, Dana Pesiun Bank SulutGo tidak terganggu. “Naiknnya nilai tukar dolar terhadap rupiah tidak berpengaruh karena kita tidak main valas,” katanya. Hanya saja dengan kondisi pertumbuhan ekonomi yang agak melambat membuat pihak Dana Pnesiun Bank SulutGo melakukan revisi sedikit terhadap target laba. “Kami yakin laba tahun 2018 akan tercapai,” kata Sorongan lagi. Kepala Badan Pengawas Dana Pensiun PT Bank SulutGo, Revino Pepah SE.MM memberikan apresiasi kepada pengurus yang terdiri dari Adri K Sorongan, SE (ketua), Ris Lapian Suma (Sekretaris) dan Adriana Kaseger (bendahara). Sebab tadinya posisi berada diperingkat bawah, namun kini Dana Pesniun Bank SulutGo berada pada level atas dengan kemampuan bisa menanggulangi segala resiko jika terjadi sesuatu dengan PT Bank SulutGo. “Mereka mampu membayar semua kewajiban karena kondisi yang sangat prima,” kata Pepah yang kini menjabat Dirum PT Bank SulutGo. (Meldi s)

Manado, sulutnews.com - Dewan Konsulat Otoritas Jasa Keuangan Wimbo Santoso, Rabu (12/12) melantik Slamet Wibowo sebagai Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara,Gorontalo dan Maluku Utara yang baru menggantikan penjabat lama Ellyanus Pongsod di Aula Kantor Gubernur 17 Agustus Manado,Sulawesi Utara.

Slamet Wibowo sebelumnya merupakan menjabat Kepala Kantor OJK Kediri dan orang Jawa pertama yang memimpin OJK di Sulut. Sedangkan pejabat yang lama Ellyanus Ponsod kini mendapat jabatan baru di Jakarta.

Hadir dalam acara ini seluruh pimpinan dan insan perbankan diantaranya Kepala Bank Indonesia Ariyanto, Direktur Utama Bank SulutGo, Pimpinan BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Danamon, Bank Arta Graha Tbk, BPR dari Gorontalo, Maluku Utara dan seSulawesi Utara.

Dalam sambutannya Dewan Konsulat OJK Wimbo Santoso mengharapkan pejabat yang dilantik dapat bekerja sebaik-baiknya untuk meneruskan pekerjaan rumah pejabat pendahulunya.

"Saya ucapkan selamat dan sermoga di tempat yang baru ini saudara bisa bekerja bersama dengan mitra sejajar guna memajukan dunia perbankan di Sulawersi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara," katanya.

Acara pelatikan dilanjutkan dengan serahterima pejabat lama kepada pejabat baru dan ramah tamah. (*/yuk).

Tomohon,Sulutnews.com-Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak menghadiri dan menutup kegiatan Pembinaan, Pengawasan dan Penghargaan Koperasi Berprestasi di Kota Tomohon, juga sekaligus melantik Pimpinan Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota Tomohon yang dilaksanakan di Rog’s Café Tomohon, Kamis 11/10.

Usai melantik Dekopinda Kota Tomohon masa bakti 2018-2023 hasil Musyawarah Daerah yang sebelumnya telah dilaksanakan, Walikota JFE menyampaikan dalam sambutannya bahwa dengan terbukanya pasar global saat ini maka tidak dapat disangkal lagi hal ini menimbulkan persaingan usaha yang sangat ketat dan kompetitif, ada 3 aspek yang menjadi persyaratan yang harus diperhatikan oleh para pelaku Koperasi yaitu, 1. Aspek Kelembagaan Koperasi harus sesuai dengan UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, 2. Aspek Usaha dimana ini berkaitan langsung dengan kepentingan anggota untuk meningkatkan usaha dan kesejahteraan anggota, 3. Aspek Permodalan yang terdiri dari Modal Sendiri dan Modal Pinjaman.

Disela kesempatan pula walikota eman  mengingatkan akan tantangan koperasi untuk berprestasi diperhadapkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pasar global, maka diperlukan inovasi di segala bidang untuk itu perlu dilakukan Inovasi Produk, Inovasi Pemasaran dan Inovasi Manajemen, dengan kemajuan teknologi saat ini maka koperasi harus berani menawarkan produknya baik secara langsung maupun secara online.

Walikota mengapresiasi Koperasi Berprestasi tingkat Kota Tomohon dalam rangka memotivasi koperasi yang ada dengan mengalokasikan dana untuk perkembangan dan kemajuan koperasi di Kota Tomohon serta menyerahkan Sertifikat untuk Koperasi Berprestasi.

Hadir dalam kegitan tersebut Ketua DPRD Kota Tomohon Ir. Miky J.L. Wenur, MAP, Dandim 1302 Minahasa Letkol Infantri Jubert Nixon Purnama, STh, Wakil Ketua Dekopinwil Sulut Heart Runtuwene, MSi, Kepala Dinas Koperasi UKM Daerah Kota Tomohon Jane Mendur, SE, Ketua Dekopinda terpilih Ir. Josias Makalew serta Jajaran Pengurus Dekopinda lainnya.(/Prise)

Tomohon,Sulutnews.com-Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan Menghadiri Peresmian Gedung Baru PT Kawanua Puspa Buana Bertempat di Jalan Lingkar Timur Kelurahan Paslaten Satu Rabu(26/09/2018).

Dalam sambutan  Sas mewakili Walikota Jimmy F eman SE.Ak menyampaikan atas nama pemerintah Kota Tomohon, pribadi dan keluarga mengucapkan selamat atas peresmian gedung baru PT Kawanua Puspa Buana. Setiap perusahaan menginginkan adanya perkembangan didalam usahanya seperti peningkatan volume produksi dan volume penjualan. Berbagai perkembangan pun dilakukan demi kemajuan perusahaan, salah satunya dengan meningkatkan infrastruktur penunjang pekerjaan.

Infrastruktur adalah modal esensial masyarakat yang memegang peranan penting dalam mendukung sektor ekonomi, sosial budaya, serta kesatuan dan persatuan yang mengikat dan menghubungkan antar daerah. PT Kawanua Puspa Buana, yang didalamnya Pabrik Roti Arnon dan Jordan Bakery merupakan pabrik roti yang terbesar di Kota Tomohon. Sebagai pemerintah, sangat bangga memiliki pabrik roti yang besar dan telah terkenal sampai di luar daerah Tomohon. Dan dengan diresmikannya gedung baru saat ini, diharapkan dapat meningkatkan volume produksi dan volume penjualan, juga dapat mengambil peran dalam meningkatkan perekonomian di Kota Tomohon lewat penerapan tenaga kerja yang berasal dari warga Kota Tomohon sehingga bisa mendongkrak perekonomian di Kota Tomohon.

Tampak hadir Pangdam XIII Merdeka Mayor Jendral TNI Tiopan Aritonang, Komisaris Utama PT Kawanua Puspa Buana Bapak Amos Budiono beserta direksi dan komisaris, jajaran pemerintah Kota Tomohon serta hadirin undangan.(/Prise)

Manado, Sulutnews.com-PT BANK ARTA GRAHA Internasional Tbk Cabang Manado merupakan bank yang ditunjuk pemerintah untuk memberikan KUR bagi petani dan wirausaha yang ada di wilayah Sulawesi Utara.

Program KUR atau Kredit Usaha Rakyat dari PT Bank Arta Graha Internasional tbk ini bertujuan membantu petani dan wirausaha untuk mengembangkan usahanya. Di bidang pertanian KUR meliputi bantuan untuk padi sawah dan ladang jagung. Mikro ekonomi  meliputi industri pangan dan sandang. Sedangkan ritel meliputi usaha perdagangan, toko, kios dan warung skala kecil, demikian kata Kepala Cabang PT Bank Artha Graha Internasional Cabang Manado Raymon Cristoffel di Manado.

Skema KUR di Bank Artha Graha Cabang Manado, lanjut dia, tahun 2018 bunga pinjaman hanya 7 persen saja. Jenis KUR ini, menggunakan sistim bapak angkat meliputi pinjaman di bidang mikro ekonomi dan pertanian dengan plafon sebesar Rp25 juta pada setiap petani.  "Sedangkan untuk usaha ritel plafon dana sebesar Rp600 juta namun ini harus disertai anggunan," katanya. Sebelum KUR dijalankan pihak bank melakukan sosialisasi, kemudian bertahap dilakukan pembinaan, pendampingan serta pengawasan bersama bapak angkat untuk mencegah terjadi kredit macet saat proses pengembalian dana berlangsung.

Lebih lanjut ia menjelaskan, KUR bidang Pertanian perlu lahan seluas 1 hekter bagi petani sawah dan lahan perkebunan petani jagung. Bank dan bapak angkat memegang peran  penting guna berhasilnya proses penyaluran KUR hingga pengembalian kredit. Selain digunakan untuk modal pembibitan padi, dana dimanfaatkan pembelian pemupukan hingga waktu panen. Hasil panen dibagi antara bapak angkat dan petani 60%-40% sesudah terjadi kesepakatan.

"Untuk menjadi penerima KUR sistim bapak angkat ini, caranya mudah yaitu, harus menjadi nasabah Bank Artha Graha. Bapak angkat KUR berfungsi membentuk kelompok tani atau wirausahawan setelah itu kesepakatan dana dicairkan bank. Ia bertanggungjawab mengawal dana KUR ini dan proses pelunasannya selesai, namun ia wajib mengolah dan pemanfaatan dana. Saat memperoleh pinjaman kreditur wajib melunasinya dengan menyicil selama 3 tahun masa kredit dengan bunga hanya kisaran 7 persen nilai pinjaman," tambah juru bicara Media Center Bank Artha Graha, Ronald Rompas kepada sulutnews.com, Senin (16/9).

Di wilayah Sulawesi Utara penyaluran KUR pertanian terdapat di Bolaang Mangondouw, antara lain di Modayak dan Poigar. Manfaat KUR telah dirasakan oleh petani di daerah ini dimana mereka kini telah mampu memproduksi hasil pertanian padi serta jagung kwalitas bibit unggul berkat pinjaman dari Bank Arta Graha Internasional tbk, kata Ronald. (**Yy/Ty)

Manado, Sulutnews.com - PT Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Terutama dalam memasarkan dan memperkenalkan berbagai produk baru. Bulan Juni ini PT Pegadaian mengelar event Hari Raya Idul Fitri 1439 H. 

"Kami akan mengelar kegiatan Mudik Bareng Lebaran dalam memeriahkan Hari Raya Lebaran bulan Juni," ujar Pimpinan PT Pegadaian Wilayah Manado Utara Semmy Paulus, dalam wawancara dengan Sulutnews.com  di Kantornya Jalan Dr Soetomo Wenang, Manado.

Ia menjelaskan, Mudik Bareng Lebaran rute Bolaang Mangondow-Gorontalo akan digelar 10 hari sebelum Lebaran yaitu 2-5 Juni bertempat di Halaman Kantor Pegadaian Wilayah Manado Utara. Untuk kota dan kabupaten di lingkup kerja PT (Persero) Pegadaian Wilayah V Manado, kegiatan serupa akan ditetapkan di masing-masing kantor. 

Dalam kegiatan ini akan melibatkan seluruh karyawan yang beragama Muslim dan nasabah Muslim PT Pengadaian. "Apalagi dalam event rohani ini kami akan memanjakan nasabah dengan fasilitas hadiah dan buka puasa bareng selama dalam perjalanan mudik ke daerahnya masing-masing. Mereka yang berniat mudik harus sudah datang mendaftarkan dirinya sebelum tanggal 2 Juni," katanya.

Menjawab pertanyaan tentang kegiatan lain yang akan memacu adrenalin kita lebih mengenal PT Pengadaian(Persero), kata Semmy, adalah berbagai literation tahunan PT Pegadaian. "Pegadaian menjadi solusi tepat, cepat dan progresif bagi nasabah."

Produk Taksir Gadai Emas saat ini masih menguasai jumlah nasabah Pengadaian, tambah dia. Terutama ditetapkannya transaksi melalui smartphone pada Aplikasi PDS Pengadaian. Nasabah lebih mudah mengenal Produk ini, katanya, 

Selain itu ada produk Tabungan mas, lelang mas, Event Penarikan Undian berhadiah mobil dan motor yang melibatkan banyak nasabah, produk Pinjaman lunak berupa uang tunai kepada Bina Mitra, event seminar mas tahunan dan produk mudik hari raya seperti yang akan digelar bulan Juni 2018 tersebut. (Yayuk)