Ekonomi & Bisnis

Ekonomi & Bisnis (4)

Tomohon,Sulutnews.com-Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak menghadiri dan menutup kegiatan Pembinaan, Pengawasan dan Penghargaan Koperasi Berprestasi di Kota Tomohon, juga sekaligus melantik Pimpinan Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota Tomohon yang dilaksanakan di Rog’s Café Tomohon, Kamis 11/10.

Usai melantik Dekopinda Kota Tomohon masa bakti 2018-2023 hasil Musyawarah Daerah yang sebelumnya telah dilaksanakan, Walikota JFE menyampaikan dalam sambutannya bahwa dengan terbukanya pasar global saat ini maka tidak dapat disangkal lagi hal ini menimbulkan persaingan usaha yang sangat ketat dan kompetitif, ada 3 aspek yang menjadi persyaratan yang harus diperhatikan oleh para pelaku Koperasi yaitu, 1. Aspek Kelembagaan Koperasi harus sesuai dengan UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, 2. Aspek Usaha dimana ini berkaitan langsung dengan kepentingan anggota untuk meningkatkan usaha dan kesejahteraan anggota, 3. Aspek Permodalan yang terdiri dari Modal Sendiri dan Modal Pinjaman.

Disela kesempatan pula walikota eman  mengingatkan akan tantangan koperasi untuk berprestasi diperhadapkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pasar global, maka diperlukan inovasi di segala bidang untuk itu perlu dilakukan Inovasi Produk, Inovasi Pemasaran dan Inovasi Manajemen, dengan kemajuan teknologi saat ini maka koperasi harus berani menawarkan produknya baik secara langsung maupun secara online.

Walikota mengapresiasi Koperasi Berprestasi tingkat Kota Tomohon dalam rangka memotivasi koperasi yang ada dengan mengalokasikan dana untuk perkembangan dan kemajuan koperasi di Kota Tomohon serta menyerahkan Sertifikat untuk Koperasi Berprestasi.

Hadir dalam kegitan tersebut Ketua DPRD Kota Tomohon Ir. Miky J.L. Wenur, MAP, Dandim 1302 Minahasa Letkol Infantri Jubert Nixon Purnama, STh, Wakil Ketua Dekopinwil Sulut Heart Runtuwene, MSi, Kepala Dinas Koperasi UKM Daerah Kota Tomohon Jane Mendur, SE, Ketua Dekopinda terpilih Ir. Josias Makalew serta Jajaran Pengurus Dekopinda lainnya.(/Prise)

Tomohon,Sulutnews.com-Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan Menghadiri Peresmian Gedung Baru PT Kawanua Puspa Buana Bertempat di Jalan Lingkar Timur Kelurahan Paslaten Satu Rabu(26/09/2018).

Dalam sambutan  Sas mewakili Walikota Jimmy F eman SE.Ak menyampaikan atas nama pemerintah Kota Tomohon, pribadi dan keluarga mengucapkan selamat atas peresmian gedung baru PT Kawanua Puspa Buana. Setiap perusahaan menginginkan adanya perkembangan didalam usahanya seperti peningkatan volume produksi dan volume penjualan. Berbagai perkembangan pun dilakukan demi kemajuan perusahaan, salah satunya dengan meningkatkan infrastruktur penunjang pekerjaan.

Infrastruktur adalah modal esensial masyarakat yang memegang peranan penting dalam mendukung sektor ekonomi, sosial budaya, serta kesatuan dan persatuan yang mengikat dan menghubungkan antar daerah. PT Kawanua Puspa Buana, yang didalamnya Pabrik Roti Arnon dan Jordan Bakery merupakan pabrik roti yang terbesar di Kota Tomohon. Sebagai pemerintah, sangat bangga memiliki pabrik roti yang besar dan telah terkenal sampai di luar daerah Tomohon. Dan dengan diresmikannya gedung baru saat ini, diharapkan dapat meningkatkan volume produksi dan volume penjualan, juga dapat mengambil peran dalam meningkatkan perekonomian di Kota Tomohon lewat penerapan tenaga kerja yang berasal dari warga Kota Tomohon sehingga bisa mendongkrak perekonomian di Kota Tomohon.

Tampak hadir Pangdam XIII Merdeka Mayor Jendral TNI Tiopan Aritonang, Komisaris Utama PT Kawanua Puspa Buana Bapak Amos Budiono beserta direksi dan komisaris, jajaran pemerintah Kota Tomohon serta hadirin undangan.(/Prise)

Manado, Sulutnews.com-PT BANK ARTA GRAHA Internasional Tbk Cabang Manado merupakan bank yang ditunjuk pemerintah untuk memberikan KUR bagi petani dan wirausaha yang ada di wilayah Sulawesi Utara.

Program KUR atau Kredit Usaha Rakyat dari PT Bank Arta Graha Internasional tbk ini bertujuan membantu petani dan wirausaha untuk mengembangkan usahanya. Di bidang pertanian KUR meliputi bantuan untuk padi sawah dan ladang jagung. Mikro ekonomi  meliputi industri pangan dan sandang. Sedangkan ritel meliputi usaha perdagangan, toko, kios dan warung skala kecil, demikian kata Kepala Cabang PT Bank Artha Graha Internasional Cabang Manado Raymon Cristoffel di Manado.

Skema KUR di Bank Artha Graha Cabang Manado, lanjut dia, tahun 2018 bunga pinjaman hanya 7 persen saja. Jenis KUR ini, menggunakan sistim bapak angkat meliputi pinjaman di bidang mikro ekonomi dan pertanian dengan plafon sebesar Rp25 juta pada setiap petani.  "Sedangkan untuk usaha ritel plafon dana sebesar Rp600 juta namun ini harus disertai anggunan," katanya. Sebelum KUR dijalankan pihak bank melakukan sosialisasi, kemudian bertahap dilakukan pembinaan, pendampingan serta pengawasan bersama bapak angkat untuk mencegah terjadi kredit macet saat proses pengembalian dana berlangsung.

Lebih lanjut ia menjelaskan, KUR bidang Pertanian perlu lahan seluas 1 hekter bagi petani sawah dan lahan perkebunan petani jagung. Bank dan bapak angkat memegang peran  penting guna berhasilnya proses penyaluran KUR hingga pengembalian kredit. Selain digunakan untuk modal pembibitan padi, dana dimanfaatkan pembelian pemupukan hingga waktu panen. Hasil panen dibagi antara bapak angkat dan petani 60%-40% sesudah terjadi kesepakatan.

"Untuk menjadi penerima KUR sistim bapak angkat ini, caranya mudah yaitu, harus menjadi nasabah Bank Artha Graha. Bapak angkat KUR berfungsi membentuk kelompok tani atau wirausahawan setelah itu kesepakatan dana dicairkan bank. Ia bertanggungjawab mengawal dana KUR ini dan proses pelunasannya selesai, namun ia wajib mengolah dan pemanfaatan dana. Saat memperoleh pinjaman kreditur wajib melunasinya dengan menyicil selama 3 tahun masa kredit dengan bunga hanya kisaran 7 persen nilai pinjaman," tambah juru bicara Media Center Bank Artha Graha, Ronald Rompas kepada sulutnews.com, Senin (16/9).

Di wilayah Sulawesi Utara penyaluran KUR pertanian terdapat di Bolaang Mangondouw, antara lain di Modayak dan Poigar. Manfaat KUR telah dirasakan oleh petani di daerah ini dimana mereka kini telah mampu memproduksi hasil pertanian padi serta jagung kwalitas bibit unggul berkat pinjaman dari Bank Arta Graha Internasional tbk, kata Ronald. (**Yy/Ty)

Manado, Sulutnews.com - PT Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Terutama dalam memasarkan dan memperkenalkan berbagai produk baru. Bulan Juni ini PT Pegadaian mengelar event Hari Raya Idul Fitri 1439 H. 

"Kami akan mengelar kegiatan Mudik Bareng Lebaran dalam memeriahkan Hari Raya Lebaran bulan Juni," ujar Pimpinan PT Pegadaian Wilayah Manado Utara Semmy Paulus, dalam wawancara dengan Sulutnews.com  di Kantornya Jalan Dr Soetomo Wenang, Manado.

Ia menjelaskan, Mudik Bareng Lebaran rute Bolaang Mangondow-Gorontalo akan digelar 10 hari sebelum Lebaran yaitu 2-5 Juni bertempat di Halaman Kantor Pegadaian Wilayah Manado Utara. Untuk kota dan kabupaten di lingkup kerja PT (Persero) Pegadaian Wilayah V Manado, kegiatan serupa akan ditetapkan di masing-masing kantor. 

Dalam kegiatan ini akan melibatkan seluruh karyawan yang beragama Muslim dan nasabah Muslim PT Pengadaian. "Apalagi dalam event rohani ini kami akan memanjakan nasabah dengan fasilitas hadiah dan buka puasa bareng selama dalam perjalanan mudik ke daerahnya masing-masing. Mereka yang berniat mudik harus sudah datang mendaftarkan dirinya sebelum tanggal 2 Juni," katanya.

Menjawab pertanyaan tentang kegiatan lain yang akan memacu adrenalin kita lebih mengenal PT Pengadaian(Persero), kata Semmy, adalah berbagai literation tahunan PT Pegadaian. "Pegadaian menjadi solusi tepat, cepat dan progresif bagi nasabah."

Produk Taksir Gadai Emas saat ini masih menguasai jumlah nasabah Pengadaian, tambah dia. Terutama ditetapkannya transaksi melalui smartphone pada Aplikasi PDS Pengadaian. Nasabah lebih mudah mengenal Produk ini, katanya, 

Selain itu ada produk Tabungan mas, lelang mas, Event Penarikan Undian berhadiah mobil dan motor yang melibatkan banyak nasabah, produk Pinjaman lunak berupa uang tunai kepada Bina Mitra, event seminar mas tahunan dan produk mudik hari raya seperti yang akan digelar bulan Juni 2018 tersebut. (Yayuk)