Ekonomi & Bisnis

Ekonomi & Bisnis (39)

Manado,Sulutnews.com - Terjadi perbaikan pada penyaluran Kredit Bank SulutGo pada tahun 2021.

Kepala Bidang KUR Cristoffel Manoppo,SE mewakili Kepala Devisi Komersial Bank SulutGo Herlambang,

memastikan, penyaluran kredit hingga bulan September optim diposisi Rp85Milyar.

"Kita harapkan penyaluran kredit bisa capai Rp85Milyar pada triwulan IV 2021, meski Pandemik kita optimis tentu karena tingkat perbaikan pengembalian kredibitur sudah terjadi sejak akhir tahun 2020 lalu," ujarnya menjawab pertanyaan sulutnews.com, Senin (11/10).

Lebih jauh ia menjelaskan pada tahun 2020 berdasarkan jenis penggunaan KUR di sektor vital seperti untuk modal UMKM, penyaluran sudah sebesar Rp60 Milyar.

Disamping itu terjadi perbaikan pengembalian maka kita naikan sebesar 10 persen tahun berikutnya yakni Rp70 Milyar.

Bank SulutGo menambah lagi dana sebesar Rp15Milyar di triwulan IV yakni Oktober hingga Desember, "Kita naikan lagi Rp15Milyar menjadi Rp85 Milyar," kata pria ini.

Peningkatan penyaluran kredit dipengaruhi oleh permintaan Kredit Modal Kerja (KMK), Kredit Konsumsi, serta perbaikan pengembalian.

Di samping itu terjadi peningkatan permintaan kredit di sektor  Pertanian, Perternakan sapi, Perikanan air tawar.

"Selain kredit pertanian, perikanan dan UMKM kita pun menyalurkan dana kredit itu bagi peternak di Minahasa yakni untuk pembelian sapi. (*/yuk).

MG terus beraksi dengan sederet line-up terbaru dan menambah outlet baru sebagai bukti komitmen kepada masyarakat Indonesia

Manado, Sulutnews.com -  Morris Garages (MG) Motor konsisten dalam membuktikan komitmennya kepada para pecinta otomotif Tanah Air dengan memperluas jangkauannya ke wilayah timur Indonesia. Dengan diresmikannya outlet MG Kairagi Manado, publik di wilayah Sulawesi Utara kini sudah dapat menikmati pengalaman berkendara yang fun, exciting, dan one-of-a-kind khas Inggris. PT Sinar Galesong Automobil telah ditunjuk MG Motor Indonesia sebagai mitra dealernya untuk mengelola perluasan bisnisnya di wilayah utara Sulawesi,setelah sebelumnya sukses dalam membuka akses di Makassar, Sulawesi Selatan.

Outlet MG Kairagi Manado berdiri di atas lahan luas dan strategis di Jl. Yos Sudarso No. 146. Menyediakan layanan 3S (sales, service, and spare parts), seluruh calon konsumen MG di Kota Tinutuan ini akan mendapatkan layanan purna jual yang lengkap dan menenangkan pikiran, karena terjaminnya ketersediaan suku cadang serta tenaga teknisi ahli yang bersertifikasi. Di area showroom yang luas, pelanggan MG dapat berinteraksi langsung dengan tim penjualan sekaligus mengeksplorasi hingga 7 pilihan unit mobil yang terpajang mencakup New MG ZS, MG HS, hingga model terpintar dan tercanggihnya, yaitu MG HS i-SMART.

Di sisi belakang showroom terletak working bay tempat para teknisi melakukan pemeriksaan berkala atau pun perbaikan pada mobil MG kesayangannya. Area servis seluas 266 m 2 ini mampu menampung hingga empat unit mobil sekaligus dan pelanggan bisa bersantai sembari menunggu mobilnya ditangani di ruang tunggu yang nyaman dan dilengkapi Wi-Fi, minuman dan makanan ringan, bahkan tempat untuk beribadah juga tersedia bagi konsumen yang membutuhkan.

Di tengah acara pembukaan outlet MG Kairagi Manado, Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia mengungkapkan, “Pembukaan outlet di Manado ini merupakan langkah konkrit kami dalam mewujudkan komitmen untuk terus melebarkan sayap MG secara luas di Tanah Air. Kemitraan dengan PT Sinar Galesong Automobil telah dimulai dengan baik dan peresmian outlet kedua di wilayah Sulawesi ini menjadi bukti nyata untuk MG semakin konsisten mendekatkan diri ke lebih banyak lagi masyarakat Indonesia, sekaligus menghadirkan kendaraan berkualitas tinggi yang akan meredefinisi pengalaman berkendara, khususnya bagi penduduk pulau Sulawesi.

”Sementara itu, CEO PT Sinar Galesong Automobil, Endro Nugroho mengatakan, “Dibukanya MG Kairagi Manado sebagai outlet kedua di wilayah Sulawesi merupakan langkah strategis kami guna mempertegas keberadaan Sinar Galesong sekaligus menjadi yang terdepan dalam memenuhi kebutuhan berkendara baru bagi masyarakat Sulawesi. Kami menaruh kepercayaan yang tinggi kepada MG sebagai manufaktur otomotif asal Inggris yang sudah berkiprah hampir seratus tahun lamanya. Dengan ragam portofolio yang sudah lebih dulu mencetak kesuksesan di negara lain, kami ingin pengalaman berkendara masyarakat Indonesia juga teredefinisi dengan kehadiran MG.

Outlet MG Kairagi siap melayani seluruh pelanggan MG di Manado dan sekitarnya dengan menerapkan protokol kesehatan yang tepat, baik untuk para pengunjung maupun staff outlet. Mulai dari pemeriksaan suhu saat memasuki area outlet, mewajibkan penggunaan masker dan hand sanitizer, hingga face shield dan sarung tangan, ruangan yang luas juga memungkinkan setiap orang di dalamnya untuk menjaga jarak aman antara satu dengan yang lain.

Kehadiran outlet MG Kairagi membuka akses masyarakat Sulawesi Utara, khususnya Manado dan sekitarnya terhadap line-up MG, termasuk New MG ZS yang baru saja diluncurkan pada tanggal 9 September lalu. Desainnya yang mengombinasikan gaya terkini, comfort feature, dan best in class safety dengan harga yang sangat terjangkau sangat cocok untuk segala usia, terutama para generasi millennial dan generasi Z yang saat ini mendominasi penduduk Kota Manado.

Memiliki New MG ZS turut memberikan keringanan pikiran bagi konsumen dari faktor perawatan. Pasalnya MG Motor Indonesia melengkapinya dengan pelayanan purna jual yang prima dalam bentuk garansi 5 tahun tanpa batasan kilometer, biaya perawatan gratis hingga 50.000 km atau 4 tahun, voucher Thule senilai Rp2 juta*. Di samping itu, konsumen juga bisa memanfaatkan layanan MG Care, yaitu Pusat Panggilan MG Contact Centre 24/7 yang dapat dihubungi di 0800-1-880-990, 24-Hour Roadside Assistance Service, courtesy car saat mobilnya sedang diservis, suku cadang yang memadai dan selalu tersedia, dan masih banyak lagi. Semua keunggulan New MG ZS ini dapat diakses langsung oleh masyarakat Manado dengan mendatangi outlet MG Kairagi Manado dan pameran MG di Manado Town Square yang berlangsung pada tanggal 4-31 Oktober 2021.

Selain MG Kairagi Manado, masyarakat Indonesia dapat mengunjungi outlet MG lainnya di Indonesia yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, dan segera di Palembang serta Pekanbaru. Untuk mencari tahu lokasi dealer MG terdekat dari rumah Anda, silakan kunjungi www.mgmotor.id atau ikuti Instagram @mgmotor.id untuk mengetahui kabar terbaru dari MG Motor Indonesia.(/Merson)

Manado,Sulutnews.com - Motor Kawasaki W175 berulang tahun ke-2 diperingati di Halaman Kantor Dealer Kawasaki PT Istana Berkat Gemilang Jalan Tanjung Batu Manado, Minggu (19/9).

Kawasaki W175 merupakan pioner motor jenis retro yang menjadi andalan di kelasnya, di sekmen ini Kawasaki optimis akan mendokrak penjualannya di seluruh pelosok daerah di Nusantara.

Pada tahun kedua di Manado, Kawasaki W175 terbukti mampu menguasai pasar motor jenis retro, bahkan sudah mendapat simpatik di hati masyarakat.

Kawasaki W175 selain mampu tampil apik dengan modelnya yang unik, juga terbukti memiliki keunggulan dibanding motor lainnya.

"Entah karena jenis motor retro dengan model yang modern, Kawasaki W175 terjual puluhan unit sejak masuk tahun 2019," kata PIC dealer Kawasaki PT Istana Berkat Gemilang Manado, Johan R Matulessy.

Menurutnya khas motor berbekal mesin berkapasitas 177cc, Kawasaki W175 ini sangat responsif dan modern.

Apalagi Kawasaki W175 ini dibalut dengan warna black matte dgn striping hijau ciri khas Kawasaki.

"Jadi Kawasaki lovers pasti jadi pusat perhatian orang-orang ketika lagi di jalan atau saat lagi ngopi santai di kafe favorit kalian gengs," tambah kata Johan.

Untuk bikers yang berminat, detail produk, harga dan info pemesanan, silahkan kunjungi dealer resmi Kawasaki PT Istana Berkat Gemilang terdekat didaerah kalian atau hubungi di nomor WA 0821-9275-3144.

"Jangan ragu hubungi segera karena staff kami akan sangat senang melayani kalian semua," kata Johan.(*/yuk)

  • Astra melalui PT Astra Digital Arta luncurkan AstraPay untuk melengkapi layanan keuangan digital dan memberikan layanan pembayaran yang terintegrasi dengan ekosistem Astra
  • AstraPay pastikan standar keamanan layanan sesuai dengan regulasi yang berlaku dan didukung oleh teknologi digital yang terdepan.

Jakarta, Sulutnews.com, - Pandemi COVID-19 telah berperan besar dalam mengubah pola transaksi masyarakat dari tunai menuju digital. Hal ini senada dengan data dari Bank Indonesia yang menyatakan pertumbuhan pesat transaksi digital selama 2021. Untuk menjawab kebutuhan konsumen, Astra melalui PT Astra Digital Arta meluncurkan AstraPay agar masyarakat dapat tetap bertransaksi dengan mudah dan aman.

Sebagai aplikasi pembayaran digital yang tumbuh dalam ekosistem Astra, AstraPay mempunyai value proposition yang khas, yang berbeda dengan pemain pembayaran digital lainnya. Karena dilahirkan oleh Astra yang sangat dekat dengan kebutuhan transportasi dan mobilitas serta dengan reputasi customer service yang baik, AstraPay akan mempunyai kekuatan di sektor dan ekosistem tersebut. Tentunya kekuatan di ekosistem tersebut terus dikembangkan juga untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat.

“Sesuai dengan tujuan awal, AstraPay adalah aplikasi pembayaran digital milik Grup Astra yang memberikan kemudahan terhadap pengguna dalam melakukan pembayaran digital,” ujar Meliza Musa Rusli, CEO AstraPay. Ia juga mengatakan bahwa AstraPay ingin berkontribusi sebagai technology enabler dari produk-produk digital yang dikembangkan di dalam Grup Astra.

AstraPay memiliki fitur direct payment untuk produk pembayaran angsuran dari layanan Grup Astra. Saat ini, AstraPay telah bekerja sama dengan FIFGROUP, Toyota Astra Finance (TAF), Astra Credit Companies (ACC), hingga Maucash. Hal ini ini sejalan dengan keunggulan AstraPay yang difokuskan  pada  mobilitas masyarakat.

AstraPay juga telah terintegrasi dengan sistem pembayaran moda transportasi umum, seperti MRT Jakarta dan Transjakarta. Selebihnya, AstraPay juga dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik, PDAM, TV kabel, BPJS, pajak, hingga beli pulsa atau paket data.

Sebagai wujud komitmen AstraPay untuk memastikan standar keamanan data pengguna sesuai regulasi yang berlaku, AstraPay telah mendapatkan lisensi sebagai Uang Elektronik dari Bank Indonesia sebagaimana surat keputusan No. 22/59/DKSP/Srt/B dan surat keputusan Transfer Dana No. 22/273/DKSP/100. Di sisi keamanan akses akun, AstraPay telah dilengkapi dengan mekanisme single device authentication. Sistem ini hanya memungkinkan pengguna untuk login akun di satu device saja, sehingga pengguna tetap aman bertransaksi di AstraPay.

Langkah-langkah ini diharapkan menjadi bukti bahwa AstraPay adalah sarana pembayaran digital Grup Astra yang terpercaya, khususnya di kancah layanan keuangan digital Indonesia.

Konsumen dapat menggunakan AstraPay sebagai alat pembayaran digital secara luas, tidak hanya untuk layanan Astra. Hal ini sejalan dengan upaya AstraPay untuk  mendukung program Bank Indonesia dalam memperluas inklusi keuangan digital dengan menghadirkan fitur pembayaran QRIS. Lisensi penggunaan fitur QRIS ini telah AstraPay dapatkan sejak tahun 2020. Melalui fitur ini, pengguna dapat melakukan pembayaran servis kendaraan di Toyota Sales Operation / TSO, Shop&Drive, Isuzu Sales Operation / ISO, Daihatsu Sales Operation / DSO, dan AHASS. Bahkan di luar ekosistem Astra, pengguna dapat melakukan transaksi berbagai produk dan keperluan secara mobile, di mana saat ini telah ada sekitar 9 juta merchant di seluruh Indonesia yang telah menerima pembayaran melalui QRIS.

Suparno Djasmin selaku Director-In-Charge dari Astra Financial, Transportation, and Logistic  mengatakan: ”AstraPay berkomitmen mendukung transaksi pembayaran digital di dalam ekosistem Astra maupun luar ekosistem agar transaksi digital berjalan seamless, aman, dan terintegrasi. Komitmen ini sebagai bentuk dukungan Astra terhadap program Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) yang dijalankan Bank Indonesia.”

"AstraPay hadir melengkapi pilihan di industri pembayaran digital sebagai mitra terpercaya yang solutif terhadap kebutuhan masyarakat Indonesia. Kami meyakini kehadiran AstraPay dapat meningkatkan kenyamanan konsumen Indonesia saat melakukan pembayaran digital. Hal ini tentunya akan berkontribusi positif terhadap Gerakan Nasional Non-Tunai dari Bank Indonesia,” tutup Djasmin.(/Merson)

Sesi Foto :

 

Caption 1 : Jajaran Board of Director PT Astra International Tbk dalam acara Grand Launching AstraPay sebagai aplikasi pembayaran digital milik Grup Astra, pada Rabu, 15 September 2021 secara virtual.

Baris atas (dari kiri ke kanan) : President Commissioner Astra Prijono Sugiharto, President Director Astra Djoni Bunarto Tjondro, Director Astra Johannes Loman, Director Astra Suparno Djasmin, Director Astra Chiew Sin Cheok.

Baris bawah (dari kiri ke kanan) : Director Astra Gidion Hasan, Director Astra Henry Tanoto, Director Astra Santosa, Director Astra Gita Tiffani Boer, Director Astra FXL Kesuma.

 

Caption 2 : Seremoni peluncuran resmi AstraPay sebagai aplikasi pembayaran digital milik Grup Astra secara virtual pada hari Rabu, 15 September 2021.

Baris atas : Director-In-Charge Astra Financial, Transportation, and Logistic Suparno Djasmin (kiri), President Commissioner AstraPay & Chief Executive Officer FIFGROUP Margono Tanuwijaya (kanan).

Baris bawah (dari kiri ke kanan) : Commissioner AstraPay Thomas Wijaya, Commissioner AstraPay Indra Gunawan, Chief Executive Officer AstraPay Meliza Musa Rusli, Chief Operating Officer AstraPay Ricky Gunawan, dan Chief Marketing Officer AstraPay Reny Futsy Yama.

 

Caption 3 : Foto bersama jajaran Director-in-Charge serta Chief Executive Officer (CEO) Astra Financial, Transportasi & Logistic dalam peluncuran AstraPay, aplikasi pembayaran digital, pada Rabu, 15 September 2021 di Jakarta.

Baris atas : Director-In-Charge Astra Financial, Transportation, and Logistic Suparno Djasmin (kiri), President Commissioner AstraPay & Chief Executive Officer FIFGROUP Margono Tanuwijaya (kanan).

Baris tengah (dari kiri ke kanan) : CEO AstraPay Meliza Musa Rusli, CEO Astra Credit Companies (ACC) Siswadi, CEO Asuransi Astra Rudy Chen, CEO TAF Agus Prayitno, CEO SERA Firman Yosafat Siregar, Director PT Sedaya Multi Investama Handoko Liem, dan President Director Dana Pensiun Astra Satu Suheri.

Baris bawah (dari kiri ke kanan) : Deputy CEO KAF Andreas Manik, Deputy CEO ACC Hendry C Wong, CEO SANF Wempy Kunto Wiambodo, CEO Maucash Rina Apriana, CEO Astra Life Windawati Tjahjadi, CEO Astra Ventura Alkaf Ghozali, dan CEO Moxa Daniel Hartono.

Caption 4 : Sesi media dialog dan silahturahmi pada National Media Gathering yang menjadi rangkaian acara Grand Launching AstraPay menghadirkan lima narasumber yaitu Director-In-Charge Astra Financial, Transportation, and Logistic Suparno Djasmin, President Commissioner AstraPay & Chief Executive Officer FIFGROUP Margono Tanuwijaya, Chief Executive Officer AstraPay Meliza Musa Rusli, Chief Operating Officer AstraPay Ricky Gunawan, dan Chief Marketing Officer AstraPay Reny Futsy Yama.

Manado, Sulutnews.com - Pandemik Covid19 telah mendorong 'Torang Pe Bank' SulutGo berinovasi menjadi bank melayani dengan inovasi baru.

Dibawah komando Direktur Utama Revino Pepah,SE  Bank SulutGo disamping melayani juga tetap berkomitmen mengelola keuangan dan aset dan bertumbuh menjadi Bank Pembanguan Daerah (BPD) yang kuat di Sulawesi Utara.

"Untuk sementara karena Pandemik BankSulutGo melakukan berbagai cara melayani dengan bekerja sesuai peraturan yang sudah ditetapkan dari pusat," kata Pemimpin Departemen Public Relation Divisi Corporate Secretary Bank SulutGo Heince J. Rumende, Jumat (27/8).

Seperti cara baru 50 persen pegawai dan direksi bank bekerja dari kantor WFO atau Work From Office.

Disetiap devisi melakukan cara baru ini dalam menjalankan kinereja sistim keuangannya, kata Heince Rumende secara singkat.

Demikian pula hal memakai masker, mengukur suhu badan pada hari wfo (work from office), mencuci tangan dan menjaga jarak aman merupakan kegiatan di perbankan saat ini yang sebelumnya tidak pernah dilakukan.

Meski demikian telah mendorong Bank SulutGo berhasil keluar dari kesulitannya dan bisa berkreasi menumbuhkan bank yang tetap sehat.

Disamping itu Bank SulutGo telah berhasil mengucurkan kredit kepada nasabah, belum lama ini sudah ada transaksi keuangan di devisi kredit, yang menjadi komitmen Direktur Utama dan segenap direksi.

Semakin menyatunya kreasi dan inovasi dalam keseharian kehidupan yang baru di masa PPKM, tidak akan mengurangi semangat Bank SulutGo bekerja bagi negeri ini, demikian katanya.(*/yuk).

Manado.Sulutnews.com - Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam negeri dan  sektor Pariwisata bisa memajukan ekonomi nasional dan daerah. Karena itu kita harus terus tingkatkan produk UMKM terutama kualitasnya. Begitu juga sektor pariwisata yang sangat potensial di daerah termasuk di Sulut.

Hal itu terungkap dalam acara Launching Gerakan Nasional (GerNas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Banga Wisata Indonesia (BWI). (GerNas-BBI-BWI). Acara yang berlangsung Kamis (26/8) secara Firtual di Horel Four points Manado  dengan tagline Pelangi Sulawesi.

Dari Jakarta secara virtual Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Mendag Muhammad Lutfi, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Gubernur Bank Indonesia serta pimpinan BNI 46 yang melakukan Launching.

Sementara di Manado hadir Wamendag Jery Sambuaga seta Wagub Steven Kandow serta pejabat terkait dan  pelaku UMKM.

Menko Investasi Luhut mengatakan potensi UMKM Indonesia besar dan bisa bersaing dipasar global. UMKM bahkan sangat eksis meskipun dilanda Pandemi. Daerah seperti Sulut harus mendorong terus UMKM dan pariwisata karena itu bisa majukan ekonomi. Banyak contoh UMKM yang kita bantu sudah maju, “Pemerintah pusat tetap memperhatikan UMKM”, tegas Luhut.

Menurut Luhut kita masyarakat Indonesia harus cinta produk dalam negeri seperti pakaian bentenan dan kopi dari Sulsel dan daerah lain.

Sementara itu Mendag Muhammad Lutfi  mengatakan  UMKM kedepan harus transaksi digital. Saat ini sesuai data culup banyak UMKM kita sudah lakukan transaksi digitak. Kedepan kita dorong tingkatkan. Karena ekonomi akan maju begitu juga pariwisata bisa bersinergi untuk majukan ekonomi. 

Gubernur Sulut Olly Dondokambey  optimis ekonomi Sulut akan maju pesat kalau UMKM dan sektor pariwisata kita kembangkan. Menurutnya potensi Sulut besar. Ditengah pandemi kita terus mendorobg UMKM dan pariwisata untuk maju. “Banyak produk ungulan sulut yang tidak kalah dengan daerah lain”, ucap Olly.

Gubernur Sulut juga minta warga Sulut harus cita produk daerah Sulut baik kain bentenan dan juga makanan dan produk kopi.

Semantara Wakil Mendag Jerry Sambuaga dalam dialog dengan wartawan bersama Wagub Steven Kandouw  menilai produk UMKM asal Sulut tidak kalah bersaing dengan daerah lain bahkan bisah bersaing dipasar Global. Kita mendorong agar pelaku UMKM harus terus tingkatkan kualitas dan menguasai digital. Jaringan  digital memang belum semua baik. Tapil Kementerian Kominfo terus membangun jaringan.

Destinasi Wisata

Sedangkan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw mengapresiasi GerNas BBI-BWI  yang dilakukan di Pulau Sulawesi terutama di Sulut. "Ini pasti akan berdampak positif bagi ekonomi Sulut. Wagub mengatakan UMKM di Sulut terus didorong karena UMKM sangat menunjang ekonomi daerah. Begitu juga sektor pariwisata. Sulut cukup banyak obyek wisata bahkan di Likupang Minahasa Utara telah menjadi destinasi pariwisata Indonesia dari lima destinasi yang diprioritaskan pemerinta Pusat.

UMKM dan sektor  Pariwisata serta sektor pertanian dan lainnya telang mendorong pertumbuhan ekonomi Sulut 8,49 persen pada saat ini. "Ini luar biasa dan ini data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, Bukan dari Pemda Sulut"kata Wagub.

Untuk daerah kepulauan terus dibangun jaringan internet, Karena UMKM Sulut didorong melakukan transaksi digital kedepan.

Wagub dalam dialog dengan Pelaku UMKM Kue Clapertat di Manado disela sela acara meminta agar ditengah pandemi harus eksis dan berinovasi. Perbankan akan membantu permodalan karena itu Perbankan hadir. Sinergitas pemerintah pusat dan daerah terus berjalan baik agar semua program berjalan baik termasuk GerNas BBI-BWI di Pulau Sulawesi.(/fanny)

Manado,Sulutnews.com - Pandemi COVID-19 memberikan pengaruh yang signifikan bagi sektor perekonomian negara, tak terkecuali Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Guna mendukung keberlanjutan UKM di tengah COVID-19,  JNE sebagai mitra UKM hadirkan wadah bagi para UKM untuk berkolaborasi dan berbagi insight untuk berjualan online di era pandemi.

Dalam rangka HUT Kota Manado ke-398,  JNE mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Manado, untuk mendukung sektor UKM  bersaing di dunia digital. Melalui webinar online ini diharapkan UKM di Indonesia, khususnya di Manado dapat mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital, baik dalam skala nasional dan global.

Webinar kali ini dibuka oleh Julianus Barthen Patinggi selaku Kepala Cabang Utama JNE Manado. Julianus berharap webinar ini mampu mendukung perekonomian pelaku usaha di Sulawesi Utara terutama Manado untuk terus ekspansi bisnisnya. Julianus menegaskan pentingnya menekuni bisnis online di masa pandemi.

“Bisnis online menjadi peluang yang sangat bagus untuk menghasilkan sesuatu dari rumah. Digital marketing sangat diperlukan, support, referensi dan banyak cara bisa kita pakai untuk memastikan kita mendapat sesuatu yang berarti untuk berjualan di ranah online. Mudah mudahan ini menjadi dinamika baru dan ilmu baru untuk memastikan dunia usaha kita bisa berjalan dengan baik, bisa tumbuh setiap tahun nya bukan dari hasil saja tapi dari nilai manfaat.”, Ujar Julianus dalam acara Gollaborasi Bisnis Online yang digelar secara virtual via Zoom, Rabu (14/7/2021).

JNE Manado siap mendukung para pelaku UKM di Sulawesi Utara terutama Manado dengan berbagai layanan yang ditawarkan seperti JLC Point, pick-up yang bisa dilakukan di tempat permintaan pelanggan, dan layanan COD bagi perusahaan atau pelaku usaha retail, bahkan kabarnya JNE juga akan meluncurkan aplikasi yang memungkinkan pelanggan untuk memproses layanan pick-up dengan 1 aplikasi saja, sehingga aspek kemudahan bisa dirasakan oleh para pelaku usaha.

Tak hanya itu, JNE juga berkomitmen untuk mendekatkan agen kepada para pelanggan termasuk diantaranya pelaku UKM melalui berbagai program pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan digital marketing.

Gelaran webinar ini turut dihadiri oleh Mila selaku owner Dapur Aisyah, ia menyatakan perjalanan bisnisnya sempat terpuruk di awal masa pandemi.

“Sejak pandemi perjualan sangat anjlok hingga 90%, hampir tidak ada pemasukan sama sekali. Saya tidak mau berhenti sampai disitu dan saya tidak mau hal ini menjadi hambatan saya. Kebetulan saya mengikuti pelatihan dari berbagai dinas dan juga on boarding dari JNE, dari situ saya coba optimalkan berjualan secara online.” Kata Mila

Mila menekankan pentingnya memiliki foto produk yang menarik dan menggunakan strategi pemasaran soft selling untuk optimalisasi penjualan online.

“Dengan optimalkan sosial media saya, melalui facebook dan instagram, memang ada sedikit budget saya keluarkan untuk foto produk sebaik mungkin. Setelah saya mulai perbaiki postingan saya yang tidak hanya jualan, namun juga berisikan soft selling mulai banyak pelanggan berdatangan. Contohnya saya sering post hal lucu dari Manado lalu saya post jualan saya setelahnya. Setelah itu datanglah pembeli. Ilmu yang saya dapat selama ini saya aplikasikan dalam jualan saya.” Tegas Mila.

“Dunia online ini luar biasa jika kita memang memanfaatkannya dengan baik. Buat teman-teman tetap semangat di masa pandemi ini, yang belum punya produk sendiri pun bisa berkolaborasi dengan rekan yang lain, para reseller atau produsen. Kita bisa menghasilkan pundi pundi meski tidak memproduksi barang sendiri, seperti dengan menjadi reseller dan dropshipper” ungkap Mila sebagai motivasi bagi para pelaku usaha untuk menjalankan bisnis secara online.

Webinar ini turut dihadiri oleh John Sorongan selaku Sekretaris Koperasi Serba Usaha (KSU) Bahari Jaya. Melalui budidaya koperasi ini, UKM Manado sangat terbantu dengan disediakannya bahan-bahan perikanan seperti hanakatsu dan ikan kayu. John menyatakan pihaknya sempat menerima tawaran ekspor untuk produk budidaya ikannya, tak disangka pandemi hadir dan menghambat proses distribusi.

“Salah satu dampak yang paling kita rasakan adalah ada orang dari Jepang dan Korea yang datang dan deal ke kami sehingga kami ekspor di Desember 2019. Namun sejak pandemi, roda perekonomian kami tertutup, kontainer kami tertahan. Lalu produk yang tidak terpakai ini kami olah untuk menjadi takoyaki dan okonomiyaki. Kami membuat ramuan tepungnya, belajar saja dari google dan youtube. Dan ternyata doa dari teman teman yang pernah kami bantu sehingga produk kami mulai dikenal” ungkap Sorongan..

Sepakat dengan apa yang disampaikan Mila terkait pentingnya mind set pebisnis ditengah kegelisahan pandemi, John menyatakan “Kalau kita mau berusaha dan mau maju, jangan berfikir mau sukses dulu. Harus mampu biasa adaptasi dengan perubahan. Perubahan belum tentu menghasilkan yang kita harapkan, tapi kalau ingin maju, kita harus berubah. Dan ini tergantung pada diri sendiri seperti yang Ibu Mila sampaikan, yaitu mind set.”

“Dari Kemendikbud meminta kami untuk melakukan pelatihan untuk usia dibawah 30 tahun dengan tingkatan UKM baru. Kita ajarkan membuat takoyaki dan okonomiyaki. Jadi tetap optimis meski sakit hati dan kecewa. Kita bisa survive karena kita mengandalkan tuhan, doa dari teman-teman dan keluarga.”, tambah John.

Dalam kegiatan ini, Manado merupakan kota ke-35 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 yang sebelumnya telah dilakukan di Tanjung Pandan. Gelaran webinar ini turut hadir dalam rangka memperingati hari jadi kota Manado yang ke-398 pada 14 Juli 2021.  Setelah Kota Manado, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Palangkaraya pada 19 Juli 2021. Roadshow di 60 kota di seluruh Indonesia, JNE Ngajak Online 2021 dimulai pada 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate.(/Merson)

 

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:

 

Nathania Sarah

Corporate Communications MarkPlus, Inc.

+62 878-8885-6908

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Wisnu Widodo

Mass Media Relations JNE

0815-7364-7794

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Manado, sulutnews.com - Koperasi Nusantara Porodisa Bersinar (KNPB) yang diinisiasi oleh  Profesor Alex Kawilarang Warouw Masengi dan kawan-kawan hari ini Rabu (9/6) Pukul 11.00 Wita siap  beroperasi di Sulawesi Utara (Sulut).

Diawali dengan Peresmian, Koperasi nantinya ini akan berkantor di AB House, Jalan Parigi 7, Ling. 11, Malalayang 1, Manado, Sulawesi Utara, ungkap Tokoh akademisi ini yang juga diketahui sebagai salah satu Penasehat Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Sulut.

Lanjut Dijelaskan Jebolan Doktor dari The Graduate School of Marine Science and Engineering Nagasaki University, Jepang (1993), yang diketahui juga sebagai penemu teknologi kapal ikan bersirip ini, bahwa Program kerja awal dari Koperasi tersebut yakni, Budidaya Ikan, penggemukan Babi, penanaman padi, jagung dan Porang,” terangnya.

Untuk itu diapun mengajak kepada seluruh Masyarakat Sulut untuk mendoakan serta menopang Visi - Misi koperasinya. “Mari kita topang KNPB ke depan, imbuhnya. (Adrian)

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

Jakarta,Sulutnews.com – PermataBank dan Astra Life hari ini resmi meluncurkan produk e-bancassurance terbaru bernama AVA iFamily Protection di PermataMobile X. Produk ini merupakan asuransi kesehatan untuk keluarga Indonesia yang sangat mudah diakses, memiliki proses pengajuan yang praktis, pilihan manfaat asuransi beragam, premi terjangkau, hingga fitur polis asuransi elektronik (“e-polis”) dan tersedia bagi seluruh nasabah PermataBank melalui PermataMobile X. AVA iFamily Protection di PermataMobile X diluncurkan melalui virtual press conference dengan menghadirkan narasumber Ancilla Lily selaku Head of Bancassurance & Direct Business Astra Life, Ursula Sista Pravesthi selaku Head of Wealth Management Retail Liabilities Products & Customer Segment PermataBank, dan Alain Tandi selaku Head of Wealth Management Product PermataBank.

Pandemi COVID-19 secara tidak langsung telah menjadi katalis dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan dan pengaturan finansial, termasuk pentingnya asuransi untuk memitigasi risiko-risiko kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga. Kondisi ini dibuktikan oleh survei lembaga riset Nielsen mengungkapkan kesadaran masyarakat untuk memiliki produk asuransi jiwa di kota-kota besar di Indonesia belakangan ini meningkat hingga 24 persen, dari sebelumnya hanya single digit. Menurut Data yang dikeluarkan AAJI pada Maret 2021, jumlah pendapatan premi asuransi jiwa pada kuartal III dan kuartal IV 2020 meningkat sebesar 81,7% dari Rp 50,56 Triliun menjadi Rp 91,86 Triliun dan optimis akan terus meningkat. Fakta lainnya adalah angka pembayaran klaim terkait kesehatan juga meningkat yaitu Rp 5,22 Triliun di Q2 2020 menjadi Rp 9,88 Triliun di Q4 2020.

Astra Life dan PermataBank telah bermitra dengan baik lebih dari enam tahun melalui bentuk kerjasama Bancassurance. Keduanya berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia, termasuk penyediaan produk perlindungan jiwa dan kesehatan oleh Astra Life di dalam PermataMobileX sejak bulan Februari 2020. Hasil kerjasama antara PermataBank dan Astra Life melalui jalur e-Bancassurance PermataMobile X ini telah mencatat hasil yang positif yaitu peningkatan penjualan lebih dari tujuh ratus kali lipat pada akhir semester dua 2020 dibandingkan saat peluncurannya di semester satu 2020 (bulan Februari). Hal ini membuktikan bahwa produk asuransi yang sesuai kebutuhan dengan proses pembelian yang mudah adalah jawaban dari kebutuhan perlindungan jiwa dan kesehatan keluarga Indonesia di masa pandemi ini.

Ancilla Lily – Head of Bancassurance & Direct Business Astra Life mengatakan, “Kami fokus dalam meningkatkan layanan digital Astra Life untuk kemudahan nasabah. ini lah yang menjadi pedoman kami untuk memberikan produk dan layanan terbaik seperti AVA iFamily Protection dengan keunggulan fitur premi kembali 100% sehingga tidak membebani keuangan keluarga, santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, dan kemudahan proses pembelian secara digital end to end di PermataMobile X, membuat produk ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini, so don’t worry I got your back.”

Ursula Sista Pravesthi, Head of Wealth Management Retail Liabilities Products & Customer Segment PermataBank menambahkan, “Penambahan produk Astra Life yaitu iFamily dalam fitur eBancassurance PermataMobileX diharapkan dapat melengkapi pengalaman yang seamless dan terbaik bagi nasabah melalui aplikasi PermataMobile X dan meningkatkan engagement nasabah dengan PermataBank. Proses pengajuan yang praktis dan singkat, pilihan manfaat asuransi yang beragam serta premi yang terjangkau hingga fitur polis asuransi elektronik (“e-polis”) yang dikirim langsung ke alamat e-mail nasabah merupakan beragam keunggulan dari fitur pembelian produk asuransi pada PermataMobile X. Semua proses terjadi dengan fast, reliable, dan simple.”

AVA iFamily Protection adalah produk perlindungan kesehatan yang memberikan manfaat meninggal dunia karena sakit dan kecelakaan, Santuan Rawat Inap dan Santunan Rawat Inap ICU, serta Manfaat penggantian Biaya Rawat Jalan Darurat. AVA iFamily Protection memiliki keunggulan opsi premi kembali 100% di akhir masa kepesertaan selama polis masih aktif, walaupun sudah pernah melakukan klaim Santunan Rawat Inap dan Santunan Rawat Inap ICU. Produk ini juga cocok untuk keluarga dengan 1 polis untuk 1 keluarga serta memberikan diskon premi hingga 20% untuk pembelian paket keluarga hingga 5 tertanggung tambahan dengan premi mulai dari Rp 500.000 per tahun dan santunan Rawat Inap hingga Rp 3.000.000 per hari.  Saat ini sudah terdapat lima produk Astra Life di PermataMobileX yaitu AVA iPlan Protection, AVA iSave Protection, AVA iPro Proteksi Dini, AVA Proteksi Tangguh, dan kini AVA iFamily Protection.

oOo

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:

 RICHELE MARAMIS

Head, Corporate Affairs PermataBank

+62 21 523 7788

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Dinda Bellinda

Head of Corporate Communications Astra Life

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

+62 (21) 30422000  

Tentang PermataBank

PermataBank adalah bank BUKU IV dan merupakan salah satu dari 10 institusi perbankan terbaik di Indonesia. Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Kode: BNLI) dengan pemegang saham pengendali Bangkok Bank Public Company Limited, PermataBank menawarkan produk dan jasa inovatif melayani hampir 4 juta nasabah di 62 kota di Indonesia. Per 1 Maret 2021, PermataBank memiliki 300 kantor cabang, 4 cabang bergerak (Mobile Branch), 925 ATM dengan akses di lebih dari 100.000 ATM (VisaPlus, Visa Electron, MasterCard, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima) dan jutaan ATM di seluruh dunia yang terhubung dengan jaringan Visa, Mastercard, Cirrus.

PermataBank meraih berbagai peringkat service excellence di kategori Bank Umum dan Bank Unit Usaha Syariah, dalam Banking Service Excellence Award 2020 oleh majalah InfoBank bekerjasama dengan Market Research Indonesia dan melalui program Corporate Social Responsibility bagi penyandang disabilitas yakni PermataBRAVE meraih Padmamitra Award 2020 tingkat Nasional dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Sebagai pelopor dalam teknologi mobile banking dan mobile cash di pasar Indonesia, pada tahun 2020, Bank memperkuat aplikasi super PermataMobile X dengan 200 fitur andalan terkini, meluncurkan kembali PermataNET, dan semakin mengukuhkan diri sebagai salah satu pemimpin digital mobile banking di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut terkait PermataBank kunjungi website kami di http://www.permatabank.com

Tentang Astra Life

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia.

Astra Life menawarkan produk yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, dan juga nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business) dan pendiri dana pensiun (DPLK ASTRA).

Pada Desember 2020 Astra Life telah melayani lebih dari 2,9 juta tertanggung. Astra Life juga didukung oleh ribuan penyedia layanan kesehatan di seluruh Indonesia yang menjadi mitra perusahaan. Berdasarkan data Akhir tahun 2020, total aset Astra Life tercatat sebesar Rp. 6,6 Triliun dan tingkat solvabilitas / Risk Based Capital (RBC) Astra Life berada di angka 419%. Angka RBC tersebut berada di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar 120%. Dengan semua pencapaian dan kinerja yang telah diperoleh tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang signifikan dan berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan aspirasi perusahaan menjadi asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia.

Website Astra Life dapat diakses di http://www.astralife.co.id.

 

*PT ASURANSI JIWA ASTRA terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit Bank OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness

  • Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat.
  • Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Jakarta, Sulutnews.com – NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit, melalu Virtual Press Conference Financial Fitness NYALA OCBC NISP - #TAYTBShow​ Special Edition, Senin, 15 Maret 2021

Bank OCBC NISP selalu percaya bahwa masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda telah memiliki semangat Tidak Ada yang Tidak Bisa (#TAYTB) di dalam dirinya. Keyakinan ini mendorong OCBC NISP untuk terus berusaha menghadirkan berbagai inovasi guna mewujudkan generasi Indonesia yang memiliki kondisi finansial yang fit (Financially Fit). Untuk mencapai tujuan tersebut, terdapat permasalahan umum tentang finansial yang terlebih dahulu harus dibenahi, salah satunya adalah mindset generasi yang mengejar ‘ingin kaya’ namun sayangnya tidak diikuti dengan pengetahuan yang tepat tentang tujuan, proses serta tahapan untuk mencapainya.

Untuk itu, OCBC NISP meluncurkan solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP guna memberdayakan generasi Indonesia agar memiliki kondisi financially fit, menggeser mindset dari getting rich menjadi getting fit. Karena menjadi kaya (rich) itu relatif atau tidak bisa diukur, sedangkan menjadi seseorang yang memiliki kondisi financially fit itu ada pengukurannya, mulai dari tabungan, dana darurat, proteksi sampai dengan investasi. Solusi Finansial Fitness ini lebih dari sekedar produk keuangan, ini merupakan solusi terintegrasi yang menghadirkan program pendampingan mulai dari Nyala Financial Fitness Squad, Komunitas Ruang meNYALA, platform edukasi https://ruangmenyala.com dan Ruang MeNYALA Financial Fitness Gym.

 “OCBC NISP menyadari bahwa membangun generasi financially fit diperlukan langkah besar, mulai dari meningkatkan pemahaman dasar finansial (knowledge), memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan yang salah (behaviour) dan meluruskan mindset terkait finansial yang keliru agar mereka dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat (attitude)”, ujar Ka Jit, Direktur Bank OCBC NISP.  

Lebih lanjut Ka Jit menambahkan, “OCBC NISP terus berinovasi untuk menghadirkan solusi literasi keuangan yang dapat diterima baik oleh generasi Indonesia. Di antaranya sejak 2019 lalu, kami berinovasi mengadakan festival finansial pertama di Indonesia, #TAYTBFest dan #SAVE20 by Nyala, yakni gerakan yang mengajak masyarakat menabung dan berinvestasi mulai dari Rp20 ribu. Khusus di tahun 2021 bertepatan dengan usia OCBC NISP yang ke-80 tahun, OCBC NISP hadirkan solusi Financial Fitness sebagai solusi komprehensif dan masif guna membantu pemerintah untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

3 Permasalahan Keuangan : Pengetahuan, Kebiasaan, dan Mindset

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan, masyarakat Indonesia masih memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah, dengan indeks literasi 38,03% dari total populasi. Dengan demikian ada tiga permasalahan finansial yang perlu dibenahi agar menjadikan masyarakat yang financially fit :

  1. Pengetahuan

Pemahaman yang kurang terkait konsep dasar finansial menyebabkan banyak masyarakat mengambil keputusan finansial yang kurang tepat, misalnya investasi mengikuti tren tanpa punya pemahaman dasar, pemahaman kapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan dana darurat, proteksi  atau investasi.

  1. Kebiasaaan

Kebisaaan manajemen finansial yang kurang tepat dan terbawa lifestyle kekinian, misalnya tergoda ajakan diskon, membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan dengan cara kredit.

  1. Mindset

Mindset keuangan yang kurang tepat, misalnya perencanaan keuangan itu cuma buat orang kaya, karena biaya konsultasinya itu mahal atau perencanaan keuangan itu sulit, bahkan menganggap pendapatannya tidak bisa disisihkan untuk tabungan/investasi.

Solusi Financial Fitness by NYALA I OCBC NISP, Lebih Dari Sekedar Produk Keuangan

Bank OCBC NISP fokus untuk mengedukasi, mengarahkan, mendukung dan membentuk kebiasaan keuangan yang baik. Hal ini dilakukan dengan menghadirkan :

  • NYALA Financial Fitness Squads

Seperti layaknya program kebugaran, NYALA Financial Fitness Squad akan memberikan bimbingan dan motivasi untuk memiliki kebiasaan finansial yang baik, dengan membangun daya tahan keuangan (endurance) melalui tabungan berjangka dengan bunga maksimal, memperkuat otot finansial (strength) dengan investasi mulai Rp20.000 per hari, serta lincah mengatur keuangan (agility) dengan bebas biaya transaksi dan admin serta dana darurat yang selalu terjaga. Bank OCBC NISP menggandeng Deddy Corbuzier sebagai Financial Fitness Director NYALA OCBC NISP[1] yang akan berperan sebagai financial coach, bersama lebih dari 8 ahli di bidang finansial.

  • Komunitas Ruang meNYALA

Wadah saling berbagi dan mendukung, menuju masyarakat yang financially fit. Melalui Komunitas Ruang meNYALA, OCBC NISP berkolaborasi dengan berbagai komunitas, menyediakan kelas edukasi dengan narasumber ahli membahas isu finansial yang sedang hangat.

Platform yang akan menyediakan informasi dan pembelajaran finansial, mulai dari format self-learning (modul yang disiapkan) dan akan dilanjutkan dengan kelas pembelajaran bersama.

  • Financial Fitness Check Up

Membantu masyarakat melakukan pengecekan dan evaluasi kondisi finansial mereka. Hal ini akan membantu masyarakat untuk mulai merencanakan keuangan dengan lebih baik.

  • Ruang MeNYALA Financial Fitness Gym

Dalam waktu dekat, Bank OCBC NISP akan menghadirkan inovasi sebuah tempat untuk melatih kekuatan keuangan, dengan berbagai fasilitas penunjang, termasuk fasilitas Financial Fitness Tracker untuk mengetahui kadar kesehatan finansial.

Sebagai Financial Fitness Director NYALA OCBC NISP, Deddy Corbuzier menyampaikan “Saya sangat mengapresiasi Bank OCBC NISP yang segera mengambil tindakan nyata dalam mendorong generasi Indonesia lebih melek keuangan dengan fokus kepada getting fit before getting rich. Bersama Financial Fitness Squad, saya mengajak generasi Indonesia sadar akan pentingnya menjadi financially fit. Sama seperti program kebugaran fisik, bugar secara finansial juga membutuhkan disiplin, komitmen dan persistensi dalam berjuang mengubah cara kita mengelola keuangan yang didukung dengan latihan, general check-up, serta bimbingan dari coach/trainer.”

“Saya berharap Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP ini bisa merangkul masyarakat, khususnya generasi muda, menjadikan mereka financially fit. Ini bukan sekadar inisiatif bisnis, melainkan komitmen kami menjalankan responsible banking untuk mengajak masyarakat berdaya secara finansial”, tutup Ka Jit.(/Merson)