Ini Kronologi Meninggalnya Balita 3 Tahun Asal Desa Teep di RSUD Amurang.

Written by  Ferro Waney Jan 31, 2018

Minsel, Sulutnews.com - Ditemui di ruangannya, Rabu (31/1) Direktur dr. Erwin Schouten menjeleskan kronologi meninggalnya Leoni Tamburian balita 3 tahun yang dirawat di Rumah Sakit Daerah di Desa Teep Trans Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan.

Menurutnya, penanganan pasien tersebut mereka telah melakukan tindakan medis sesuai dengan mekanisme. Dan diduga meninggalnya LT balita umur 3 tahun, dikarenakan ada infeksi berat akibat parasit cacing.

Berikut kronologis kejadian berdasarkan keterangan Direktur Rumah Sakit Daerah Kabupaten Minahasa Selatan Dokter Erwin Schouten didampingi Kadis Kesehatan Minsel :

Korban Leony Tamburian (3) warga Desa Teep Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan.

Masuk Rumah Sakit Daerah Kabupaten Minahasa Selatan pukul 01.56 wita. Orang tua korban langsung membawanya di rumah sakit.

Dokter Ryo Najoan Kepala UGD langsung menangani korban. Penanganan awal diberikan obat minum dan observasi.

Keluhannya diare, kesadaran normal, dan keadaan umum cukup. 

Alasan kenapa tidak memasang infus karena tanda-tanda dehidrasi tidak ada. Pukul 02.38 subuh masuk rawat inap dalam ruangan.

Pukul 04.30 pasien muntah sambil keluar cacing dari mulut dan buang air besar juga ada cacing dan panas tinggi mencapai 41 derajat celcius. Karena demam, maka tindakan dokter memasang infus kepada pasien.

Pukul 06.00 wita Dokter Ryo memeriksa kondisi pasien. Kesadaran pasien tidak baik, sehingga instruksi persiapan rujuk ke Rs Prof Kandou Malalayang.

Pada pukul 09.48 rujuk RS Prof Kandou Malalayang. Namun, belum sampai di RS Prof Kandou, Leony menghembuskan nafas terakhirnya dan kembali ke RS Daerah.

Diagnosa Diare, Infeksi cacing, dan dicurigai infeksi berat akibat parasit (cacingan).

Dugaan kematian infeksi berat akibat infeksi parasit cacing.

Kadis Kesehatan Minsel Ternie Paruntu menambahkan penyakit cacingan akan menguras gizi pasien dan berakibat daya tahan tubuh menurun.(Fw)

Last modified on Wednesday, 31 January 2018 14:29