Pemkot Manado Verifikasi Dokumen TPP-SKPD, ASN Diminta Bersabar

Written by  Yayuk Wulur Jan 30, 2018

Manado (SulutNews.com). Membuka lembaran baru 2018 langkah cepat dilakukan Walikota Manado Dr.GS. Vicky Lumentut,DEA dan Wakil Drs Mor Bastiaan. Salah satunya adalah menepati janji membayar gaji ASN tepat waktu sesuai dengan postur anggaran yang diatur dalam APBN dan APBD 2018 untuk honorer. 

Penegakan peraturan pemerintah untuk mengatur dan menata keuangannya terutama pos pembiayaan kesejahteraan pegawai seperti TPP dan lain-lainpun akan segera direalisasi di akhir Januari hingga awal Februari 2018. 

Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Denny Sangkaen,SE, Selasa, (30/1) menjelaskan, mendukung kebijakan itu, saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak terkait dimana TPP harus disalurkan untuk segera dinikati pegawai. "Target pembayaran Januari ini kita sedang menyelesaian verifikasi dokumen tiap SKPD. Setelah pernyataan kesanggupan dengan bukti adanya dokumen, kami baru keluarkan uang untuk disalurkan ke dalam buku rekening tiap pegawai sesuai permen non tunai," ujarnya.

Menurutnya, proses pembayaran hanya berlangsung singkat namun menitik beratkan pada dokumen SPP dan SPM tiap SKPD, jumlah ASNnya serta kehadiran dan lembaran hasil kinerja apakah baik atau sebaliknya, kata dia. Menyinggung resiko terjadi keterlambatan membayar ia menjelaskan, hal tersebut tidak mungkin terjadi karena postur dana APBD tahun sebelumnya sudah menata dana TPP tersebut. 

"Kecuali jika hasil rekap pegawai terlambat diserahkan ke bendahara TPP, contohnya terjadi di Dinas Pendidikan tentu saja mempengaruhi kecepatan pembayan kepada Pegawai dan guru-guru di lingkutan dinas tersebut," katanya seraya menambahkan khusus pembayaran TPP tidak pukul rata sama dengan gaji, sebab TPP dibayar tergantung kehadiran dan kinereja ASN, jadi harus ada laporan hasil rekapitulasi kehadiran ASN, disamping nomor rekening bank harus benar. 

Ia menjelaskan keterlamabatan dokumen SKPD yang berlarut-larut akan mengakibatkan TPP terancam terbayar nanti pada bulan berikutnya sesudah gaji. (yy)