Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual Media Online Sulutnews.com

Written by  Putra Maili Oct 30, 2017

Manado, Sulutnews.com - Dewan Pers tengah melakukan verifikasi faktual ke sejumlah media online di Indonesia. Untuk tujuan tersebut Kabag Adm. Pengembangan Pers dan Hubungan Antar Lembaga, Dra.Deritawati, M.Si, mendatangi Sulutnews.com, Senin (30/10/2017), di Gedung Balai Wartawan Samratulagi, Jalan Sudirman No.3 Manado.

Kedatangannya Deritawati didampingi staf  Sekretariat Dewan Pers Watini disambut oleh Peminpin redaksi sulutnews.com Merson Simbolon, SE, M.Si, Komisaris Benria Marbun Pemimpin Perusahaan Patrick Simbolon dan Wakil Pemimpin Redaksi Putra Maili.

Deritawati mengatakan, verifikasi kali ini khusus media online yang sebelumnya sudah dihubungi, dijawalkan sebanyak 11 media online akan dikunjungi. Verifikasi sangat penting untuk memilah antara media yang benar-benar berjalan sesuai marwah jurnalistik dengan 'abal-abal', Tegasnya.

Dijelaskan Deritawati, program verifikasi faktual dilakukan Dewan Pers untuk melihat langsung bagaimana operasional media yang bersangkutan, apakah sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan Dewan Pers. Selain itu verifikasi faktual juga menjadi ajang bagi Dewan Pers untuk membina media-media yang ada. Kedepan diharapkan verifikasi akan dilakukan oleh Serikat Media itu sendiri, salah satunya "Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang terus didorong menjadi konstituen Dewan Pers", untuk media cetak dilakukan oleh Serikat Perusahan Pers(SPS), Tegasnya.

Dalam verifikasi tersebut, Deritawati menanyakan berbagai hal mengenai operasional dan aktivitas jurnalistik Sulutnews.com, seperti legalitas perusahaan media, penanggung jawab redaksi, jumlah wartawan, perlindungan dan kesejahteraan wartawan.

Dalam kesempatan itu Pemred Sulutnews.com, Merson Simbolon mengungkapkan, keseriusannya menjadikan Sulutnew.com sebagai media yang profesional dan berkualitas. Ia mengungkapkan dari 20 wartawan 11 diantaranya sudah lulus uji kompetensi wartawan, 2 Kompetensi Utama, 1 kompetensi Madya dan 8 Kompetensi Muda dan berkomitmen terus menjalin komunikasi dan konsultasi dengan Dewan Pers untuk meningkatkan media yang dikelolanya.

Pada kesempatan yang sama Ketua PWI Sulawesi Utara Drs.Voucke Lontaan dan Ketua Dewan Kehormatan PWI Sulawesi Utara Fanny Waworundeng, turut hadir dan memberikan apresiasi atas langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Dewan Pers.

Di akhir kunjungannya, Deritawati  mengapresiasi langkah-langkah yang sudah dilakukan sulutnews.com dan berpesan untuk meningkatkan kompetensi wartawan dalam berbagai pelatihan, serta saling berbagi ilmu dengan jajaran redaksi lainnya agar dapat berkembang menjadi media besar serta menyerahkan sebuah buku saku wartawan.(*PM)

 

Last modified on Tuesday, 31 October 2017 00:53