Jeacky Gerung : Dapat Buku Paspor Langsung Buku Aplikasi Imigrasi Online

Written by  Yayuk Wulur Jan 16, 2018

Manado, SulutNews.com-Kabar baik bagi yang berniat melancong ke luar negeri. Tahun ini, sudah semakin mudah mengurus buku Paspor. Pemohon hanya tinggal membuka alamat Aplikasi Internetan Imigrasi online di Hanphone miliknya, dan lagi tidak perlu duduk antri lama di loket. Hanya perlu klik Playstore Imigrasi Online dan cari serta ketik Imigrasi.go.id maka dengan mudah pemohon sudah bisa melakukan komunikasi awal dengan petugas.

"Disamping mudah pun petugas kami akan membantu menerangkan teknis penggunaan aplikasi Imigrasi Online, antara lain bagaimana mendapat nomor antrian online untuk dibawanya ke Kantor Imigrasi sebagai bukti," kata Kabid Lalu Lintas Dan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas 1 Manado, Jaecky Gerung kepada sulutnews.com di ruang kerjanya, Selasa (16/1).

Pemohon paspor online dapat mendaftarkan dirinya sebagai orang yang hendak bepergian ke luar negeri setelah melakukan update. Ia akan mendapatkan nomor antrian itu dan apa yang ia perlukan seperti, segera menentukan sendiri hari apa dan waktunya ia  menjalani wawancara dengan petugas Imigrasi di Kantor Imigrasi di Jalan 17 Agustus sekaligus mendapatkan buku Paspornya,  kata Jeacky.

Tentang animo masyarakat setiap tahun jumlah pemohon Paspor baru terjadi peningkatan tidak signifikan. "Naiknya hanya ratusan saja. Fluktuasinya hanya rata rata 50 buku setiap hari," lanjut dia. Kehadiran nomor antrian online juga terjadi sumbangan sedikit hanya sebanyak 200 orang dari 14 ribu pemohon sejak awal Nopember diluncurkannya Nomor Antrian Online.

Menjawab pertanyaan, Jeacky menambahkan biaya administrasi satu Buku Paspor baru senilai Rp355 ribu saja. Sedangkan harga pada sistim baru pelayanan Paspor yakni Kartu CIF Pasport lebih mahal Rp655 Ribu saja. Buku Paspor merupakan dokumen tanda kewarganegaraan seseorang yang wajib dibawa saat bepergiaan ke luar negeri. (ayu/*)