Jalan Uwuran Dua, Kilometer Tiga Jadi TPS Nomalisasi Sungai Ranowangko

Written by  Nov 23, 2017

Minsel, Sulutnews.com - Normalisasi Sungai Ranowangka tepatnya di Kecamatan Amurang yang diapit dua Kelurahan yaitu Uwuran Dua dan Kelurahan Lewet menjadi sorotan warga Kota Amurang.

Pasalnya limbah hasil normalisasi yang menurut informasi adalah hasil serapan Anggota DPRD Provinsi Sulut dapail Minsel-Mitra, tersebut dibuang di seputaran jalan trans menuju Tombatu Mitra, tepatnya antara Kelurahan Uwuran Dua dan Desa Kilometer Tiga.

Menurut keterangan Hukum Tua Desa Kilometer Tiga Kecamatan Amurang, Herman Ulaan mengatakan, normalisasi tersebut telah meresahkan masyarakat yang melitas ditempat tersebut. Karena menimbulkan berbau busuk dan penuh dengan sampah.

"Ini jelas sangat menggangu aktitas warga khususnya kami warga yang sehari-hari melewati jalur tersebut. Karena limbah sampah tersebut berbau busuk dan mengganggu pernapasan. Kami berharap ini menjadi perhatian pemerintah terkait. Apalagi jalan ini menuju area pariwisata." tukas Ulaan.

Sementara itu Lurah Kelurahan Uwuran Dua Brif Kaunang ditemui diruangannya, Rabu (22/11), mengatakan bahwa normalisasi sungai Ranowangko, telah diberitahukan lewat lisan oleh Dinas PU Provinsi Sulut, namun untuk pembuangan hasil normalisasi sungai tersebut tidak pernah disampaikan.

"Jelas sebagai pemerintah Uwuran Dua tidak pernah diberitahukan akan membuang di seputaran jalan antara Kelurahan Uwuran Dua dan Desa Kilometer Tiga. Kami mendapat informasi tersebut dari beberapa masyarakat sekitar yang melintas dijalur tersebut. Padahal Minsel punya tempat pembuangan sampah (TPS)," jelasnya.

Ia menambahkan, kiranya dapat menjadi perhatian bagi dinas terkait, agar supaya pembuangan lumpur dan sampah, dapati dihentikan serta dapat menegur pihak yang melakukan normalisasi di sungai Ranowangko.(Ferrowaney)