Liputan Khusus

Liputan Khusus (24)

Manado,Sulutnews.com – Walikota Manado Andrei Angouw bertindak sebagai Inspektur Upacara pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-76 yang berpusat di Lapangan Sparta Tikala Manado. Selasa (17/08/2021).

Sekira pukul 08,30 Wita berseragam kemeja putih-putih serta didampingi Wakil Walikota dr Richard Sualang dan isteri masing-masing tiba dilokasi upacara.

Setelah menerima laporan dari Komandan Upacara, hajatan upacara dimulai, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tex Proklamasi yang dibacakan langsung Ketua DPRD Kota Manado Dra. Altje Dondokambey M. Kes., Apt.

Acara dilanjutkan dengan pengibaran  Bendera Merah Putih oleh regu pengibaran Bendera Paskibraka. Setelah Pengibaran Bendera Walikota memimpin dan memandu Hening Cipta untuk semua peserta upacara yang hadir. Kemudian acara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Agama Kota Manado.

Ikut hadir dalam Upacara tersebut Wakil Walikota Manado Dr Richard Sualang bersama ibu, Istri Walikota Irene Angouw Pinontoan yang dalam hal ini sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado, Anggota DPRD Kota Manado, Forkopimda Manado, Sekretaris Kota Micler C.S. Lakat SH,MH, Kepala SKPD dan peserta upacara yang dibatasi sambil mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Mengingat situasi dan kondisi saat ini masih terkait dengan wabah Covid-19, sehingga upacara ini dilakukan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Bagi pejabat yang tidak hadir secara fisik, mengikuti upacara ini secara Online/Virtual yang dilakukan dengan menggunakan teknokogi Video Conference melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting yang diakses pada Handphone/Laptop dari tempat masing-masing. (*/Yuk)

Manado,Sulutnews.com – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, sekaligus mengenang jasa dan pengorbanan pahlawan Kusuma bangsa yang gugur untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Senin (16/08/2021) pagi tadi, Walikota Manado Andrei Angouw memimpin upacara Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado.

Walikota Andrei Angouw pada kesempatan itu mengatakan, sebagai anak bangsa wajib untuk menghormati dan menghargai serta mengenang jasa para pahlawan Kusuma bangsa. Yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raga, untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Pengorbanan para Pahlawan dalam memerdekakan bangsa Indonesia, harus dijadikan pemicu semangat untuk mengisi kemerdekaan, dengan kerja keras.” Ucap Walikota Andrei.

Mengatasnamakan Pemkot dan masyarakat Manado, Walikota Andrei Angouw mengucapkan Selamat HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76.

Tabur bunga saat ini terasa istimewa, sebab Walikota pilihan rakyat Kota Manado ini  juga menyempatkan waktu untuk hadir dan menabur bunga dipusara Alm. Kol. (Purn) Frans W. Kapojos.

Seperti diketahui bahwa Alm. Kol (Purn) Frans W. Kapojos adalah Opa dari istri Walikota Ibu Irene Angouw Pinontoan atau Opa mertua dari Walikota Andrei Angouw.

Upacara Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di TMP Kairagi Manado, di hadiri oleh Wakil Walikota Manado Richard Sualang, Ketua DPRD Manado Dra. Altje Dondokambey M.Kes, Apt, Sekretaris Kota Manado Micler C.S. Lakat, Forkopimda, para Kepala SKPD.  (*/Yuk)

Manado,Sulutnews.com – Walikota Manado Andrei Angouw bersama Wakil Walikota Richard Sualang melantik Ketua Lingkungan (Keling) se-Kota Manado, bertempat di ruang Serba Guna pemkot Manado, Selasa (03/08/2021).

Sebanyak 504 Ketua Lingkungan di lantik,setelah melalui proses mekanisme pemilihan secara terbuka,dimulai dari pendaftaran, tes administrasi sampai pada tes kompetensi hingga kelulusan yang di umumkan lewat kecamatan masing-masing.

Walikota Manado Andrei Angouw dalam arahannya meminta Ketua Lingkungan yang terpilih agar dalam melaksanakan tugas sebagai Keling harus dapat melayani semua masyarakat.

“Tanggungjawab Keling yang utama termasuk menjaga situasi lingkungan agar kondusif. Pilkada sudah selesai jadi masyarakat harus dirangkul dan dilayani siapapun dia kendati berbeda disaat Pilkada lalu,” kata Walikota.

Walikota Andrei berharap agar semua Keling dapat mendukung dan mensosialisasikan program-program pembangunan Kota Manado,terutama dalam memutus mata rantai Covid-19.

“Bagaimana kita menghadapi penyebaran covid yang saat ini sedang hangat-hangatnya. Program vaksinasi harus menjadi perhatian Keling untuk disosialisasikan kepada masyarakat.” Ujar Walikota Andrei.

Diakhir sambutan, Walikota Andrei menyampaikan beberapa program yang tidak ditata dalam APBD tahun 2021 ini yang memang belum dan bukan pemerintahan AARS yang menganggarkannya, tapi nantinya akan ditata pada APBD tahun 2022 nanti.

“Contoh Dana Lansia yang tidak dianggarkan dalam APBD tahun 2021 ini sebab bukan kita yang merancang penganggaranya, nantinya akan dianggarkan pada tahun 2022 mendatang,”Kunci Walikota.

Diketahui, dalam pelantikan ini Pemerintah Kota Manado menerapkan Protokol Kesehatan terutama PPKM,sehingga setiap Kelurahan mengirimkan 2 keterwakilan untuk hadir di acara pelantikan tersebut.

Dan bagi Keling yang tidak hadir secara fisik, mengikuti pelantikan ini secara Online/Virtual yang dilakukan dengan menggunakan teknokogi Video Conference melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting di setiap kantor Kelurahan atau Kantor Kecamatan masing-masing.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Sekretaris Kota Manado Micler C.S. Lakat, Asisten I Pemkot Manado Heri Saptono, Kadis Sosial Sammy Kaawoan, Anggota DPRD Manado Jimmy F. Gosal, Rosalita Manday dan Jean Kodoati Sumilat, serta para Kepala OPD,Camat dan 174 Ketua Lingkungan yang mewakili setiap Kelurahan di Kota Manado. (*/Yuk)

 

Manado,Sulutnews.com – Keseriusan Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang untuk mengatasi meluapnya air anak sungai Tikala ke badan jalan, membuahkan hasil. Berdasarkan amatan langsung Walikota Andrei,tidak terlihat lagi luapan air saat hujan seperti yang biasa terjadi di kawasan Tikala tersebut,Jumat (06/08/2021).

Sebelumnya Walikota Andrei meninjau langsung pelaksanan pengerukan anak sungai Tikala yang dilaksanakan bulan yang lalu (21/07/2021).

Didampingi Kepala Dinas PUPR John Suwu, orang nomor satu di Manado itu memantau aliran anak sungai Tikala di depan Kantor Perpustakaan serta samping Kantor DPM-PTSP dan Dinas Pemadam.

Dari tempat itu, Walikota pilihan rakyat Manado melanjutkan peninjauannya di wilayah Tikala Kumaraka yang selama ini sering terdampak banjir saat musim hujan.

Tidak hanya di Tikala, Walikota Andrei juga memantau seputaran Paal IV dan Mahawu.

Meski kerja hebat selama ini sudah membuahkan hasil, namun Walikota pilihan rakyat Kota Manado ini masih melihat kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai dan saluran air.

“Satu hal yang masih perlu diingatkan lagi adalah kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” Ujar Walikota Andrei. (*/Merson)

Manado,Sulutnews.com – Walikota Manado Andrei Angouw bersama Wakil Walikota Richard Sualang menghadiri rapat Paripurna DPRD Kota Manado dalam Rangka Pembahasan Tahap Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Manado tahun 2021-2026. Bertempat di ruang rapat DPRD Kota Manado, Senin (26/07/2021).

Rapat Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Kota Manado Dra. Altje Dondokambey M.Kes, Apt, bersama Wakil Ketua DPRD dan Anggota DPRD Kota Manado, dengan agenda mendengarkan penjelasan Walikota Manado tentang Rancangan Awal RPJMD 2021 – 2026 dan Penetapan Pansus Pembahasan Rancangan Awal RPJMD Kota Manado 2021-2026.

Dalam penyampaiannya, Walikota Manado mengatakan RPJMD merupakan Dokumen Perencanaan Pembangunan lima tahun kedepan. Bagi Walikota RPJMD ini menjadi pedoman dari Pemerintah Daerah Kota Manado termasuk SKPD dalam melaksanakan pembangunan lima tahun kedepan.

“Isu-isu strategis yang akan diansipasi kedepan adalah soal pergerakan jumlah penduduk. Juga soal peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan. Dan menjadi isu utama adalah bagaimana kita manangani pandemi covid 19,” Ujar Walikota Pilihan rakyat Kota Manado.

Walikota Manado meminta dukungan semua pihak khususnya dari DPRD Kota Manado agar RPJMD Kota Manado tahun 2021-2026 dapat dibahas untuk dilaksanakan bagi masyarakat Kota Manado Lima Tahun kedepan.

“Agar kita semua ikut berpartisipasi dalam penanganan covid. Kita harus protokol kesehatan dan perlu sosialisasi agar kita dan juga masyarakat Kota Manado yang wajib vaksin untuk ikut vaksinasi,” Jelas Walikota.

Rapat tersebut di hadiri Sekretaris Kota Manado Micler C.S. Lakat,Sekwan DPRD Kota Manado Adi Zainal Abidin,Kepala SKPD,Para Camat dan undangan lainnya dengan menggunakan protokol Kesehatan. (*/Merson)

Manado,Sulutnews.com – Walikota Manado Andrei Angouw bersama Wakil Walikota Richard Sualang, Rabu (21/07/2021) memantau langsung pembersihan dan  pengerukan sedimen saluran air di kecamatan Tikala.

Langkah cepat dilakukan sebagai tindaklanjut pantauan hari Sabtu (17/07/2021) yang lalu, dimana di lokasi tersebut sering terjadi luapan air kejalan sampai pom bensin hingga ke lapangan Tikala ketika terjadi hujan.

“Persoalan tersebut dalam beberapa tahun ini sering terjadi ketika datangnya musim penghujan, air hujan dari drainase/got meluap keluar sampai ke jalan bahkan ke rumah warga, karena akibat volume drainase sudah melibih kapasitas,” Ujar Walikota Andrei.

Dikatakan Walikota,semua hasil dilapangan ini tentunya menjadi bagian kajian dan analisa dalam rangka pembuatan program penanggulangan banjir kedepan.

Meski demikian, kata Walikota pilihan rakyat Kota Manado ini, masyarakat untuk membiasakan hidup bersih dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Karena sebaik apapun sistem pengairan dibuat pemerintah tapi jika masyarakat terbiasa membuang sampah sembarangan, sampah yang menutupi drainase akan menyebabkan banjir,”Ucap Walikota Andrei seraya mengajak kepada masyarakat agar menjaga lingkungan masing-masing demi keberlangsungan kota ini yang lebih baik lagi.

Turut mendampingi Walikota dan Wakil Walikota,  Sekot Micler Lakat, Kadis PUPR John Suwu dan sejumlah pejabat terkait lainnya. (*/Merson)

Manado,Sulutnews.com – Walikota Manado Andrei Angouw, Sabtu (17/07/2021) kembali turun lapangan melihat situasi dan kondisi anak sungai dan parit di beberapa lokasi di Tikala Kecamatan Wenang yang sering terjadi luapan air jika terjadi hujan lebat. 

Dalam kunjungan tersebut, Walikota Manado di dampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Manado Jhon Suwu, Camat Wenang Deasy Kalalo.

Dari hasil kunjungan lapangan ini, sangat jelas bahwa sebagian besar saluran air terutama parit dan drainase tidak mampu lagi menampung debet air yang cukup besar. Selain parit dan anak sungai mengecil, juga disebabkan Drainase dan parit-parit dipenuhi banyak sampah.

Dikatakan Walikota, keadaan inilah yang membuat air didalam parit dan drainase yang tersumbat bukan lagi melalui drainase dan parit tersebut tetapi keluar ke jalan di lorong-lorong dan menggenangi beberapa ruas jalan protokol.

“Semua hasil dilapangan ini tentunya menjadi bagian kajian dan analisa dalam rangka pembuatan program penanggulangan banjir kedepan,” Ujar Walikota Andrei.

Sebelumnya, Jumat (16/07/2021) saat hujan berjam-jam membuat ruas jalan di Kota Manado tergenang air, dan meluap ke jalan-jalan. Dikecamatan Tikala sendiri jika terjadi hujan, air meluap sampai keseputaran pom bensin Tikala. (*/Yuk)

Manado, Sulutenws.com – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-398 Kota Manado dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dalam suatu upacara di lapangan Sparta Tikala Manado, Rabu (14/07/2021).

Bertindak selaku inspektur upacara (Irup) Walikota Manado Andrei Angouw, dihadiri Wakil Walikota Richard Sualang serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Manado

Upacara diikuti para kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah se-Kota Manado dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat.

Dalam sambutannya, Walikota Andrei Angouw mengatakan dalam logo Kota Manado terdapat semangat gotong royong untuk membangun ibukota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini.

“Semangat gotong royong dan kebersamaan kita dalam membangun Kota Manado telah tergambar dalam logo Kota Manado. Inilah yang memberikan kita motivasi untuk bersama-sama memiliki tanggung jawab memajukan kota ini,”ujar Walikota pilihan rakyat Manado itu.

Apalagi, tambahnya, dimasa pandemi Covid-19 ini, semua pihak harus berperan dalam upaya menekan penyebaran virus Corona dengan vaksinasi massal yang dilakukan Pemkot Manado.

“Mari kita hadapi pandemi Covid-19 ini dengan gotong royong. Sitou timou tumou tou yang merupakan falsafah Sam Ratulangi harus kita jadikan acuan. Marilah kita sukseskan vaksinasi yang dilakukan pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19. Kalau ada yang sakit ‘kase tau’ dan lakukan isolasi mandiri,”tukas Walikota Andrei Angouw.

Dirinya juga mengajak masyarakat, dalam memaknai HUT ke-398 Kota Manado agar membiasakan membuang sampah pada tempatnya serta menjaga lingkungannya tetap bersih.

“Di ulang tahun Kota Manado ini, saya mengajak masyarakat jangan buang sampah sembarangan, agar tidak terjadi banjir saat hujan turun,”tandas AA, sapaan akrab Walikota.

Selain itu, Walikota Andrei Angouw pula mengajak semua pihak untuk bersinergi membangun kerukunan dan toleransi antar umat beragama di daerah ini.

Disamping itu, jajaran aparatur Pemkot Manado agar bekerja profesional serta menerapkan Prokes Covid-19 dilingkungan kerjanya.

“Kepada aparatur pemerintah di Kota Manado saya ajak mari bekerja profesional serta ramah dalam melayani masyarakat. Dan jangan lupa terapkan protokol kesehatan Covid-19. Mari menjadikan Manado maju dan sejahtera,”pungkas Walikota Andrei Angouw.

Acara diakhiri dengan penyerahan penghargaan Satya Karya Satya kepada sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Micler CS Lakat SH MH bersama beberapa ASN lainnya serta penyerahan hadiah bagi pemenang lomba oleh Walikota Andrei Angouw.

Tampak hadir dalam upacara tersebut, Ketua dan Sekretaris Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado Ny Irene Angouw-Pinontoan dan Ny Merry Sualang-Mawardi. (*/Merson)

 

Manado,Sulutnews.com – Dalam upaya memutus mata rantai Covid-19, Pemerintah Kota Manado terus berupaya menekan penyebaran covid-19 dengan melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Manado Andrei Angouw mengunjungi beberapa lokasi pelaksanaan program Vaksin Hebat di Kota Manado.

Salah satunya mengunjungi kegiatan vaksinasi di Tikala Baru yang dilaksanakan oleh Puskesmas Tikala Baru. Selanjutnya Walikota menuju pelaksanaan vaksinasi di Gereja GMIM Anugerah Tingkulu. Sabtu (26/06/2021).

Seperti biasanya, dalam setiap kunjungan ditempat vaksinasi Walikota Andrei berdialog dengan warga yang hadir, memberikan motivasi dan menyampaikan kenapa masyarakat harus vaksin lewat program vaksinasi hebat ini.

“Ini untuk melindungi masyarakat dari virus corona dan memutus mata rantai penyebaran virus corona agar tidak semakin meluas,” Kata Walikota Andrei.

Ditambahkan Walikota Andrei,bahwa program vaksinasi hebat ini dilaksanakan agar masyarakat terbebas dari virus, ekonomi masyarakat berjalan kembali sehingga pembangunan untuk kepentingan masyarakat juga akan kembali berjalan normal.

“Kepada masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan, selain dengan vaksin agar warga terlindungi dari penularan virus, jika kasus covid menurun maka dengan sendirinya pertumbuhan ekonomi akan meningkat,” Ujar Walikota Andrei.

Walikota Andrei juga berharap seluruh lapisan masyarakat untuk dapat terus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghidari kerumunan serta meningkatkan kesadarannya untuk berpartisipasi menyukseskan vaksinasi Covid-19. (*/Merson)

Manado,Sulutnews.com – Wakil Walikota Manado dr Richard Sualang mewakili Walikota Andrei Angouw melantik Pengurus Badan Kerjasama Antar Umat Baragama (BKSAUA), Forum Kerukunan umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Manado masa bhakti  2021- 2024,  bertempat di ruang serbaguna kantor Walikota, Rabu (23/06/2021).

 

Dalam sambutan Wakil Walikota Richard Sualang mengatakan BKSAUA, FKUB, FPK dan FKDM adalah Organisasi penting yang dapat meredam perpecahan dari pihak yang dapat merusak keutuhan dan persatuan Bangsa.

“BKSAUA, FKUB, FPK dan FKDM Kota manado, merupakan Organisasi yang memiliki fungsi penting di tengah-tengah masyarakat, sebagai wadah komunikasi, konsultasi dan kerjasama untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pambauran kebangsaan. Serta berperan aktif dan mampu meredam pertentangan karena adanya perbedaan dan mencegah ancaman dari pihak yang ingin memecah belah persatuan Bangsa,” kata Wawali Richard.

 

Dalam kesempatan ini, Wawali juga menyampaikan pesan dari Walikota Andrei Angouw, kepada seluruh pengurus yang baru saja dilantik untuk dapat bersinergi dalam menjalankan pembangunan di Kota Manado.

“Pak Walikota berpesan kepada kita semua untuk sama-sama berjalan bergandengan tangan demi kemajuan dan kesejahteraan Kota Manado,” ungkap Wawali.

 

Lebih lajut, Wawali mengajak seluruh pegurus untuk membantu mensukseskan seluruh program yang sedang digalakkan Pemerintah.

“Dalam situasi seperti ini saya mengajak seluruh pengurus untuk dapat membantu program pemerintah dalam menjalankan Program Vaksinasi Hebat” ajak Wawali Richard.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua BKSAUA Kota Manado, Pdt. Judy Tunari M.Teol mengatakan, pihaknya akan terus bersinergi dengan Pemeritah dalam hal ini Walikota dan Wakil Walikota dalam menjalankan tugas yang telah dipercayakan.” tandas Tunari.

 

Lebih lanjut kata Tunari, sebagai Tokoh Agama dan masyarakat mereka akan terus bersama menopang pemerintah dalam hal menjaga kerukunan di Kota Manado.

“Sebab kerukunan untuk Kota Manado sekarang ini telah menjadi gaya hidup, ketika dimana ada rukun dan damai di situ berkat itu dicurahkan, sehingga kita akan melihat Kota Manado semakin hari semakin lebih baik, semakin sejahtera dan semakin hebat,’ pungkas Ketua BKSUA Pdt. Judy Tunari.

Berikut nama-nama pengurus yang dilantik :

Ketua BKSAUA : Pdt. Judy Tunari M.Teol

Ketua FKUB : Pdt. Yanny Lompoliu S.Th

Ketua FKDM : Edwin Moniaga SH, MH

Ketua FPK : Bryant Waleleng SH, M.Kn

Beserta seluruh pengurus /anggota Forum dan Organisasi yang ada.

Turut hadir dalam pelantikan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado, Irwan Musa SE, M.Si; Sekretaris Daerah Kota Manado Micler C S Lakat dan para tamu undangan. (*/Merson)