Liputan Khusus

Liputan Khusus (32)

Manado,Sulutnews.com – Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang menghadiri acara yang bertajuk Penyelamatan Keuangan Negara Kejaksaan Negeri Manado di Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado. Rabu (13/04/2022).

Acara ini adalah penyelamatan dana sebesar Rp. 3,322,416,000 (Tiga Milyar Tiga Ratus Dua Puluh Dua Juta Empat Ratus Enam Belas Ribu Rupiah).

Selesai acara pembukaan Kejari Manado menyampaikan Laporan Pelaksanaan kegiatan Perkara Tindak Pidana Korupsi untuk PT Fila Delfia Blessing Fammily dan PT Gerbang Perkasa. Menurut Kajari hal ini berdasarkan penyidikan terhadap Dinas Tata Kota dan Badan Perijinan Kota manado. Kajari juga melaporkan bahwa Dana ini sudah disetorkan ke Kas Negara yakni ke kas Pemerintah Daerah Kota Manado.

Selesai laporan dan pengantar umum oleh Kajari dilakukan penyerahan dari penyidik Kejaksaan Negeri Manado kepada Pemerintah Kota Manado. Acara penyerahan diawali dengan perhitungan uang yang dilakukan oleh pihak Bank SulutGo untuk selanjutnya dilakukan proses penyerahan.

Proses penyerahan ditandai dengan penandatanganan berita acara dari pihak Kejaksaan yakni oleh Kajari dan dari pemerintah Kota dilakukan oleh Walikota Manado didampingi Wakil Walikota, Sekot dan Kepala Badan Keuangan Pemerintah Kota.

Acara selanjutnya adalah penyerahan secara simbolis uang sebesar Rp.3,322,426,000 dari Kejari Manado Kepada Walikota Manado disaksikan oleh Wakil Walikota Manado, Sekretaris Pemerintah Kota bersama pejabat SKPD dan jajaran Kejaksaan Negari Manado.

Ketika memberikan sambutan Walikota menyampaikan banyak terima kasih kepada Ibu Kajati dan jajarannya yang telah menyelamatkan uang daerah Pemerintah Kota ini. “Sangat bersyukur atas adanya dana penyelamatan ini sebab dana ini justru menjadi semacam dana tambahan lain-lain bagi pelaksanaan program di pemerintah kota manado,” ujar Walikota.

Walikota mewarning jajaran pemerintah kota untuk lebih hati-hati sebab dengan adanya dana penyelematan ini, bisa saja kita dalam penganggarannya apakah salah hitung atau salah penganggaran dan lain sebagainya. Makanya ini menjadi semacam evaluasi untuk pengelolaan penganggaran kedepannya.

Dalam acara ini, hadir Walikota dan Wakil Walikota Manado didampingi Sekretaris Pemerintah Kota Micler C.S. Lakat, para asisten, kepala SKPD, jajaran Kejaksaan Negeri Manado, pihak Bank SulutGo dan Bank BRI serta unsur Pers.(*/Liputan Khusus)

Manado,Sulutnews.com – Wali Kota Manado Andrei Angouw hadiri penyerahan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi keluarga penerima, bertempat di Sekretariat PKH jalan Pumorow, Kamis (07/04/2022).

Penyerahan PKH ini di hadiri Kepala Dinas Sosial Kota Manado Sammy Kaawoan, Asisten II Atto Bulo SH, serta para penerima.

Wali Kota Manado dalam sambutannya mengatakan pada prinsipnya pemerintah kota mendorong kegiatan seperti ini apalagi dalam kaitan dengan kemanusiaan dan kehidupan sosial masyarakat.

“Pemerintah Kota Manado sangat mendorong program berkaitan dengan membantu masyarakat terutama masuk dalam kategori penerima program,” Ujar Wali Kota.

Wali Kota berharap proses pelayanan bisa berjalan dengan baik demi kesejahteraan masyarakat kota Manado.

Usai sambutan Wali Kota di dampingi Kadis Sosial menyerahkan bantuan secara simbolis SDM PKH yang di terima para pendamping Kecamatan.

Turut hadir, para Camat, Kepala Bidang Dinsos, Korwil PKH dan masyarakat penerima (Lipsus)

Manado,Sulutnews.com – Walikota Manado Andrei Angouw kembali mengunjungi beberapa lokasi untuk melihat langsung progres perbaikan drainase dan saluran air serta infrastruktur jalan. Selasa (05/04/2022).

Kegiatan dilapangan ini sering dilakukan Walikota untuk melihat kondisi drainase dan aliran sungai serta infrastruktur Kota demi kenyamanan masyarakat Manado.

Kali ini Walikota didampingi Kadis PUPR Johny Suwu mengawali cek lapangan di Kompleks Palem Jalan Sakura Winangun Satu. Disini Walikota melihat pekerjaan perbaikan drainase yang sedang dilakukan.

Dari Winangun Walikota menuju kompleks Stadion Klabat, juga melihat perbaikan saluran air dan drainase. Wali kota melanjutkan cek lapangan ke Ranomuut Paal II untuk melihat perbaikan dan pengaspalan jalan dan dilokasi turut dihadiri Camat Paal Dua. Masih di Paal Dua, Wali Kota juga meninjau Drainse sekitar RS MMC.

Dalam kunjungan lapangan ini, hadir di setiap lokasi yang dikunjungi Walikota yakni Lurah dan beberapa Ketua Lingkungan.

Pada setiap kesempatan kunjungan, Walikota juga tak pernah bosan mengingatkan masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat. Apalagi sampai membuang sampah di saluran drainase atau di aliran sungai.

“Saya harap masyarakat punya kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. Ketidak sadaran inilah yang sering membuat Manado dilanda Banjir jika hujan lebat,” ujar Walikota.(Lipsus)

Manado, Sulutnews.com – Tingginya curah hujan dalam beberapa  hari terakhir ini membuat Walikota Manado Andrei Angouw bergerak cepat untuk memantau situasi dan kondisi kota Manado. Walaupun sementara hujan, Walikota di dampingi Kepala Dinas PUPR Kota Manado Jhony Suwu meninjau beberapa drainase dan saluran air yang ada di Kecamatan Singkil dan di Kelurahan Taas Kecamatan Tikala.

Pengecekan orang nomor satu di Kota Manado itu, dilakukan sebagai langkah antisipasi mengingat saat ini Indonesia termasuk Kota Manado masih memasuki musim penghujan.

Walikota berharap, di Manado tidak terjadi banjir seperti pada tahun-tahun sebelumnya, dan dapat mengantisipasi musim hujan dengan baik.

Sebab saat ini,Walikota bersama Wakil Walikota fokus memperbaiki drainase dan saluran air, dan itu terbukti beberapa ruas jalan yang sering tergenang air di kala hujan lebat, saat ini tidak tergenang lagi.

Walikota Manado  juga meminta masyarakat untuk berhati-hati  dan mewaspadai curah hujan yang tinggi yang dapat mengakibatkan bencana sewaktu-waktu seperti tanah longsor.

Sebelumnya, Walikota Manado mengunjungi kantor ex Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado yang ada di Kelurahan Singkil Dua, untuk melihat kondisi bangunan yang rencanannya akan di bangun Sekolah Menengah Pertama (SMP).Di tempat ini Walikota di sambut kepala Dinas Pendidikan Kota Manado Deasy Lumowa bersama Sekretaris Dinas dan beberapa pejabat. (*/Liputan Khusus/Manado)

 

Manado, Sulutnews.com – Wali Kota Manado Andrei Angouw bersama Wakil Wali Kota Richard Sualang menghadiri Ibadah Pra Natal Yesus Kristus Pemerintah Kota Manado yang dilaksanakan di aula Serbaguna Pemerintah Kota Manado. Rabu (01/12/2021).

Ibadah Pra Natal Yesus Kristus ini, di hadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Ibu Irene Angouw Pinontoan, Sekretaris Tim Penggerak PKK Kota Manado Ibu dr. Merry Mawardi.

Acara diawali Ucapan Selamat Datang dari Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang dan selanjutnya Ibadah Pra Natal Yesus Kristus.

Ibadah Natal Yesus Kristus ini dipimpin oleh Ketua Bamag Sulawesi Utara Pdt. Dr. Yohan Manampiring M.Th yang juga sebagai staf khusus Walikota Manado.

Dalam ibadah Pra Natal ini Walikota dan Wakil Walikota bersama istri masing-masing melakukan pemasangan Lilin Natal.

Selesai Ibadah Pemerintah Kota Manado menyerahkan Alkitab secara simbolis kepada perangkat daerah Kota Manado.

Ketika memberikan sambutan dan pesan Natal Yesus Kristus, Walikota menyampaikan bahwa ibadah perayaan natal merupakan sebuah tradisi pemerintah Kota Manado untuk menjalin dan membangun keakraban, persaudaraan dan rasa kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat.

Oleh Karena itu Wali Kota menegaskan tradisi yang baik ini perlu dilestarikan, agar pemerintah dan masyarakat dapat saling mengisi dan mendukung, bergotong royong untuk bersama-sama membangun Manado dan Sejahtera.

“Natal Yesus Kristus adalah contoh tentang kesederhanaan sebab Yesus lahir ditempat yang sangat sederhana,” kata Wali Kota.

Wali Kota menambahkan, bahwa Yesus lahir untuk melayani, sehingga hal ini harusnya menjadi bagian bagi kita dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat sebagai aparat pemerintah.

Dalam sambutan ini, Wali Kota juga selalu menyampaikan hal-hal yang sedang diprogramkan oleh pemerintah supaya mendapat dukungan semua pihak masyarakat Kota Manado.

Turut hadir juga forkopimda Kota Manado, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Sekretaris Pemerintah Kota Micler C.S. Lakat bersama Ibu yang merupakan Ketua Dharma Wanita Pemkot Manado, pejabat eselon, staf khusus Walikota, para camat, ASN pemerintah Kota Manado serta undangan lainnya.

Mengingat situasi dan kondisi saat ini masih terkait dengan wabah Covid-19, sehingga Ibadah ini dilakukan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19. (*/Merson)

Manado, Sulutnews.com – Walikota Manado Andrei Angouw menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran (TA) 2022, dan Penghargaan Capaian Opini WTP Tahun 2020 di Gedung Keuangan Negara Manado, Jumat (3/12/2021).

Penyerahan DIPA tersebut di hadiri Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Ketua DPRD Sulut dr. Fransiscus Silangen, Forkopimda Sulut, Rektor Unsrat, Bupati dan Wali Kota se Sulut, pejabat teknis dan satker serta pejabat yang berkepentingan lainnya.

Dalam sambutannya Wagub Kandouw menyampaikan tentang 6 hal pokok yang disampaikan Presiden ketika melakukan penyerahan DIPA secara nasional kepada Kementerian Badan dan Lembaga serta Daerah Provinsi, Kabupaten Kota.

Wagub Kandouw juga menyampaikan soal sinergitas pemerintahan yang membutuhkan koordinasi antar pemerintahan termasuk dengan kementerian dan lembaga.

“Mudah -mudahan, hari ini menjadi momentum konsolidasi bagi kita semua. Karena menghabiskan puluhan ribu triliun itu bukan satu hal yang mudah. Harus banyak koordinasi. Baik koordinasi horisontal maupun vertikal,” ujar Wagub Kandouw.

Acara selanjutnya adalah Penyerahan DIPA yang dilakukan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Sulut  Steven Kandouw didampingi Kepala Kanwil DJPb, termasuk penghargaan kepada 11 pimpinan Satuan Kerja yang pengelolaan keuangannya baik.

Diakhir acara dilaksanakan Launching Aplikasi BAKUDAPA dari Kanwil DJPb dimana Aplikasi ini bisa mengkoordinasikan soal pelaksanaan program DIPA, Dana Alokasi dan Dana Desa yang ada di Badam dan Lembaga seta di Pemerintah Daerah. (*/Merson)

Manado,Sulutnews.com – Walikota Manado Andrei Angouw mendampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey menghadiri kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan Sulawesi Utara 2021, bertempat  di Big Fish Manado, Kamis (21/10/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut yang menggelar Sekolah Lapang Cuaca Nelayan di Sulawesi Utara dengan Tema “Nelayan Aman di Lao deng dorang pe hasil kalao tambah nae lantaran tau info cuaca dari BMKG”.

Dalam sambutannya Gubernur Olly menyampaikan rasa syukur bisa kerjasama dengan BMKG di segala sektor, karena bisa berdampak positif kepada masyarakat Sulawesi Utara.

Mengingat situasi dan kondisi saat ini masih terkait dengan wabah Covid-19, sehingga kegiatan ini dilakukan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Bagi pejabat atau yang berkepentingan dengan kegiatan ini yang tidak hadir secara fisik, mengikuti rapat ini secara Online/Virtual yang dilakukan dengan menggunakan teknokogi Video Conference melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting yang diakses pada Handphone/Laptop dari tempat masing-masing. (*/Lipsus/Merson)

Manado,Sulutnews.com – Ditengah Pandemi Covid-19, Walikota Manado Andrei Angouw menghadiri peringatan Hari Santri Nasional 2021 yang dilaksanakan di Lapangan Sparta Tikala Manado. Jumat (22/10/2021).

Dalam kegiatan ini, Walikota Manado bertindak sebagai Pembina Upacara dalam rangka momentum peringatan Hari Santri Nasional.  Acara ini diharapkan akan memberikan kontribusi bagi santri dan masyarakat kearah yang lebih baik khususnya bagi santri dan masyarakat di Kota Manado.

Dalam kesempatan itu, turut hadir  Ketua NU Sulut yang juga sebagai Kakanwil Kemenag Sulawesi Tengah H. Ulyas Taha, Asisten I Pemkot Manado Heri Saptono, Para Tokoh Agama, Pimpinan Anshor Kota Manado, Pimpinan IPNU dan IPPNU serta para santri di Kota Manado.

Dalam sambutannya Wali Kota Manado mengatakan peran santri dalam kehidupan bangsa ini termasuk mencontohkan Presiden ke 4 Gus Dus atau Abdurachman Wahid yang juga merupakan seorang santri dan seorang Kiay yang mampu memimpin dan menjaga bangsa ini.

“Santri harus bisa menjadi pelopor perubahan, dan santri harus kuat, kuat dalam artian siap dalam membela bangsa dan tanah air,”Ucap Walikota.

Selain itu, Walikota Manado menyampaikan kondisi kehidupan saat ini yang masih dalam situasi pademi covid 19. Dan salah satu jalan memerangi pandemi covid 19 ini adalah lewat vaksinasi.

“Mari ajak saudara-saudara kita yang belum divaksin untuk mengikuti vaksinasi baik tahap satu maupun tahap dua supaya kita terbebas dari ancaman virus ini,” Ujar Walikota.

Kegiatan peringatan Hari Santri Nasional di Manado ini dilaksanakan oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Manado dengan tema nasional : “Bertumbuh, Berdaya, Berkarya.”

Penetapan tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta.

Hari Santri Nasional yang ditetapkan pada tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah, yakni seruan yang dibacakan oleh pahlawan nasional KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945.

Kegiatan ini diakhiri dengan atraksi seni dan Bela diri para santri dari IPNU dan IPPNU. (Lipsus/Merson)

 

Manado,Sulutnews.com – Walikota Manado Andrei Angouw bertindak sebagai Inspektur Upacara pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-76 yang berpusat di Lapangan Sparta Tikala Manado. Selasa (17/08/2021).

Sekira pukul 08,30 Wita berseragam kemeja putih-putih serta didampingi Wakil Walikota dr Richard Sualang dan isteri masing-masing tiba dilokasi upacara.

Setelah menerima laporan dari Komandan Upacara, hajatan upacara dimulai, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tex Proklamasi yang dibacakan langsung Ketua DPRD Kota Manado Dra. Altje Dondokambey M. Kes., Apt.

Acara dilanjutkan dengan pengibaran  Bendera Merah Putih oleh regu pengibaran Bendera Paskibraka. Setelah Pengibaran Bendera Walikota memimpin dan memandu Hening Cipta untuk semua peserta upacara yang hadir. Kemudian acara diakhiri dengan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Agama Kota Manado.

Ikut hadir dalam Upacara tersebut Wakil Walikota Manado Dr Richard Sualang bersama ibu, Istri Walikota Irene Angouw Pinontoan yang dalam hal ini sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado, Anggota DPRD Kota Manado, Forkopimda Manado, Sekretaris Kota Micler C.S. Lakat SH,MH, Kepala SKPD dan peserta upacara yang dibatasi sambil mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Mengingat situasi dan kondisi saat ini masih terkait dengan wabah Covid-19, sehingga upacara ini dilakukan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Bagi pejabat yang tidak hadir secara fisik, mengikuti upacara ini secara Online/Virtual yang dilakukan dengan menggunakan teknokogi Video Conference melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting yang diakses pada Handphone/Laptop dari tempat masing-masing. (*/Yuk)

Manado,Sulutnews.com – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, sekaligus mengenang jasa dan pengorbanan pahlawan Kusuma bangsa yang gugur untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Senin (16/08/2021) pagi tadi, Walikota Manado Andrei Angouw memimpin upacara Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado.

Walikota Andrei Angouw pada kesempatan itu mengatakan, sebagai anak bangsa wajib untuk menghormati dan menghargai serta mengenang jasa para pahlawan Kusuma bangsa. Yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raga, untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Pengorbanan para Pahlawan dalam memerdekakan bangsa Indonesia, harus dijadikan pemicu semangat untuk mengisi kemerdekaan, dengan kerja keras.” Ucap Walikota Andrei.

Mengatasnamakan Pemkot dan masyarakat Manado, Walikota Andrei Angouw mengucapkan Selamat HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76.

Tabur bunga saat ini terasa istimewa, sebab Walikota pilihan rakyat Kota Manado ini  juga menyempatkan waktu untuk hadir dan menabur bunga dipusara Alm. Kol. (Purn) Frans W. Kapojos.

Seperti diketahui bahwa Alm. Kol (Purn) Frans W. Kapojos adalah Opa dari istri Walikota Ibu Irene Angouw Pinontoan atau Opa mertua dari Walikota Andrei Angouw.

Upacara Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di TMP Kairagi Manado, di hadiri oleh Wakil Walikota Manado Richard Sualang, Ketua DPRD Manado Dra. Altje Dondokambey M.Kes, Apt, Sekretaris Kota Manado Micler C.S. Lakat, Forkopimda, para Kepala SKPD.  (*/Yuk)