Rangkaian Peringatan HUT ke-75 RI di Tomohon Dilaksanakan Secara Sederhana

Written by  Prise Haryono Aug 18, 2020

Tomohon, Sulutnews.com – Rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke–75 tahun di Kota Tomohon, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya akibat Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia. Dengan tema besar Indonesia Maju, upacara dilaksanakan secara sederhana, khidmat, sangat minimalis dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Rankaian kegiatan HUT ke-75 RI di Kota Tomohon dimulai dari Pemasangan Bendera Merah Putih dan umbul-umbul di seluruh wilayah Kota Tomohon, 1 hingga 31 Agustus 2020.

Mendengarkan pidato presiden dalam rangka, Sidang tahunan MPR-RI, HUT RI Tahun ke-75 RI. Pengantar/keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN 2021 pada 14 Agustus 2020 di ruang rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon dan masyarakat dapat mengikuti siaran langsung pidato presiden melalui berbagai kanal media massa (tv, radio, media sosial).

Upacara bendera dalam rangka HUT ke-75 RI tingkat Kota Tomohon pada hari Senin, 17 Agustus 2020 mulai pukul 08.00 Wita di lapangan upacara kantor Wali Kota Tomohon. Dan tepat pukul 10.17 Wib, di kota Tomohon dilaksanakan Upacara Bendera secara Virtual, seluruh yang hadir berdiri dengan sikap tegak menyaksikan dan mendengarkan detik–detik Proklamasi yang dilaksanakan di Istana Negara yang di pimpin langsung Presiden Indonesia Ir.Joko Widodo.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman S.E.Ak.,C.A menyampaikan pentingnya merenungkan apa yang telah diberikan untuk Bangsa dan Tanah Air kita, terlebih ditengah Covid-19 yang masih menjadi pergumulan bagi seluruh warga masyarakat di Indonesia dan dunia, sehingga memperingati HUT RI ini lebih banyak menitikberatkan pada aktivitas–aktivitas secara virtual. Maka dari itu dengan Tema HUT ke- 75 Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu, ”Indonesia Maju” yang merupakan sebuah representasi dari Pancasila sebagai Pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, Persatuan dan Kesatuan Indonesia. Sehingga di tengah–tengah tantangan hidup kedepan yang semakin berat dan kompetitif, diperlukan sinergi dari komponen bangsa, mari bersama–sama kita bangun kota Tomohon melalui gerakan kedisplinan nasiaonal yang mengajak semua anggota masyarakat disiplin mengikuti protokol kesehatan dan gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli dan saling berbagi.

Atas nama Pemerintah Kota Tomohon, Pribadi dan Keluarga menyampaikan Selamat Merayakan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 kepada seluruh peserta Upacara dan seluruh warga masyarakat yang ada di Kota Tomohon. Semoga kasih Allah akan selalu melingkupi dan menyertai langkah kehidupan kita dalam membangun Indonesia dan kota Tomohon yang kita cintai. ”tutup Eman”.

Wali Kota Eman saat membacakan sambutan gubernur mengatakan HUT Kemerdekaan pada tahun ini kita peringati dalam suasana berbeda, karena pandemic covid-19. Upacara peringatan HUT Kemerdekaan di seluruh Indonesia dilaksanakan secara sederhana namun tetap khidmat, serta wajib memenuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Upacara penaikan bendera secara virtual diikuti  Walikota Tomohon Jimmy F Eman,S.E.Ak.,C.A., Ketua DPRD kota Tomohon Djemmy Sundah,S.E,Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot,S.I.K.,M.H.,Mewakili Dandim 1302 Minahasa Kepala Staf Kodim Mayor Inf.Feky Welang,mewakili Ketua Pengadilan Negeri Tondano Deivid Losu,S.H,Mewakili Kepala Kementrian Agama Kota Tomohon Kepala Seksi Bimas Kristen Ibu Nouva Maleke, Sekretaris Daerah kota Tomohon Ir.Harold V Lolowang,M.Sc.,bersama jajaran Pemkot Tomohon serta diikuti juga dari masing- masing oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil dan Tega Kontrak di lingkungan Pemerintah Kota Tomhon.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman,SE Ak.CA menyerahkan masker serta memberikan apresiasi kepada tim penggerak PKK Kota Tomohon dan kepada Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Kepamongprajaan (IKAPTK) Kota Tomohon yang telah menunjukkan kepeduliannya bagi kesehatan masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19.

Wali Kota Tomohon menyerahkan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 10, 20 dan 30 Tahun kepada masing-masing perwakilan PNS dan Walikota Tomohon juga dalam rangka HUT RI Ke- 75.

Wali Kota jimmy Feidie Eman menyerahkan Surat Keputusan Remisi kepada narapidana yang berhak menerima remisi dan Surat Keputusan Asimilasi Kepada Narapidana yang berhak mendapatkan asimilasi.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE AK CA bersama FORKOPIMDA Kota Tomohon mengikuti upacara penurunan bendera secara virtual dalam rangka peringatan HUT ke-75 RI diadakan di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (17/08/20)

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak.CA melalui Sekretaris daerah Ir Harold Vicktor Lolowang, MSc,MTh menyerahkan hasil lomba Eco Office antar SKPD dan lomba Kebersihan antar Kelurahan se-Kota Tomohon, usai ibadah syukur memperingati Hut ke-75 RI di Pendopo Wale Kabasaran, Selasa (18/08/20).(/Advertorial/Prise)