DPRD Sulut Gelar Paripurna HUT ke 57 Provinsi Sulawesi Utara Dihadiri Gubernur, Mantan Gubernur, Anggota DPR-RI, DPRD-RI Dan Tokoh Pejuang

Written by  Josh Tinungki Sep 24, 2021

Manado, Sulutnews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (23/9/2021) menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 57. Momentum bersejarah yang memiliki nilai historis terbentuknya provinsi Sulut yang dulunya masih dalam provinsi Suluttenggo kini telah berhasil menjelma menjadi provinsi yang maju dan hebat baik dari sisi pembangunan fisik maupun capaian diberbagai bidang.

" Hari ini adalah hari bersejarah bagi kita segenapi masyarakst Sulut, karena kita boleh merayakan HUT ke 57 tahun. Meski diperhadapkan dengan situasi sulit akibat bencana non alam pandemi virus covid 19, namun semangat kemeriahan menjadi penyemangat untuk meraih impian bersama menuju Sulut Hebat," ungkap Fransiskus Andy Silangen Ketua DPRD Sulut saat membuka sidang paripurna.

Berbagai capaian keberhasilan pembangunan di Sulawesi Utara dibacakan politisi PDIP ini pada paripurna yang dihadiri Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O E Kandouw."Perjalanan cukup panjang sehingga Sulawesi Utara tiba diusia ke-57 tahun tepat Kamis 23 September. Tentu dengan berbagai kemajuan dan keberhasilan, namun itu tidak lepas dari beragam upaya dan kerja keras pemimpin-pemimpin daerah sebelumnya yang didukung oleh segenap komponen masyarakat Sulut

Dari Miangas sampai Tontulow Pinagoluman yang dikenal sebagai masyarakat yang religius, adaptif dan pekerja keras. Hal itu dikatakan Ketua DPRD Sulut, dr Fransiscus Andi Silangen

“Jauh sebelum bangsa besar ini berdiri, kiprah dan karya putra-putri terbaik Sulut tercatat dengan tinta emas dalam lintasan sejarah bangsa,” ujarnya. Tradisi mencetak prestasi bagi negeri ini, kata dia, terus dilanjutkan oleh para pemimpin daerah.

“Termasuk di dalamnya Gubernur Pak Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Pak Steven Kandouw,” ucapnya.

Dikatakan legislator asal Nusa Utara ini, walaupun di kondisi pandemi covid-19, tidak melunturkan semangat Olly-Steven untuk menggerakkan semua sektor pembangunan.

Sehingga kerja tulus ini diapresiasi oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat.“Itu dibuktikan dengan diterimanya sejumlah penghargaan disepanjang tahun 2021,” kata Silangen.

Diungkapkannya, kinerja pemerintah daerah yang luar biasa ini tentulah

menginspirasi DPRD untuk terus berkarya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulut melalui optimalisasi tugas pokok dan fungsi DPRD yakni fungsi pembentukan perda, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.“Berkenaan dengan fungsi pembentukan perda, dalam tahun 2021 ini, DPRD bersama pemerintah daerah telah menetapkan 5 (lima) peraturan daerah. Seiring dengan itu, telah pula ditetapkan 30 keputusan DPRD dan 6 nota kesepakatan bersama,” paparnya.

Terkait dengan fungsi anggaran, telah diwujudkan dalam penyusunan dan penetapan APBD bersama-sama dengan pemerintah daerah, yakni penetapan ranperda tentang Perubahan APBD 2021 dan ranperda tentang

Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2020.“Terakhir, fungsi pengawasan. DPRD telah melakukan 89 rapat dengar pendapat dan rapat-rapat lainnya, menerima 15 aspirasi, baik aspirasi secara langsung maupun aspirasi secara tertulis,” tambah Silangen.

Pada sisi lain, lanjutnya, DPRD juga menerima 72 kunjungan kerja dari pimpinan dan anggota DPRD baik dari luar daerah

maupun dari kabupaten/kota se-provinsi Sulut.

“Dalam kaitan dengan hal tersebut maka kami konsisten mengawal sejumlah program dan kegiatan pemerintah daerah. Termasuk menangani pandemi covid-19 dan penanganan berbagai bencana lainnya, seperti bencana banjir yang menimpa sebagian masyarakat Kabupaten (*/Adv/Josh)